Pengertian Seni Rupa: Fungsi, Jenis, dan Unsur Dalam Seni Rupa

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Unsur Dalam Seni Rupa. Apa itu Seni Rupa? Zaman yang terus berkembang juga mempengaruhi perkembangan dalam bidang seni. Banyak ilmu atau pengetahuan baru pada bidang seni yang terus berkembang pesat dari hari ke hari. Bidang seni memang tidak ada batasannya karena seni pada dasarnya adalah wujud ekspresi dari seseorang saat mengeluarkan imajinasinya. Bisa berupa cerita, keindahan-keindahan, atau curahan hati menjadi sebuah karya seni.

Seni rupa akan menjadi salah satu pembahasan yang sangat menarik. Tentu saja tidak semua orang mengetahui apa itu seni rupa dan apa fungsinya. Berikut kita akan bahas tentang pengertian seni rupa.

Pengertian Seni Rupa

pengertian seni rupa

Seni rupa merupakan salah satu cabang ilmu kesenian dalam membentuk suatu  karya seni dengan menggunakan media-media yang bisa ditangkap secara kasat mata dan tidak hanya itu juga bisa dirasakan atau disentuh dengan indera peraba kita. Seseorang yang membuat atau menciptakan karya seni pasti menumpahkan ekspresi, keindahan, cinta, dan berbagai macam hal pada suatu media yang kemudian bisa dilihat langsung atau disentuh.

baca juga: Pengertian Seni Lukis

Salah satu bentuk karya seni ini adalah lukisan. Seorang pelukis tentu saja mengeluarkan imajinasi dan ekspresinya diatas sebuah kanvas yang kemudian menjadi sebuah karya seni lukisan yang sangat indah. Tidak hanya itu, pelukis juga menambahkan berbagai macam corak warna yang semakin menambah nilai lukisan tersebut.
Beberapa lukisan yang saking indah dapat membuat orang-orang yang melihatnya terpukau dan terhanyut dalam keindahan karya seni tersebut. Oleh karena itu tidaklah salah apabila seni rupa mampu membuat yang melihat terhibur.

Pengertian Seni Rupa Menurut Ahli

  • La Mery. Seorang ahli seni rupa 2 dimensi mengungkapkan apa itu seni rupa. Seni rupa adalah penglihatan ekspresi secara simbolis yang berbentuk dan berwujud lebih tinggi serta menjadi lebih indah sebagai bentuk pengekspresian dan emosi.
  • Haukin. Seni rupa merupakan bentuk ekspresi jiwa dari seseorang yang diimajinasikan pada sebuah bentuk yang indah, kemudian diungkapkan serta dinikmati oleh banyak orang dalam pertunjukan atau pameran-pameran seni.
  • Kamala Devi Chattopadhayaya. Seni rupa ialah suatu desakan ekspresi diri pada sebuah bentuk yang kemudian menjadikan seseorang mampu meluapkan apa yang sedang dirasakan, sehingga mampu membuat orang-orang yang melihatnya merasakan karya seni tersebut.
  • Coorig Hartog. Seni rupa adalah bentuk ekspresi dan emosi ¬†yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh orang lain yang melihatnya.
  • Sussane K Langer. Seni rupa merupakan suatu bentuk karya indah manusia yang bisa dinikmati dengan rasa oleh orang lain melalui media indah tertentu.

Dari penjelasan mengenai pengertian seni rupa maka secara umum maksud dari seni rupa ialah bentuk ekspresi seseorang yang ditumpahkan menjadi suatu karya seni yang mengandung nilai tersendiri.

Unsur Seni Rupa

unsur seni rupa

Dalam seni rupa terdapat beberapa unsur pembentuk. Lalu apa saja unsurnya? Yuk simak unsur yang terkandung dalam seni rupa.

1. Titik

Titik adalah unsur terkecil dan dasar dari semua ide-ide seni yang akan dibuat atau diciptakan.

2. Garis

Unsur garis merupakan penghubung dari suatu titik ke titik lainnya. Umumnya unsur garis ada beberapa macam, yang mana garis-garis yang diciptakan tersebut kemudian membentuk watak atau ciri unik yang akan menjelaskan arti dari karya tersebut. Apakah karya tersebut bersifat keras, lentur, kaku, atau lainnya.

3. Bidang

Pengembangan dari garis yang apabila digabungkan bisa membentuk beberapa sisi pada hasil yang tersebut.

4. Bentuk

Unsur yang satu ini berfungsi untuk memberikan karya seni menjadi lebih hidup dengan menambahkan berbagai sentuhan serta detail yang sangat sempurna. Kemudian akan menghasilkan suatu karya yang indah.

baca juga: Pengertian Seni Tari

5. Ruang

Ruang memiliki dua sifat yakni semu dan nyata. Dimensi yang dihasilkan dari kedua sifat unsur ruang tentu saja sangat berbeda. Apakah nanti menghasilkan karya dua dimensi atau tiga dimensi.

6. Warna

Salah satu unsur penting yang akan menjadikan suatu karya seni jauh lebih indah. Paduan corak warna pada suatu karya seni tergantung dari yang membuat karya tersebut. Warna yang diberikan biasanya akan menggambarkan sesuatu dari karya tersebut. Seperti apakah suasana hati, apakah sedang senang, sedih, dan berbagai suasana hati lainnya.

7. Tektur

Dalam seni rupa tekstur yang dimaksud adalah keadaan atau sifat yang ada pada hasil karya tersebut. Unsur tekstur juga dibagi menjadi dua kelompok yaitu semu dan nyata. Tekstur semu ialah unsur tekstur dengan kesan berbeda antara penglihatan dan indera peraba. Berbeda dengan tekstur nyata yang teksturnya mengandung kesamaan pada hasil karya tersebut baik melalui indera peraba dan penglihatan.

8. Gelap Terang

Unsur ini akan membuat hasil karya semakin terlihat sangat nyata. Karena pada saat membuat karya tersebut sang penciptanya sangat memperhatikan intensitas cahaya dari objek yang akan dijadikan karya.

Fungsi seni rupa

fungsi seni rupa

Seni rupa memiliki beberapa fungsi yang dilihat dari sudut pandang pengaruhnya dalam kehidupan individu dan komunitas masyarakat di suatu tempat.

1. Fungsi Individu

Fungsi individu dalam seni rupa yakni memiliki sifat yang berguna untuk memuaskan diri sendiri. Intinya seseorang yang membuat suatu karya seni bertujuan hanya untuk pengekspresian dan memuaskan batin sendiri.

Biasanya hasil karya tersebut akan mengeluarkan aura yang sangat dalam karena dibuat berdasarkan luapan ekspresi dari seseorang. Apakah itu ekspresi senang, sedih, dan lainnya.

2. Fungsi Sosial

Fungsi sosial dalam seni rupa merupakan fungsi yang memberikan bentuk kepuasan bagi banyak orang. Seperti contoh seni rekreasi yang dapat dinikmati banyak orang atau seni komunikasi agar mampu menarik saat berada di hadapan orang banyak.

Selain fungsi individu dan sosial, seni rupa juga berfungsi sebagai sarana peribadatan atau media mendekatkan diri kepada yang kuasa. Berfungsi sebagai sarana komunikasi dalam sebuah kelompok di masyarakat, dan bisa sebagai media menyampaikan edukasi terhadap masyarakat luas baik secara tersurat ataupun tersirat. Serta berfungsi sebagai media untuk melestarikan kebudayaan suatu negara.

Jenis seni rupa

jenis seni rupa

Seni rupa dapat digolongkan kedalam beberapa jenis, berdasarkan dari bentuk karya yang dihasilkan.

1. Seni rupa murni

Suatu cabang seni yang menghasilkan karya menjadi lebih fokus akan nila-nilai keindahan saja serta tidak memperdulikan nilai praktis dari karya seni yang dibuat. Contoh karya yang masuk dalam jenis seni rupa murni ialah:

  • Seni Lukis
  • Seni Grafis
  • Seni Kaligrafi
  • Seni Patung
  • Seni Keramik

2. Seni desain

Jenis seni rupa yang satu ini berhubungan dengan proses-proses kreatif ketika merancang bentuk. Contoh jenis seni desain adalah:

  • Arsitektur
  • Desain busana
  • Desain busana
  • Desain interior

3. Seni kriya

Seni rupa jenis ini ialah sebuah karya yang dibuat menggunakan keterampilan tangan yang sangat memperhatikan nilai seni serta aspek-aspek fungsional pada hasil karya seni tersebut. beberapa contoh seni kriya yakni:

  • Seni pahat
  • Ukir kayu
  • Kriya bambu
  • Kriya rotan
  • Kriya keramik

baca juga: Pengertian Seni Kriya

Suatu karya seni baik seni rupa atau seni lainnya hanya bisa dinikmati saat orang yang melihatnya mampu mendalami makna yang tersirat dalam hasil karya seni tersebut dengan cara mengagumi sentuhan-sentuhan artistik yang indah.

***

Demikianlah artikel penjelasan tentang pengertian seni rupa beserta unsur, jenis dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda seputar seni dan kebudayaan yang ada di dunia.

Bagikan:

Leave a Comment