Pendapatan Huawei Menembus $100 Milyar Dollar Untuk Yang Pertama Kalinya

Bartleytech. Berita teknologi terbaru datang dari raksasa selular cina, huawei. Pada hari Jumat, Huawei Technologies merilis laporan keuangannya dari tahun 2018 untuk mengungkapkan peningkatan pendapatan yang mengejutkan sebesar 19,5% dibandingkan 2017. Pendapatan penjualan ponsel pintar perusahaan telah meningkat sebesar 25,1% dari tahun sebelumnya. Ini melaporkan pendapatan penjualan yang kuat sebesar CNY 721,2 miliar atau $ 107,13 miliar. Ini adalah pertama kalinya Huawei melampaui pendapatan lebih dari $ 100 miliar.

Huawei memang gencar mengekspansi pasar smartphone premium dan menengah keatas dalam 2 tahun belakangan. Bahkah dalam beberapa tahun terakhir, merek asal cina ini berhasil menggeser Apple sebagai pembuat ponsel terbesar nomor dua di dunia. Bahkan beberapa ahli berpendapat bahwa huawei bisa merebut dominasi samsung sebagai raja smartphone pada 5 tahun kedepan.

Ini juga melaporkan peningkatan laba yang besar selama 2017. Huawei melaporkan peningkatan laba bersih 28% pada $ 8,8 miliar untuk 2018 dibandingkan dengan hanya kenaikan 0,4% pada 2017 di atas laba 2016. Tahun lalu adalah tahun yang hebat bagi perusahaan Cina tersebut.

Meskipun sukses, perusahaan saat ini sedang dalam pengawasan ketat atas masalah keamanan pemerintah Cina. Secara khusus, banyak badan pemerintah negara (terutama AS) telah langsung melarang peralatan Huawei digunakan dalam jaringan dan infrastruktur data mereka: sesuatu yang telah menjadi bisnis Huawei selama bertahun-tahun.

Pada awal bulan Maret, Huawei mengadakan acara publik, menuntut pemerintah Amerika Serikat karena memilih teknologi perusahaan dan “merusak reputasinya” tanpa membuktikan bahwa Huawei memang ancaman keamanan. Seperti yang diketahui bahwa pemerintah amerika serikat melarang smartphone merek huawei untuk diedarkan secara resmi di negeri paman sam tersebut yang menyebabkan pabrikan ini kehilangan salah satu pasar paling potensial di dunia. Hal ini juga dipengaruhi oleh politik global dan perang dagang yang digencarkan oleh pemerintah amerika serikat kepada Cina.

Kembali pada tahun 2016, Huawei secara ambisius menetapkan tujuan untuk menjadi pembuat smartphone global nomor 1 pada tahun 2021. Pada Juli 2018, Huawei berada di posisi nomor 2 dalam pengiriman dan pangsa pasar dengan Samsung di posisi teratas dan Apple tertinggal di belakang . Pada tingkat ini, kami tidak ragu bahwa Huawei dapat menjadi pembuat smartphone teratas di dunia. Tampaknya semua pergolakan politik tidak akan menghentikan Huawei dari mencapai tujuannya.

Bagikan:

Leave a Comment