12+ Contoh Teks Eksposisi Lingkungan, Kesehatan, Pendidikan, Narkoba, Panjang, dll

Contoh teks eksposisi singkat dan panjang yang baik dan benar. Mungkin Anda pernah membaca sebuah teks dan isinya berupa ajakan yang semua informasi di alamnya tertulis singkat, padat, dan jelas. Apakah Anda tahu termasuk ke dalam jenis apakah teks tersebut? Itu adalah sebuah teks eksposisi, karena teks ini memiliki ciri-ciri dapat menjawab pertanyaan tentang “apa”, “siapa”, “kapan”, “dimana”, “mengapa”, “bagaimana”.

Struktur penyusun teks eksposisi sama dengan struktur penyusun pada teks editorial atau teks opini, yang di dalamnya terdiri dari pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan pernyataan/penegasan ulang pendapat (reiteration).

Berikut di bawah ini adalah uraian mengenai pengertian, struktur, ciri-ciri, unsur kebahasaan, jenis, dan contoh teks eksposisi yang dapat dipraktekkan untuk membuat paragraf atau karangan eksposisi sendiri. Gunakan teks eksposisi yang baik dan benar serta sesuai kaidah sehingga apa yang maksud dapat tersampaikan secara efektif.

Pengertian Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi dan pengertiannya
contoh teks eksposisi

Teks Eksposisi adalah sebuah teks yang isinya mengandung informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat, padat, dan jelas. Teks eksposisi memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu informasi tertentu agar dapat menambah ilmu dan pengetahuan audiens, sehingga setelah membaca teks ini diharapkan pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara detil atau terperinci mengenai suatu hal atau kejadian.

Dalam menulis sebuah teks eksposisi, tidak dapat dilakukan secara asal-asalan karena teks eksposisi adalah teks informasi. Sehingga Anda harus memperhatikan struktur teks eksposisi yang telah ditentukan. Berikut adalah struktur teks eksposisi yang harus diperhatikan.

Struktur Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi dan strukturnya
contoh teks eksposisi

Teks eksposisi memiliki tiga struktur penyusun yang di dalamnya mengandung:

  1. Tesis (pernyataan pendapat), bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat dari penulis. Bagian ini dapat disebut juga bagian pembuka.
  2. Argumentasi, bagian teks yang memuat alasan sehingga dapat memperkuat argumen dari penulis dalam memperkuat atau menolak suatu gagasan.
  3. Reiteration (penegasan ulang pendapat), bagian teks yang berisi penegasan ulang dari pendapat penulis.

Setelah Anda mengetahui pengertian dan struktur dari teks eksposisi, selanjutnya akan dibahas mengenai ciri-ciri dari teks eksposisi. Di bawah ini adalah ciri-ciri dari teks eksposisi yang harus diketahui dan dipahami.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

teks eksposisi dan ciri cirinya
contoh teks eksposisi

Teks eksposisi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Menjelaskan tentang informasi dan pengetahuan
  2. Mengandung gaya informasi yang bersifat mengajak
  3. Biasanya menjawab pertanyaan tentang “apa”, “siapa”, “kapan”, “dimana”, “mengapa”, dan “bagaimana”
  4. Berusaha menjelaskan tentang suatu hal
  5. Gaya penulisan bersifat informatif
  6. Fakta digunakan sebagai alat kontribusi
  7. Bersifat singkat, padat, tepat, akurat
  8. Fakta dipakai agar informasi yang disampaikan bersifat konkret dan dijadikan alat kontibusi
  9. Informasi disampaikan secara lugas serta memakai bahasa yang baku
  10. Tidak bersifat memihak pada siapapun, artinya tidak memaksakan kemauan penulis kepada pembaca

Ciri-ciri di atas menjadi ciri-ciri mendasar yang harus Anda ketahui untuk membedakan antara teks eksposisi dengan jenis teks lainnya. Selain dari ciri-ciri, Anda juga harus memperhatikan unsur kebahasaan yang terkandung di dalam teks eksposisi sehingga akan terlihat perbedaannya ketika audiens membacanya. Mari kita simak unsur kebahasaan apa saja yang terkandung dalam sebuah teks eksposisi.

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi beserta unsur kebahasaannya
contoh teks eksposisi

Teks ekposisi memiliki unsur-unsur kebahasaan sebagai berikut:

  1. Menggunakan jenis kata pronomina atau kata ganti, yaitu jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Kata ganti adalah jenis kata yang digunakan untuk menggantikan posisi kata benda atau orang dalam sebuah kalimat.
  2. Memakai konjungsi atau kata sambung atau kata hubung, yaitu jenis kata yang digunakan untuk menghubungkan antar kata, ungkapan atau kalimat dan tidak untuk tujuan atau maksud lain. Konjungsi digunakan dalam sebuah teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi.
  3. Memakai kata leksikal tertentu atau kata yang mengacu pada kamus, yaitu kata yang mengacu pada benda nyata maupun abstrak. Dalam kalimat, kata leksikal berkedudukan sebagai subjek. Bila dilihat dari bentuk dan maknanya, kata leksikal ada yang berbentuk kata benda (nomina) dasar maupun turunan. Kata nomina dasar contohnya gambar, meja, rumah, pisau, dan sebagainya. Kata nomina turunan contohnya pekerjaan, perbuatan, pemukul, dan sebagainya.

Dari banyak contoh teks eksposisi yang dapat kita temukan di berbagai media, maka dapat diamati bahwa sebenarnya teks ini memiliki beberapa jenis. Apa saja jenisnya? Mari kita simak pada informasi berikut.

Jenis Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi dan jenisnya
contoh teks eksposisi

Terdapat beberapa jenis teks eksposisi, seperti di bawah ini:

  1. Ilustrasi, yaitu teks eksposisi yang menggunakan penggambaran secara sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Teks yang mengilustrasikan suatu hal yang mempunyai kesamaan sifat. Biasanya menggunakan frasa penghubung.
  2. Berita, yaitu teks eksposisi yang memberikan informasi dari suatu kejadian. Teks ini sering dijumpai pada berita atau surat kabar.
  3. Perbandingan, yaitu teks eksposisi yang menerangkan suatu ide atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.
  4. Proses, yaitu teks eksposisi yang berisi tentang panduan atau tata cara dalam membuat sesuatu.
  5. Definisi, yaitu teks eksposisi yang berisi tentang pengertian dari suatu obyek.
  6. Pertentangan, yaitu teks eksposisi yang berisi mengenai pertentangan antara sesuatu obyek dengan obyek yang lain. Pada umumnya teks eksposisi ini akan menggunakan frasa penghubung “meskipun begitu”, “sebaliknya” atau “akan tetapi”.
  7. Analisis, yaitu teks eksposisi yang berisi tentang suatu proses dalam memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian yang kemudian dibuat pengembangan secara berurutan.

baca: Contoh Teks Eksemplum

Berdasarkan struktur teks eksposisi yang telah dipaparkan di atas yang dikaitkan dengan pengertian teks eksposisi beserta ciri-ciri juga unsur kebahasaannya, dan agar Anda dapat lebih memahami dan memiliki gambaran seperti apakah teks eksposisi tersebut, maka Anda harus melihat contoh-contoh dari teks eksposisi. Oleh karena itu, berikut ini, simaklah beberapa contoh penulisan teks informasi sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan.

Contoh Teks Eksposisi Terlengkap yang Baik dan Benar

kumpulan contoh teks eksposisi
contoh teks eksposisi

Di bawah ini adalah kerangka uraian contoh dan cara membuat teks eksposisi sederhana dari permasalahan kesehatan.

Tesis teks dapat berupa penyataan bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti “merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya”. Kemudian ungkapkan berbagai fakta mengenai bahaya merokok, seperti “merokok telah terbukti meningkatkan resiko penyakit kanker”. Atau bisa juiga ditulis seperti kalimat, “merokok sudah terbukti berbahaya bagi kesehatan, hal ini karena telah terdapat bukti yang kuat bahwa merokok itu menyebabkan peningkatan resiko penyakit jantung”.

Terlihat pada kalimat tersebut terdapat kata konjungsi sebab akibat. Kita dapat memberikan penegasan ulang di akhir teks, seperti kalimat “oleh karena itu, jauhilah merokok karena dapat membahayakan kesehatan”.

Mari disimak contoh karangan eksposisi yang tersedia berikut ini. Di dalamnya terdapat struktur tertentu yang membuat karangan tersebut menjadi sebuah karangan eksposisi. Struktur tersebut berupa tesis, argumen, dan penegasan ulang pendapat.

Tesis mengandung sudut pandang dari penulis terhadap sebuah permasalahan yang dijelaskan. Argumentasi mengandung fakta atau alasan untuk memperkuat atau bahkan menyanggah sebuah pendapat. Dan penegasan ulang pendapat berfungsi untuk menegaskan ulang tesis dan memperkuat argumentasi.

1. Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

contoh teks eksposisi tentang lingkungan hidup
contoh teks eksposisi

Pada jaman milenial seperti sekarang ini, membuang sampah sembarangan (khususnya ke sungai) seolah-olah telah menjadi suatu hal yang lumrah. Ditambah lagi banyak orang di kota-kota yang membuang sampah kemanapun mereka suka. Ini dapat terlihat dari banyaknya jumlah saluran sungai yang terhalang oleh banyak sampah dan setiap saat hal ini dapat mengakibatkan bencana banjir.

Sebagian pengamat lingkungan membuat kesimpulan bahwa setiap tahunnya jumlah manusia yang membuang sampah di sungai terus bertambah. Manusia juga kurang menyadari bahwa bencana banjir yang menimpa mereka diakibatkan oleh tingkah laku mereka sendiri. Terkadang, bencana banjir juga banyak menelan korban, tidak hanya korban luka-luka tapi juga korban meninggal dunia. Namun hal ini tidak juga membuat mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Manusia harus menyadari bahwa bencana banjir yang terjadi akibat ulah mereka sendiri. Dan mereka harus mempunyai kesadaran dan kedisiplinan untuk membuang sampah pada tempatnya serta tidak akan membuang sampah ke sungai agar tidak merugikan lingkungan dan orang lain. Membuang sampah pada tempatnya akan membuat saluran air sungai lancar serta tidak menimbulkan banjir.

2. Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

teks eksposisi kesehatan
contoh teks eksposisi

Sirih merah merupakan jenis tanaman yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat Indonesia. Tanaman sirih merah dibudidayakan sebagai persediaan tanaman obat. Tanaman ini mempunyai banyak peranan dalam dunia kesehatan.

Terdapat banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa tanaman ini sering dijadikan obat untuk penyakit diabetes, maag, kanker, dan bahkan obat ketombe. Manfaat lainnya yaitu menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Biasanya tanaman ini digunakan dengan memanfaatkan daunnya, lalu diolah lewat perebusan. Tanaman sirih merah memiliki kemampuan untuk menjadi obat karena mengandung senyawa katif, seperti yang terdapat dalam minyak atsiri, polivenl, euganor dan lainnya.

Oleh karena itu siri merah biasa dipakai untuk menyembuhkan beberapa penyakit dengan cara tradisional.

baca: Contoh Biografi

3. Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

contoh teks eksposisi tentang lingkungan sekolah
contoh teks eksposisi

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengutamakan kemampuan siswa dengan kemampuan personal atau pendidikan yang mencoba untuk memperdalam potensi diri individu. Pendidikan karakter sangat penting untuk memperdalam bakat tersembunyi yang ada di dalam diri siswa karena tidak semua siswa memiliki bakat di bidang yang sama satu dengan lainnya.

Siswa yang tidak pandai dalam kemampuan akademik belum tentu bodoh, tetapi siswa tersebut mempunyai kemampuan di bidang lain. Melalui pendidikan karakter, seseorang tidak dilihat dari kepintarannya dalam kemampuan akademik. Guru tidak boleh menjustifikasi bahwa seorang siswa dianggap bodoh jika tidak pandai dalam kemampuan akademik.

Kurikulum 2013 merupakan usaha dari pemerintah dalam mewujudkan pendidikan karakter. Melalui kurikulum ini, pemerintah berusaha memperdalam kemampuan karakter siswa, seperti karakter dalam bertoleransi kepada suku, agama, kebudayaan dan yang lain nya. Indonesia adalah negara yang mempunyai keberagaman budaya, bahasa, kepercayaan, dan agama, sehingga sikap toleransi harus diperkenalkan sejak dini.

4. Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

contoh teks eksposisi yang baik
contoh teks eksposisi

Beberapa waktu yang lalu, sistem pendidikan di negara Indonesia telah berubah secara signifikan. Perubahan ini berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang lama, kurikulum 2016, diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016 ini.

Kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah dengan standar internasional, seperti yang telah dipaparkan oleh Kementrian pendidikan dan budaya.

Terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Salah satu syaratnya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 berfokus kepada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar pada pendekatan ilmiah.
Kurikulum 2013 juga berfokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa lewat pengamatan, percobaan, dan penciptaan sebuah karya.

Tidak hanya itu, wakil kementrian pendidikan dan budaya, Musliar Kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih berfokus pada praktik dari hafalan, karena selama ini para siswa banya dibebani pada hafalan dan tidak efektif meningkatkan kreativitas mereka.

Meutia Hatta sebagai anggota dewan pertimbangan presiden mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa.

Kurikulum 2013 menuntut agar para siswa aktif saat proses pembelajaran, sehingga diharapkan agar dapat membentuk generasi yang berkualitas. Tetapi masih banyak masyarakat yang menolak diterapkannya kurikulum 2013 ini. Mereka berpikir perubahan kurikulum agak mendadak dan sedikit memaksakan.

Ada juga masyarakat yang anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang berfokus pada tujuan pembelajaran karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.

Meskipun kurikulum ini membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi sederhana, tetapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki oleh para siswa menjadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, tetapi dipisah yang dapat membingungkan para siswa.

Pendidikan karakter juga diharapkan dapat membekali para siswa mengenai masa depan mereka. Siswa harus mempuyai rasa toleransi ke sesama dan mempunyai ketrampilan serta potensi yang dapat dibanggakan untuk menjadi penerus bangsa dalam menghadapi kemajuan jaman.

5. Teks Eksposisi Tentang Politik

contoh teks eksposisi yang benar
contoh teks eksposisi

Pada hakikatnya, pertikaian melekat pada suatu organisasi. Telah banyak orang yang pernah mengikuti organisasi dan mengalami pertikaian. Pertikaian bagaikan di dunia perpolitikan.

Bagi orang yang pernah berorganisasi berpendapat bahwa karena adanya satu anggota yang tidak suka kepada anggota lainnya akan berpengaruh bagi anggota tersebut. Hal ini seharusnya tergantung dari kedewasaan masing-masing pihak sehingga dapat bersikap dan menentukan mana hal yang baik dan yang buruk.

Mengapa terjadi pertikaian? Hal ini disebabkan oleh adanya salah paham, adu mulut, sehingga mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya dikatakan. Tetapi pertikaian dapat dihindari apabila didiskusikan dengan rinci secara baik-baik. Dibutuhkankan suatu kemampuan komunikasi yang baik bagi setiap anggota organisasi sehingga sekecil apapun adanya perbedaan pendapat, maka dapat diselesaikan bersama. Pertikaian dapat terjadi dari suatu hal kecil yang sepele yang kemudian berkembang menjadi suatu hal yang besar dan bahkan terkadang dibesar-besarkan.

6. Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi

contoh teks eksposisi yang kreatif
contoh teks eksposisi

Ketika kondisi perekonomian dunia tengah mengalami krisis besar-besaran, pertumbuhan ekonomi di negara Indonesia justru menunjukkan hasil yang sangat baik.
“Hutang negara Indonesia saat ini sudah mencapai Rp 3.500 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. Nantinya, hutang-hutang ini menjadi sumber utama penghasilan komponen pemerintah dan dapat menjadi sebuah pendorong pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia”, ujar pengamat perekonomian Indonesia, Daeng.

Oleh karenanya, kita sebagai bangsa Indonesia harus optimis dalam menghadapi krisis yang terjadi pada perekonomian dunia karena justru pertumbuhan ekonomi di negara kita mengalami peningkatan yang didorong oleh adanya kenaikan hutang negara sebagai sumber utama penghasilan komponen pemerintah.

7. Teks Eksposisi Panjang Tentang Ekonomi

contoh teks eksposisi sesuai dengan eyd
contoh teks eksposisi

Pendidikan merupakan salah satu senjata yang ampuh dalam mengubah perekonomian dunia, karena pendidikan adalah suatu sarana yang digunakan untuk mempelajari berbagai hal yang bermanfaat. Selain itu, pendidikan juga dapat meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi yang akan mengentaskan kemiskinan di suatu negara.

Indonesia adalah negara yang memiliki tingkat pendidikan yang boleh dikatakan lumayan baik. Pemerintah telah mengeluarkan banyak dana untuk membangun gedung sekolah dan memberikan program sekolah gratis.

Kini hanya para siswa sendirilah yang harus mulai memiliki keinginan untuk belajar dan berprestasi. OIeh karenanya semangat akan terbentuk dan ingin memberikan yang terbaik bagi negara karena pemerintah telah memfasilitasi program pendidikan secara mudah.

Ketika fasilitas sudah tersedia dan peran aktif dari para siswa sudah bergabung untuk ikut serta dalam sektor pendidikan dan ekonomi, kemungkinan besar derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui di mata dunia. Hal ini akan menarik minat banyak investor asing berdatangan yang sudah pasti meningkatkan perekonomian di dalam negeri. Guru yang berkualitas dan memliki kompetensi yang baik juga akan membantu meningkatkan tingkat pendidikan di indonesia.

8. Teks Eksposisi Tentang Sosial

contoh teks eksposisi tentang sosial
contoh teks eksposisi

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang selalu dibersihkan setiap hari. Lingkungan bersih membuat seseorang memiliki tubuh yang sehat, dan mempunyai pikiran yang positif. Tetapi apabila lingkungan kotor maka akan berpengaruh kepada aktivitas seseorang. Dia akan menjadi mudah marah, jenuh dan sebagainya.

Kebanyakan orang setuju dengan hal ini karena memang dapat dirasakan bila lingkungan bersih maka akan memberikan aura positif dan juga sebaliknya bila lingkungan kotor maka akan meberikan aura negatif.

Lingkungan bersih membuat hidup menjadi sehat, sedangkan lingkungan kotor akan menimbulkan penyakit. Sebagai contoh bila ada banyak baju kotor maka akan ada banyak nyamuk, sehingga akan menimbulkan penyakit demam berdarah. Dengan demikian jagalah selalu kebersihan.

9. Teks Eksposisi Tentang Berita

contoh teks eksposisi dalam artikel berita
teks eksposisi

Tanaman obat sambiloto sudah terkenal sejak jaman dahulu. Tanaman ini bermanfaat untuk mengobati luka dan berguna untuk kesehatan badan.

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh tanaman ini membuatnya menjadi bahan utama produk kesehatan. Tetapi hanya sedikit orang yang tahu mengenai hal. Dari beberapa riset yang dilakukan oleh para peneliti, banyak manfaat yang terdapat pada tanaman ini, seperti untuk obat luka bakar dan cedera, panas, darah tinggi, kanker dan tumor paru.

Atas dasar riset maka disimpulkan bahwa tanaman obat sambiloto ini tidak hanyak mengobati luka dan penyakit tetapi juga berguna untuk kesehatan manusia.

Tanaman ini adalah obat alami sehingga tidak memberikan resiko terhadap orang yang mengkonsumsinya.

10. Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan

teks eksposisi tentang kesehatan masyarakat
contoh teks eksposisi

Mata adalah indra penglihatan yang penting. Mata digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain oleh karenanya mata harus selalu dijaga kesehatannya. Banyak orang yang menderita cacat mata, buta, dan rabun. Kebutaan dapat terjadi karena suatu kecelakaan atau bawaan dari lahir, tetapi rabun mata terjadi karena adanya suatu proses perubahan kesehatan mata yang semula normal menjadi rabun.

Rabun mata terjadi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah membaca terlalu dekat atau menonton televisi dengan jarak kurang dari 3 meter.

Penyebab rabun mata yang seperti disebutkan di atas telah terbukti dari pendapat para ahli. Rabun mata akan diderita oleh seseorang yang disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukannya. Mata sangat penting. Karena fungsi mata sebagai alat untuk berinteraksi, maka menjaga mata sangat diperlukan agar selalu memiliki mata yang sehat.

11. Teks Eksposisi Panjang Tentang Kesehatan

teks eksposisi terlengkap
kumpulan teks eksposisi

Sudah menjadi hal yang biasa ketika ada orang membuang sampah sembarangan. Apakah dia dari kalangan muda atau orang tua. Sebagai contoh, ketika kita sedang berada di lingkungan terbuka, kita dapat melihat masih saja ada sampah yang tertinggal berserakan di suatu tempat setelah diadakan perhelatan sebuah acara. Padahal sudah jelas bahwa akhir-akhir ini ketika musim ujan sering terjadi bencana banjir.

Ada orang yang menyimpulkan apabila efeknya belum dirasakan maka kebiasaan buruk tentang membuang sampah sembarangan akan terus dilakukan. Sehingga, rasanya tidak perlu mengadakan sosialisasi dampak bahaya membuang sampah sembarangan.

Sebaliknya apabila efek samping yang mengakibatkan banjir sudah dirasakan, maka barulah tumbuh kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi untuk membuang sampah di sungai atau saluran air yang dapat menyumbat jalan air.

12. Teks Eksposisi Tentang Narkoba

contoh teks eksposisi yang baik dan benar
contoh teks eksposisi

Dengan kemajuan jaman dan teknologi, apapun yang diinginkan pasti akan didapat secara mudah. Kini kita hanya mengandalkan alat elektronik yang terhubung dengan internet. Begitu juga dengan narkoba yang dapat dibeli dengan mudah dari beragam merk disertai juga dengan akses yang cepat.

Banyak informasi bahwa kini banyak anak-anak sekolah dasar yang telah mengkonsumsi narkoba. Miris sekali bahwa generasi muda sebagai generasi penerus bangsa harus mengalami hal yang tidak seharusnya. Dan untuk para orang tua juga seharusnya tidak memberikan fasilitas yang dapat memudahkan putra-putri mereka untuk mengakses narkoba, sebagai contohnya. Hal ini memang menjadi dilemma bagi para orang tua karena pengawasan tidak selalu bisa terjaga, tetapi setidaknya apabila putra-putri mereka masih di bawah umur, sebaiknya jangan diberi fasilitas seperti HP, gadget, dan laptop. Hal ini akan membuat mereka malas untuk beraktivitas.

Narkoba kini sudah tidak asing bagi banyak orang. Bahkan dapat dilihat bahwa para narapidana yang berada di penjara kebanyakan terjerat kasus narkoba, dan mereka berasal dari berbagai usia, mulai usia muda sampai dengan usia tua. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi tentang bahaya narkoba, hal ini sangat berbahaya apabila tersebar di kalangan usia muda yang mempunyai rasa ingin tahu atau coba-coba. Selain itu juga diperlukan adanya tindak lanjut hukum yang tegas agar ada efek jera bagi para pelaku.

Setelah pemaparan keseluruhan mengenai teks eksposisi, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebuah teks informasi dalam bahasa Indonesia biasanya digunakan dalam kalimat berita. Teks eksposisi merupakan paragraf atau karangan yang berisi informasi. Informasi ini bertujuan untuk memberikan pengertian atau penjelasan kepada para pembacanya. Teks ini menggunakan gaya bahasa yang padat, singkat, jelas, dan akurat.

Penggunaan teks informasi tidak terlepas dari struktur yang membentuknya. Struktur teks eksposisi atau teks informasi dapat dibagi menjadi tiga, yaitu tesis, argumentasi dan penegasan kembali. Ketiga struktur tersebut tentu saja memiliki perbedaan, namun jika ketiganya dijadikan sebuah satu kesatuan maka akan menghasilkan sebuah teks yang informatif dan sangat bermanfaat.

Terdapat beberapa jenis teks informasi. Diantaranya adalah: 1. Jenis teks definisi, memaparkan definisi atau pengertian dari sebuah topic; 2. Jenis teks proses, memaparkan tahap dari suatu hal secara runtut; 3. Jenis teks ilustrasi, menjelaskan gambaran suatu proses yang memiliki kesamaan antara satu dan lainnya; 4. Jenis teks laporan, menyampaikan pelaporan dari sebuah kejadian; 5. Jenis teks perbandingan, mengutarakan perbandingan antara gagasan utama dengan gagasan lain; 6. Jenis teks pertentangan, mengutarakan pertentangan antara satu hal dan lainnya; 7. Jenis teks analisis, memaparkan suatu proses dalam memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian yang dikembangkan secara berurutan.

Sebagai penulis teks informasi, Anda harus menyertakan bukti-bukti pendukung dari tulisan Anda tersebut agar berita yang disampaikan tidak terkesan fiktif atau hoax, serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya di kemudian hari.

****

contoh teks eksposisi terbaik
contoh teks eksposisi

Sekian informasi lengkap mengenai pengertian, struktur, ciri-ciri, unsur kebahasaan, jenis, dan contoh teks eksposisi yang dapat disajikan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.

Bagikan:

Leave a Comment