Kumpulan Gambar Bunga Berbagai Jenis Yang Indah, Cantik, Mahal Dan Langka

Gambar bunga yang bermacam-macam beserta penampakannya yang indah, cantik, mahal dan langka di dunia. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan berbagai keindahan bunga dengan gambar bunga yang warna warni dan menyejukkan mata berikut ini.

Bunga adalah sebuah tumbuhan yang digemari di seluruh dunia karena tampilannya yang indah dan cantik yang sangat sedap dipandang mata. Jika kita melihat mekarnya bunga dengan kombinasi warna cerah tentunya akan mempengaruhi mood dan perasaan sehingga kita akan lebih ceria. Selain itu bunga juga banyak bermanfaat dalam kehidupan manusia. Selain dapat digunakan sebagai bahan hiasan, kerajinan dan obat, salah satu kegunaan bunga juga menjadi bahan pembuatan parfum dan produk kosmetik karena bunga memang harum baunya.

Selain dikenal karena bentuk dan baunya yang disukai, bunga juga ternyata memiliki filosopi tertentu yang dipercaya bagi banyak orang di berbagai belahan dunia. Mungkin karena bunga memang memiliki arti simbolis, seperti bunga mawar yang melambangkan cinta atau bunga aster yang melambangkan kesucian. Hal ini yang membuat penggunaan bunga di berbagai acara sakral seperti perkawinan dan kematian.

Ada berbagai macam jenis bunga yang dikenal di dunia ini. Jenis bunga yang paling lazim seperti bunga mawar, melati, tulip atau anggrek sudah banyak dibudidayakan di usaha perkebunan bunga yang bahkan sudah tersebar luas di indonesia. Bunga memang sudah menjadi komoditi karena harganya yang cukup mahal dan bahkan menjadi bahan ekspor antar negara dengan nilai ekonomi yang besar.

Untuk kamu penggemar bunga yang sedang mencari gambar-gambar bunga terbaik, simak berikut ini macam-macam bunga yang indah dan cantik yang pastinya akan membuat anda terkagung-kagum, beserta penjelasan tentang arti dan manfaatnya masing-masing.

Gambar Bunga Aster

gambar bunga aster 1

gambar bunga aster 2

Bunga cantik yang punya bermacam warna ini berasal dari negeri cina. Aster atau daisy banyak tumbuh di padang rumput. Ada perasaan yang dalam ketika kamu melihat gambar bunga aster diatas. Maka tidak mengherankan jika aster banyak dipilih sebagai bunga untuk dibawa saat kencan ataupun mengunjungi kerabat yang sedang sakit.

Setelah melihat gambar gambar bunga aster yang cantik, kamu bisa menyimak beberapa fakta menarik tentang tanaman ini, yaitu:

  1. Bunga aster termasuk salah satu keluarga tumbuhan terbesar di dunia.
  2. Aster ditemukan di mana-mana di Bumi kecuali Antartika.
  3. Nama bahasa inggris bunga ini yaitu ‘daisy’ diperkirakan berasal dari Bahasa Inggris Kuno ‘daes eag’.
  4. Keluarga daisy, yang dikenal para ilmuwan sebagai Compositae, diklasifikasikan pada 1792.
  5. Aster dipercaya mewakili sifat kemurnian dan kepolosan.
  6. Daun bunga aster bisa dimakan.
  7. Aster memiliki banyak khasiat sebagai obat tradisional.
  8. Jika tidak dikendalikan, beberapa aster dapat menjadi gulma yang serius untuk tanaman lain.
  9. Lebah Sangat menyukai bungai ini.

Gambar Bunga Matahari

gambar bunga matahari

gambar kebun bunga matahari

Siapakah yang tidak kenal dengan bunga matahari? Bunga yang populer ini karena bentuknya yang identik dengan bentuk matahari. Nama lain dari bunga matahari adalah Helianthus, namanya berasal dari bahasa Yunani yaitu helios artinya matahari dan anthos artinya bunga. Bunganya beragam warna, mulai dari warna kuning yang paling sering kita lihat, hingga yang jarang seperti ungu, merah, krem, jingga, dan perunggu.

baca juga: Lukisan Pemandangan Alam

Bunga matahari yang indah ini selain sebagai tanaman hias juga dapat dibudidayakan sebagai makanan. Ya, biji bunga matahari dapat diolah menjadi kuaci yang menjadi kegemaran banyak orang sebagai makanan ringan saat bersantai ria.

Gambar Bunga Mawar

gambar bunga mawar

gambar kebun bunga mawar

Bunga mawar bisa dikatakan sebagai bunga yang paling terkenal. Mawar melambangkan cinta dan kasih sayang ini memiliki warna merah terang yang membuatnya banyak digemari di seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa fakta unik dan menarik seputar bunga mawar:

  • Ukuran mawar tergantung pada spesiesnya. Bunga dapat mencapai dari pasangan hingga diameter 33 inci. Spesies tertentu dapat mencapai panjang 23 kaki.
    Sebagian besar spesies mawar gugur, dengan beberapa spesies yang termasuk dalam kelompok tanaman hijau. Mayoritas mawar membentuk semak-semak atau tumbuh dengan memanjat vegetasi lain.
  • Warna mawar tergantung pada spesies. Mawar dapat ditemukan dalam berbagai warna putih, kuning, merah muda, oranye dan merah. Mawar biru dan hitam tidak ada.
  • Setiap warna mawar melambangkan nilai tertentu. Mawar merah adalah simbol cinta, kuning persahabatan, oranye antusiasme, putih kemurnian dan pink sukacita.
  • Mawar liar memiliki 5 kelopak dan 5 sepal. Sejumlah besar kelopak adalah hasil dari mutasi dan dapat dilihat pada mawar yang dibudidayakan.
    Mawar dikenal dengan tusukannya. Mereka terlihat seperti kait yang memfasilitasi ikatan ke tanaman lain (dalam jenis mawar pendaki) dan melindungi batang dari herbivora.
  • Meskipun duri kuat dan tajam, beberapa jenis rusa mampu memakan mawar.
    Selain herbivora besar, serangga dan laba-laba sering menyerang mawar. Penyakit jamur dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada mawar yang dibudidayakan.
  • Mawar liar mekar setahun sekali. Mereka diserbuki oleh serangga.
  • Mawar pinggul adalah buah mawar. Ini adalah sumber kaya vitamin C. Rose kadang-kadang digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan sakit perut dan untuk mengobati kanker.
  • Air mawar dan sirup mawar digunakan dalam memasak. Mawar pinggul dapat diubah menjadi selai, selai atau bisa dikeringkan dan digunakan dalam persiapan teh.
  • Minyak mawar adalah bahan penting dalam industri parfum. Ekstraksi jumlah minimal minyak ini membutuhkan sejumlah besar mawar (satu gram minyak dihasilkan dari dua ribu mawar).
  • Mawar adalah tanaman tua. Salah satu fosil mawar tertua yang ditemukan di Colorado berasal dari 35 juta tahun yang lalu.
  • Mawar sering digunakan dalam literatur dan lagu. Ada lebih dari 4000 lagu yang didedikasikan untuk mawar.
  • Mawar bisa bertahan lama. Mawar yang menutupi dinding Katedral Hildesheim di Jerman sudah lebih dari 1000 tahun.

Gambar Bunga Dahlia

gambar bunga dahlia

bunga dahlia warna warni

Meskipun telah tumbuh di Eropa selama lebih dari dua ratus tahun, Bunga Dahlia diperkirakan berasal dari Meksiko dan merupakan bunga nasional negara itu. Dahlia diyakini dinamai oleh ahli botani Spanyol abad ke-18 yaitu Abbé Cavanille untuk menghormati Andreas Dahl, seorang ilmuwan dan pencinta lingkungan asal Swedia.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa bunga Dahlia merupakan salah satu bunga paling terkenal di kalangan para pecinta tanaman hias. Hal ini disebabkan warna dan bentuk bunganya yang beraneka ragam yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah semarak pada kebun bunga. Dahlia juga sangat cocok menjadi objek fotografi, hal ini bisa dibuktikan dengan gambar bunga dahlia yang ada di halaman ini yang pastinya akan membuat kamu terpesona dengan keindahannya.

Gambar Bunga Iris

bunga iris

Fakta Unik Dan Menarik Tentang Bunga Iris:

  • Iris dapat menghasilkan bunga berwarna putih, kuning, oranye, merah muda, ungu, lavender, berwarna biru atau coklat. Bunga individu terdiri dari tiga kelopak berorientasi ke atas yang dikenal sebagai “standar” dan tiga kelopak berorientasi ke bawah (yang terlihat seperti kelopak) yang dikenal sebagai “jatuh”. Drooping sepal dapat ditutup dengan “jenggot” (fuzzy appendage).
  • Setiap batang bunga iris menghasilkan 9 hingga 12 tunas berbunga yang tumbuh di cabang sisi pendek. Bunganya harum dan hanya bertahan 3 hari. Iris mekar selama musim panas dan menarik lebah yang bertanggung jawab atas penyerbukan bunga.
  • Buah iris adalah kapsul yang terbagi tiga bagian untuk melepaskan banyak biji.
  • Iris merambat melalui biji dan melalui pembagian rimpang.
  • Iris berarti “pelangi” dalam bahasa Yunani. Nama mengacu pada kemampuan bunga iris untuk menghasilkan bunga dalam berbagai warna.
  • Semua jenis iris dapat dibagi dalam tiga kelompok berdasarkan ukuran batang bunga: kerdil, sedang dan tinggi.
  • Tergantung pada warna bunganya, iris dapat menandakan kebijaksanaan (iris ungu), kemurnian (iris putih), iman (iris biru) atau gairah (iris kuning).
  • Rimpang iris, juga dikenal sebagai “akar orris”, digunakan dalam industri parfum dan deodoran.
  • Jus yang diperas dari tanaman ini dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi kulit. Akar Orris dapat digunakan untuk pemurnian tubuh karena mengandung zat dengan sifat pencahar, diuretik, dan emetik (yang menyebabkan muntah).
  • Bunga bunga iris adalah simbol iman, kebijaksanaan dan keberanian di Mesir kuno dan mereka sering digunakan untuk menghias tongkat kekuasaan para penguasa.
  • Vincent Van Gogh, seniman Belanda terkenal, melukis dua gambar yang menggambarkan iris. Foto-foto ini sangat terkenal dan sangat dihargai di dunia seni saat ini.
  • Bunga iris adalah bunga negara bagian Tennessee di Amerika dan bunga resmi bulan Februari.
  • Iris adalah tanaman abadi, yang berarti dapat bertahan lebih dari 2 tahun di alam liar.
  • Iris memiliki batang tegak dan halus yang dapat mencapai ketinggian 8 hingga 38 inci, tergantung pada kultivar. Batang bisa rata atau melingkar pada penampang.
  • Iris menghasilkan 3 hingga 10, daun berbentuk pedang tersusun dalam bentuk rumpun di sekitar batang. Daun berwarna hijau kebiruan, tidak berbulu dan halus di bagian tepinya.

Gambar Bunga Anggrek

bunga anggrek yang indah

Anggrek adalah bunga yang unik dan indah. Anggrek adalah salah satu kelompok tanaman terbesar dan paling beragam. Sejauh ini, lebih dari 25.000 spesies anggrek telah dideskripsikan. Setiap tahun, para peneliti menemukan ratusan spesies baru. Selain sejumlah besar anggrek di alam liar, 100.000 varietas anggrek dibuat secara artifisial, melalui pembiakan selektif. Anggrek dapat ditemukan di seluruh dunia. Mereka dapat bertahan hidup di berbagai jenis habitat, bahkan dekat dengan Lingkaran Arktik. Sebagian besar spesies anggrek hidup di hutan hujan tropis, di iklim yang hangat dan lembab. Sayangnya, 10% dari semua spesies anggrek hampir punah karena semakin populernya penanaman anggrek.

Bunga ini cukup unik karena spesies anggrek tertentu bersifat parasit. Mereka tidak dapat menghasilkan makanan (gula) menggunakan sinar matahari dan karbon dioksida (seperti tanaman lain). Sebagai gantinya, mereka mendapatkan makanan dari jamur yang hidup di dalam akarnya.

Gambar Bunga Lilac

gambar bunga lilac

bunga lilac yang sangat indah

Bunga Lilac yang memiliki nama latin Syringa vulgaris ini merupakan tanaman hias yang indah dan cukup populer karena bunganya yang menarik dan beraroma harum. Bunga Lilac Tumbuh membentuk pohon kecil dan menghasilkan bunga berwarna ungu muda hingga putih.

Gambar Bunga Lavender

gambar bunga lavender

Kamu pasti sudah familiar dengan bunga yang satu ini. Lavender tidah hanya terkenal karena bentuk dan warnanya tapi karena aromanya yang harum dan tidak disukai nyamuk. Hal inilah membuat lavender banyak menjadi bahan parfum dan juga campuran untuk produk anti nyamuk.

Selain itu, lavender juga memiliki bunga berwarna khas keunguan yang sangat cantik, dapat tumbuh dalam jumlah banyak di halaman yang luas.

Gambar Bunga Saffron

gambar saffron

Bunga Saffron merupakan bunga unik dan cantik dengan harga yang mahal karena memiliki berbagai khasiat pengobatan. Bunga saffron juga cukup dikenal oleh masyarakat luas sebagai pewarna dan bumbu masakan. Saffron merupakan bunga yang berasal dari Asia Barat Daya, namun kini sudah dibudidayakan di banyak negara. Bunga saffron dengan kualitas terbaik kebanyakan berasal dari Italia dan Yunani.

Gambar Bunga Tulip

gambar bunga tulip

Tulip merupakan salah satu bunga paling indah dan paling populer di dunia. Ada total 75 spesies tulip liar dan lebih dari 3000 varietas tulip dibuat melalui pemuliaan selektif. Tulip berasal dari Asia Tengah. Mereka dibawa ke Eropa pada abad ke-16, ketika orang-orang mulai mengolahnya dalam skala besar.

Saat ini, tulip dapat ditemukan di seluruh dunia. Tumbuhan yang indah ini hidup di iklim sedang, dengan musim semi dingin yang berlangsung lama. Kondisi cuaca khusus (terutama suhu rendah selama musim semi) diperlukan untuk pertumbuhan benih. Jumlah spesies tulip tertentu berkurang di alam karena pengumpulan berlebihan dan perusakan habitat sebagai akibat dari peningkatan aktivitas manusia.

Gambar Bunga Bakung

gambar bunga bakung

Bunga bakung, juga dikenal sebagai narcissus dan jonquil, adalah jenis tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga Amaryllis. Ada 26 hingga 60 spesies bakung liar yang berbeda. Mereka asli ke Eropa, bagian utara Afrika dan bagian barat Asia dan Mediterania. Bakung tumbuh di padang rumput dan hutan. Orang menanam bakung karena morfologi hias mereka.

Varietas bakung baru diproduksi setiap tahun. Sejauh ini, setidaknya 13.000 jenis bakung diciptakan melalui pemuliaan selektif. Mereka berbeda dalam ukuran, warna dan jumlah daun bunga. Bakung membutuhkan sinar matahari sebagian atau penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik untuk pengembangan yang sukses. Mereka sensitif terhadap air yang berlebihan yang menyebabkan umbi busuk.

Gambar Bunga Poppy

bunga poppy di taman

Poppy adalah jenis tanaman berbunga yang juga dikenal sebagai sumber opium. Tanaman ini asli ke Eropa Tenggara dan Asia Barat. Bunga poppy tumbuh di daerah yang cerah (membutuhkan setidaknya 6 jam matahari setiap hari), di tanah yang berdrainase baik. Budidaya opium poppy dimulai 4000 SM ketika orang menemukan sifat obat penenang dan menenangkan dari tanaman. Senyawa yang diisolasi dari opium poppy banyak digunakan dalam industri farmasi. Selain itu, poppy juga sering dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Gambar Bunga Teratai

bunga teratai cantik

Teratai atau Lotus adalah jenis tanaman air terapung dari genus Nelumbo. Ini juga dikenal sebagai lotus India karena mewakili bunga nasional India. Teratai berasal dari bagian selatan Asia dan Australia, tetapi dapat ditemukan dalam budaya perairan di seluruh dunia saat ini. Lotus hidup di kolam dan danau yang dangkal dan keruh yang terkena sinar matahari langsung. Itu tidak bisa bertahan hidup di iklim yang lebih dingin. Bunga ini adalah simbol keindahan, rahmat, kemurnian dan ketenangan. Karena tanaman ini sangat banyak baik di alam maupun dalam budaya, itu tidak ada dalam daftar tanaman yang terancam punah.

Gambar Bunga Forget-me-not

gambar bunga forget me not

Forget me not merupakan salah satu bunga dengan bunga yang sangat indah warna dan bentuknya. Bunga ini tumbuh bergerombol berwarna biru langit sampai biru indigo. Dibalik keindahan bunganya yang mungil ini ternyata terdapat makna dan cerita legenda yang mengesankan. Legenda nama bunga forget me not menceritakan tentang dahulu kala ketika Tuhan menciptakan bumi. Ia lalu dia menghiasinya dengan bunga beraneka rupa, bermacam bentuk, warna dan motif ia ciptakan. Hingga tiba waktunya Ia menamai mereka. maka dipanggillah satu persatu. Rose, Lily, Tulip, Magnolia, Frangipani, Poppy, Pansy, Jasmine, Lavender, Geranium, Aster.

Para bunga bersukacita mendengar nama-nama mereka disebutkan. tanpa menyadari bahwa dibawah disemak-semak, ada serumpun bunga kecil-kecil berwarna biru yang tersembunyi dibawah bayang-bayang mawar liar. Meski bentuknya mungil, bunga-bunga itu terlihat cantik dengan warna biru bagaikan langit cerah. Bunga-bunga itu begitu lugu dan mereka mulai khawatir Tuhan tidak melihat mereka dan lupa memberi nama. Lalu mereka berseru-seru memanggil Tuhan dan berkata: “Forget me not, my lord! Forget me not!” lalu Tuhan tersenyum sambil memandang mereka dan berkata: “Then shall it be your name!”.  Dan setelah itu, bunga-bunga itu disebut dengan forget me not.

Gambar Bunga Morning Glory

keindahan bunga morning glory

Morning glory adalah bunga yang cukup hits saat ini oleh karena itu jenis bunga ini adalah yang paling banyak dicari dan sangat terkenal. Morning Glory adalah Tanaman bunga yang merambat dan memiliki bunga berbentuk terompet dengan warna dan motif yang beragam. Kamu bisa melihat sendiri dari gambarnya jika bunga morning glory ini berbunga lebat sehingga akan terlihat sangat cantik jika memenuhi taman.

Gambar Bunga Kembang Sepatu

kembang sepatu

Hibiscus, juga dikenal sebagai rose mallow, adalah tanaman milik keluarga mallow. Ada lebih dari 200 spesies kembang sepatu yang dapat ditemukan di daerah hangat dan tropis di seluruh dunia. Kembang sepatu tumbuh di tanah yang dikeringkan dengan baik di daerah yang cerah. Tanaman ini terkenal dengan bunga-bunga yang indah. Hibiscus biasanya dibudidayakan untuk keperluan hias, tetapi dapat juga digunakan dalam makanan manusia, sebagai obat untuk berbagai gangguan dan sebagai sumber pewarna alami. Jenis kembang sepatu liar adalah sumber makanan penting bagi larva serangga tertentu. Beberapa spesies kembang sepatu Hawaii terancam punah dan sangat langka di alam liar karena hilangnya habitat dan penyakit.

Gambar Bunga Sakura

foto bunga sakura

bunga sakura yang sedang mekar

Bunga sakura adalah salah satu bunga paling indah di dunia. Hal ini bisa dilihat dari penampakan keindahannya pada saat musim semi. Bunga yang merupakan bunga nasional negara Jepang ini hanya mekar ketika musim semi tiba yaitu pada bulan Maret hingga Juni, dan dipercaya sebagai simbol harapan dalam kebudayaan jepang. Selain warna dan bentuknya yang sangat indah, ternyata sakura ini adalah salah satu dari sedikit jenis bunga yang bisa dimakan. Karena itu, di Jepang maupun Korea kita bisa menemukan berbagai macam jenis makanan yang menggunakan bunga sakura sebagai campurannya.

Gambar Bunga Magnolia

bunga magnolia yang sangat indah

Magnolia adalah tanaman berbunga yang sangat menarik yang termasuk dalam famili Magnoliaceae. Ada sekitar 210 spesies magnolia yang berbeda dalam ukuran, bentuk, warna bunga dan jenis habitat. Pohon Magnolia berasal dari Asia Tenggara dan Amerika Utara, tetapi mereka telah dinaturalisasi ke hampir semua benua di dunia karena keindahannya.

Magnolia biasanya tumbuh di tanah masam yang kaya akan nutrisi, di area yang menyediakan cukup kelembaban dan sinar matahari langsung. Ini sering ditanam di taman dan di lapangan golf karena morfologi hias dan kemampuannya untuk memberikan naungan. Sayangnya, beberapa spesies magnolia menghadapi masa depan yang tidak pasti karena hilangnya habitat sebagai akibat dari peningkatan aktivitas manusia.

Gambar Bunga Melati

bunga melati

Bunga melati lumayan populer di indonesia dengan warna putih dan aroma yang khas. Bunga yang banyak menjadi tanaman hias di indonesia ini memiliki waktu tumbuh yang lama dan dapat dengan mudah ditemukan di pekarangan rumah masyarakat berbagai daerah. Selain itu, Aroma melati yang harum biasanya menjadi bahan pembuatan minuman teh kemasan dan kosmetik.

Itulah beberapa gambar bunga yang bisa kamu simak dan saksikan. Kiranya keindahan bunga yang sudah diperlihatkan boleh menjadi inspirasi bagi kita untuk terus melestarikan lingkungan dan alam.

Bagikan:

Leave a Comment