16+ Contoh Surat Undangan Acara Resmi Dan Tidak Resmi Dengan Penjelasannya

Contoh Surat Undangan Resmi dan Tidak Resmi. Apa yang dimaksud dengan surat undangan? Surat undangan merupakan surat yang dibuat dalam rangka mengajak seseorang atau pihak tertentu untuk menghadiri suatu acara. Yang dimaksud dengan acara dapat berupa acara resmi atau acara tidak resmi. Maka dari itu, surat undangan terbagi menjadi dua, yaitu surat undangan resmi dan surat undangan tidak resmi.

Jenis Surat Undangan

Terdapat perbedaan pada kedua surat ini. Perbedaan tersebut dapat diketahui dari segi penulisan, cara membuat, tampilan, dan juga tujuan. Selain perbedaan, terdapat juga persamaan dari kedua jenis surat tersebut, yaitu baik surat undangan resmi maupun surat undangan tidak resmi adalah disebutkan waktu dan tempat acara diselenggarakan.

Jenis Surat Undangan
contoh surat undangan

Marilah disimak lebih mendalam mengenai kedua jenis surat undangan yang telah disebutkan di atas.

1. Surat Undangan Resmi

Surat undangan resmi adalah surat undangan yang biasanya dibuat oleh suatu perusahaan atau instansi dalam rangka menyelenggarakan sebuah agenda atau kegiatan yang diadakan dengan mengundang perseorangan, kelompok, ataupun perusahaan lain. Karena surat undangan resmi bersangkutan dengan sebuah lembaga, perusahaan, atau instansi, maka harus disampaikan dengan menggunakan bahasa yang formal.

Selain itu, dalam penulisannya, surat undangan resmi juga harus mengikuti kaidah yang berlaku. Terdapat kaidah yang harus diperhatikan oleh penulis saat menulis surat undangan resmi salah satunya adalah harus menggunakan kalimat yang baku dan menggunakan EYD dengan benar. Ciri utama surat undangan resmi salah satunya adalah penggunaan kop surat.

2. Surat Undangan Tidak Resmi

Bila dilihat dari namanya, dapat diketahui bahwa surat undangan tidak resmi pasti berbeda dengan surat undangan resmi. Surat undangan tidak resmi adalah surat undangan yang biasanya dibuat oleh seseorang atau individu dalam rangka mengundang atau mengajak orang lain untuk menghadiri acara pribadi yang diadakan olehnya, contohnya seperti surat undangan ulang tahun, surat undangan pernikahan dan lainnya.

Jadi dalam penulisannya, surat undangan tidak resmi tentu tidak sama dengan penulisan surat undangan resmi. Penulisan jenis surat undangan tidak resmi lebih luwes dan tidak terlalu dibatasi. Tetapi meskipun demikian, penulis harus tetap mengetahui etika yang baik ketika menuliskan surat undangan ini yaitu dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun.

Ciri Surat Undangan

1. Surat Undangan Resmi

  1. Memiliki kepala surat atau kop surat di awal surat.
  2. Memiliki nomor, lampiran dan perihal dalam surat .
  3. Menggunakan bahasa yang formal.
  4. Menggunakan tulisan kalimat yang baku dan menggunakan EYD yang baik dan benar.
  5. Memiliki tanda tangan dan stempel dari suatu lembaga, instansi, atau perusahaan yang bersangkutan.
Ciri Surat Undangan
contoh surat undangan

2. Surat Undangan Tidak Resmi

  1. Menuliskan secara jelas nama dan alamat pengirim.
  2. Menuliskan secara jelas nama dan alamat penerima.
  3. Menuliskan secara jelas hari, tanggal, tempat, dan waktu acara.
  4. Menggunakan bahasa yang santun, menarik dan komunikatif.

Bagian-bagian Surat Undangan

Bagian-bagian Surat Undangan
contoh surat undangan

Setelah dibahas tentang jenis surat undangan, pembahasan akan dilanjutkan pada bagian-bagian surat. Bagian surat adalah materi terpenting dalam membuat sebuah surat undangan. Dari sini, Anda dapat menyusun sebuah surat undangan dengan mudah. Marilah disimak paparannya berikut ini.

1. Kop Surat atau Kepala Surat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, surat undangan resmi harus menyertakan kop surat di bagian awal penulisan. Tetapi berbeda untuk surat undangan tidak resmi yang tidak harus diberi kop surat.

baca juga: 18+ Contoh Surat Pribadi Untuk Kawan, Orang Tua, Kerabat, Kekasih, Teman Sekolah dll

Sama halnya dengan kop surat pada surat resmi, kop surat pada surat undangan resmi juga bertujuan agar dapat menunjukkan lembaga, instansi, atau perusahaan yang mengirim surat tersebut. Selain itu, juga untuk menandakan bahwa surat itu benar-benar dikeluarkan oleh lembaga, instansi, atau perusahaan yang menulis surat.

2. Tanggal Pembuatan Surat

Dalam pembuatan surat undangan, seperti jenis surat lainnya, penulis harus menyertakan tanggal pembuatan surat. Penulisan tanggal pada surat ini biasanya disertai dengan penulisan nama tempat. Dan untuk penulisan nama tempat sendiri harus diawali dengan huruf kapital atau huruf besar.

Pemisah antara tempat dan tanggal pembuatan surat adalah dengan menggunakan tanda koma, dan tidak diakhiri dengan tanda titik. Biasanya penempatan tempat dan tanggal surat ini berada pada bagian kanan atas surat. atau juga dapat ditempatkan pada bagian kiri atas surat, tergantung pada keperluan masing-masing.

Contoh:

  • Jakarta, 10 November 2017
  • Jakarta, 10-11-2017 atau
  • Jakarta, 10/11/2017

Dalam penulisan tempat dan tanggal, Anda dapat memilih salah satu dari contoh diatas. Tetapi kebanyakan penulis lebih sering menggunakan contoh yang pertama. Pada surat undangan resmi, penulis harus menyertakan tempat dan tanggal pembuatan.

3. Nomor, Lampiran, dan Perihal

Ketiga bagian ini hanya berlaku pada surat undangan resmi dan tidak berlaku pada surat undangan tidak resmi. Dalam penulisannya, ketiga bagian ini tidak boleh dituliskan secara asal. Terlebih lagi untuk penulisan nomor surat, karena setiap huruf dan angka pada nomor surat memiliki makna tersendiri.

4. Salam Pembuka

Beberapa bagian yang dituliskan di atas adalah bagian awal surat. Kini pembahasan mulai masuk ke dalam bagian isi surat. Isi surat yang pertama adalah salam pembuka. Salam pembuka biasanya dituliskan dengan kata-kata yang biasa digunakan dalam dialog.

Contoh: Dengan hormat

5. Isi Surat

Isi surat adalah bagian terpenting dalam jenis surat apapun, termasuk dalam surat undangan. Hal ini karena maksud dan tujuan dari surat undangan dituliskan pada bagian ini. Biasanya bagian isi surat berisi tentang hari, tanggal, waktu, dan tempat acara, yang merupakan sarana informasi bagi pembaca.

Bagian ini harus dituliskan secara jelas, agar pembaca tidak bingung dengan apa yang dimaksud oleh penulis. Lebih baik lagi jika bagian isi surat disampaikan dengan cepat dan tidak berbelit-belit. Hal ini berlaku untuk surat undangan resmi ataupun surat undangan tidak resmi.

6. Penutup

Bagian terakhir adalah bagian penutup surat. Perlu diketahui bahwa penulisan penutup pada surat undangan resmi tidak sama dengan surat undangan tidak resmi. Pada surat undangan resmi selain menuliskan paragraf penutup, harus juga menyertakan tanda tangan dan stempel dari lembaga, instansi, atau perusahaan terkait.

Berbeda dengan surat undangan tidak resmi, pada bagian penutup jenis surat ini, penulis tidak perlu menyertakan tanda tangan dan stempel. Hanya cukup menuliskan paragraf penutup saja. Lebih baik paragraf penutup ditulis cukup 1 sampai 2 baris saja, tidak perlu dituliskan terlalu panjang.

Contoh Surat Undangan Lengkap

Setelah dibahas mengenai beberapa materi tentang surat undangan, pembahasan akan dilanjutkan dengan mengenal beberapa contoh surat undangan.

Contoh Surat Undangan Lengkap
contoh surat undangan

1. Surat Undangan Resmi

Berikut adalah beberapa contoh surat undangan resmi.

a. Contoh Surat Undangan Acara Perusahaan

PT SALAWASNA
Jl. Soekarno Hatta KM. 15, Bandung
Telp (021) 72424242 Fax (021) 72424245
Email: salawasna@gmail.com www.salawasna.com

Bandung, 18 Januari 2019

Nomor : A.004 / DTU / PTS / I / 2019
Lampiran : –
Perihal : Undangan Rapat

Kepada
Yth. Bapak Mohammad Saputra
General Manger PT. Salawasna
Jl. Taman Siswa KM. 2 Bandung
Jawa Barat

Dengan Hormat

Sehubungan dengan pelaksanaan rapat kerja nasional ke-9 dari PT. Salawasna, dengan ini Kami mengundang seluruh General Manager dan Manager Marketing Cabang dari seluruh Indonesia agar dapat menghadiri rapat kerja nasional tersebut. Rapat kerja nasional ini akan dilaksanakan pada,

  • Hari / Tanggal : Senin – Rabu, 28 Januari – 30 Januari 2018
  • Waktu : Pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Tempat : Hotel Grand Royal Preanger, Jl. Asia Afrika No.17, Bandung, Jawa Barat

Demikian surat undangan ini Kami sampaikan. Mengingat betapa pentingnya acara ini, Kami sangat berharap Bapak / Ibu untuk dapat hadir tepat waktu. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dari Bapak / Ibu.

Hormat Kami,

Direktur
Salawasna Pusat

Dr. Ir. H. Sutrisna

baca juga: 17+ Contoh Surat Pernyataan: Pengertian, Struktur Dan Tips Pembuatannya

b. Contoh Surat Undangan Acara Rapat RT

PERUMAHAN BUMI ADIPURA
CLUSTER TULIP RT 03 RW 04
Kelurahan Rancabolang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung

Bandung, 14 Februari 2019
Nomor : 001 / CT-B / 43 / II / 2019
Lampiran : –

Kepada
Yth. Bapak-bapak Warga RT 04
Di Tempat
Perihal : Undangan Rapat Warga RT 04

Assalamu’ alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, puji syukur, kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan nikmatnya yang telah dilimpahkan kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah dan terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan sahabatnya yang telah berjuang di jalan Allah SWT sampai kepada kita semua sebagai umatnya.

Dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi dan tali persaudaraan antar sesama warga. Serta pentingnya informasi tentang perkembangan lingkungan dan Rukun Tetangga Cluster Tulip. Kami selaku pengurus RT 04 mengundang bapak-bapak untuk hadir pada,

  • Hari / Tanggal : Sabtu, 16 Februari 2019
  • Waktu : Pukul 19.30 s/d 21.00 WIB
  • Tempat : Aula RW Cluster Tulip

Keperluan : Penyampaian Susunan pengurus RT yang baru

Dikarenakan pentingnya acara tersebut, kami selaku pengurus RT 04 sangat berharap agar bapak-bapak dapat hadir tepat waktu. Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Semoga dapat menjadi perhatian Bapak-bapak sekalian. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’ alaikum Wr. Wb.

Ketua RT 04

Djuarsa Karya

c. Contoh Surat Undangan Acara Pembagian Raport
Surat Undangan Acara Pembagian Raport
contoh surat undangan

PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP 2 NURUL ILMI SUMEDANG
Jl. Mawar No.24 Perum Mekar Jaya Telp. (022) 7401203 Sumedang 40228

Sumedang , 5 Januari 2019

Nomor : 05 / I / SMP.02 / 2019
Lampiran : –
Perihal : Pembagian Raport Kenaikan Kelas

Kepada
Yth. Orang tua / Wali siswa SMP 2 Nurul Ilmi Sumedang
Di Sumedang

Dengan hormat,
Setelah selesai pelaksanakan kegiatan ulangan akhir semester pada semester genap, pada tahun ajaran 2012 / 2013, seperti biasanya pihak sekolah akan segera melaksanakan acara pembagian raport untuk kelas VII dan VII. Oleh sebab itu, kami mengundang bapak / ibu agar dapat menghadiri acara tersebut yang akan dilaksanakan pada,

  • Hari / Tanggal : Sabtu, 23 Januari 2019
  • Waktu : Pukul 09.00 s/d 11.00 WIB
  • Tempat : Ruang kelas masing-masing
  • Acara : Pembagian Raport Kenaikan Kelas

Sekian surat undangan ini kami sampaikan. Semoga surat ini dapat menjadi perhatian dari para Orang tua / Wali siswa dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Hormat Kami,

Kepala Sekolah

Dian Purnama, M.Pd.

d. Contoh Surat Undangan Acara Peresmian
undangan acara peresmian gedung
contoh surat undangan

KOLAM RENANG DAN PEMANDIAN
TIRTA DUTA FAMILY
Komplek Perumahan DUTA FAMILY
Jl. Raya Cicalengka – Rancaekek, Kabupaten Bandung
Telp. (022) 72385174

Cicalengka, 16 April 2019

Nomor : Man-TDF / 01 / 16 / IV / 2019
Lampiran : 1 (satu) lembar
Perihal : Undangan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kami haturkan salam ukhuwah islamiyah, semoga kita selalu dalam lindungan Allah Yang Maha Esa, Amin Yaa Robbal Alamin.
Kami selaku pihak pengelola kolam renang dan pemandian TIRTA DUTA FAMILY mengundang Bapak / Ibu / Saudara / Saudari pada,

  • Hari / Tanggal : Minggu, 17 April 2019
  • Tempat : Komplek Perumahan DUTA FAMILY
  • Jl. Raya Cicalengka – Rancaekek, Kabupaten Bandung
  • Waktu : Pukul 09.00 WIB s/d Selesai
  • Keperluan : Peresmian Kolam Renang dan Pemandian TIRTA DUTA FAMILY

Demikian surat undangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kehadirannya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Manager TIRTA DUTA FAMILY

Rahardja Adi Walaka

e. Contoh Surat Undangan Acara Pekan Olahraga dan Seni
Contoh Surat Undangan Acara Pekan Olahraga dan Seni
contoh surat undangan

OSIS SMA Negeri 1 Cimahi
Jl. Alun-alun Raya No. 12 Cimahi
Telp. (022) 7270231

Cimahi, 11 Maret 2019
No : 01 / OSIS / UND-EX / III / 19

Lamp : –
Hal : Undangan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)

Kepada
Yth. Pengurus OSIS
SMA Negeri 1 Cimahi
Jl. Alun-alun Raya No. 1 Cimahi

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan berakhirnya tahun ajaran 2018 / 2019, kami selaku pengurus OSIS SMA Negeri 1 Cimahi memohon kehadiran perwakilan sekolah untuk mengikuti berbagai perlombaan yang akan diselenggarakan pada,

  • hari : Senin, 21 Maret 2019 – Kamis, 24 Maret 2019
  • waktu : Pukul 08.30 WIB s/d selesai
  • tempat : Lapangan SMA Negeri 1 Cimahi
  • acara : PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)

Karena dirasa cukup pentingnya acara tersebut, maka kami mengharapkan kedatangan para perwakilan sekolah dan untuk dapat hadir tepat waktu.

Hormat Kami,

Dwi Lestari

f. Contoh Surat Undangan Dinas

baca juga: 8+ Contoh Surat Wasiat Beserta Unsur Dan Tips Pembuatannya

PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG BARAT
DINAS LINGKUNGAN HIDUP
Jl. Kamarung No. 113, Citeureup 43511, Telp. (022) 7611106, 7651111

Citereup, 12 Mei 2019

Nomor : 001 / 71 / V / DLH / KBB / 19
Lampiran : –
Perihal : Undangan Rapat

Kepada
Yth. Bapak / Ibu / Saudara / i
di tempat

Assalamu alaikum. wr. wb.
Kami bermaksud untuk mengadakan rapat terkait acara peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2019 yang akan dilaksanakan pada,

Hari / Tanggal : Kamis, 20 Mei 2019
Jam : 09.00 WIB – selesai
Tempat : Ruang Rapat Dinas Lingkungan Hidup Bandung Barat

Diharapkan Bapak / Ibu dapat hadir tepat waktu mengingat pentingnya pertemuan ini. Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasinya.

Wassalamu alaikum wr. wb.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup
Kabupaten Bandung Barat

Ir. H. Ilyas Atmawinata, MM

g. Contoh Surat Undangan Rapat Karang Taruna

PENGURUS KARANG TARUNA
BINA PEMUDA
Desa Karang Layung, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung

Karang Layung, 30 Juni 2019
Nomor : 15 / KTBP / VI / 2019
Lampiran : –
Perihal : Undangan

Kepada
Yth. Bapak / Ibu / Sdr / i
Di Tempat

Dengan hormat,
Pemuda Karang Taruna BINA PEMUDA bermaksud mengadakan berbagai macam lomba bagi kalangan dewasa dan anak-anak untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Dalam mempersiapkan kegiatan tersebut, kami selaku pengurus bermaksud mengundang Bapak / Ibu / Sdr / i untuk hadir dalam rapat yang akan diadakan pada,

Hari / Tanggal : Senin, 2 Juli 2019
Pukul : 19.00 WIB – Selesai
Tempat : Balai Desa Karang Layung
Acara : Merancang susunan acara memperingati HUT RI ke-74

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Demi kelancaran acara, diharapkan kehadiran Bapak / Ibu tepat waktu dalam rapat ini. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasinya.

Ketua Karang Taruna

Budiman Wicaksana

2. Surat Undangan Tidak Resmi

Setelah dibahas mengenai beberapa contoh surat undangan resmi, dimulai dari surat undangan perusahaan, surat undangan pembagian raport sampai dengan surat undangan peresmian tempat, kini akan dilanjutkan dengan pembahasan untuk mengenal beberapa contoh surat undangan tidak resmi.

Contoh Contoh Surat Undangan Tidak Resmi
contoh surat undangan
a. Contoh Surat Undangan Acara Pernikahan

Undangan Pernikahan

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Dengan memohon atas rahmat dan ridho Allah SWT, kami bermaksud melaksanakan acara Walimatul Ursy / Tasyakuran Pernikahan anak-anak kami, yang Insya Allah akan diselenggarakan pada,

Hari / Tanggal : Sabtu, 25 November 2018
Waktu : 11.00 WIB – Selesai
Tempat : Jl. Indramayu No. 14, Antapani, Bandung

Merupakan suatu kebahagiaan apabila Bapak / Ibu / Saudara / Saudari berkenan untuk hadir dan memberikan do’a restu kepada kedua mempelai.
Atas kehadiran dan do’a restu dari Bapak / Ibu / Saudara / Saudari, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kami yang berbahagia,

Bp. Sutisna – Ibu Mariyam

Aprilia Kartika Dewi – Sultan Zainuddin

b. Contoh Surat Undangan Acara Ulang Tahun

Nagreg, 9 Maret 2019

Teruntuk Sahabat ku
Rania Nilawati
Di Tempat

Assalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rasanya senang sekali dapat memberikan surat undangan ini kepada kalian semua. Adanya surat undangan ini saya berharap kedatangan teman-teman ku yang cantik dan yang ganteng ke pesta ulang tahun ku yang ke-17.
Acara tersebut akan dilaksanakan pada,

Hari / Tanggal : Jumat, 10 Maret 2019
Waktu : Pukul 19.00 WIB
Tempat : Café Boober Cruz, Jl. Tomo No. 32, Nagreg, Garut

Pesta ulang tahun ini tidak akan berkesan tanpa kehadiran sahabat-sahabat ku, ku tunggu kehadiran kalian semua.
Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Hangat dari Sahabat mu,

Hadiwinata

c. Contoh Surat Undangan Acara Tasyakuran

Tanjung Sari, 30 Desember 2018

Kepada
Yth. Bapak / Ibu RT 04 / RW 02
Di Tempat
Assalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan surat undangan ini, kita memohon rahmat dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Shalawat serta salam bagi Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wassalam beserta keluarganya semoga Allah SWT senantiasa menyertai, melindungi dan meridhoinya. Amin Ya Robbal Alamin.

Kami bermaksud mengundang Bapak / ibu untuk menghadiri acara syukuran atas lahirnya putri pertama kami yang bernama NAYLA AULIA PERTIWI. Yang Insya Allah, acara akan dilaksanakan pada,

Hari / Tanggal : Jum’at, 30 Desember 2018
Waktu : Pukul 19.00 s/d Selesai
Tempat : Rumah Bapak Rahmat Sadeli

Besar harapan kami agar Bapak / Ibu berkenan hadir dan dapat memberikan doa restu kepada putri kami. Mendahului atas kehadiran dan do’a Bapak / Ibu, kami mengucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikuim Warahmatullahi Wabarakatuh

d. Contoh Surat Undangan Acara Reuni Sekolah
acara reuni sekolah
contoh surat undangan

Bogor, 25 Maret 2019

Assalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon limpahan rahmat dan hidayah dari Allah yang maha kuasa, tidak lupa kami mengucapkan shalawat serta salam yang semoga tetap tercurahkan bagi Rasulullah SAW. Kami sebagai panitia bermaksud mengundang teman – teman semua untuk menghadiri acara REUNI AKBAR yang akan diselenggarakan pada,

Hari / Tanggal : Sabtu, 29 Maret 2019
Waktu : Pukul 18.30 WIB s/d Selesai
Tempat : Aula Singa Perbangsa Bogor
Keperluan : Acara REUNI AKBAR Alumni Fakultas Pertanian IPB

Sebagai panitia pelaksana kegiatan, Kami akan sangat berbahagia apabila teman – teman semua mau meluangkan sedikit waktunya untuk menghadiri acara tersebut. Sekian yang dapat kami sampaikan. Kami mengucapkan banyak terima kasih Atas perhatian dan kerjasamanya.

Ketua Panitia

Andika Putra

e. Contoh Surat Undangan Acara Aqiqah

Minggu, 29 April 2019

Kepada
Yth. Bapak / Ibu Warga Desa Pojok
Di Tempat

Assalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon limpahan hidayah dan anugerah dari Allah SWT, Kami selaku keluarga besar Bapak Rahmadi bermaksud mengundang seluruh warga Desa Pojok untuk menghadiri acara Aqiqah cucu pertama kami yang bernama Zahra Zahira Zulfa. Yang Insya Allah acara tersebut akan kami laksanakan pada,

Hari dan Tanggal : Minggu, 29 April 2019
Waktu : 16.30 WIB (Ba’da Ashar) s/d Selesai
Tempat : Rumah Bapak Rahmadi
Keperluan : Aqiqah

Merupakan suatu kebahagiaan apabila saudara / saudari semua dapat hadir untuk memberikan doa kepada cucu pertama kami. Sekian surat ini kami sampaikan. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kehadiran saudara / saudari semua.

Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

f. Contoh Surat Undangan Tahlilan

Jababeka, 6 Oktober 2018

Kepada,
Yth. Bpk / Ibu / Sdr / i Muhammad Ridwan
di tempat

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Untuk mengenang empat puluh hari meninggalnya kakak kami (Rizki Alrafidzi), maka kami bermaksud mengadakan tahlilan yang Insya Allah akan dilaksanakan pada,

Hari / Tanggal : Sabtu, 16 Oktober 2018
Jam : 12.00 WIB – Selesai
Tempat : Jl. Beruang V No.12, Jababeka, Cikarang

Merupakan suatu kehormatan bagi kami, jika Bapak / Ibu / Saudara / i dapat hadir pada acara ini. Demikian surat ini kami tulis. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kehadirannya. Wassalamu alaikum wr. wb.

Hormat kami,

Adik / Paman / atas nama keluarga yang mewakili

g. Contoh Surat Undangan Acara Pertunangan
undangan pertunangan
contoh surat undangan

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu alaikum wr. wb.

Dengan berharap ridha dan rahmat Allah SWT, kami berniat melaksanakan acara pertunangan putra-putri kami,

Egi Melgiansyah, SH
Putra pertama dari Bapak Bambang Wicaksana, SH dan Ibu Susi Sulastri, S.Pd

Siti Jamilah, SH
Putri kedua dari Bapak Surya Adiwijaya dan Ibu Suci Handayani

Yang insya Allah akan dilaksanakan pada,

Hari : Sabtu, 17 September 2019Pukul : 19.00 WIB
Tempat : Rumah Keluarga Bapak Surya Adiwijaya
Jalan Ahmad Dahlan No. 201, Kuningan – Jawa Barat

Kami merasa terhormat dan sangat berbahagia apabila Bapak / Ibu / Saudara / i dapat meluangkan waktunya untuk hadir dan turut memberikan doa restu kepada putra-putri kami.

Wassalamu alaikum wr. wb

Keluarga Bapak Bambang Wicaksana               Keluarga Bapak Surya Adiwijaya

Ibu Susi Sulastri                                                 Ibu Suci Handayani

***

Itu dia penjelasan lengkap mengenai contoh surat undangan dan info lengkapnya. Semoga contoh surat undangan ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk berbagai kebutuhan kamu. Terimakasih.

Bagikan:

Leave a Comment