Pengertian Seni: Fungsi, Tujuan dan Macam-Macam Jenisnya

Pengertian Seni, Fungsi, Tujuan dan Macam-Macam Seni. Seni adalah sebuah karya yang diciptakan melalui ungkapan cinta, ekspresi dan keindahan yang dituangkan dalam sebuah media. Sebenarnya semua manusia mempunyai seni masing-masing yang terletak pada dirinya, tergantung bagaimana anda mengelola bakat tersebut, karena Tuhan menciptakan manusia dengan bekal seni untuk bertahan hidup. Untuk anda yang kurang faham apa itu seni? Disini saya akan menjelaskan mengenai pengertian seni, fungsi, tujuan dan macam-macam seni berikut ini.

Pengertian Seni Secara Umum

Pengertian seni secara umum adalah sebuah karya seni yang diciptakan oleh manusia yang di dalamnya mengandung unsur keindahan, sehingga karya tersebut dapat membangkitkan perasaan lain yang timbul dalam diri manusia.

Pengertian Seni Menurut Istilah

Pengertian seni secara istilah adalah seni berasal dari kata sani yang diambil dari bahasa sanskerta  yang berarti pemujaan, pelayanan, persembahan dan pelayanan yang dikaitkan dengan sebuah upacara keagamaan yang dikaitkan dengan kesenian.

Pengertian Seni Menurut Padmapusphita

Menurut Padmapusphita kata seni diambil dari bahasa belanda genie yang berarti sebuah kemampuan yang sudah dibawa sejak ia lahir di dunia. Jadi dapat disimpulkan pengertian seni menurut Padmapusphita seni adalah kemampuan yang  dimiliki sejak kita dilahirkan, jadi semua manusia mempunyai keahlian masing-masing yang tidak bisa kita tiru, karena karya seni yang dimiliki sudah mendarah daging sejak ia masih dalam kandungan ibunya.

Pengertian seni menurut ilmu Eropa

Pengertian seni menurut ilmu Eropa, kata seni berasal dari kata art yang mempunyai makna artifisial yaitu sebuah media yang bisa melakukan kegiatan tertentu. Jadi dapat disimpulkan pengertian seni menurut ilmu Eropa adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan sebuah karya seni.

Pengertian seni menurut para ahli

1. Ki Hajar Dewantara

Pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara adalah sebuah karya seni berbentuk indah yang bisa menggerakkan perasaan. jadi siapa saja bisa melihat keindahan karya tersebut, sehingga menimbulkan sebuah perasaan indah.

2. Eric Ariyanto

Menurut Eric Ariyanto Iskandar seni adalah sebuah kegiatan yang menyangkut tentang aktivitas rohani atau batin yang dituangkan dalam bentuk karya seni yang bisa membangkitkan sebuah perasaan bagi siapa saja yang melihatnya atau mendengarnya.

3. James Murko

Pengertian seni menurut  James Murko adalah sebuah penjelasan mengenai rasa indah yang tertuang pada tiap jiwa manusia yang dilahirkan lengkap dengan alat komunikasi yang bisa ditangkap melalui indra pendengar, indra penglihat dan perantara gerakan.

4. Aristoteles

Menurut aristoteles pengertian seni adalah sebuah bentuk karya seni yang pengungkapannya atau pengalaman estetisnya menggunakan sebuah alat berupa media. Contohnya bidang, warna, garis, tekstur, volume dan sisi gelap terangnya.

5. Alexander Baum Garton

Pengertian seni menurut Alexander Baum Garton adalah sebuah keindahan dari karya seni yang memiliki tujuan yang positif sehingga membuat penikmatnya akan merasakan sebuah kebahagiaan di dalamnya. Jadi dapat disimpulkan pengertian seni menurut Alexander Baum Garton adalah seni yang mempunyai tujuan baik bagi penikmatnya.

6. Leo Telstoy

Menurut Leo Telstoy pengertian seni adalah sebuah ungkapan perasaan bagi siapa saja pencinta atau penikmatnya, sehingga bisa merasakan sebuah karya seni yang sedang dilihat, didengar dan dirasakan melalui indra yang yang dimiliki. Contoh karya seni yang bisa  dinikmati adalah sebuah lukisan yang menggambarkan sebuah pemandangan yang indah, dengan melihat lukisan tersebut kita akan merasakan suasana yang berada di lukisan tersebut walaupun kita tidak bisa melihat secara langsung pemandangan tersebut.

7. Ira Adriati M.sn

Pengertian seni menurut Ira Adriati M.sn adalah sebuah proses dan produk yang dihasilkan dari seseorang yang memilih medium yang berisi peraturan untuk pengaman dari medium tersebut, dari hasil tersebut kita dapat melihat nilai-nilai untuk menentukan kepantasan mengenai ekspresi medium tersebut. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan sebuah gagasan, kepercayaan, sensasi atau perasaan yang bisa didapatkan dengan cara efektif dari medium tersebut.

Fungsi Seni

1. Fungsi Individu

Seni sangat bermanfaat untuk memenuhi sebuah kebutuhan pribadi atau individu. Jadi seni mempunyai peran terpenting dalam kehidupan. Contoh seorang pelukis pasti mempunyai keahlian yang terpendam yang terdapat dalam diri mereka, karena tidak semua orang mempunyai bakat seni untuk menjadi seorang pelukis. Jadi seorang pelukis bisa mengandalkan keahliannya untuk mencari penghasilan untuk bertahan hidup. Fungsi seni dibagi menjadi dua yaitu.

  • Seni Berfungsi Untuk Memenuhi Kebutuhan Fisik

Seni berfungsi untuk memenuhi kebutuhan fisik. maksudnya manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sudah diberi kemampuan untuk mengapresiasi pada keindahan. Seni ini disebut dengan seni terapan atau yang memacu untuk memenuhi kebutuhan fisik.

  • Seni Berfungsi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Semua manusia pasti memiliki sifat yang beragam. Salah satu bentuk yang bisa mempengaruhi  emosi adalah pengalaman hidup seseorang. Contoh emosi yang selalu memenuhi kebutuhan manusia adalah perasaan sedih, lelah, letih, iba, kasian, gembira, cinta dan benci.

2. Fungsi Seni Terhadap Sosial

Fungsi seni terhadap kegiatan sosial adalah seni yang bisa mendatangkan manfaat untuk memenuhi kebutuhan individu atau sosial. Ada dua macam fungsi seni terhadap sosial yaitu.

  • Fungsi Seni Religi/ Keagamaan

Fungsi seni untuk keagamaan contohnya adalah busana muslim dan muslimah, lagu-lagu religi dan lukisan kaligrafi. Seni juga bisa digunakan untuk acara perkawinan, kematian bahkan upacara kematian.

  • Fungsi Seni Sebagai Pendidikan

Seni juga bisa dijadikan sebagai media pendidikan. Contohnya alat musik angklung atau alat musik ansambel yang cara mainnya harus bekerja sama antar pemain satu dengan pemain lainnya untuk membentuk alunan lagu yang indah.

  • Fungsi Seni Sebagai Media Komunikasi

Fungsi seni sebagai media komunikasi misalnya sebuah gagasan atau kebijakan yang berfungsi untuk mengenalkan kepada masyarakat luas. Contohnya adanya pertunjukan atau pergelaran seni wayang kulit atau teater.

  • Fungsi Seni Sebagai Media Rekreasi/Hiburan

Fungsi seni sebagai media rekreasi atau media hiburan adalah seni berfungsi untuk melepas dari rasa bosan atau kejenuhan yang berfungsi untuk menghilangkan kesedihan. Contoh seni sebagai hiburan adalah sebuah pertunjukan yang menampilkan hiburan bagi penikmatnya.

  • Fungsi Seni Sebagai Artistik

Seni berfungsi sebagai media ekspresi untuk seorang seniman yang akan menampilkan sebuah karya. Contohnya musik kontemporer, tarian kontemporer dan seni pertunjukan yang tidak bisa dinikmati oleh masyarakat luas, hanya seorang seniman dan komunitasnya yang bisa menikmati seni tersebut.

  • Fungsi Seni Sebagai Kesehatan

Fungsi seni untuk kesehatan maksudnya adalah sebuah karya seni yang dibuat tanpa memikirkan apa fungsi karya seni tersebut kecuali media ekspresi atau sebuah karya seni yang pembuatannya mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya. Contohnya perlengkapan rumah tangga gerabah yang berasal dari sebuah karya seni yang pembuatannya memikirkan apa kegunaan dan fungsi dari gerabah.

Jenis Seni

  • Seni audio adalah sebuah karya seni yang bisa dinikmati dengan indra pendengaran. Contohnya seni musik, drama, radio, puisi, seni jenis ini bisa dirasakan melalui telinga, walaupun tidak bisa melihat kita bisa mendengar dan merasakannya.
  • Seni visual adalah karya seni yang bisa dirasakan melalui indra penglihatan, seni visual ini lebih sering disebut dengan seni rupa.
  • Seni audio visual adalah sebuah karya seni yang bisa dirasakan atau diserap melalui indra pendengaran dan penglihatan. Contohnya seni tari dan drama

Macam-Macam Seni

  • Seni Rupa
  • Seni Teater
  • Seni Musik
  • Seni Tari
  • Seni Sastra

Demikianlah ulasan mengenai pengertian seni, fungsi, tujuan dan macam-macam seni semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan menggali potensi anda, karena dengan seni yang anda miliki anda bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang anda.

Bagikan: