21+ Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat: Pengertian, Struktur Dan Jenisnya

Contoh Teks Prosedur Kompleks. Ketika kita membicarakan teks, maka akan kita temukan beberapa jenis teks. Dan salah satunya adalah jenis teks Prosedur kompleks. Teks procedural kompleks memuat konten yang membahas ataupun menjelaskan tentang langkah-langkah dalam membuat atau melakukan sesuatu.

Sebelum kita membahas hal lainnya, mari kita ketahui dulu mengenai apa yang dimaksud dengan teks Prosedur kompleks.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

contoh teks prosedur kompleks dan pengertiannya
contoh teks prosedur kompleks

Teks Prosedur Kompleks adalah jenis teks yang berisi tentang tahapan maupun langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan suatu hal. Hal yang dimaksud dapat menjadi apa saja, mulai dari menyusun sesuatu yang nantinya akan disajikan dengan cara berurutan, maupun melakukan suatu kegiatan atau aktivitas dengan urutan tertentu.

Secara umum, teks Prosedur kompleks dapat dikatakan cukup fleksibel sebab tidak dibatasi oleh hal-hal yang bersifat paten, cukup dengan membahas langkah-lankah atau tahapan yang seharusnya dilakukan dalam membuat sesuatu atau melakukan kegiatan tertentu.

Setelah kita mengetahui pengertian dari teks procedural kompleks, tentunya dari pengertian di atas sudah dapat dipahami sedikit tentang apa maksud dan tujuan dibuatnya suatu teks Prosedur kompleks ini. Agar kita memiliki pemahaman yang sama, mari kita lihat tujuan dari teks Prosedur di bawah ini.

Tujuan Teks Prosedur Kompleks

Teks Prosedur kompleks bertujuan untuk memperoleh hasil akhir yang akan dicapai. Jadi pencapaian hasil akhir akan didapat setelah kita melakukan tahapan atau langkah-langkah yang tertulis dalam suatu teks Prosedur kompleks.

Sama dengan jenis teks lainnya, jenis teks Prosedur kompleks ini memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Apa saja ciri-cirinya? Mari kita simak berikut ini.

Ciri-ciri Teks Prosedur Kompleks

  • Menggunakan pola kalimat perintah.
  • Menggunakan kata kerja aktif.
  • Menggunakan kata penghubung.
  • Menggunakan kata keterangan untuk menunjukkan suatu tempat, waktu, serta cara, agar lebih tepat.
  • Memiliki struktur yang terdiri dari tujuan, material atau bahan-bahan, dan langkah atau cara pembuatan.
  • Memuat informasi mengenai membuat sesuatu atau melakukan suatu kegiatan tertentu
  • Menyajikan hasil yang telah dicapai setelah melakukan tahapan atau langkah-langkah yang terkandung dalam teks
  • Dalam penulisan sebuah teks Prosedur kompleks, terdapat unsur-unsur kebahasaan yang perlu kita ketahui seperti yang dipaparkan sebagai berikut.
contoh teks prosedur kompleks beserta tujuan dan ciri-cirinya
contoh teks prosedur kompleks

Unsur Kebahasan Teks Prosedur Kompleks

Seperti jenis teks lainnya teks Prosedur kompleks tentunya uga memiliki unsur-unsur kebahasaan tersendiri, yaitu:

  • Menggunakan kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu dari kegiatan / tahapan yang dilakukan dan berisifat kronologis seperti kemudian, lalu, selanjutnya, berikutnya, dan setelah itu.
  • Menggunakan kata kerja imperatif atau kata perintah. Kita akan menemukan perintah dan larangan yang harus ditaati dalam pelaksanaan suatu teks Prosedur kompleks.
  • Menggunakan kata verba material dan verba tingkah laku. Kata verba material adalah suatu kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik, seperti potong ayam, haluskan bumbu, tuang minyak dan lainnya. Sedangkan kata verba tingkah laku adalah kata kerja yang mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
  • Adanya partisipan manusia, yaitu semua orang yang ikut serta dalam kegiatan teks Prosedur kompleks tersebut.
  • Menggunakan bilangan sebagai penanda urutan.
  • Menggunakan kalimat interogatif atau kalimat yang berisikan pertanyaan.
  • Menggunakan kalimat deklaratif atau kalimat yang berisikan pernyataan.

Setiap jenis teks pastinya memiliki struktur tertentu agar penyusunan teks menjadi lebih baik dan benar. Begitu juga halnya dengan teks Prosedur kompleks. Berikut struktur yang harus ada pada saat pembuatan maupun penyusunan teks Prosedur kompleks.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Dalam pembuatan teks, struktur teks merupakan bagian yang sangat penting. Teks Prosedur kompleks memiliki struktur teks yang terbagi menjadi tiga, yaitu:

1. Tujuan

Bagian ini selain memuat judul juga berisi tentang tujuan atau alasan dari pembuatan teks Prosedur kompleks yang dimaksud, atau hasil akhir yang akan dicapai ketika kita melakukan tahapan atau langkah-langkah pada teks Prosedur kompleks tersebut.

2. Material

Bagian ini pada umumnya membahas tentang bahan atau material apa saja yang dibutuhkan dan alat apa saja yang diperlukan dalam mengolah material atau bahan tersebut. Bila teks Prosedur kompleks yang akan kita tulis tidak membahas tentang cara pembuatan sesuatu, maka tidak perlu menyertakan material atau bahan.

3. Langkah-langkah

Pada bagian langkah-langkah ini Anda bisa menjelaskan tentang proses dari tahapan maupun langkah yang perlu dilakukan atau ditempuh demi memperoleh hasil yang sesuai dan yang maksimal sesuai dengan tujuan dari pembuatan teks prosedura kompleks yang dimaksud. Setiap langkah atau tahapan harus dilakukan secara urut dan tidak boleh secara acak, mulai dari tahap nol sampai membahas hasil yang telah dicapai.

Sebagai contoh, ketika kita membuat sebuah teks Prosedur kompleks tentang memasak sesuatu, tidak mungkin kita menulis langsung tentang menghidangkan hasil masakannya sebelum kita menjelaskan langkah atau tahapan dari proses penyiapan bahan dan proses memasaknya.

Jenis Teks Prosedur Kompleks

contoh teks prosedur kompleks dan jenisnya
contoh teks prosedur kompleks

Terdapat beberapa jenis teks Prosedur kompleks yang dapat kita bedakan dari konten yang dibahasnya, seperti:

  • Teks Prosedur kompleks tentang protokol
  • Teks procedural kompleks melakukan suatu aktivitas
  • Teks Prosedur kompleks tentang pembuatan suatu produk, baik makanan, minuman, kerajinan, dan sebagainya
  • Selanjutnya, akan dibahas secara lengkap mengenai beberapa contoh dari teks Prosedur kompleks yang baik dan benar dan agar kita dapat lebih memahami dan memiliki gambaran seperti apakah teks Prosedur kompleks itu. Mari kita simak contoh-contohnya di bawah ini.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Lengkap yang Baik dan Benar

1. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Nasi Goreng

Cara Membuat Nasi Goreng Dadakan

Berikut adalah cara membuat nasi goreng dadakan. Karena namanya Nasi Goreng Dadakan, berarti nasi goreng yang dibuat secara mendadak dan dengan bahan seadanya. Buat kalian yang mau mencoba membuat nasi goreng ini, bisa kalian siapkan bahan-bahannya serta ikuti langkah-langkahnya. Mari kita mulai!

Bahan-bahan:

Satu piring nasi putih, 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, daun bawang secukupnya, 1 buah tomat, 2 buah cabe rawit, bawang goreng secukupnya, 1 butir telur ayam. kecap manis, 1 sendok teh garam, kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Iris tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum lalu masukan irisan daun bawang.
  3. Kemudian masukan nasi serta irisan tomat
  4. Setelah itu masukan telur, kecap manis, kaldu bubuk, dan juga garam secukupnya. Kemudian, setelah tercampur aduk sampai merata.
  5. Setelah merata dan kecap kering, nasi goreng dadakan siap disajikan.

2. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Mudah Membuat Slime Yang Aman

contoh teks prosedur kompleks berbagai tema
contoh teks prosedur kompleks

Cara Mudah Membuat Slime Yang Aman

Slime adalah salah satu mainan favorit anak-anak yang bisa dengan mudah kita beli di toko mainan. Tapi slime juga bisa kita buat sendiri di rumah dengan cara seperti berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 1 botol slime activator yang bisa didapat di toko-toko terdekat.
  • 1 botol cusson baby oil.
  • Pewarna makanan secukupnya (warna disesuaikan dengan selera).
  • 1 botol lem povinal.
  • Sendok dan Piring.

Cara membuat:

  1. Campurkan lem povinal dengan pewarna makanan dalam piring hingga warna merata.
  2. Setelah tercampur dengan merata, tambahkan slime activator dengan cara menuangkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga campuran membentuk gel dan tidak lengket di piring.
  3. Kemudian tambahkan cussons baby oil agar slime tidak lengket di tangan.
  4. Slime siap digunakan untuk bermain.

3. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Benar Menghidupkan Komputer

Cara Benar Menghidupkan Komputer

Kini, komputer telah menjadi salah satu barang yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Apakah untuk keperluan kerja, sekolah, ataupun hiburan. Dalam menggunakan sebuah komputer, kita memerlukan suatu prosedur pengoperasian. Mulai dari menghidupkan komputer sampai dengan mematikannya. Buat kalian yang ingin tahu cara untuk menghidupkan computer, bisa diikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kabel-kabel yang terhubung harus dipastikan sudah terpasang dengan tepat dan benar.
  2. Hidupkan stabilizer voltage (jika anda memilikinya).
  3. Hidupkan monitor dengan menekan tombol power yang terdapat pada monitor.
  4. Setelah itu, hidupkan CPU dengan cara menekan tombol power yang ada pada CPU.
  5. Tunggu hingga proses booting OS selesai.
  6. Setelah muncul layar desktop, komputer telah siap untuk pakai.

4. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Benar Mematikan Komputer

baca: Contoh Teks Eksposisi

Cara Benar Mematikan Komputer

Sebelumnya, kita telah membahas cara untuk menghidupkan komputer dengan benar. Kini saatnya kita membahas cara untuk mematikan komputer dengan benar. Berikut ini akan dibagi menjadi dua cara, pertama akan dibahas cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan Windows 7, lalu kedua, kita akan membahas cara untuk mematikan komputer yang benar pada windows 8.

a. Cara mematikan komputer yang benar pada windows XP, Vista, dan windows 7 adalah sebagai berikut:

  1. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengklik menu “START” yang ada di pojok kiri bawah layar.
  2. Kemudian setelah itu, klik menu “shutdown”.
  3. Lalu tekan atau pilih “OK”.
  4. Tunggu hingga komputer mati.
  5. Matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power sesaat setelah computer mati. Kemudian, Anda bisa mencabut kabel listrik agar arus terputus.

b. Cara mematikan komputer yang benar pada windows 8 adalah sebagai berikut:

  1. Arahkan pointer mouse ke pojok kanan bawah.
  2. Pilih, lalu klik setting.
  3. Klik power, kemudian klik shutdown.
  4. Tunggu hingga komputer dalam keadaan benar-benar mati.
  5. Lalu matikan stabilier dan cabut kabel arus listrik.

baca: Contoh Kalimat Imperatif

5. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Blog Gratis Dengan Mudah

contoh teks prosedur cara membuat blog
contoh teks prosedur kompleks

Cara Membuat Blog Gratis Dengan Mudah

Berikut adalah penjelasan tentang cara membuat suatu blog secara gratis dan benar dengan memakai situs wordpress dan blogspot. Agar dapat membuat blog gratis dengan benar, maka simak penjelasan mengenai langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:

a. Jika anda ingin membuat blog pada wordpress

  1. Langkah pertama, masuk pada link www.wordpress.com
  2. Kemudian, tulis nama blog yang ingin dipakai pada kolom yang muncul. Lalu klik atau enter untuk membuat situs web.
  3. Langkah ketiga, mengisi formulir yang akan muncul secara otomatis setelah menuliskan nama blog yang diinginkan.
  4. Berikutnya, pastikan Anda telah mendapatkan tanda centang berwarna hijau bukan warna merah. Tetapi jika yang muncul adalah centang berwarna merah, artinya nama yang Anda tulis telah digunakan sehingga Anda perlu membuat nama lain.
  5. Lalu, Anda dapat melakukan scroll down lalu klik tombol untuk membuat blog.
  6. Kemudian, Anda dapat melakukan penyesuaian untuk blog Anda yang nantinya bisa disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan.
  7. Selanjutnya, Anda dapat membuat email yang Anda pakai untuk melakukan registrasi dan klik aktivasi email.
  8. Jika pada saat aktivasi sudah berhasil maka akun Anda secara otomatis dapat langsung aktif dan Anda akan mendapatkan email pemberitahuan.
  9. Dan yang terakhir, blog Anda sudah siap untuk digunakan.

b. Jika Anda ingin membuat blog dengan membuat blogspot, maka bisa disimak cara pembuatan blog pada blogspot sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, Anda harus masuk pada link www.blogger.com
  2. Kemudian, klik sign up yang terdapat di pojok kanan atas
  3. Lalu, isi aplikasi pendaftaran pada akun google yang nantinya muncul secara otomatis. Lalu klik next.
  4. Selanjutnya, mengisi kolom untuk vertifikasi lalu klik tombol send untuk verifikasi kode.
  5. Langkah kelima adalah dengan memasukkan kode verifikasi yang telah diterima via sms, kemudian klik tombol verify.
  6. Apabila Anda telah berhasil maka nantinya Anda akan diminta untuk menambahkan for profile.
  7. Selanjutnya adalah dengan menampilkan sebuah laman pemberitahuan jika Anda telah mempunyai akun untuk langsung login pada www.blogger.com
  8. Setelah Anda melakukan login, masuk pada dashboard, nantinya Anda dapat klik tombol untuk blog baru.
  9. Langkah kesembilan adalah dengan mengisi jendela pembuatan blog yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, contohnya pada: judul blog, template, alamat dan lain sebagainya.
  10. Kemudian klik tombol untuk membuat blog, dan blog pun sudah dapat digunakan.

6. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Menggunakan Kompor Listrik

Cara Menggunakan Kompor Listrik

Jika Anda memasak dengan menggunakan kompor listrik maka usahakan untuk membuat masakan yang sederhana seperti memasak nasi goreng.

Jika ingin membuat nasi goreng dengan menggunakan kompor listrik, maka sebelum kompor listrik panas dengan merata, sebaiknya lebih baik wajan ditaruh terlebih dahulu di atas kompor yang sedang dipanaskan, sehingga ketika nasi telah siap untuk digoreng, Anda tidak perlu terlalu lama menunggu agar wajan memanas. Bukan hanya itu, ketika wajan belum panas maka jangan mengambil nasi dari rice cooker dulu. Lebih baik mengambil nasi jika wajan sudah mulai panas, kemudian Anda hanya perlu memasukkan bumbu-bumbu untuk membuat nasi goreng.

Jika ingin membuat kue, lebih baik tidak memakai kompor listrik, dianjurkan untuk menggunakan kompor gas maupun kompor minyak. Jika Anda tetap menggunakan kompor listrik. kue yang Anda buat nantinya akan memiliki rasa yang hambar. Selain itu, memasak dengan menggunakan kompor listrik juga membutuhkan waktu yang lama karena harus menunggu kompor memanas, sehingga untuk memasak saja Anda membutuhkan banyak waktu.

7. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Teh Manis

Cara Membuat Teh Manis

Teh manis adalah minuman popular yang biasa menemani sarapan pagi atau makan cemilan di sore hari. Membuat teh manis tidaklah sulit. Mari kita simak cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 1 kantung teh celup, gula secukupnya, air hangat

Alat-alat:

  • 1 buah gelas, 1 buah sendok

Cara membuat:

  1. Pertama, menuangkan air hangat ke dalam gelas dengan takaran sesuai yang diinginkan.
  2. Kedua, mencelupkan kantung teh ke dalam gelas yang sudah terisi air hangat.
  3. Lalu, jangan lupa masukkan gula secukupnya, aduk air hingga gula larut.
  4. Jika sudah, teh siap untuk disajikan.

baca: Contoh Kalimat Persuasif

8. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Telur Mata Sapi

Cara Membuat Telur Mata Sapi

Telur mata sapi adalah salah satu menu makanan yang dapat dimakan sendiri atau menjadi pelengkap dalam suatu menu makanan lain seperti pada menu nasi goreng, mie goreng, bihun goreng, dan yang lainnya. Cara membuatnya sangat mudah. Berikut di bawah ini adalah cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • satu butir telur
  • garam secukupnya
  • Mentega atau minyak goreng secukupnya

Alat-alat:

  • 1 buah kompor
  • 1 buah wajan atau tefon
  • 1 buah spatula
  • 1 buah piring

Cara Membuat:

  1. Pertama, nyalakan api dengan ukuran sedang.
  2. Kemudian, letakkan wajan atau teflon di atas kompor. Masukan mentega atau minyak goreng ke dalam wajan atau teflon, tunggu hingga meleleh atau panas.
  3. Lalu, pecahkan telur dan tuangkan isi telur ke dalam wajan atau teflon, jangan lupa untuk menambahkan garam secukupnya.
  4. Supaya telur matang sempurna, balikkan telur dengan menggunakan spatula.
  5. Jika telur sudah matang, angkat lalu tiriskan sebentar agar minyaknya turun. Kemudian letakkan di atas piring, telur mata sapi sudah siap untuk disajikan.

9. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Masker Susu

contoh teks prosedur cara membuat blog
contoh teks prosedur kompleks

Cara Membuat Masker Susu

Meski saat ini masker susu kemasan dapat secara mudah dibeli di mana pun, mengingat banyaknya penjual masker susu di pasaran. Tetapi, Anda juga dapat membuatnya sendiri secara manual, sehingga manfaat dan khasiat masker jauh lebih terpercaya. Susu memang memiliki banyak khasiat bagi kulit wajah, hal ini karena susu mempunyai kelebihan, yaitu: dapat melembabkan dan melembutkan kulit, bahkan membuat kulit lebih cerah.

Anda para wanita pastinya penasaran bagaimana cara membuatnya bukan. Mari kita lihat apa saja bahan dan proses pembuatan masker susu berikut ini

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan susu tawar bubuk
  • 1 sendok makan madu murni
  • 1 sendok air jeruk nipis

Cara membuat:

  1. Semua bahan dimasukkan dalam satu wadah, lalu aduk sampai merata.
  2. Jika sudah merata, maka masker sudah siap untuk digunakan pada wajah. Hindari pemakaian pada bibir, lubang hidung dan juga mata.
  3. Jika sudah digunakan secara merata ke wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit atau hingga masker mengering.
  4. Jika sudah mengering, bilas wajah menggunakan air bersih.
  5. Wajah Anda akan terasa lebih bersih dan segar.

10. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Bingkai foto digunakan untuk memajang foto kesayangan atau foto terbaik kita sebagai suatu kenangan indah atau kenangan yang membanggakan. Selain dapat kita beli di berbagai toko, kita juga dapat membuatnya dengan mudah. Bagaimanakah caranya? Mari kita ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • Kardus bekas apa pun dengan ukuran sesuai kebutuhan
  • 1 buah gunting
  • Kaca
  • Lem secukupnya
  • kertas koran atau kertas kado secukupnya
  • 1 buah penggaris

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama, mengukur kardus dengan memakai penggaris, yang ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran foto yang akan dipajang.
  2. Kemudian, kaca diukur seperti halnya kardus.
  3. Berikutnya, potong dua lembar kardus yang dapat disesuaikan dengan ukuran potongan kardus yang pertama.
  4. Lalu, Anda perlu membuat sekat pada bagian tengah kardus untuk memakai potongan dari kardus kecil yang lain.
  5. Selanjutnya, rekatkan dengan memakai lem
  6. Langkah berikutnya, ambil kardus lain yang belum dipakai, lalu bentuk sesuai dengan keinginan. Kardus ini nantinya akan digunakan sebagai penopang bingkai agar tidak jatuh.
  7. Kemudian, pasang kaca pada bagian dalam kardus tersebut.
  8. Lalu yang terakhir, gunakan kertas kado atau kertas koran tadi. Tempelkan kertas pada bagian luar kardus sehingga bisa dijadikan hiasan agar telihat lebih cantik.

11. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Layang Layang

Cara Membuat Layang Layang

Kini adalah era digital, anak-anak lebih banyak menggunakan gadget mereka untuk bermain. Tetapi, Anda perlu sesekali mengajak anak-anak agar melakukan aktifitas fisik di luar rumah agar tubuh mereka tetap sehat.

Salah satu permainan yang cukup menyenangkan dan dapat dilakukan di luar rumah adalah layang-layang. Layang-layang adalah mainan tradisional anak-anak yang mungkin kini sudah jarang dimainkan. Sangat jarang kita temukan ada penjual laying-layang di perkotaan. Tapi jangan khawatir, kita dapat membuatnya sendiri dengan cara seperti berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 ruas bambu ukuran diameter 1 cm dengan panjang 90 cm.
  • 1 ruas bambu ukuran diameter 1 cm dengan panjang 50 cm.
  • Plastik dan kertas minyak secukupnya.
  • Lem kertas secukupnya.
  • 1 buah gunting dan pisau.
  • Cat warna secukupnya.
  • 1 buah penggaris dan benang secukupnya.

Cara membuat:

  1. Pertama, buat rangka layangan sesuai dengan diameter di atas. Lalu, sediakan dua ruas bambu dengan panjang 100 cmdan 60 cm.
  2. Kemudian, bambu diposisikan menyilang dengan sisi kanan dan kiri memiliki panjang sama. Pakai benang untuk penyeimbang sehingga bisa diperoleh posisi yang pas.
  3. Selanjutnya, ikat setiap ujung ruas dengan benang. Dan buatlah belahan di sekitar ujung bambu sebagai pengait.
  4. Lalu, siapkan kertas maupun plastik dan letakkan di bawah kerangka tersebut. Buatlah sebuah pola dengan ditandai cat warna.
  5. Langkah kelima, kertas dipotong dengan menambahkan lebar sebanyak 2 cm lebih besar dari pola, digunakan untuk melipat lem dan menutupi kerangka.
  6. Terakhir, hias layangan dengan cat warna, dan layangan sudah dapat dimainkan.

12. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Menggunakan Blender

Cara Menggunakan Blender

Pada zaman modern ini, blender telah menjadi salah satu alat dapur yang wajib dimiliki oleh ipara ibu karena blender dapat mempermudah pekerjaan dapur tanpa perlu memakan waktu seperti cara manual.

Contohnya, dulu Anda kesulitan karena harus menumbuk bumbu. Tapi dengan blender, Anda tinggal memencet tombol saja, maka pekerjaan dalam membuat bumbu dapat selesai alam waktu sekejap.

Cara menggunakan:

  1. Siapkan bahan-bahan yang akan diblender.
  2. Lalu, pakai mangkok blender yang sesuai. Mangkok besar biasanya dipakai untuk memblender bahan-bahan yang basah seperti tomat, cabai, bawang dan lainnya.
  3. Mangkuk kecil dipakai untuk memblender bahan kering seperti merica.
  4. Berikutnya, pasang mangkuk blender di atas dudukannya secara tepat.
  5. Kemudian kabel ditancapkan pada stop kontak.
  6. Lalu tekan tombol yang bertuliskan ON.
  7. Jika bahan sudah halus merata maka matikan dengan menekan tombol OFF.
  8. Setelah selesai, angkat mangkuk dan letakkan bahan tadi ke dalam mangkuk lalu bersihkan blender dan simpan jika blender sudah mengering.

13. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Pisang Goreng

contoh teks prosedur kompleks cara membuat pisang goreng
contoh teks prosedur kompleks

Cara Membuat Pisang Goreng

Pisang goreng adalah makanan tradisional Indonesia yang cukup populer. Menu ini dapat dijadikan sebagai pendamping minum teh, kopi atau minuman lainnya.

Tak hanya itu, pisang goreng juga menjadi makanan yang sering dijadikan hidangan kesukaan dalam berbagai acara. Simak cara membuat pisang goreng berikut ini.

Bahan-bahan:

  • Beberapa buah pisang
  • Tepung sesuai dengan selera secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Alat-alat:

  • 1 buah kompor
  • 1 buah penggorengan
  • 1 buah spatula
  • 1 buah serok
  • 1 buah piring dan mangkuk

Cara Membuat:

  1. Pertama, masukkan tepung, gula, air dan garam secukupnya ke dalam satu wadah. Lalu aduk semuanya hingga merata.
  2. Kedua, potong pisang menjadi dua atau tiga bagian dan masukkan ke dalam adonan tepung tersebut.
  3. Selanjutnya, tuang dan panaskan minyak goreng ke dalam penggorengan.
  4. Kemudian, jika minyak sudah panas, masukkan pisang ke dalam penggorengan.
  5. Tunggu hingga pisang yang digoreng lebih keras, lalu balik menggunakan spatula.
  6. Tunggu pisang hingga warna berubah menjadi coklat keemasan.
  7. Jika sudah, pisang diangkat dan ditiriskan di atas serok.
  8. Lalu, taruh pisang goreng di atas piring siap disajikan.

Dari paparan yang telah dijelaskan pada artikel ini, kita telah mengetahui bahwa teks prosedur kompleks adalah suatu teks yang memuat langkah atau tahapan mengenai kegiatan maupun aktivitas, atau pembuatan suatu produk baik berupa makanan, minuman, mainan dan sebagainya. Melalui contoh teks Prosedur kompleks ini, Anda dapat mengetahui cara melakukan kegiatan atau menghasilkan sesuatu yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya.

Bagikan:

Leave a Comment