20 Fakta Tentang Bulan Yang Unik Dan Menarik

Fakta Tentang Bulan yang unik dan menarik- benda angkasa yang telah melahirkan banyak teori konspirasi dan memicu imajinasi jutaan orang di seluruh dunia. Dari dongeng masa kanak-kanak hingga jurnal ilmiah yang sangat sulit, badan surgawi ini hampir ada di mana-mana. Jadi, sudah saatnya kita mempelajari beberapa fakta luar biasa tentang objek ini melalui artikel ini berjudul 20 fakta Bulan yang menarik. Anda siap?

20 Fakta Tentang Bulan

1. Bulan hampir tidak memiliki atmosfer. Tidak adanya atmosfer berarti:

  • Langit selalu tampak hitam dari permukaan Bulan ada salah satu fakta tentang bulan yang paling mengejutkan.
  • Variasi suhu sangat tinggi di Bulan.
  • Meteorit dan angin matahari mendapatkan jalur bebas ke permukaan Bulan.
  • Sinar kosmik yang berbahaya dengan mudah mencapai permukaan Bulan.

2. Tidak ada yang disebut sisi gelap Bulan. Semua sisi Bulan mendapatkan jumlah sinar matahari yang sama. Konsep sisi gelap Bulan muncul karena kita hanya bisa melihat satu sisi Bulan. Ini terjadi karena Bulan membutuhkan tepat 27,3 hari untuk menyelesaikan satu revolusi di sekitar Bumi dan tepat 27,3 hari untuk menyelesaikan satu rotasi pada porosnya sendiri. Karena itu, hanya satu sisi Bulan yang terlihat oleh kita. Satu-satunya cara untuk melihat sisi lain Bulan adalah melihatnya dari pesawat ruang angkasa.

bulan dari teleskop
fakta tentang bulan

3. Bulan mengalami apa yang dikenal sebagai bulan atau Moonquakes. Di Bumi kita menyebutnya Gempa Bumi. Gempa bulan disebabkan oleh tarikan gravitasi Bumi. Astronot yang mendarat mengumpulkan fakta tentang Bulan menggunakan seismograf untuk merekam gempa Moon beberapa kilometer di bawah permukaan Bulan.

4. Bulan melayang jauh dari Bumi dengan kecepatan 3,8 sentimeter per tahun. Para ilmuwan entah bagaimana menghitung bahwa penyimpangan ini akan terus berlanjut selama 50 miliar tahun ke depan di mana, Bulan akan cukup jauh dan akan mengorbit Bumi dalam 47 hari dibandingkan dengan 27,3 hari pada hari ini.

5. Bulan juga menggunakan tarikan gravitasi di Bumi. Karena gaya tarik gravitasi Bulan, air di lautan Bumi berakselerasi ke Bulan dan menyebabkan air menggembung. Bulan berputar atau mengorbit di sekitar Bumi dan Bumi berputar pada porosnya sendiri. Sebagai hasil dari dua gerakan ini, tonjolan air juga bergerak. Pasang naik disebut daerah-daerah di mana air menggembung dan daerah lainnya adalah air surut.

6. Air di Bumi yang menghadap Bulan menonjol keluar tetapi apa yang terjadi pada air di sisi yang berlawanan dari Bumi, yaitu air yang tidak menghadap Bulan? Air di sisi yang berlawanan juga menonjol karena gaya yang dikenal sebagai gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal adalah gaya yang bertindak berlawanan dengan tarikan gravitasi antara Bulan dan Bumi dan memisahkan kedua benda langit.

7. Bulan hampir setua Bumi dan Matahari. Itu terbentuk tak lama setelah Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Ada banyak teori tentang bagaimana Bulan terbentuk tetapi teori yang paling banyak diterima adalah bahwa tak lama setelah pembentukan Bumi, seukuran Mars bertabrakan dengan Bumi, melemparkan awan batuan yang menguap (bagian dari Bumi dan benda lainnya) ke luar angkasa , yang kemudian mengembun dan membentuk Bulan. Awan batu yang menguap tidak bisa lepas ke ruang terbuka karena tarikan gravitasi Bumi.

8. Bulan hanya 27% ukuran total Bumi dan tarikan gravitasinya hanya 1/6 dari Bumi. Inilah sebabnya mengapa seseorang yang memiliki berat 150 pound di Bumi hanya memiliki berat 25 pound di bulan.

bumi dilihat dari bulan
fakta tentang bulan

9. Bulan mengikuti orbit oval di sekitar Bumi. Jarak terdekat antara pusat Bumi dan pusat Bulan adalah 225.740 mil dan jarak terjauh adalah 251.970 mil.
Laporkan iklan ini

10. Seperti Bumi, Bulan juga memiliki masa kanak-kanak yang sangat kejam. Baik Bumi dan Bulan melewati apa yang dikenal sebagai Pengeboman Berat Akhir sekitar 4 miliar tahun yang lalu (yaitu 0,5 miliar tahun setelah mereka terbentuk). Pengeboman oleh asteroid ini meninggalkan bekas luka di Bulan dalam bentuk kawah.
Fakta Menarik Bulan: 11-20

11. Bulan sebenarnya mempertahankan kawah yang dibentuk oleh Late Heavy Bombardment. Karena tidak ada atmosfer, tidak ada yang keluar dari kawah. Selain itu, ada fakta tentang Bulan yang secara geologis cukup tidak aktif, yang selanjutnya membantu bulan untuk mempertahankan kawahnya.

12. Wahana antariksa pertama yang mencapai bulan adalah wahana antariksa Soviet bernama Luna 1. Wahana antariksa ini tidak benar-benar mendarat di bulan. Itu agak berlalu dengan permukaan bulan 5995 km dan kemudian menuju untuk mengorbit matahari.

13. Yang berikutnya adalah Luna 2 yang benar-benar mendarat di Bulan. Luna 3 memotret sisi jauh Bulan pada tahun 1959. Sejumlah pesawat ruang angkasa seri Luna lainnya dikirim ke Moon oleh USSR. Dari jumlah tersebut, Luna 16, Luna 20 dan Luna 24 benar-benar membawa kembali sampel tanah dan batu dari permukaan bulan.

14. Amerika tidak jauh di belakang. Program Apollo dirancang oleh NASA. Amerika adalah satu-satunya negara yang berhasil menyelesaikan misi berawak ke Bulan. Neil Armstrong adalah manusia pertama di dunia dan di Amerika yang menginjak permukaan Bulan dan berjalan di permukaan bulan. Dia mendarat di bulan pada 21 Juli 1969 pukul 02:56 UTC.

tiba di bulan
fakta tentang bulan

15. Tanda kaki Neil Armstrong masih ada di debu di permukaan bulan dan akan terus ada kecuali dihancurkan oleh pendaratan atau lepas landas oleh pesawat ruang angkasa. Ini karena, tidak ada angin di bulan dan karenanya, tidak ada yang akan menghancurkan jejak itu. Satu-satunya hal lain yang dapat menghancurkan jejak adalah dampak asteroid.

16. Pada tahun 1988 survei dilakukan. 13% dari total orang yang disurvei benar-benar percaya bahwa Moon terbuat dari keju.

17. Februari adalah satu-satunya bulan di mana bulan purnama mungkin tidak muncul. Namun, akan ada dua bulan penuh pada bulan Januari atau Maret. Bulan purnama kedua dalam sebulan dikenal sebagai bulan biru.

18. Bulan sebenarnya lebih besar dari Pluto dan 1/4 diameter Bumi. Karena ukurannya yang sangat besar, beberapa ilmuwan kadang-kadang menganggapnya sebagai planet tetapi sebenarnya adalah satelit. Bulan memiliki luas permukaan 14.658.000 mil persegi.

19. Sejauh menyangkut struktur internal Bulan, para ilmuwan telah menemukan bahwa ia memiliki inti, mantel, dan kerak. Intinya padat dan kaya zat besi. Bagian inti ini mencakup radius 250 km. Yang mengelilingi inti padat adalah inti luar fluida dengan radius hampir 300 km. Mengambang pada inti luar yang meleleh adalah batas sebagian pelecehan yang memanjang hingga radius 500 km. Di atas batas parsial ini adalah mantel dan di atasnya adalah kerak.

20. Bulan adalah satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya dan tidak memiliki medan magnet dipolar global. NASA berencana memasang stasiun ruang angkasa permanen di Bulan pada 2019.

***

Demikianlah beberapa fakta tentang bulan yang unik, menarik dan mungkin beberapa diantaranya berhasil mengejutkan anda. Semoga artikel ini bisa menjadi bacaan menarik, menghibur dan bermanfaat untuk kita semua.

Bagikan:

Leave a Comment