18+ Contoh Surat Tugas Karyawan, Guru, Siswa, PNS, Perusahaan, Perorangan, dll

Contoh Surat Tugas. Pada zaman modern, ternyata tidak mengurangi eksistensi surat. Surat masih dianggap media paling efektif sekaligus resmi yang masih banyak digunakan. Selain itu, karena surat berbentuk kertas dan beberapa mengharuskan harus ada stempel resmi dari perusahaan,maka surat masih menjadi media atau sarana dengan kemungkinan terkecil terjadinya hoax.

Jika anda sudah merasa tidak nyaman atau bosan dengan hoax yang beredar. Bagaimana tertarikkah anda kembali ke zaman dulu yang berkomunikasi dengan surat ? silahkan mencobanya.

Tidak hanya terjadinya hoax yang tersebar luas, dewasa ini, semakin banyak penipuan yang terjadi. Modus penipuan pun menjadi bermacam-macam. Biasanya mengatasnamakan petugas PLN, petugas survey atau bahkan orang yang meminta tolong.

Tak jarang pula penipuan juga melalui televon dengan modus pemberitahuan bahwa pihak yang ditipu memenangkan sebuah hadiah. Kemudian disuruh transfer sejumlah uang dan pada akhirnya saldo di atm sudah raib.

Nah, bagi anda yang tidak ingin mengalami kejadian penipuan dengan modus petugas PLN, petugas survey atau petugas lainnya. Maka anda perlu memahami yang namanya surat tugas. Apakah anda sudah memahami apa itu surat tugas ? jika anda belum memahami apa itu surat tugas dan contohnya, artikel ini sangat bermanfaat untuk anda. Yuk simak penjelasannya

Pengertian Surat Tugas

contoh surat tugas dan pengertiannya
contoh surat tugas

Surat tugas adalah surat resmi yang diberikan oleh sebuah perusahaan/instansi/ pejabat berwenang yang ditujukan kepada bawahannya untuk melaksanakan sebuah tugas atau sebuah pekerjaan. Umumnya surat tugas ini dikeluarkan untuk melaksanakan satu tugas tertentu saja.

Pengertian lain mengenai surat tugas adalah surat perintah jalan yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau instansi yang berisi perintah sebuah pekerjaan dinas dan tugas tertentu dari pihak atasan kepada pihak bawahan .

Begitu banyak pengertian surat tugas. Tetapi pada intinya surat tugas adalah surat yang harus anda tanyakan kepada seseorang yang tiba-tiba datang kepada anda setelah surat izin. Surat tugas ada yang berbentuk tabel dan ada yang berbentuk deskripsi biasa.

Tetapi, ada hal yang perlu anda perhatikan surat tugas ini berbeda dengan surat dinas. Perbedaannya jika surat dinas biasanya bisa digunakan untuk beberapa kepentingan dan surat tugas hanya untuk tugas tersebut. Dari pengertian ini semoga anda bisa teliti membedakan surat dinas dan surat tugas.

Lalu, apa sebenarnya fungsi dan tujuan dibuatnya surat tugas ?

1. Fungsi dan Tujuan Dibuatnya Surat Tugas

contoh surat tugas dan fungsi serta tujuannya
contoh surat tugas

Surat tugas memang berbeda dengan surat dinas. Tetapi, hampir sama dengan surat kuasa. Biasanya jika seseorang resmi dari sebuah perusahaan surat tugas sudah dilengkapi dengan surat kuasa. Berikut ini beberapa fungsi surat tugas

  • Sebagai pertanda resmi atau formal bahwa seseorang memang benar adanya dari sebuah instansi atau perusahaan yang diakui.
  • Surat tugas dapat membantu lancarnya sebuah pekerjaan apabila yang diberikan tugas ingin berhubungan dengan lembaga atau instansi lain di luar perusahaan yang menugaskannya.
  • Tidak hanya berhubungan dengan instansi atau lembaga tetapi juga mempermudah pekerjaan di ranah masyarakat.
  • Surat tugas berfungsi sebagai pertanda resmi untuk menghindari terjadinya tindak kejahatan terhadap orang lain.

Jadi, ketika anda didatangi oleh orang lain yang mengaku dari perusahaan A jangan lupa tanyakan mana surat tugasnya ya. Anda juga bisa menanyakan surat kuasa sebagai dokumen pelengkap apabila anda memerlukannya.

Lalu, jika sudah mengetahui fungsi dari surat tugas. Selanjutnya akan dibahas ciri-ciri yang ada dalam surat tugas. Ciri-ciri penting untuk dibahas karena ciri-ciri ini bisa anda gunakan sebagai patokan perbedaan antara surat tugas, surat dinas dan surat kuasa.

2. Ciri-Ciri Surat Tugas

contoh surat tugas dan cirinya
contoh surat tugas

Segala sesuatu pasti mempunyai tanda-tanda yang menunjukkan ke khasannya, seperti manusia yang mempunyai ciri-ciri bernafas. Nah, surat tugas mempunyai ciri-ciri di bawah ini, perhatikan dan teliti dengan seksama ya agar anda paham mengenai ciri-ciri surat tugas :

  • Dalam surat tugas terdapat penjelasan mengenai penugasan pimpinan dari sebuah instansi atau perusahaan kepada staf yang namanya ada dalam surat tugas untuk melakukan sebuah pekerjaan.
  • Surat tugas tidak menggunakan bahasa santai seperti surat cinta. Tetapi surat tugas menggunakan bahasa resmi, baku dan biasanya penjelasannya singkat, padat dan jelas.
  • Surat tugas juga berbeda dengan surat undangan ya, surat tugas mempunyai kop surat,tanda tangan si pemberi wewenang dan stempel resmi dari sebuah instansi atau sebuah perusahaan.

Itu adalah beberapa kharasteristik atau ciri-ciri dari surat tugas yang wajib anda ketahui.

Biasanya, sebuah instansi,lembaga atau perusahaan yang baru berdiri membutuhkan keterangan penting mengenai bagian-bagian surat tugas sebagai referensi pertama kali untuk membuat surat tugas. Tapi jangan khawatir, dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap struktur atau bagian apa saja yang harus ada dalam surat tugas.

3. Bagian-Bagian dalam Surat Tugas

contoh surat tugas dan bagiannya
contoh surat tugas

Anda harus bisa membuat surat tugas dengan baik dan benar. Tujuannya agar lembaga , instansi atau perusahaan anda dicap sebagai instansi atau lembaga yang berkualitas. Karena bisa memberikan informasi atau keterangan melalui surat tugas dengan baik dan benar.
Lalu bagaimana sih surat tugas yang baik dan benar ? surat tugas yang baik dan benar harus mempunyai bagian-bagian yang mendukung keterangan surat tugas. Berikut ini adalah bagian-bagian yang harus ada dalam surat tugas :

1. Bagian Kepala Surat

Kepala surat di dalamnya terdiri dari beberapa bagian. Pertama adalah kop surat yaitu berisi logo gambar dari instansi, lembaga atau perusahaan yang menerbitkan surat tugas. Kedua kata surat tugas,kata ini ditulis dengan menggunakan huruf kapital. Ketiga adalah nomor surat. Nomor surat ini juga menjadi komponan penting yang harus ada karena menunjukkan nomor berapa surat tersebut dikeluarkan dari sebuah instansi, lemabaga atau perusahaan.

2. Batang dan Tubuh Surat Tugas

Nah, selanjutnya masuk pada bagian batang dan tubuh surat. Dalam bagian ini ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Pertama adalah Aline pembuk. Alinea pembuka berisi pertimbangan atau dasar surat. Dalam artian alasan dibuatnya surat.

Dalam bagian ini biasanya berisi tentang salam pembuka, nama pemberi tugas, alamat,jabatan (baik instansi, lembaga, komunitas atau perusahaan).

Selain itu juga berisi nama penerima tugas, alamat, dan jabatan. Kedua, Isi surat yang berisi mengenai tugas apa yang diberikan dan pesan untuk mengembang tanggung jawab dengan seharusnya.

3. Penutup Surat

Penutup surat bisa juga disebut dengan kaki surat. Kaki atau penutup surat ini juga terdiri dari beberapa macam. Namun, seperti pada surat biasanya kalimat penutup dalam surat tugas berisi ucapan terimakasih atas perhatian yang telah diberikan untuk membacasurat tugas. Pertama tempat dan tanggal surat dibuat. Kedua nama penjabat yang memberikan surat tugas beserta tanda tangannya.

Nama pejabat usahakan ditulis menggunakan huruf kapital, jelas dan terang. Terakhir adalah stempel instansi, lembaga atau perusahaan yang bersangkutan.

4. Tembusan Surat

Tembusan surat ini berfungsi sebagai kepada siapa surat tugas ini disampaikan. Namun, pada beberapa surat, tembusan surat ini bisa jadi tiak dicantumkan.Tergantung kebutuhan dan kesepakatan masing-masing instansi, perusahaan atau lembaga yang mengeluarkan surat.

Nah, penjelasan di atas, merupakan beberapa bagian surat tugas yang perlu diperhatikan agar surat tugas baik dan benar serta menggunakan bahasa yang baku, efektif, singkat, padat dan jelas. Karena tidak semua orang mengetahui bagaimana surat yang baik dan benar. Sehingga penjelasan di atas bisa dibuat acuan atau sebagai referensi bagi siapapun yang membutuhkan.

4. Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Surat Tugas

contoh surat tugas dan detail pembuatannya
contoh surat tugas

Tetapi, ada beberapa yang perlu anda perhatikan lagi dalam membuat surat tugas lho. Tidak hanya memperhatikan bagian-bagiannya saja. Mari kita simak penjelasannya.

Pertama, jika yang diberi tugas kolektif (tidak hanya satu nama) maka nama, jabatan dan nomor pegawai (jika ada) ditaruh di lampiran. Hal ini dilakukan agar lebih efektif tanpa harus memberikan surat tugas perorangan.Pasti banyak kertas yang terbuang sia-sia kan jika harus memberikan surat tugas perorangan ?. Walaupun nama-nama yang diberikan tugas diletakkan di lampiran tapi tetap tidak mengurangi keresmian surat tugas ini kok.

Kedua, surat tugas hanya berlaku ketika tugas masih terlaksana, jika sudah tidak terlaksana atau sudah selesai batas waktunya maka surat tugas sudah tidak berlaku lagi. Perhatikan masa surat tugas diberikan.

Nah, ada berapa jenis surat tugas sih ? jenis surat tugas sebenarnya sangat banyak sekali.Tetapi yang sering kita temui hanyalah beberapa.

5. Cara Membuat Surat Tugas

contoh surat tugas dan teknik pembuatannya
contoh surat tugas

Selanjutnya adalah cara-cara alias tutorial membuat surat tugas. Cara-cara membuat surat tugas adalah sebagai berikut :

  • Penulisan kepala surat tugas sama halnya dengan penulisan kepala surat dinas baik yang berbentuk deskripsi atau narasi maupun yang berbentuk tabel.
  • Kata dalam surat tugas sebaiknya anda ketik dengan huruf kapital, simetris dan berjarak 4 ½ kait dari garis bawah kepala surat.
  • Sedangkan untuk nomor surat tugas ketik dengan jarak 1 ½ kait

Hal-hal berikut yang harusnya ada dalam surat tugas :

  • a) Nama pejabat pemberi tugas yang mana diketik dengan menyebutkan nama jabatan berjarak 4 ½ kait dibawah kata nomor, jangan lupa sebutkan jabatan nama yang memberikan tugas.
  • b) Ketikkan juga nama penerima tugas yang berjarak 3 kait di bawah spasi dan sepias dengan nama dan jabatan yang memberikan tugas.
  • c) Apabila pemberi tugas dan penerima tugas mempunyai Nomor Induk Pegawai (NIP) maka cantumkan NIP nya. Oh iya, jangan lupa menulis gelar pada nama ya, baik yang memberikan tugas maupun yang diberikan tugas.
  • d) Jika yang diberikan tugas dan yang memberikan tugas sudah mempunyai NIP jangan lupa memberikan golongan berapa. Tetapi ini boleh ditulis boleh tidak. Tergantung kesepakatan bersama anggota instansi, lembaga, perusahaan atau komunitas.
  • e) Jangan lupa menuliskan jabatan sang pemberi dan penerima tugas. Hal ini penting adanya untuk menjelaskan bahwa yang memberikan tugas juga ikut andil dalam perusahaan tersebut. Sekaligus memudahkan seseorang untuk mengkroscek kebenarannya.
  • f) Maksud surat, tanggal dan tempat penugasan diketik dengan jarak 3 kait di bawah kata jabatan.Jangan lupa untuk mendahulukan kata untuk.
  • g) Gunakan salam penutup atau kalimat penutup yang baik. Jangan sampai kalimat penutup tidak baku atau terkesan memaksa seseorang.

6. Macam-Macam Surat Tugas

contoh surat tugas dan macam-macamnya
contoh surat tugas

Surat tugas banyak sekali macam-macamnya karena di negeri kita juga banyak instansi, lembaga dan perusahaan yang ternyata memiliki banyak kepentingan. Nah, karena banyak kepentingan ini dan beberapa ada yang meminta surat tugas sebagai bukti reminya maka banyak sekali macam dari surat tugas. Berikut adalah macam-macam surat tugas :

  • 1. Surat tugas karyawan

Nah, pertama adalah surat tugas karyawan. Biasanya surat tugas karyawan ini dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang yang jabatannya di atas yang diberikan tugas. Berisi tentang tugas apa yang harus untuk segera diselesaikan oleh nama yang tertera. Misalkan : surat tugas untuk segera menyelesaikan sebuah proyek yang sedang dilaksanakan perusahaan.

  • 2. Surat tugas guru

Surat tugas guru ini ada bermacam-macam. Ada surat tugas guru untuk mengikuti pelatihan dan bimbingan ada juga surat tugas untuk menjadi guru pengganti. Surat tugas untuk guru ini bentuknya hampir sama hanya saja isinya yang berbeda. tergantung maksud dan tugas yang diberikan yang tertera dalam surat.

  • 3. Surat tugas penganggung jawab acara

Ketiga adalah surat tugas penanggung jawab acara kegiatan. Biasanya diberikan kepada perseorangan, kolektif atau individu yang mempunyai jabatan secara khusus untuk menjadi panitia,ketua sebuah acara atau kegiatan yang akan berlangsung. Surat tugas ini adalah surat tugas yang resmi sekaligus memperjelas jobdesk seseorang yang diberikan tugas.

  • 4. Surat tugas perusahaan

Surat tugas perusahaan hampir sama dengan surat tugas yang diberikan oleh karyawan tetapi ada juga perbedaannya. Biasanya surat tugas perusahaan lebih menjelaskan detail mengenai tugas apa yang akan dilaksanakan.Sedangkan surat tugas untuk karyawan biasanya tidak secara detail karena masih dalam skala perusahaan atau usaha kecil.

  • 5. Surat tugas organisasi

Surat tugas organisasi ini dikeluarkan oleh ketua dalam sebuah organisasi, baik organisasi mahasiswa atau organisasi siswa. Isi dari surat tugas organisasi ini biasanya untuk anggota organisasi untuk sendiri yang diberikan mandat atau amanat untuk mengatur jalannya kegiatan program kerja organisasi. Misalkan menjadi ketua acara ulang tahun organisasi atau menjadi panitia hari besar.

Dan masih banyak contoh surat tugas yang lainnya lagi.

Contoh Surat Tugas Terlengkap yang Baik dan Benar

contoh surat tugas paling lengkap
contoh surat tugas

Lalu, bagaimana sih bentuk atau isi atau contoh dari surat tugas itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa contoh surat tugas.

1. Contoh Surat Tugas Seorang Karyawan

***

PT SUKSES MAJU JAYA
Jalan Jakarta No 87 Bantul-Yogyakarta
Telp 9594594768 email : bantuljaya @gmail.com

SURAT TUGAS
Nomor : 764376/MJJY/II/2019

Dengan hormat,
Saya yang di bawah ini bertindak atas nama PT Sukses Maju Jaya :

  • Nama : Agus Budi S.Sos.,M.Si
  • Jenis Kelamin : Laki-Laki
  • Jabatan : Manager Operasional
  • Alamat : Jalan Wahyu No 92 Bantul Yogyakarta

Memberikan Penugasan Kepada :

  • Nama : Raditya Dika
  • Jenis Kelamin : Laki-laki
  • Jabatan : Pengawas Lapangan
  • Alamat : Jalan Mawar No 86 Sleman

Untuk segera menyelesaikan tugas sebagai pengawas lapangan pada proyek jalan tol yang berlokasi di Jalan raya Sleman Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, surat ini dibuat untuk yang bersangkutan dapat bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya. Semoga proyek yang dijalankan berjalan lancara tanpa terjadi kendala.

Demikian surat ini dibuat, agar dipergunakan sebagaimana mestinya dan penuh tanggung jawab.Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Bantul, 10 Mei 2019

Manager Operasional

Agus Budi S.Sos., M.Si
NIP : 87438798574975874

***

2. Contoh Surat Tugas Guru Pengganti

contoh surat tugas dari guru pengganti

***

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MALANG
SMA 10 KABUPATEN MALANG
Jalan Malaikat No 98, Turen, Malang
Telp : 0321943757 Fax. 7483748658

No :9/SMA84/II/2019
Hal :Surat Tugas

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

  • Nama : Drs Muhammad Roghib
  • Jabatan : Kepala Sekolah

Telah Memberikan Tugas Kepada

  • Nama :Siti Nurjannah
  • NIP :949375357489
  • Alamat : Jalan Maju Sejahtera Nomor 96 Malang
  • Jabatan : Guru Agama
  • Unit Kerja : SMA 10 Kabupaten Turen

Untuk melaksanakan sebuah tugas yakni menjadi guru pengganti sementara mata pelajaran Sosiologi di SMA 10 Kabupaten Turen selama semester genap yaitu pada tanggal 10 Januari hingga 10 Juni 2019. Tugas ini terhitung mulai tanggal 12 Januari hingga 10 Juni 2019.

Demikian surat tugas ini diberikan untuk dilaksanakan dengan baik dengan penuh tanggung jawab.Dengan harapan semoga dapat menjalankan tugas dengan baik. Setelah masa tugas berakhir diharapkan untuk membuat laporan secara tertulis.

Malang, 15 Mei 2019

Kepala Sekolah SMA 10 Turen Kabupaten Malang

Drs. Muhammad Roghib

***

3. Contoh Surat Tugas Guru

contoh surat tugas seorang guru
contoh surat tugas

***

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MALANG
SMA 10 KABUPATEN MALANG
Jalan Malaikat No 98, Turen, Malang
Telp : 0321943757 Fax. 7483748658

No :9/SMA84/II/2019
Hal :Surat Tugas

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

  • Nama : Drs Muhammad Roghib
  • Jabatan : Kepala Sekolah

Telah Memberikan Tugas Kepada

  • Nama :Siti Nurjannah
  • NIP :949375357489
  • Alamat : Jalan Maju Sejahtera Nomor 96 Malang
  • Jabatan : Guru Agama
  • Unit Kerja : SMA 10 Kabupaten Turen

Untuk melaksanakan sebuah tugas yakni mengikuti pelatihan dan bimbingan Guru Agama Se Kabupaten Malang. Acara pelatihan dan bimbingan Guru Agama akan dilaksanakan di Hotel Aster Kota Batu pada Hari Rabu Tanggal 18 Mei 2019 hingga hari Jum’at Tanggal 20 Mei 2019.

Demikian surat tugas ini diberikan untuk dilaksanakan dengan baik dengan penuh tanggung jawab. Setelah kegiatan pelatihan dan bimbingan berakhir diharapkan untuk membuat laporan secara tertulis.

Malang, 15 Mei 2019

Kepala Sekolah SMA 10 Turen Kabupaten Malang

Drs. Muhammad Roghib

***

4. Contoh Surat Tugas Perjalanan Dinas

contoh surat tugas perjalanan dinas
contoh surat tugas

***

PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 PRAYA
Jl. Pancasila No. 77 Praya, Lombok Tengah 83511 Telp. (0370) 632450, 682761

SURAT TUGAS
Nomor :03/12/SMP-1/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini selaku Kepala SMP Negeri 1 Praya, Kabupaten Lombok Tengah dengan ini memberikan tugas kepada:

  • Nama: Ahmad Jaelani, S.Pd.
  • NIP: 892228
  • Tempat/Tgl Lahir: Lombok, 22 Januari 1979
  • Pangkat/Gol. Ruang: Penata Muda Tingkat I/IIIB
  • Jabatan: Guru Pertama
  • Unit Kerja: SMP Negeri 1 Praya

Untuk mengikuti kegiatan Training/Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Matematika yang akan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat mulai tanggal 20 Agustus 2018 s/d 21 Agustus 2018.

Demikian surat tugas ini diberikan untuk dapat dilaksanakan dan dimohon untuk menyertakan laporan secara tertulis terkait kegiatan yang telah diikuti tersebut.

Praya, 12 Agustus 2018
Kepala SMP Negeri 1 Praya

Bagus Priambodo, M.Pd.

***

5. Contoh Surat Tugas Penanggung Jawab Acara

contoh surat tugas penanggungjawab
contoh surat tugas

***

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MALANG
SMA 10 KABUPATEN MALANG
Jalan Malaikat No 98, Turen, Malang
Telp : 0321943757 Fax. 7483748658

No :9/SMA84/II/2019
Hal :Surat Tugas

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

  • Nama : Drs Muhammad Roghib
  • Jabatan : Kepala Sekolah

Telah Memberikan Tugas Kepada

  • Nama :Siti Nurjannah
  • NIP :949375357489
  • Alamat : Jalan Maju Sejahtera Nomor 96 Malang
  • Jabatan : Guru Agama
  • Unit Kerja : SMA 10 Kabupaten Turen

Untuk melaksanakan sebuah tugas yakni menjadi ketua panitian Ujian Tengah Semester (UTS) pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMA 10 Kabupaten Turan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret hingga 07 April 2019.

Demikian surat tugas ini diberikan untuk dilaksanakan dengan baik dengan penuh tanggung jawab. Setelah kegiatan pelatihan dan bimbingan berakhir diharapkan untuk membuat laporan secara tertulis.

Malang, 15 Mei 2019

Kepala Sekolah SMA 10 Turen Kabupaten Malang

Drs. Muhammad Roghib

***

6. Contoh Surat Tugas Perusahaan

contoh surat tugas di perusahaan
contoh surat tugas

***

PT. KOMPUTER MEDIA UTAMA
Jalan Haji Sokip No 98 Sleman Yogyakarta
Telp : 437545496 fax e85497376

No :758/KMU/II/2019
Hal : Surat Tugas

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : Muhammad Rangga S.IP
  • Jabatan : Kepala Perusahaan
  • Memberikan Tugas Kepada
  • Nama :Cinta Rahmawati S.IP
  • Jabatan : Public Relations
  • Alamat : Jalan Melati No 97 Sleman Yogyakarta
  • Unit Kerja : PT Komputer Media Utama

Untuk melakukan tugas yakni melakukan pencarian sponsor kepada beberapa perusahaan terkenal. Adapun tugas-tugas yang diberikan adalah sebagai berikut :

  1. Mendatangi dan mencari referensi pihak yang akan memberikan sponsor
  2. Menjalin kerjasama dan negoisasi kepada perusahaan atau pihak yang bersedia memberikan sponsor
  3. Memberikan laporan kepada divisi lain mengenai progress yang sudah dicapai

Berikut ini disertakan pula referensi perusahaan yang harus didatangi :

  1. PT Sejahtea
  2. Catering Annisa
  3. Event Organizer Abakadabra

Demikian surat tugas ini dibuat agar dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Atas Perhatiannya diucapkan banyak terimakasih.

Yogyakarta, 15 Mei 2019

Kepala Perusahaan PT Komputer Media Utama

Muhammad Rangga S.IP

***

7. Contoh Surat Tugas Organisasi

contoh surat tugas terbaik
contoh surat tugas

***

IKATAN MAHASISWA NUSA TENGGARA BARAT
KOTA MALANG
Sekretariat Jalan Gajayana Nomor 87 Kota Malang

SURAT TUGAS
Nomor : 43/ IMTB/ III/2019

Bahwasanya saya yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : Ule Sunanda
  • Alamat : Jalan Simpang Balapan Ijen No 97
  • Jabatan : Ketua Ikatan Mahasiswa Nusa Tenggara Barat

Memberikan mandat kepada :

  • Nama : Rizky Rahamatillah
  • Alamat :Jalan Gajayana No 107
  • Jabatan : Ketua Pelaksana Kegiatan

Untuk mengkooridinir seluruh anggota Ikatan Mahasiswa Nusa Tenggara Barat Se Kota Malang untuk persiapan ulang tahun organisasi. Tugas ini harap dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2019 hingga acara selesai yaitu Pada Tanggal 20 Mei 2019.

Demikian surat ini dibuat agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Malang, 15 Mei 2019
Ketua Ikatan Mahasiswa Nusa Tenggara Barat

Ule Sunanda

***

8. Contoh Surat Tugas Mengikuti Pelatihan

contoh surat tugas mengikuti pelatihan
contoh surat tugas

***

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH ALIYAH NEGERI 11 YOGYAKARTA
Jln. Kusuma Negara KM 9,8 No 76 Sleman Yogyakarta

SURAT TUGAS
Nomr: 12/64/Ou-Plt/IX/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama. : Drs. Alfianto Syahrudin, M. Pd
  • NIP. : 63388472729
  • Pangkat/ Gol. : Penata Muda/ 3A
  • Jabatan. : Kepala Madrasah Aliyah Negeri 11 Yogyakarta

Memberikan Tugas Kepada :

  • Nama. : Eriyanto Sri Wulandari, S. E
  • NIP. : 3637849292
  • Pangkat/ Gol. : Penata Muda / 3A
  • Jabatan. : Kepala Bagian Tata Usaha (TU)

Untuk mengikuti pelatihan pembuatan laporan Biaya Operasional Sekolah (BOS) revisi baru yang akan di laksanakan pada :

  • Hari, tanggal. : Senin, 1 Desember s/d Rabu, 3 Desember 2017
  • Tempat. : Gedung Rapat Kementerian Agama Yogyakarta
  • Waktu. : 08.00 s/d 13.15 WIB

Demikian surat tugas ini kami buat untuk dapat di gunakan sesuai dengan fungsinya dan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Yogyakarta, 22 Nopember 2018

Mengetahui,.

Kepala MAN 11 Yogyakarta,

Drs. Alfianto Syahrudin, M. Pd

***

9. Contoh Surat Tugas Melakukan Sosialisasi

contoh surat tugas melakukan sosialisasi
contoh surat tugas

***

YAYASAN ROUDLOTUL ULUM WARENG
MTs. ROUDLOTUL ULUM
BRINGINWARENG-WINONG – PATI
(AKTE NOTARIS 01)
Jl. Winong – Bringinwareng Km. 04

S U R A T  T U G A S
No :01/ST/MTs/YRUW/IV/2014

Berdasarkan keputusan rapat Dewan Guru tanggal 6 Mei 2014 tentang persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Tahun Pelajaran 2014/2015 MTs. Roudlotul Ulum Bringinwareng Winong Pati, saya yang bertanda tangan dibawah ini

  • Nama : Drs. Moh. Dloni, M.Pd.I
  • Alamat : Bringinwareng Winong Pati
  • Jabatan : Kepala MTs. Roudlotul Ulum Bringinwareng

Memberikan Tugas Kepada Bapak / Ibu Guru MTs. Roudlotul Ulum Bringinwareng :

  • Nama : …………………………………
  • Alamat : …………………………………
  • Guru Mapel : …………………………………

Untuk melaksanakan Tugas Sosialisasi dan Penempelan Brosur PPDB MTs. Roudlotul Ulum Bringinwareng di SD…………………………

Demikian Surat Tugas ini dibuat, dan digunakan sebagaimana mestinya.

Bringinwareng, 2014

Kepala Madrasah

Drs. Moh Dloni, M.Pd.I

***

Nah, beberapa contoh surat tugas di atas bisa anda gunakan sebagai referensi juga sebagai pengetahuan mengenai bagaimana bentuk dan sebenarnya surat tugas itu.

Kesimpulan dari tulisan di atas adalah.Pertama surat tugas merupakan surat yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan, instansi atau lembaga atau komunitas kepada seseorang untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu. Surat tuga bisa berupa narasi deskriptif bisa juga berbentuk tabel.

Kedua, fungsi surat tuga itu sendiri sebagai bukti resmi bahwa seseorang memang benar adanya karyawan dari sebuah perusahaan atau bisa jadi surat tugas bisa memperjelas jobdesk dari seseorang dan apa saja yang perlu dilakukannya.

Ketiga, ciri-ciri surat tugas yang baik dan benar adalah surat tugas yang memiliki kop surat, nama perusahan dan nomor surat, batang atau tubuh surat dan tembusan surat. Tetapi biasanya dalam kebanyakan surat tugas tembusan surat ini jarang ditemukan. Tergantung kebutuhan tugas dan instansi,perusahaan,lembaga atau komunitas yang mengeluarkannya.

Keempat, jenis-jenis surat tugas sangat banyak sekali. Hal ini dikarenakan keberadaan surat tugas yang lumayan penting dalam kehidupan sehari-hari. Surat tugas pun juga harus anda perhatikan komponennya yang mana harus ada stempel atau tanda tangan dan nama resmi dari si pembuat tugas. Kalau tidak ada perlu anda pertanyakan lagi keasliannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang ingin membuat surat tugas atau anda yang ingin mengetahui bagaimana bentuk dan isi surat tugas. Selamat membaca dan selamat mencoba. Terimakasih, semoga artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan Anda mengenai surat menyurat.

Contoh Surat Tugas

Bagikan:

Leave a Comment