8+ Contoh Teks Tanggapan Kritis: Susunan, Karakteristik Dan Cara Membuatnya

Contoh Teks Tanggapan Kritis. Tentu hampir semua orang pernah mengalami situasi di mana orang lain atau Anda sendiri memberikan beberapa pertanyaan beserta respon atau tanggapan. Situasi tersebut biasanya dialami ketika terdapat suatu kegiatan diskusi, dan membentuk sebuah forum. Atau di kalangan para pelajar / akademisi lebih dikenal dalam acara seperti seminar, debat terbuka, debat calon presiden, dan masih banyak acara lainnya.

Bukan sekedar opini, tanggapan kritis merupakan sebuah pernyataan yang harus didasarkan pada fakta atau kenyataan gejala yang ada. Biasany tanggapan tersebut ditujukan pada sebuah kasus atau persoalan yang sedang hangat dan terjadi di masyarakat. Jika Anda menjadi salah satu peserta diskusi yang memberikan tanggapan kritis, maka pendapat Anda tentu tidak bisa sembarangan, harus mempertimbangkan berbagai sisi dan sudut pandang opini yang lain.

Perhatikan Susunan Teks Tanggapan Kritis yang Tepat di Bawah Ini

Susunan Teks Tanggapan Kritis yang Tepat
contoh teks tanggapan kritis

Membuat teks tanggapan kritis tentu harus berdasarkan struktur yang tepat agar opini yang disampaikan bisa lebih jelas dan terarah, serta pembahasannya tidak melebar kemana-mana. Tidak serumit teks naratif lainnya, teks tanggapan kritis memiliki susunan yang cukup singkat dan sederhana. Namun, opini untuk mengisi beberapa susunan teks tersebut harus berbobot dan bisa dipertimbangkan realitasnya. Berikut struktur yang membangun teks tanggapan kritis,

1. Struktur Teks Evaluasi

Biasanya berbagai jenis teks yang memiliki struktur awal terdiri dari pembukaan yang berupa pengenalan atau deskripsi topik dan masalah. Pada deskripsi teks, bagian awalnya disebut sebagai evaluasi, yang di dalamnya berisi berbagai pernyataan atau pandangan umum tentang sebuah kasus yang dibawa dalam forum atau diskusi.

2. Pendeskripsian Teks

Pada bagian selanjutnya teks tanggapan kritis terdiri dari bagian deskripsi, di sini berisi mengenai berbagai informasi. Mulai dari sini Anda bisa memberikan pendapat pro atau kontra terhadap suatu masalah, atau berpihak kepada orang tertentu, dengan memberikan beberapa alasan yang bersifat logis. Berikan alasan yang menguatkan pilihan Anda pada masalah atau pilihan tertentu, bila perlu cantumkan sumber agar opini Anda terbukti nyata dan tidak mengada-ada.

3. Penegasan Ulang Teks

Bagian terakhir teks tanggapan kritis sama seperti jenis teks lainnya, yakni berupa kesimpulan dari opini yang telah Anda kemukakan. Berikan opini yang kuat untuk memberikan keputusan akhir yang nantinya bisa ditanggapi oleh peserta lain, jika Anda sedang berada di dalam forum diskusi.

Langkah Membuat Teks Tanggapan Kritis dengan Tepat

contoh teks tanggapan kritis terbaik
contoh teks tanggapan kritis

Agar teks tanggapan kritis milik Anda bisa dipahami dan ditanggapi dengan baik oleh orang lain yang mendengar atau membacanya, maka tulislah dengan langkah tepat seperti pada poin berikut ini.

1. Selalu Update Tentang Berbagai Informasi Terkini

Teks tanggapan kritis selalu berkaitan dengan topik yang mengangkat kasus-kasus popular dan terhangat, oleh karena itu Anda harus selalu tahu dengan informasi terkini. JIka Anda ketinggalan informasi, tentunya lawan diskusi Anda bisa memberikan pernyataan dan opini yang lebih baik, serta lebih kritis.

baca: 11+ Contoh Artikel Ilmiah Lengkap Dengan Metode Penulisannya

Cara untuk selalu update atau mencari tahu tentang berita terpopuler saat ini tentu sangat mudah, mengingat adanya teknologi yang semakin berkembang. Cukup dengan waktu beberapa menit saja, Anda sudah bisa mengetahui banyak informasu terbaru di seluruh dunia, serta mencari tahu tentang topik yang sedang hangat dibicarakan sebagai bahan diskusi yang Anda ikuti.

2. Jangan Berhenti Menambah Wawasan dan Ilmu Pengetahuan

Selain selalu memperbarui informasi, Anda juga perlu menambah wawasan serta ilmu pengetahuan untuk memperkuat opini Anda. Karena opini yang memiliki dasar sesuai wawasan yang luas tentu lebih berbobot, daripada opini yang hanya sekedar dilontarkan berdasarkan pandangan umum (common sense) saja. Di sini Anda juga bisa mengeluarkan pandangan kritis berdasarkan bidang ilmu pengetahuan yang Anda tekuni.

3. Miliki Sudut Pandang yang Unik dan Logis

Membawa sudut pandang pengetahuan tertentu untuk mengkaji sebuah topik permasalahan sangat bagus. Selain untuk memberikan kritik atau opini, Anda sekaligus membagikan informasi atau wawasan yang bermanfaat bagi para audiens yang sedang hadir dalam sebuah acara diskusi. Dengan begitu, diskusi bisa berjalan dengan lebih menarik dan tidak membuat para peserta bosan.

4. Sampaikan Isi Teks Sesuai dengan Susunan Tepat

Susunan pada teks tanggapan kritis dibuat agar pembahasan dapat dibatasi dan topiknya tidak melebar ke hal yang tidak perlu dibahas. Selain itu susunan pada pembahasan opini perlu dibuat dengan sebaik mungkin karena isinya akan dibaca atau didengar serta dipahami oleh banyak pihak, termasuk para audiens yang hadir dalam satu acara diskusi atau ruang media.

5. Berikan Opini Anda ke Publik

Jika Anda bisa menyusun teks tanggapan kritis dengan baik dan benar, maka hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menyampaikan opini kepada public. Jangan terlalu minder, karena setiap orang tentu memiliki opini yang berbeda sesuai dengan pandangannya, meskipun nantinya sedikit sama tetapi kalimat pendapat yang disampaikan jelas berbeda. Akan sangat disayangkan jika Anda memiliki pemikiran bagus namun tidak menyampaikannya, maka Anda pun tidak bisa bertindak.

6. Gunakan Bahasa Baku yang Baik dan Benar Agar Dimengerti Semua Orang

Saat Anda menyampaikan opini atau kritikan sebaiknya gunakanlah Bahasa yang baku, bukan Bahasa local yang hanya dimengerti oleh segelintir orang saja. Hal itu berguna agar tidak ada hambatan untuk menyampaikan informasi ke publik secara luas, yang penting isi dari opini Anda tidak boleh terlalu menyudutkan pihak lain dengan cara yang kurang sopan. Gunakan kalimat dengan ejaan yang benar sesuai dengan tata Bahasa.

7. Jangan Gunakan Kalimat Makian yang di Luar Nilai dan Norma Kesopanan

Saat ini seiring berkembangnya media yang memberikan ruang bagi public untuk membagikan berbagai opini mereka, membuat banyak sekali bahan perkataan yang bisa dinilai tidak memiliki nilai dan norma. Bahkan hampir semua orang bebas menggunakan beragam kata atau kalimat di luar tata Bahasa yang benar. Penggunaan kalimat yang sesuai dengan tata Bahasa tentu membawa sebuah pandangan tentang kepribadian dan latar belakang Anda sebagai seorang berpendidikan.

Berikut Ciri Atau Karakteristik Teks Tanggapan Kritis

contoh teks tanggapan kritis terbaru
contoh teks tanggapan kritis

Sebelum menyusun teks tanggapan kritis dengan sempurna, tentu Anda juga harus tahu tentang berbagai karakteristik teks ini. Dengan begitu Anda sekaligus audiens bisa melihat perbedaan yang jelas atara teks tanggapan kritis dengan jenis teks naratif lainnya. Beberapa poin di bawah ini perlu Anda simak karena merupakan ciri teks tersebut yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Fokus Respon yang Diberikan Dalam Teks

Anda bisa mengamati pada teks tanggapan kritis, bahwa isi atau pembahasan di dalamnya membahas sebuah topik popular dan sedang hangat dibicarakan., bisa dalam berbagai bidang, seperti, politik, pendidikan, keagamaan, budaya, seni, dan sebagainya. Anda harus fokus pada salah satu masalah saja, tidak menghubungkan dengan pembahasan masalah lain yang tidak ada kaitannya.

2. Fakta dan Opini Penulis Harus Jelas

Penulis atau pembicara yang menyampaikan teks tanggapan kritis harus benar-benar mengetahui kalimat yang mengandung fakta dan opini dengan baik. Jangan menyebutkan opini Anda secara pribadi sebagai fakta yang harus dibenarkan oleh semua pihak. Jika Anda ingin menyatakan sebuah fakta maka berikan sumber untuk penguatan informasi yang sedang Anda berikan.

Anda harus menyampaikan kedua unsur tersebut, fakta sekaligus opini, karena jika Anda hanya menyampaikan sebuah fakta tanpa opini dari sudut pandang Anda, tentunya pembahasan menjadi kurang menarik dan kaku. Sedangkan jika Anda hanya menjelaskan opini tanpa memberikan fakta, maka pernyataan Anda tidak akan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Atau, bisa juga dianggap sebagai sekedar pendapat yang tidak memiliki dasar penguat yang pasti.
Oleh karena itu berikan penjelasan lengkap terkait dengan opini sekaligus fakta pendukung berbagai informasi terkait kasus yang sedang dibahas di forum diskusi.

3. Penyampaian Atau Pembahasan Tidak Terlalu Bertele-Tele

Sampaikan opini beserta fakta teks tanggapan kritis dengan membahas poin utama serta penjelasannya secara singkat dan jelas sesuai dengan jangka waktu yang diberikan. Jika Anda menulisnya, maka tulislah secara langsung ke pokok atau inti permasalahan pada topik yang Anda bahas. Jangan membuat pembaca atau pendengar jenuh dengan pembahasan Anda, biasanya hal ini disebabkan dengan banyaknya kata penghubung yang digunakan pada kalimat penyusunnya.

Minimal 2 atau tiga paragraph dengan pembahasan topik yang padat, atau maksimal 6 hingga tujuh paragraf beserta penjelasan dari hasil pemikiran Anda. Gunakan Bahasa baku dan sesuai dengan tata penulisan yang baik untuk membatasi peluang Anda dalam mengunakan kalimat yang bertele-tele.

Tata Bahasa Teks Tanggapan Kritis yang Benar

contoh teks tanggapan kritis yang benar
contoh teks tanggapan kritis

Berulang kali tata Bahasa diperjelas sebagai unsur paling penting dalam menulis teks tanggapan kritis. Anda perlu menyimak poin berikut ini agar tata Bahasa yang Anda gunakan tepat dan bagus untuk dibaca.

  1. Teks tanggapan kritis terdiri dari kalimat yang sifatnya kompleks, yakni tersusun dari dua struktur serta dua kalimat verba.
  2. Setiap kalimat yang Anda tulis pada teks tanggapan kritis harus menggunakan kata hubung atau konjungsi yang tepat, namun tidak terlalu banyak agar tidak terkesan bertele-tele. Pilih kata hubung yang sesuai dengan susunan kalimat berdasarkan SPOK dengan benar.
  3. Gunakan diksi atau pilihan kata yang bagus, biasanya untuk terlihat kritis beberapa penulis atau pengemuka pendapat menggunakan Bahasa keilmuan tertentu yang sedikit dipahami oleh public. Anda bisa menggunakannya namun harus disertai penjelasan, tetapi lebih baik lagi jika Anda menggunakan Bahasa dengan pilihan kata sederhana namun tetap sesuai. Pilihan diksi yang baik sesuai dengan Bahasa baku resmi dalam Bahasa Indonesia.
  4. Jika Anda mengemukakan opini, maka jangan lupa menyertakan faktanya. Berikan sumber kutipan atau rujukan yang bisa menguatkan fakta yang telah Anda tunjukkan.
  5. Selain itu tulislah daftar pustaka agar data rujukan Anda lebih lengkap, serta terhindar dari plagiasi.
  6. Apabila Anda menyusun teks tanggapan kritis berupa tulisan sebaiknya susunan paragraph dan kalimatnya dibuat dengan benar. Berdasarkan kaidah penulisan keilmuan yang baik untuk menyatakan sebuah opini kritis, biasanya disusun ke dalam setiap paragraph yang di dalamnya terdapat minimal 3 kalimat. Kurang dari itu maka tidak bisa dijadikan sebagai paragraph yang benar. Namun, Anda juga tidak boleh menuliskan opini di satu paragraph penuh dalam satu halaman.
  7. Buatlah tulisan berparagraf dengan jumlayang banyak agar para pembaca tidak mudah bosan. Namun batasi jumlah paragraph sesuai dengan topik utama pembahasan yang ditentukan. Anda bisa menulis dengan banyak paragraph asalkan isinya pun mengandung penjelasan penting dari opini dan fakta topik yang dibahas.

baca: 12+ Contoh Dialog Interaktif Dan Kesimpulannya: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Dll

Kumpulan Contoh Teks Tanggapan Kritis Untuk Dipelajari

1. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Politik

Setiap waktu topik popular yang selalu hangat untuk didiskusikan salah satunya tentang politik. Bagaimana tidak? Berbagai perilaku warga dan masyarakat saat ini seringkali disangkutkan dengan permasalahan politik. Apalagi di saat menjelang pemilu, tentu banyak media massa yang akan memberitakan dengan gencar tentang berbagai kabar politik dan pemilu.

contoh teks tanggapan kritis tentang politik
contoh teks tanggapan kritis

Topik populer yang sedang naik tersebut sangat sesuai untuk dijadikan sebagai bahan diskusi, atau acara debat, misalnya saja dengan tema “Pilih Nomor 1 Atau 2?”, kemudian teks tanggapan kritis yang tepat dan sesuai untuk judul tema tersebut perlu Anda perhatikan seperti di bawah ini.

Judul : “Pilih Nomor 1 Atau 2?”

Pembahasan

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, masyarakat tentu memiliki kewajiban untuk memilih calon presiden yang akan datang sebagai pemimpin bangsa dan negara. Mereka tentunya juga memiliki banyak opini pro dan kontra terhadap masing-masing calon bapak negara yang menjadi kandidatnya, yang penting Anda tidak boleh memilih secara asal, apalagi jika dibayar. Pastikan pilihan Anda benar sesuai dengan berbagai pertimbangan yang masuk akal dan matang.

Kenyataannya, banyak masyarakat yang akan memberikan hak suara mereka untuk calon presidan tidak terlalu memahami poin-poin penting dalam perpolitikan negara serta kredibilitas calon presiden yang dipertimbangkan. Mereka hanya sekedar mengetahui dan melihat apa yang sedang tersebar di media massa maupun media online. Tentu tidak masalah, asalkan Anda bisa melihat celah dan peluang dari sisi positif kedua calon presiden.

Hal yang terpenting perlu Anda pertimbangkan juga adalah, jangan sampai pilihan tersebut justru membawa konflik bagi Anda di lingkungan bermasyarakat. Jangan hanya karena berbeda pilihan lalu pertengkaran dan perpecahan terjadi, apalagi jika mengambil alih isu lainnya, seperti agama. Jika Anda terkena hasutan isu yang sedang popular seperti agama tentu sangat mudah bagi Anda untuk dipengaruhi aliran partai politik tertentu sehingga Anda bisa cenderung memilih salah satu pihak.

Kejadian tersebut tentu tidak masalah, asalkan Anda tidak ikut serta untuk menyebarkan berita yang tidak wajar, atau malah mengadakan kegiatan seperti kampanye hitam “black campaign” kepada masyarakat secara luas. Karena mereka pun masih memiliki hak untuk bernalar kritis sebelum memilih. Pastikan Anda menentukan pilihan berdasarkan pertimbangan dan hasilnya untuk Anda sendiri, kalaupun Anda sebagai aktor kampanye cukup sebarkan sisi positif calon yang Anda pilih.

Serta tidak perlu menyebarkan isu negative tentang pihak yang tidak Anda pilih dengan cara tidak wajar seperti yang telah disebutkan di atas. Jika Anda telah memiliki sebuah pilihan kepada salah satu pihak bisa dipastikan Anda telah memenuhi kewajiban berpolitik sebagai warga negara yang baik. Namun, bagi yang masih bimbang terhadap kedua pilihan karena banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan sebaiknya jangan memilih untuk golput, Karena kemenangan suara sangat berarti.

Menurut Anda apa yang perlu dipertimbangkan ketika kedua pihak sama-sama membuat Anda ragu dan membuat Anda tidak bisa condong pada satu pilihan?

Pertama lihatlah kualitas riwayat kinerja masing-masing pihak jika pernah melakukan kegiatan kepemimpinan di suatu daerah atau lembaga. Kedua lihatlah dan pelajari latar belakang kehidupan mereka, pemimpin yang baik bagi rakyat tentu yang pernah merasakan hidup di berbagai kondisi yang berbeda, bisa dari segi profesi, ekonomi, social, dan sebagainya. Ketiga, berikan nilai pada kredibilitasnya, meskipun keduanya mungkin memiliki sisi yang tidak bisa Anda terima.

Lihatlah sisi positifnya, berbagai hasil yang pernah mereka capai, pilihlah yang paling mendekati dengan nilai yang mejadi unsur kredibilitas seorang pemimpin suatu bangsa dan negara. Jangan mudah terkena berbagai isu atau berita yang belum tentu kebenarannya lewat media. Cari taulah sendiri, karena banyak sekali sumber yang bisa Anda amati, misalnya dokumen, seperti buku, rekam jejak, dan sebagainya.

Menurut saya Calon A memiliki hasil riwayat kepemimpinan cukup bagus, system pengorganisasian untuk mengelola berbagai bidang kenegaraan juga cukup bagus.

Karena mereka telah berhasil memajukan system perekonomian negara hingga sekian persen, keamanan wilayah territorial negara juga terlindungi. Namun, ada beberapa sisi yang tidak sesuai dengan unsur kredibilitas sehingga ada beberapa hal yang masih perlu dipertimbangkan.

Begitupun dengan calon B, karakternya cukup kuat, namun ada beberapa hal yang juga perlu pertimbangan banyak masyarakat untuk memilihnya. Namun, calon B sekarang memiliki banyak sekali pendukung di berbagai wilayah. Jadi sangat besar kemungkinannya mendapatkan suara terbanyak. Anda bisa memilih masing-masing calon atas dasar pilihan sendiri atau ikut-ikutan, itu semua tergantung dengan langkah yang sudah Anda tentukan dengan baik.

2. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Bahaya Merokok

contoh teks tanggapan kritis tentang bahaya narkoba
contoh teks tanggapan kritis

Dampak Merokok Bagi Pelajar

Sebagai manusia tentunya kita ingin tubuh kita sehat.Cara untuk mendpatkan hidup sehat adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satu hal yang menjadi faktor terganggunya kesehatan adalah rokok. Rokok sendiri adalah silinder dari kertas yang berisi cacahan tembakau dan mengandung zat kimia. Pada awalnya merokok adalah sebagai kebutuhan spiritual di Amerika.

Akhir – akhir ini, sudah banyak pelajar yang sudah mengkonsumsi rokok. Banyak diantara mereka adalah siswa SMP dan SMA. Sejatinya mereka masihlah dibawah umur. Merokok pastinya sangat mempengaruhi kehiduppan pelajar. Lalu, apakah dampak dan bagaimana cara mengatasinya.

Saat ini, terdapat 1.100 juta penghisap rokok di dunia. Setiap tahunnya, 4 juta orang meninggal karena rokok. Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 250 juta anak – anak akan meninggal apabila merokok tidak tidak segera dicegah. Di Indonesia, sudah marak pelajar yang sejatinya masih tergolong anak – anak sudah merokok.

Hasil dari survei dibeberapa SMP, 40 persen siswa sudah pernah mencoba rokok. Siswa SMP dan SMP masih tergolong labil sehingga mudah termakan oleh ajakan teman. Berdasarkan data Yayasan Jantung Indonesia sebanyak 77 persen siswa merokok karena ditawari teman. Sekali, duakali, mungkin ditawari oleh teman selanjutnya siswa akan ketagihan, siswa yang ketagihan akan mencoba untuk terus mengkonsumsi rokok.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap pandangan pada rokok, siswa beranggapan bahwa dengan merokok siswa akan terlihat lebih keren dan dewasa. Selain itu, siswa juga beranggapan dengan merokok akan mudah mendapatkan teman bergaul. Banyak juga yang beranggapan bahwa dengan merokok bisa meningkatkan prestasi siswa. Merokok juga dapat menghilangkan dari ngantuk. Alasan lain, merokok juga sebagai cara untuk menghilangkan suntuk dan stres.

Padahal, pada dasarnya merokok lebih banyak dampak negatif nya dibanding dengan dampak positif. Dampak negatif bagi pelajar adalah menyebabkan prestasi menurun karena siswa akan tidak fkus pada pelajaran. Bau menyengengat yang ditimbulkan oleh rokok juga meyebabkan orang lain merasa risih. Selain itu, zat kimia yang dikandung oleh rokok juga menyebabkan hancurnya organ – organ tubuh. Zat kimia yang dikandung rokok juga menimbulkan berbagai komplikasi pada tubuh seperti kanker, serangan jantung, penyakit paru- paru, penyakit tenggorokan, gangguan pada pita suara, dll.

Oleh karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk meminimalisir jumlah perokok. Sudah banyak slogan – slogan yang melarang kita untuk merokok. Bahkan semua produk rokok, sekarang sudah tertera bahaya merokok di kemasannya. Pemerintah juga telah melarang untuk tidak merokok sembarangan, karena asapnya juga menyebabkan polusi. Yang tepenting, pemerintah telah memasukan materi bahaya merokok pada kurikulum sekolah, buktinya ada slogan Hindarkan dan Jauhkan Sekolah dari Asap Rokok di buku pegangan siswa.

Secara umum, merokok hanya menimbulkan kerugian. Banyak orang orang meninggal dan menderita penyakit kronis karena mengkonsumsi rokok. Oleh karena itu, perlu ditumbuhkan kesadaran bagi pelajar dan masyarakat lainnya terhadap bahaya merokok. Orang tua sangat berperan penting dalam mengawasi pergaulan anak agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah. Selain itu, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir jumlah perokok.

3. Contok Teks Tanggapan Kritis Tentang Kemanusiaan

contoh teks tanggapan kritis tentang kemanusiaan
contoh teks tanggapan kritis tentang kemanusiaan

Kebobrokan Moralitas Anak Bangsa

Saat ini juga marak sekali berita tentang nilai-nilai kehidupan dan kemanusiaan, terutama yang berkaitan dengan moralitas seseorang. Diskusi dengan membawa tema ini tentunya akan sangat menarik dibahas dan bisa memunculkan banyak argument atau tanggapan kritis yang seru. Teks tanggapan sebaiknya harus membawa salah satu sudut pandang agar memiliki unsur kritis, bukan sekedar opini tanpa arah.

Jika Anda menggunakan tanggapan dengan sudut pandang di pihak B maka nyatakan dengan alasan yang logis, namun juga tidak terlalu menyudutkan pihak A. Cukup berikan penguatan opini kritis di pihak B, dan berikan alasan Anda karena tidak berada di pihak A, begitupun sebaliknya jika Anda memilih pihak A.

Misalnya Anda sedang berada di sebuah forum diskusi yang membahas tentang sebuah judul “Kebobrokan Moralitas Anak Bangsa”, maka pembahasan yang sesuai simak dengan baik pada beberapa paragraph di bawah ini.

Dewasa ini moralitas anak bangsa sedang menurun, hal itu justru semakin didukung oleh perkembangan media social yang disalahgunakan oleh anak-anak di bawah umur. Bukan sebuah ketidaksengajaan tentunya, tetapi terjadi karena berbagai faktor yang menyebabkan anak-anak menjadi kurang memperhatikan perilaku dan tindakan yang sesuai dengan norma.

Media social masa kini memang memberikan ruang yang sangat besar dan luas, bahkan seolah tidak ada batasan bagi para penggunanya untuk memanfaatkan sehingga norma dan nilai yang biasa dipegang di kehidupan nyata pun seolah tidak berlaku di dunia maya. Namun, bukan sekedar aturan yang sebenarnya diperlukan, melainkan pengawasan dan perhatian berbagai pihak pendukung, seperti orang tua, guru, dan sebagainya.

Akhir-akhir ini terdapat berita yang cukup menggemparkan yakni permasalahan terkait bullying yang masih terjadi di beberapa sekolah se Indonesia, salah satunya di wilayah A. Di sana terjadi pembulian seorang siswa SD oleh sekelompok siswa lainnya yang memiliki jenis kelamin sama. Korban mengalami luka cukup parah di beberapa anggota badannya, bahkan mengalami kerusakan di organ bagian dalam.

Kasus ini tentunya tidak terjadi di satu tempat saja, sekali atau dua kali, untuk itu tindakan pencegahan perlu dilakukan agar moral generasi penerus bisa lebih baik dan tidak mengkhawatirkan seperti ini. Jika Anda memiliki pertanyaan Ini Salah Siapa? Tentu aka nada banyak pihak yang bisa termasuk sebagai pihak yang bersangkutan dalam membentuk kepribadian dan karakter mereka. Selain itu pengawasan juga sangat penting, terutama saat anak berada dalam masa pergaulan.

Pihak korban bullying di sini akan mengalami beban fisik dan psikis yang sangat berat, bahkan efeknya bisa bertahun-tahun dan merusak karakter masa depan anak jika tidak segera ditangani. Meskipun kedua belah pihak, yakni korban serta pelaku bullying memiliki masalah tertentu yang sifatnya pribadi atau bukan, cara yang baik bukan dengan membully. Karena sudah banyak korban bullying yang mengalami berbagai kondisi buruk akibat perilaku tersebut.

Korban harus mendapatkan dukungan serta motivasi, bila perlu direhabilitasi untuk membuat kondisi psikis atau mentalnya menjadi lebih baik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pembulian tidak perlu dilakukan meskipun dalam beberapa hal korban melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh pihak pelaku. Efeknya bagi korban sangat serius, berupa perubahan mental yang semakin menurun, bisa juga perilaku menjadi kasar, hingga merusak mental seperti mengalami kegilaan.

Berbagai kasus bullying yang dialami oleh banyak siswa tentunya harus mendapatkan perhatian lebih besar, terutama bagi para pemerintah. Kasus-kasus seperti ini tidak bisa dianggap remeh meskipun permasalahannya bisa dibilang sepele bagi beberapa pihak orang dewasa. Tetapi tidak bagi anak, khususnya korban bullying, mereka akan mengalami trauma hingga dewasa, mentalnya pun akan terganggu, tidak seperti orang normal yang belum pernah mengalami kejadian bullying.

Upaya perlindungan bisa dilakukan dengan berbagai hal, bisa melalui penguatan undang-undang, dan penegakan hokum yang benar-benar adil. Selain itu, peran orang tua untuk memperbaiki pola asuh terhadap anaknya juga sangat penting. Sebaiknya para orang tua perlu menjalin hubungan yang lebih dekat dengan anak dan mengawasi berbagai hal yang dilakukan anak, termasuk melalui social media popular, tentunya metode pengawasan orang tua juga harus lebih cerdas dan tepat.

Kemudian para audiens yang menyaksikan tayangan berita dan sadar tentang kasus bullying yang terjadi di Indonesia juga harus lebih bijak. Jika terdapat audiens yang memiliki pengalaman serupa tentu bisa dijadikan sebagai bahan untuk memberikan opini membangun baik bagi korban maupun masyarakat secara luas. Kemudian para pihak berkepentingan yang sangat berarti bagi masa depan para anak / generasi penerus bangsa juga perlu memberlakukan kebijakan yang tepat.

Semua pihak harus memiliki pandangan kritis dalam menanggapi kasus bullying, bila perlu tidak hanya condong pada salah satu sudut pandang opini, tetapi berbagai opini. Tetapi juga harus pandai-pandai untuk memilah serta mencari tahu kebenarannya mengingat media sosial kini rawan disalahgunakan. Kini jika Anda salah mengkritik atau mengklaim pendapat tentang suatu hal akibatnya pun bisa sangat fatal untuk dapat merusak karakter seseorang.

4. Contoh Teks Tanggapan Kristis Tentang Kehidupan Remaja

Pergaulan Bebas Masa Kini

Pada masa kini, pergaulan mulai menyebar baik dari sosial maupun dunia nyata. Banyak remaja yang berusaha memperbanyak pertemanan mereka dari yang belum dikenal hingga yang dikenalkan. Padahal, bisa saja diantaranya merupakan orang kriminal. Tetapi, ada juga yang bisa menjadi teman baik remaja itu sendiri.

Pada orang tua juga sudah menghimbau para anak-anak mereka agar berhati-hati dapat menyebabkan akibat yang fatal. Namun, masih ada saja remaja yang tidak menuruti perkataan orang tuanya sendiri.

Jika dilihat mempunyai banyak teman dan pandai bergaul itu sangat bagus. Terlebih lagi bukan hanya di sosial media tapi juga didunia nyata. Tetapi, banyak orang yang memanfaatkan sosial media sebagai bahan tindak kriminal. Yang menyebabkan banyak korban yang hilang. Akibat berteman disosial media dengan orang yang tidak jelas.

Pada intinya, kita harus tetap tetap berhati-hati dalam berteman. Boleh saya berteman. Tetapi, bertemanlah dengan orang yang bisa saling membantu dalam hal-hal positif.

Jadi, kita harus menggunakan berteman dengan yang baik-baik jangan berteman dengan orang yang pergaulannya bebas. karena bisa menjerumuskan kita kedalam hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah berberapa sebab akibat dari pergaulan masa kini. Sehingga kita harus benar-benar menjaga pergaulan demi masa depan kita.

5. Contoh Teks Tanggapan kritis Tentang UNBK

contoh teks tanggapan kritis tentang unbk
contoh teks tanggapan kritis tentang unbk

Ujian Nasional Online, Perlu Atau Tidak?

Isu Ujian Nasional Online sudah semakin marak. Ada salah satu Puspendik Kemendikbud menyatakan bahwa Ujian Nasional Online telah direncanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi siswa. Katanya Ujian Nasional Online akan dilaksanakan pada tahun 2015, tapi tidak tahu benar apa tidaknya.

Biasanya Ujian Nasional Online akan dilangsungkan di laboratorium komputer sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan oleh sebuah server melalui internet. Uji coba Ujian Nasional Online ini akan diselenggarakan di sekolah – sekolah terpilih di tanah air. Terutama sekolah yang menggunakan pembelajaran Kurikulum 2013 (K13). Di Indonesia terdapat kurang lebihnya 6.221 yang menggunakan Kurikulum 2013, tingkat SD, SMP, dan SMA.

Manfaat teknologi dan informasi tentang pelaksanaan Ujian Nasional Online ini untuk mencegah terjadinya pemborosan penggunaan kertas, keamanan, kebocoran soal, mempercepat proses pengerjaan, koreksi lebih mudah, tidak perlu mencetak soal, tidak perlu mengirim soal sampai terlambat ke pulau – pulau, dan menghemat anggaran Negara.

Dampak positif dari Ujian Nasional Online adalah dapat mengetahui nilai dengan sangat cepat/langsung, mengurangi adanya kecurangan (kebocoran soal dan menyontek teman), kemurnian hasil, menghemat anggaran Ujian Nasional (tidak perlu menggunakan pensil, penghapus dan alas), koreksi lebih, dan tidak perlu mengirim soal sampai terlambat ke pulau – pulau, dapat mengoptimalkan waktu sebaik mungkin.

Sedangkan dampak negatifnya adalah terjadinya jaringan listrik (konslet dan kebakaran) dan koneksi internetnya bisa terputus / eror, kurangnya ketersediaan fasilitas (laptop, tablet atau android), menyulitkan siswa yang harus mengikuti Ujian Nasional Online karena sakit, membutuhkan banyak tenaga kerja, siswa harus berfikir 2 kali karena dalam Ujian Nasional Online tidak boleh sampai salah menekan, siswa bisa syok karena melihat hasilnya bahkan sampai tidak sadarkan diri.

Kita dapat menyimpulkan bahwa Ujian Nasional Online ini baru isu saja, sehingga kita harus berlatih untuk menghadapi Ujian Nasional Online. Dari dampak positif maupun dampak negatif di atas, ternyata lebih banyak dampak negatif daripada dampak positifnya. Jadi Ujian Nasional Online tidak perlu dan banyak siswa-siswa yang belum siap menjalani Ujian Nasional Online ini. Sehingga pemerintah dapat memikirkan kembali tentang Ujian Nasional Online ini dan dapat memberikan kebijakan yang baik bagi kita semua.

6. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Kerusakan Lingkungan

Kabut Asap Riau

Akhir akhir ini kerap kali pemirsa tv disuguhi oleh berita tentang tebalnya kabut asap yang menerpa kepulauan riau. Kabut asap yang muncul tersebut umumnya disebabkan oleh kebakaran hutan dengan radius yang sangat luas. Banyak sekali warga riau yang merasa terganggu dan akhirnya mengeluh tentang bencana dan permasalahan ini. Dan tidak sedikit pula warga diluar kepulauan riau yang merasa prihatin atas terbakarnya kawasan hutan di kepulauan tersebut.

Munculnya kabut asap yang begitu tebal tersebut disebabkan karena tidak terhentinya kebakaran hutan yang terjadi. Tidak ada yang tau pasti tentang penyebab kebakaran hutan ini. Ada yang berpendapat bahwa bencana ini murni disebabkan oleh fenomena alam yakni cuaca El Nino, namun ada juga beberapa spekulasi yang beranggapan bahwa bencana ini terjadi karena terdapat campur tangan manusia dan merupakan faktor kesengajaan.

Jika kita telaah, kita tidak terlalu tau alasan bagaimana hutan di riau bisa terbakar habis karena pihak berwajib sendiri juga masih menyelidiki bencana tersebut. Namun dampak dan efek negatif dari bencana ini dengan sangat cepat dapat dirasakan oleh penduduk sekitar mulai dari penyakit sesak nafas hingga jarak pandang yang hanya mencapai 10 meter saja. Bahkan saking tebalnya kabut asap hingga dirasakan oleh negara negara tetangga juga.

Seperti pernyataan yang sebelumnya telah dijelaskan, kebakaran hutan yang terjadi sangat sulit untuk dipadamkan. Diperlukan adanya usaha yang ekstra dan kesabaran untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan. Hal ini juga diperparah oleh medan dan letak titik api yang sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran sehingga mereka kesuitan untuk memadamkannya. Masyarakat hendaknya juga ikut berperan aktif dalam proses pemadaman ini karena sampai saat ini masyarakat dirasa hanya mampu mengeluh tanpa bisa bertindak.

7. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Globalisasi

contoh teks tanggapan kritis tentang globalisasi
contoh teks tanggapan kritis tentang globalisasi

Pengaruh Gadget Terhadap Remaja

Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan gadget di kalangan remaja. Banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain gadget seperti bermain game dan membuka situs-situs yang dilarang. Hal tersebut pasti membawa dampak dan pengaruh terhadap perkembangan pola pikir dan lingkungan remaja.

Gadget banyak dipergunakan oleh remaja zaman sekarang. Gadget dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, gadget banyak membawa dampak negatif terhadap remaja dan lingkunganya, jika remaja mempergunakan gadget secara berlebihan. Selain itu, gadget yang terlalu canggih seperti Samsung, Asus, dan lain-lain cenderung digunakan remaja untuk membuat situs-situs terlarang dan game. Hal ini dapat menurunkan konsentrasi mereka dalam belajar. Selain itu, gadget ternyata memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh, karena gadget mengeluarkan banyak radiasi yang secara tidak langsung merusak mata dan saraf otak. Terlebih lagi, remaja tersebut tidak memperhatikan jarak antara mata dan gadget saat mempergunakan gadget.

Disamping itu, gadget dapat membuat remaja kencanduan sehingga timbul keinginan untuk bermain gadget terus-menerus. Terlebih lagi, beberapa gadget dengan merek terkenal seperti Blackberry, dan Samsung, menyajikan beberapa aplikasi canggih seperti BBM, Line, dan masih banyak lagi, yang dapat membuat para remaja mengenal dunia bebas yang mungkin dapat membahayakan diri mereka sendiri. Jika dilihat dari usia, seharusnya remaja tidak diperbolehkan untuk menggunakan gadget. Hal ini dikarenakan gadget dapat menghubungkan remaja dengan hal-hal yang seharusnya belum mereka ketahui. Terlebih lagi pada usia ini remaja sangat mudah terpengaru oleh lingkungan luar.

Argumen yang telah disajikan mungkin benar. Akan tetapi, alasan yang disajikan tentu dapat terbantahkan. Banyak sisi positif yang didapatkan oleh remaja jika mereka mempergunakan gadget dengan benar. Alasan pertama yaitu, remaja lebih mudah mencari tugas-tugas mereka dari sekolah, jika mereka tidak mendapat informasi dari buku pelajaran mereka. Hal ini dapat meningkatkan prestasi dan pengetahuan mereka. Alasan berikutnya adalah, dengan adanya gadget orangtua mudah mengontrol anaknya. Selain itu, remaja juga lebih mudah memberi kabar kepada orangtua jika ada sesuatu yang mendadak dan juga remaja lebih mudah untuk berhubungan dengan sanak saudara yang jauh. Dampak positif lainya, melalui canggihnya gadget remaja dapat memgetahui perkembangan IPTEK.

Secara umum saya setuju dengan alasan-alasan yang memdukung penggunaan gadget di lingkuangan remaja. Tetapi jika dilihat dari bidang akademis serta keamanan remaja itu sendiri gadget lebih berdampak negatif. Jadi, sebaiknya para orang tua tidak memberikan kebebasan kepada anaknya untuk bermain dan memiliki gadget, karena gadget sangat banyak membawa dampak negatif pada kehidupan remaja tersebut.

8. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Hukum

Hukuman Mati Bagi Pengedar Narkoba, Perlu Atau Tidak?

Di era globalisasi yang serba canggih dan terbuka, peredaran narkoba merajalela di negeri kita ini. Baik di kalangan pelajar, masyarakat, maupun pejabat negara. Yang menjadi pro dan kontra masalah ini adalah hukuman mati bagi para pengedar dan pemakai narkoba.

Sebagian masyarakat berpendapat bahwa mereka setuju dengan hukuman mati bagi pengedar dan pemakai narkoba. Ada banyak alasan yang membuat mereka setuju dengan hukuman tersebut. Alasan pertama yaitu narkoba dapat mempengaruhi pola pikiran pengguna sehingga berbahaya juga bagi orang lain. Seperti dapat menyebabkan kecelakaan karena halusinasi pikiran dan konsentrasi yang terganggu pada dirinya. Yang kedua, narkoba dapat merusak generasi muda bangsa. Hal itu membuat remaja berakhlak tidak baik. Sedangkan bangsa kita memerlukan generasi yang dapat memikul tanggung jawab negara di masa depan.

Alasan yang ketiga, narkoba dapat menjadikan orang penasaran untuk mencobanya. Setelah seseorang itu mencobanya, ia akan kecanduan dan orang tersebut bergaul dengan orang lain yang mengakibatkan orang lain terpengaruh olehnya. Hal itu membuat peredaran narkoba semakin luas. Yang keempat hukuman mati memberikan efek jera terhadap pengedar narkoba. Karena itulah, masyarakat setuju dengan hukuman mati tersebut.Yang kelima sebagian masyarakat menilai yang pantas di hukum mati adalah bandarnya bukan pengedarnya. Karena bandar itu memiliki dua misi yaitu mendapatkan keuntungan dan merusak akhlak orang lain.

Selain itu, ada sebagian masyarakat yang tidak setuju dengan hukuman mati. Ada beberapa alasan yang menjadi masyarakat tidak setuju dengan hukuman tersebut. Alasan pertama, masih ada hukuman lain yang lebih manusiawi dan hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia. Hal ini sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 A yang berbunyi: “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan kehidupannya”.

Alasan yang kedua, hukuman mati membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena hukuman mati tersebut, bisa menghabiskan uang negara. Yang seharusnya uang tersebut digunanakan untuk kebutuhan lain malah digunakan untuk hukuman mati yang tidak manusiawi itu.

Setiap orang sudah diberikan haknya untuk hidup, tetapi hidupnya dipergunakan untuk kerugian diri sendiri dan juga orang lain. Dengan demikian, hukuman mati perlu ditegaskan kembali. Mengingat dampak narkoba yang memang merusak masa depan generasi muda bangsa.

***

Itu dia penjelasan mengenai contoh teks tanggapan kritis. Semoga bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi serta menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Bagikan:

Leave a Comment