11+ Contoh Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur Dan Jenisnya

Contoh Teks Eksplanasi. Uraian yang berisi mengenai bagaimana dan apa akibatnya kejadian alam seperti tsunami, banjir, gerhana bulan dapat terjadi termasuk ke dalam teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana terjadinya suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya. Suatu peristiwa yang terjadi di sekitar kita, baik peristiwa alam maupun sosial, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.

Sebaiknya kejadian yang terjadi di sekitar kita tidak hanya diamati dan dirasakan saja, tetapi sekaligus digunakan sebagai pembelajaran. Mengapa dan bagaimana kejadian tersebut bisa terjadi. Teks eksplanasi berdasarkan asal katanya yaitu “explanation” bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dan menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa.

pengertian teks eksplanasi
contoh teks eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki ciri yaitu mengandung suatu peristiwa yang memiliki sebab dan akibat. Contohnya yaitu rumah yang tiba-tiba roboh, dibalik kejadian ini pasti terdapat faktor yang dapat membuatnya roboh seperti, kurang bahan, tidak kokok dalam proses pembuatan, terjadi pelapukan kayu atau sebab lainnya. Dengan adanya suatu peristiwa, kita tidak hanya merasakan, tetapi kita mendapatkan pelajaran atas semua yang terjadi, sehingga kita dapat lebih waspada dan dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Untuk membedakan teks eksplanasi dengan teks deskripsi atau teks lain tidak sulit. Hal ini dengan cara melihat ciri-ciri khusus yang dimiliki teks eksplanasi, sebagai berikut:

  1. Memiliki struktur yang terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
  2. Memuat informasi faktual atau informasi berdasarkan fakta.
  3. Informasi faktual yang dimaksud memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan, contohnya sains.
  4. Bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca agar percaya terhadap hal yang dibahas.
  5. Menggunakan ‘sequence markers’, seperti menggunakan kata-kata: pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya atau juga menggunakan kata-kata: pertama, berikutnya, terakhir.

Setelah mengetahui ciri-ciri teks eksplanasi di atas, mari kita lihat 3 struktur yang membangunnya agar menjadi satu kesatuan yang utuh.

Struktur Teks Eksplanasi

Dalam menulis sebuah teks eksplanasi, Anda harus memperhatikan struktur teks yang telah ditentukan. Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  1. Pernyataan umum, paragraf yang menjadi inti atau pembuka dalam suatu bacaan.
  2. Urutan sebab dan akibat, berisi mengenai uraian tentang peristiwa atau apa yang telah terjadi yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  3. Interpretasi, berisi mengenai kesimpulan tentang apa yang terjadi, mengapa bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya.

Struktur teks ekplanasi di atas harus terdapat di dalam tulisan yang menjelaskan tentang suatu peristiwa, karena dengan adanya struktur teks eksplanasi, bacaan akan menjadi satu kesatuan.

 

struktur teks eksplanasi
contoh teks eksplanasi

Selain struktur, Anda juga harus memperhatikan unsu-unsur kebahasaan dalam penulisan kalimat yang berada dalam suatu teks eksplanasi seperti yang dipaparkan di bawah ini.

Unsur Kebahasaan Teks Eksplanasi

Pada umumnya, di dalam teks eksplanasi terkandung unsur-unsur kebahasaan sebagai berikut:

  1. Berfokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants), contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan udara.
  2. Memungkinkan adanya penggunaan istilah ilmiah.
  3. Lebih banyak menggunakan kata kerja aktif (verba material dan verba relasional).
  4. Menggunakan konjungsi waktu dan kausal, contoh penggunaan kata-kata: sehingga, sebelum, pertama, jika, bila, dan kemudian.
  5. Menggunakan kalimat pasif.
  6. Penulis harus membuat justifikasi bahwa sesuatu yang dijelaskan pada teks yang ditulis secara kausal itu benar adanya.

Dari banyak contoh teks eksplanasi yang dapat kita temukan di berbagai media, maka dapat diamati bahwa sebenarnya teks ini memiliki beberapa jenis. Apa saja jenisnya? Mari kita simak pada informasi berikut.

Jenis Teks Eksplanasi

Secara umum, teks eksplanasi jenis dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Teks eksplanasi tentang alam

Memuat tentang bacaan yang topiknya mengenai bencana alam seperti gempa, tsunami, gerhana bulan, angin topan, tanah longsor dan bencana lainnya yang berhubungan dengan alam.

baca: Contoh Teks Tanggapan Kritis

  • Teks eksplanasi tentang sosial (lingkungan sekitar)

Memuat tentang peristiwa yang terjadi di sekitar kita, seperti adanya demosntrasi, rumah roboh, padamnya aliran listrik, kemiskinan, pengangguran dan lainnya. Dalam teks eksplanasi sosial, dapat diuraikan menjadi banyak topik, seperti tentang budaya, permasalahan perekonomian masyarakat, dan yang lainnya.

contoh teks eksplanasi terbaik
contoh teks eksplanasi

Berdasarkan struktur teks eksplanasi yang telah dipaparkan di atas yang dikaitkan dengan pengertian teks eksplanasi beserta ciri-ciri juga unsur kebahasaannya, dan agar Anda dapat lebih memahami dan memiliki gambaran seperti apakah teks eksplanasi tersebut, maka Anda harus melihat contoh-contohnya. Oleh karena itu, berikut ini, simaklah beberapa contoh penulisan teks eksplanasi sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan.

Contoh Teks Eksplanasi Terlengkap

Berikut ini contoh-contoh teks eksplanasi yang disertai dengan strukturnya.

1. Contoh Teks eksplanasi Peristiwa Alam tentang Gerhana Bulan

teks eksplanasi gerhana bulan
contoh teks eksplanasi

(Pernyataan Umum)
Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang sering kita jumpai. Peristiwa alam ini terjadi ketika bulan beroposisi dengan matahari. Tetapi oposisi bulan dengan matahari tidak selalu menghasilkan peristiwa gerhana bulan.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika. Akan saat ketika terjadi perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, yang kemudian akan menyebabkan munculnya dua titik yang juga dikenal dengan istilah node. Pada titik node inilah terjadi gerhana bulan. Dibutuhkan sekitar 29,53 hari sampai bulan bergerak dari satu titik ke titik oposisi lainnya.

(Urutan Sebab Akibat)
Faktanya, terkadang penampakan bulan masih dapat terlihat ketika terjadi gerhana bulan. Hal ini karena berbeloknya sinar matahari yang masih tersisa menuju arah bulan yang disebabkan oleh atmosfer bumi.

Sinar matahari yang dibelokkan tersebut memiliki spektrum cahaya kemerahan. Inilah alasannya mengapa saat peristiwa gerhana bulan, tampilan bulan akan terlihat lebih gelap yang biasanya berwarna merah gelap, jingga atau bahkan coklat.

Anda dapat mengamati gerhana bulan dengan mata telanjang tanpa adanya bahaya sedikit pun. Umat Islam yang melihat dan mengamati peristiwa gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana (salat khusuf) pada saat terjadi gerhana bulan

(Interpretasi)
Ketika bayangan bumi menutupi sebagai atau seluruh penampang bulan, maka pada saat itulah akan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi menempati posisi di antara matahari dan bulan yang berada pada satu garis lurus yang sama. Hal ini membuat sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena dihalangi oleh posisi bumi saat itu.

2. Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kemiskinan

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kemiskinan
contoh teks eksplanasi

(Pernyataan Umum)
Kemiskinan dapat diartikan sebagai suatu tingkat pendapatan masyarakat yang sangat rendah sehingga pada umumnya masyarakat tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari seperti makan, tempat tinggal, pendidikan, dan kebutuhan yang lainnya. Pada umumnya masyarakat miskin biasa tinggal di gubuk, di bawah jembatan, atau bantaran sungai.

Dan tidak jarang masyarakat miskin membangun sendiri rumah di atas tanah milik Negara. Kemiskinan juga terjadi di seluruh dunia dan banyak negara berkembang yang mempunyai masalah yang sama.

(Urutan Sebab Akibat)
Kemiskinan terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu keterbatasan kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Faktor penyebab terjadinya masalah tersebut adalah karena musibah, bangkrut, perbudakan, hingga struktur sosial.

Faktor masalah kemiskinan didominasi oleh struktur sosial dan perilaku. Selain itu perilaku konsumtif, gengsi, pengeluaran uang tidak sesuai dengan pemasukan membuat masyarakat lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan.

Dibalik itu, banyak usaha yang telah dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan. Contohnya yaitu menaikkan upah minimum kerja, memperluas lapangan pekerjaan, pendidikan gratis, tempat tinggal dengan harga terjangkau.

Hal itu juga harus didukung dengan perilaku masyarakat yang tidak menghamburkan uang, menghindari gengsi, menabung, dan membantu orang di sekitarnya sehingga kerjasama masyarakat dan pemerintah sangat menentukan demi mengatasi masalah kemiskinan.

(Interpretasi)
Seharusnya kemiskinan tidak perlu ada di Indonesia. Jika masyarakat bisa dan mau menerima serta bersyukur terhadap apa yang dimiliki. Sifat-sifat buruk seperti yang disebut diatas harus dapat dihilangkan, dan kerjasama antara pemerintah degan masyarakat sangat penting dalam mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia.

3. Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Pengangguran

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Pengangguran
Contoh Teks Eksplanasi

baca: Contoh Artikel Ilmiah

(Pernyataan Umum)
Pengangguran adalah suatu fenomena sosial yang berhubungan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. Telah banyak usaha yang dijalankan untuk mengatasi masalah ini, tetapi belum juga dapat teratasi.

Pengangguran tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga terjadi hampir di semua negara. Ada juga yang mengartikan bahwa pengangguran merupakan orang dewasa pada usia produktif yang tidak bekerja atau yang sedang mencari pekerjaan atau yang tidak memiliki pekerjaan secara formal sehingga tidak mendapatkan penghasilan.
Badan Pusat Statistik (BPS) mendefinisikan tentang pengangguran yaitu orang-orang yang bekerja kurang dari 1 jam setiap minggu.

(Urutan Sebab Akibat)
Salah satu faktor dasar yang menjadi penyebab adanya pengangguran yaitu terjadinya kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. Perubahan struktural dalam perekonomian juga menjadi sebab pengangguran.

Perubahan tersebut menyebabkan timbulnya kebutuhan akan tenaga kerja dengan tingkat keterampilan yang beragam sehingga pencari kerja tidak bisa mendapat pekerjaan karena tidak sesuai dengan tuntutan. Pengangguran juga disebabkan karena pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan dan buruh.

Pengangguran mengakibatkan berbagai persoalan ekonomi dan sosial. Jika jumlah pengangguran banyak, maka akan timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkat dan potensi kriminal semakin tinggi.

(Interpretasi)
Oleh karena itu pengangguran merupakan masalah besar yang harus segera diatasi. Salah satu cara adalah dengan memperbaiki kondisi lapangan pekerjaan.

Selain itu, memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja juga dapat mengurangi pengangguran. Atau juga dengan memberikan keterampilan yang mencukupi kepada mereka sehingga mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Dan berbagai cara lain dapat dilakukan agar masalah pengangguran teratasi.

4. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Perubahan Budaya

contoh terks eksplanasi terbaik
Contoh Teks Eksplanasi

(Pernyataan Umum)
Budaya tidak selalu identik dengan hal-hal yang bersifat tradisional, seperti: pakaian, bahasa, kesenian, makanan khas, dan lainnya. Tetapi seringkali saat kita mendengar kata “budaya” maka yang terlintas di pikiran adalah simbol budaya dari suatu daerah atau negara, seperti: pakaian, bahasa, makanan, bentuk bangunan, adat istiadat, tari-tarian, musik, dan sebagainya.

(Bagian Penjelasan)
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang yang dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu antara satu daerah dengan daerah yang lain mempunyai budaya yang berbeda. Budaya yang ada pada suatu daerah juga dipengaruhi oleh masa lampau dan kini.

Hasil budaya dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu kepercayaan, pengetahuan, dan estetika. Ketiga hal ini saling berpengaruh satu sama lain yang menghasilkan produk budaya seperti hukum, bahasa, adat istiadat, teknologi, pakaian, makanan, tempat tinggal, dan lainnya.

Budaya selalu berkembang dan berubah seiring berjalannya zaman. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Karena kita sebagai manusia berhubungan satu dengan yang lainnya secara langsung maupun tidak langsung antar daerah atau wilayah. Saat ini, perkembangan teknologi dapat dengan mudah saling mempengaruhi antara satu budaya dengan budaya lain.
  2. Manusia selalu berkembang sehingga menghasilkan terjadinya perubahan cara hidup, kebutuhan hidup, dan sebagainya sehingga memberikan pengaruh pada perubahan budaya.
  3. Terjadinya perubahan lingkungan yang lumayan ekstrim.

Oleh karena itu, perubahan budaya akan selalu terjadi, dan wacana mengenai pelestarian budaya hanya akan berbentuk wacana yang simbolis saja karena manusia sudah pasti tidak bisa hidup dengan menggunakan cara hidup yang lama. Tetapi perlu kita perhatikan bahwa budaya lama tetap akan menjadi acuan untuk melahirkan budaya baru, sehingga dapat dikatakan bahwa budaya baru merupakan hasil modifikasi budaya lama.

(Bagian Penutup)
Tidak selamanya perubahan budaya berarti buruk walaupun ada beberapa hal dari budaya lama yang punah atau hilang dan hal ini sangat disayangkan. Menjadi sebuah ironi bahwa di satu sisi hilangnya budaya lama sangat disayangkan, tetapi di sisi lain manusia tidak sanggup untuk berada di satu titik saja.

5. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Penyebab Lunturnya Budaya Indonesia

baca juga: Contoh Kalimat Imperatif

(Pernyataan Umum)
Budaya di Indonesia terasa semakin hari semakin luntur karena kurangnya kesadaran masyarakat, kurangnya pembelajaran budaya, dan kurangnya komunikasi budaya. Hal tersebut terbilang turun drastis karena kebanyakan dari kita memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Kita sering beranggapan bahwa budaya asing lebih praktis dan keren. Padahal hal itu belum tentu benar. Banyak budaya luar yang dianggap keren tetapi tidak sesuai dengan jati diri dan budaya bangsa Indonesia.

(Bagian Penjelasan)
Akibatnya, kebudayaan kita tidak lagi diurus dan perlahan-lahan semakin menghilang atau pun diklaim oleh Negara lain. Oleh karena itu kemampuan berkomunikasi sangatlah penting agar tidak terjadi pemahaman yang salah tentang budaya yang dianut. Kurangnya komunikasi juga dapat menyebabkan pertikaian antar suku yang berdampak pada persatuan dan kesatuan.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan komunikasi antar masyarakat dengan saling mengenalkan budaya satu sama lain dan ke generasi penerus bangsa dengan tujuan agar budaya asli tetap hidup.

(Kesimpulan)
Kurangnya pembelajaran budaya mengakibatkan budaya kita sedikit demi sedikit menghilang. Mempelajari budaya sejak usia dini sangat baik oleh karena itu, saat ini sudah ada mata pelajaran di sekolah yang membahas tentang budaya. Tetapi sayangnya, banyak orang tua ataupun siswa sekolah yang tidak menganggap penting untuk mempelajari materi budaya.

Padahal dengan mempelajari budaya, sebagai masyarakat Indonesia kita dapat membangun budaya bangsa dan mempertahankan budaya lokal di era globalisasi seperti pada saat ini.

6. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Lingkungan

teks eksplanasi tentang lingkungan
contoh teks eksplanasi

(Pernyataan Umum)
Sampah adalah sebuah perwujudan benda yang tidak memiliki nilai pakai sama sekali, bersifat mengganggu dan merugikan.Umumnya sampah dapat berasal dari limbah hasil produksi, konsumsi, proses pemakaian dan lain sebagainya. Menurut klasifikasinya, sapah dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni sampah organik dan sampah non-organik.

(Urutan Sebab Akibat)
Sampah organik adalah jenis sampah yang mampu diuraikan oleh bakteri pembusuk maupun mikroba. Contoh sampah organik yang dapat ditemukan disekitar kita adalah, daun kering, bangkai binatang, buah-buahan, sisa-sisa makanan, sayurmayur dan masih banyak lagi. Karena dapat diuraikan oleh bakteri maka sampah organik dikategorikan kedalam sampah yang ramah lingkungan. Selain itu sampah organik juga dapat dimanfaatkan kembali dengan melalui proses proses tertentu seperti sampah daun kering dapat diolah dan dijadikan pupuk kompos yang dapat menyuburkan tanah. Sedangkan sampah non-organik adalah jenis sampah yang tidak bisa diuraikan oleh mikroba dan bakteri pembusuk. Berlawanan dengan sampah organik, sampah jenis ini dikategorikan kedalam sampah yang tidak ramah lingkungan.

Contoh sampah non-organik yang dapat kita temukan di sekitar kita adalah kertas, kaleng, bekas botol mineral, sampah plastik, besi, alumunium dan sebagainya. Meskipun terkesan tidak ramah lingkungan namun sampah non-organik juga dapat dimanfaatkan dengan melalui proses daur ulang. Seperti contoh, kaleng bekas botol minuman dapat dimanfaatkan kembali untuk dijadikan pot bunga, bekas kaleng susu dapat dijadikan sebagai tempat pensil dan penghapus dan masih banyak lagi bentuk daur ulang lainnya.

Meskipun terlihat kecil, namun pada dasarnya sampah merupakan persoalan besar yang tidak boleh untuk dianggap remeh. Jika sampah yang timbul lama kelamaan akan menumpuk dalam jumlah besar. Hal ini tentunya dapat mengganggu kesehatan, keindahan dan kenyamanan yang ada di lingkungan sekitar masyarakat. Dampak negatif yang timbul akibat sampah yang menumpuk dapat dipastikan yakni pencemaran udara, munculnya penyakit diare, demam berdarah, muntahber, hingga menyebabkan banjir. Terlebih lagi jika terdapat sampah organik yang membusuk dala jumlah besar akan menimbulkan polusi udara berupa aroma tidak sedap. Tidak hanya itu, dalam sampah sampah tersebut juga dapat mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh kita.

Penyakit yang paling berbahaya yang dapat timbul akibat tumpukan sampah adalah demam berdarah (DBD). umumnya nyamuk aides akan bersarang dan berkembang biak pada area yang kumuh kotor dan lembab seperti tempat sampah. Tidak hanya itu saja, sampah yang menumpuk juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kulit, diare hingga gangguan pernapasan. Jika terdapat tumpukan sampah di sungai akan lebih membahayakan lagi karena dapat menganca keselamatan banyak orang. Sampah yang memenuhi sungai dapat menyababkan pendangkalan sungai, mengganggu aliran air hingga menyumbat pipa pembuangan atau selokan. Jika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi maka hal semacam ini dapat menyebabkan banjir. Banjir yang terjadi uumnya memang berasal dari faktor permasalahan sampah. jika sudah terjadi banjir maka tidak diragukan lagi akan terjadi kerugian material yang dialami oleh masyarakat.

(Interpretasi)
Sampah memang banyak menimbulkan dampah negatif dalam kehidupan manusia. Dalam beberapa kasus di negara dan kota kota tertentu permasalahan sampah merupakan sebuah masalah yang sulit untuk diselesaikan dan diatasi. Pasalanya tanggung jawab permasalahan sampah yang terjadi umumnya hanya dibebankan kepada pemerintah semata. Padahal untuk menyelesaikan permasalahan ini diperlukan adanya kesadaran diri yang dimiliki seluruh anggota masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan ketertiban dalam hal membuang sampah. Pemerintah juga hendaknya memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan melakukan kerjabakti bersama, seminar ke daerah perkampungan dan sebagainya. Inti dari semuanya adalah jika setiap elemen masyarakat memiliki kesadaran diri dan mampu untuk menjaga kebersihan lingkungan maka permasalahan sampah dapat diatasi. Menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah memang sangat penting guna terciptanya lingkungan yang sehat.

7. Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Alam Tentang Tsunami

teks eksplanasi tentang tsunami
contoh teks eksplanasi bencana alam

(Pernyataan Umum)
Tsunami berasal dari bahasa Jepang dan terdiri dari 2 suku kata yaitu “tsu” yang berarti pelabuhan dan “nami” yang berarti gelombang. Para ilmuwan biasa mengartikan dengan sebutan “tidal wave” yang berarti gelombang pasang atau ‘seismic sea waves” yang berarti gelombang laut akibat gempa.
Tsunami adalah suatu gelombang laut dengan kecepatan tinggi yang datang secara tiba-tiba menuju ke kawasan pantai. Terjadinya tsunami diakibatkan oleh munculnya aktivitas gunung berapi sehingga mengakibatkan adanya gempa yang terjadi di bawah laut.

(Urutan Sebab-Akibat)
Ketika terjadi gempa dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan, maka saat itulah tsunami terbentuk. Patahan itu menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar juga. Pada saat itu, air laut akan mengalami surut sesaat setelah gempa bumi terjadi. Kemudian setelah itu air laut akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami).

Tsunami juga dapat terjadi karena letusan gunung berapi di dasar laut yang mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di dekatnya.
Tsunami berbeda dengan gelombang air laut yang biasanya karena memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar. Bahkan mencapai 700 km/jam dan hampir sama dengan kecepatan pesawat. Biasanya tinggi gelombang tsunami adalah 50 sampai 100 meter dan menyebar ke segala arah. Ketinggian tsunami yang terjadi juga dapat dipengaruhi oleh bentuk dan juga kedalaman pantai yang pada saat itu terdapat gempa didasarnya. Jadi itulah kenapa sangat memungkinkan untuk terjadi tsunami akibat gempa bumi di dasar laut.

(interpretasi)
Tsunami menjadi salah satu peristiwa alam yang sangat berbahaya bagi manusia karena menyebabkan kerusakan besar bahkan dapat merenggut ribuan jiwa sekaligus apabila terjadi secara mendadak. Oleh karenanya kita wajib waspada dan menyiapkan diri untuk menghadapi bencana alam tsunami. Walaupun memang tidak semua gempa dan letusan gunung berapi di dasar laut menyebabkan tsunami.

8. Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Korupsi

(Pernyataan Umum)
Korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah dan pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya.

(Bagian Penjelasan)
Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, dimana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.

Korupsi yang muncul di bidang politik dan birokrasi bisa berbentuk sepele atau berat, terorganisasi atau tidak. Walau korupsi sering memudahkan kegiatan kriminal seperti penjualan narkotika, pencucian uang, dan prostitusi, korupsi itu sendiri tidak terbatas dalam hal-hal ini saja. Untuk mempelajari masalah ini dan membuat solusinya, sangat penting untuk membedakan antara korupsi dan kejahatan.

(Penutup)
Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi secara garis besar memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:perbuatan melawan hukum,penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana,memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi, danmerugikan keuangan negara atau perekonomian negara.Jenis tindak pidana korupsi di antaranya, namun bukan semuanya, adalah memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan),penggelapan dalam jabatan,pemerasan dalam jabatan,ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara), dan menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara).

9. Contoh Teks Eksplanasi Peristiwa Alam Tentang Gunung Meletus

teks eksplanasi tentang bencana gunung meletus
Contoh teks eksplanasi

(Pernyataan Umum)
Fenomena alam gunung meletus terjadi karena adanya endapan magma yang ada di perut bumi dan disemburkan oleh gas dengan kekuatan besar. Selain tsunami, gunung meletus juga menjadi salah satu bencana alam yang mengerikan dan dapat menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa.

(Urutan Sebab-Akibat)
Dapat dikatakan bahwa hampir semua gunung berapi berkaitan dengan daerah kegempaan yang aktif, karena berkaitan langsung dengan batas lempeng bumi. Gunung meletus bermula dengan adanya perubahan tekanan batas lempeng bumi dan perubahan suhu yang drastis. Hal tersebut membuat material batuan disekitarnya meleleh, yang biasa disebut dengan magma atau cairan pijar. Magma ini akan membawa material disekitarnya melewati rekahan-rekahan menuju permukaan bumi.

Bahkan di kedalaman yang relative dalam, suhu yang sangat tinggi bukan hanya mampu melelehkan magma bahkan seluruh material yang berada di dalam perut bumi. Di saat itu juga akan muncul gas dan bercampur dengan magma. Magma yang keluar pada saat gunung meletus terbentuk pada kedalaman 60-160 KM di bawah permukaan bumi.

Lalu gas yang bercampur dengan magma tersebut berada di bawah tekanan bebatuan padat yang ada di sekitar kawah sehingga tekanan ini membuat gas dan magma bergerak ke permukaan bumi dan meletus secara bersamaan. Hal ini yang menyebabkan terbentuknya lubang utama, tempat menyemburnya sebagian besar magma dan material vulkanik lain.

Ketika semburan telah berhenti, biasanya di bagian puncak gunung akan terbentuk kawah yang menyerupai mangkuk dan lubang utama yang terletak di dasar kawah tersebut.

Letusan gunung berapi dapat menyebabkan dampak negatif dan positif. Dampak negatif yang paling terlihat yaitu bahayanya terhadap manusia dan makhluk hidup di sekitarnya karena mengeluarkan gas beracun, awan panas, debu vulkanik, dan bebatuan. Setelah itu biasanya akan terjadi hujan lahar, rusaknya lahan pertanian dan perkebunan sesaat setelah erupsi berakhir.

Bahkan sejarah mencatat, pernah ada bencana alam letusan gunung berapi yang mengakibatkan tewasnya ribuan orang dan menyebabkan iklim di dunia berubah.
Sedangkan dampak positif yang bisa terlihat yaitu lahan di daerah gunung berapi menjadi subur, material yang keluar bisa dijadikan sebagai mata pencaharian masyarakat, sumber daya air, wisata alam, dan energi panas bumi.

(interpretasi)
Sampai sekarang gunung berapi masih menjadi hal yang menyeramkan bagi manusia karena meletusnya gunung berapi dapat mengakibatkan terbentuknya pulau dan danau, bahkan dapat menutupi atmosfer bumi yang menyebabkan perubahan suhu yang ekstrim.

Oleh karenanya, kita perlu memperhatikan skema peringatan gunung berapi di Indonesia yang diberikan oleh BMKG. Sehingga kita dapat menentukan waktu yang tepat untuk mengungsi apabila terjadi erupsi gunung berapi di daerah sekitar kita.

10. Contoh Teks Eksplanasi Ekonomi Tentang Pengangguran

(Pernyataan umum)
Pengangguran merupakan suatu hal yang tidak asing lagi, dan menjadi permasalahan yang belum ada akhirnya. Di Indonesia banyak lulusan SD, SMP, SMA dan Sarjana pun masih menganggur. Namun permasalahan ini masih saja terus terjadi ketika banyaknya lulusan yang belum tau arah akan bekerja apa dan dimana. Tidak hanya itu, pengangguran biasanya terjadi karena adanya ketidaksesuaian bidang yang ditekuni, atau dikeluarkan dari pekerjaan karena melanggar peraturan kerja, atau keluar dari pekerjaan karena tidak cocok dengan teman erja atau tidak cocok dengan gaji yang diperoleh.

(Sebab-akibat)
Banyak faktor yang menyebabkan pengangguran tersebar luas yakni minimnya lapangan pekerjaan. Setiap lapangan pekerjaan menuntut pekerja dengan keterampilan yang berbeda-beda. Sebagai contoh adalah adanya persyaratan dengan lulusan minimal S1 atau yang berpengalaman di bidang yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Hal tersebut menjadi beban bagi masyarakat. Namun dengan adanya persyaratan tersebut, juga dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk belajar kejenjang yang lebih tinggi. Dan biasanya karena faktor ekonomi membuat masyarakat lebih memilih tidak melanjutkan sekolah dan lebih memilih untuk bekerja.

(Interpretasi)
Dari uraian diatas, pengangguran menjadi permasalahan yang serius untuk dicarikan solusinya, yakni dengan memberikan keterampilan kepada masyarakat yang pengganguran dan meluaskan lapangan pekerjaan. Dengan memberikan keterampilan, mereka yang penggangguran dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan dapat menentukan apa yang cocok menjadikan bidang yang akan ditekuni. Tak hanya itu dengan meluaskan lapangan pekerjaan sudah pasti akan sangat membantu mengurangi jumlah pengangguran di masyarakat. Jika para mahasiswa dapat menanggapi permasalahan ini, dan mulai untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat yang memiliki banyak pengangguran maka gelar sarjana akan menjadi tidak sia-sia karena ilmunya dapat bermanfaat bagi orang lain dan disalurkan kepada yang berniat menekuninya. Sebagai contoh: batik, mahasiswa mengadakan workshop tentang batik ikat celup yang dapat dijangkau oleh masyarakat, dan mudah dilakukan oleh kebanyakan orang.

Dari situ akan muncul kreatifitas masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan usaha kaos batik ikat celup dan lain sebagainya. Atau keterampilan lain misalnya merajut, karena pengangguran kebanyakan dari kalangan perempuan yang dituntut hanya di rumah saja, maka dengan merajut akan bisa dilakukan di rumah. Seiring berkembangnya zaman, teknologi telepon genggam yang dapat mengakses ke penjuru dunia juga dapat dimanfaatkan yaknii dengan menjual rajutan atau batik ikat celup pada online shop dan lain sebagainya.

11. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Penyalahgunaan Narkoba

contoh teks eksplanasi tentang penyalahgunaan narkoba
contoh teks eksplanasi

(Pernyataan Umum)
Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya dengan tujuan bukan untuk pengobatan, penelitian, menghilangkan rasa sakit rangsangan, semangat dan halusinasi apabila digunakan tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar dapat menimbulkan bahaya adanya adiksi/ketergantungan obat (ketagihan). Obat-obatan yang biasa disalahgunakan seperti narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

(Urutan Sebab-Akibat)
Penyalahgunaan narkoba terjadi akibat salah pergaulan dan rasa keingintahuan yang kuat serta mudahnya dalam mendapatkan obat-obatan tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Yang pertama, faktor diri yaitu faktor yang ditimbulkan dalam diri orang tersebut seperti mencoba-coba kerana penasaran dan keinginan untuk bersenang senang. Yang kedua, faktor lingkungan yaitu faktor yang berasal dari lingkungan sekitarnya seperti keluarga bermasalah dan bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba. Yang ketiga, faktor ketersediaan narkoba seperti narkoba semakin mudah didapat dengan harga yang terjangkau dan bisnis narkoba menjanjikan keuntungan yang besar. Penggunaan obat-obatan terlarang secara terus-menerus dapat menyebabkan kecanduan. Jika sudah kecanduan, maka orang tersebut akan melakukan segala hal untuk mendapatkannya. Penyalahgunaan narkoba yang dilakukan seseorang akan berdampak negatif pada dirinya sendiri seperti mengalami perubahan sikap, sering membolos, suka mencuri untuk membeli narkoba, mengalami kegilaan dan juga yang lebih mengkhawatirkan adalah kematian.

(Interpretasi)
Penyalahgunaan narkoba sudah banyak terjadi dikalangan masyarakat. Adapun cara mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba yaitu berikan pendidikan agama sejak dini agar mengetahui mana yang baik dan yang buruk, awasi pergaulan disekolah maupun diluar sekolah, dan berikanlah perhatian khusus agar ia tidak perlu mencari kesenangan dengan cara yang salah. Oleh karena itu , harus ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah untuk menggalakan pencegahan dan pemberantasan masalah tersebut.

***

Dari paparan yang telah dijelaskan pada artikel ini bahwa teks eksplanasi adalah suatu teks yang memuat berita atau informasi mengenai peristiwa atau kejadian sosial yang terdapat sebab-akibat dan solusi yang masuk akal. Melalui contoh teks eksplanasi ini, pembaca dapat memiliki informasi yang akurat dan dapat dipercaya sehingga dapat dijadikan pelajaran bagi yang belum mengalaminya.

Bagikan:

Leave a Comment