18+ Contoh Surat Pribadi Untuk Kawan, Orang Tua, Kerabat, Kekasih, Teman Sekolah dll

Contoh Surat Pribadi. Saat ini mengirim surat dengan cara manual menulisnya sudah jarang dilakukan, tentu saja karena saat ini sudah banyak sarana teknologi yang banyak menyediakan system pengiriman pesan secara elektronik. Tetapi hal itu bukan berarti pengiriman surat secara manual sudah tidak digunakan, karena beberapa orang juga masih memiliki hobi menulis surat dan mengirimnya lewat pos, bagi pasangan kekasih tentu cara ini terkesan lebih romantis. Namun bagi beberapa orang cara ini sifatnya bisa lebih rahasa & privat.

Kalau Anda lebih suka mengirim pesan pribadi melalui mana? Media elektronik atau secara manual? Semua tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Bagi Anda yang masih suka mengirim pesan pribadi secara manual, maka jangan khawatir kerahasiaan Anda lebih terjaga, namun jangan sampai salah kirim alamat tujuan, karena akan merugikan.

Tujuan Penulisan Surat Pribadi

contoh surat pribadi untuk teman
contoh surat pribadi

Surat pribadi sifatnya lebih bebas, baik dari segi kepenulisan maupun tata bahasa, hanya saja disesuaikan dengan bahasa komunikasi yang biasa digunakan di dalam suatu relasi yang terjalin antar pengirim dan penerima surat. Karena, tujuan utama surat pribadi adalah menjalin komunikasi yang baik kepada seseorang di luar kepentingan resmi. Biasanya surat pribadi ini ditulis saat masing-masing orang sedang menjalani hubungan dalam jarak yang jauh, misalnya keluarga, teman, atau pun kekasih.

Dengan menulis surat pribadi, Anda juga bisa menyampaikan ekspresi yang ada dalam pikiran Anda baik itu tentang segala pengalaman atau hubungan yang sedang Anda jalin dengan si penerima surat. Sedangkan bagi kalangan remaja, surat pribadi biasanya digunakan dengan tujuan menyatakan perasaan kepada seseorang, jadi tidak peduli dengan jarak yang ditetapkan, jauh atau dekat, karena pada jarak yang dekat pun mereka tetap mengirim surat secara pribadi.

Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Isi Tulisan yang Bagus

contoh surat pribadi untuk kekasih
contoh surat pribadi

Surat pribadi memang sifatnya berupa penyampaian tulisan dengan gaya Bahasa yang bebas, namun perlu diperhatikan nilai serta estetika di dalamnya. Jika tidak, maka tulisan surat pribadi hanya sekedar coretan biasa yang tidak terlalu berguna atau penting, berbeda dari tujuan serta fungsi utamanya untuk menjalin komunikasi dengan baik. Oleh karena itu siapapun yang hendak menulis surat pribadi harus mengetahui tips atau langkah yang tepat sebelum menyusunnya.

1. Kumpulkan Ide Bagus

Menulis surat pribadi ini biasanya dilakukan saat seseorang sedang memiliki keinginan di waktu yang tidak ditentukan. Keinginan tersbut biasanya disertai dengan kemunculan ide-ide menarik untuk menulis surat dengan kalimat bagus dan tertata. Jika Anda tidak mempunyai ide, namun penting bagi Anda untuk mengirim / menulis surat pribadi maka berdiam dirilah sejenak, untuk mencari ide tentang pilihan kata atau kalimat yang bagus.

Jangak khawatir, menulis surat pribadi cukup mudah, bahkan idenya pun mudah didapatkan, karena keinginan Anda untuk menulis surat seringkali disertai dengan alasan tertentu secara personal. Misalnya ingin berbagi pengalaman, berbegi cerita tentang pemikiran dan perasaan, dan sebagainya. Jadi, kapanpun dan di manapun Anda bisa menulisnya, yang terpenting ada pada Bahasa yang Anda gunakan harus rapi dan mengalami penyesuaian tepat.

2. Baca Berbagai Sumber dan Referensi

Pemilihan kata dan kalimat yang bagus biasanya diperoleh ketika Anda memiliki banyak wawasan tentang diksi. Namun, jika Anda tidak memilikinya sebaiknya carilah berbagai sumber untuk dijadikan referensi penulisan surat pribadi tersebut. Pastikan Anda mendapatkan sumber yang baik, dengan penggunaan kalimat tulisa tertata dan gaya Bahasa indah, terutama jika ini Anda perlukan untuk menulis surat kepada seorang pasangan kekasih atau sahabat.

3. Sesuaikan Gaya Tulisan dengan Penerima yang Dituju

Langkah penting yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah menggunakan kalimat dangan gaya tulisan seperti yang biasa Anda lakukan dengan penerima surat. Misalnya penerima surat adalah orang tua, lalu Anda dengan orang tua terbiasa menggunakan Bahasa baku yang sopan, maka gunakanlah gaya Bahasa tersebut saat menuliskan surat kepada mereka.

Begitu pula jika Anda mengirim surat pribadi kepada teman atau sahabat, biasanya yang digunakan di sini berupa gaya Bahasa yang bebas, sedikit liar sesuai dengan cara pergaulan mereka. Saat menulis pesan atau surat kepada kekasih tentunya juga berbeda, beberapa pengirim tentu membuat kalimat indah agar terkesan lebih romantis dan menyentuh hati si penerima surat.

4. Gunakan Kamus

Jika Anda tidak pandai untuk merangkai kata-kata indah, apalagi jika surat tersebut ditujukan kepada seorang kekeasih, pasangan, dan sebagainya. Maka bacalah kamus Bahasa yang bersangkutan, pelajari berbagai macam analogi, metafora Bahasa, Bahasa kiasan, dan lain-lain. Atau Anda juga bisa mengutip kata-kata mutiara yang berasal dari tokoh-tokoh tertentu, yang bisa membuat pasangan tersipu saat membacanya.

baca: Contoh Surat Wasiat

Jangan sampai menggunakan Bahasa yang tidak Anda mengerti, ya! Misalkan Anda ingin terlihat keren sehingga Anda menulis surat dengan Bahasa asing, namun pada dasarnya Anda tidak terlalu fasih menulisnya karena akan sulit dipahami. Tetapi tidak masalah jika hubungan Anda sebagai pengirim dan penerima lebih dekat dan sudah saling mengetahui berbagai karakter masing-masing.

5. Kurangi Typo Atau Kesalahan Penulisan

Langkah selanjutnya, jangan sampai tulisan Anda penuh coretan kesalahan, typo, atau bahkan penuh dengan bekas tanda penghapus tinta. Hal itu akan membuat surat Anda sangat buruk dan sukar untuk dibaca. Tulisan rapi dan bersih lebih baik dibandingkan dengan tulisan penuh coretan. Jika Anda takut salah, sebaiknya tulislah surat dengan mesik ketik, computer atau laptop, lalu cetak hasil tulisan Anda tersebut, dan kirim melalui pos.

6. Gunakan Tinta dengan Warna Jelas

Jika Anda menulis surat dengan cara manual, yakni menggunakan tulisan tangan, sebaiknya gunakan pena yang tintanya jelas. Kalau Anda ingin menulis menggunakan tinta berwarna juga tidak masalah, asalkan warnanya mencolok dibandingkan kertas yang digunakan agar tulisan bisa terbaca dengan jelas.

7. Pastikan Tulisan Anda Bisa Terbaca

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berbagai hal untuk memperindah surat Anda boleh dilakukan asalkan tulisan isi surat bisa terbaca dengan jelas. Bagi Anda yang memiliki tulisan tidak terlalu bagus sebaiknya gunakan bantuan media untuk menulis seperti laptop, computer atau yang lain. Itu merupakan langkah yang lebih praktis dibandingkan menulis surat dengan tulisan tangan yang sulit dibaca.

Struktur Bagian Surat Pribadi Penting Anda Ketahui

contoh surat pribadi untuk orang tua
contoh surat pribadi

1. Terdapat Waktu Penulisan Surat

Seperti pada jenis surat lainnya, pada surat pribadi meskipun bisa digolongkan sebagai surat bebas tetapi tetap ada beberapa aturan, seperti penulisan waktu. Formatnya berada di sebelah pojok kanan paling atas sebelum Anda menulis tujuan penerima surat. Dengan urutan, tempat Anda menuliskan surat, tanggal, bulan, serta tahunnya.

2. Kata Sapaan Untuk Menyebut Tujuan dan Penerima Surat

Selanjutnya Anda perlu menuliskan beberapa kata sapaan akrab kepada si penerima surat, yang berguna untuk menunjukkan penerima surat yang dituju. Gaya penulisannya beraneka ragam, bisa berupa “Untuk sahabatku tersayang”, “Untuk kekasihku tercinta, “Ibundaku tersayang”, dan sebagainya.

3. Alamat Surat yang Dituju

Alamat yang dimaksud di sini adalah alamat si penerima surat, biasanya ditulis di bawah nama si penerima. Penulisan alamatnya boleh tidak terlalu lengkap, sifatnya pun bebas, bisa ditulis dengan berbagai gaya Bahasa, yang penting Anda mencantumkan alamat penerima dengan benar di luar amplop.

4. Ada Salam Pembuka

Kemudian bagian awal paling penting dari semua jenis surat, termasuk surat pribadi yakni salam pembuka surat. Perbedaannya, surat pribadi memiliki gaya salam pembuka dengan Bahasa yang bebas, lebih akrab, tidak resmi dan kaku. Sebaiknya gunakanlah salam pembuka dengan Bahasa yang akrab, seperti yang sudah biasa Anda lakukan dengan si penerima surat.

5. Paragraf Pembuka

Pada surat pribadi juga terdapat paragraph yang berisi kalimat pembuka, biasanya terdiri dari pertanyaan kabar, ucapan syukur, salam, doa untuk si penerima, dan sebagainya. Tetapi bukan berarti berisi tentang pembahasan isi surat, tetapi masih pada tahap awal untuk berbasa-basi dengan si penerima surat. Pembahasan pada bagian ini biasanya tentang kabar penulis dan penerima, serta sedikit ekspresi yang perlu diungkapkan oleh penulis.

Susunannya hanya terdiri dari satu paragraph saja, serta cukup dengan kalimat yang tidak terlalu panjang dan banyak, terdiri dari 2 hingga 5 kalimat singkat.

6. Isi atau Tubuh Surat

Pada paragraph selanjutnya, surat pribadi terdiri dari bagian tubuh atau isi surat. Bagian ini paling penting karena berisi banyak penjelasan tentang tujuan Anda untuk mengirim surat kepada penerima. Biasanya berupa kisah tentang pengalaman penulis, atau keadaan penting yang ingin ditunjukkan penulis kepada pembaca surat.

Pembahasan pada paragraph ini bebas, bahkan Anda bisa menulis banyak paragraph dengan banyak kalimat, tergantung suatu hal yang ingin Anda sampaikan di dalam surat tersebut. Di sini Anda juga bisa mencurahkan isi pikiran secara panjang lebar, atau yang biasa disebut sebagai curhat. Tetapi, pastikan Bahasa dan bahasan Anda tidak bertele-tele, agar pembaca tidak bosan. Ada baiknya jika Anda menyisipkan beberapa jenis teks seperti puisi, pantun, dan sebagainya.

7. Paragraf Penutup

Setelah segala hal yang ingin Anda ungkapkan sudah ditulis dengan detail dan cukup membuat Anda puas, maka selanjutnya yang perlu Anda tulis adalah kalimat pada paragraph penutup. Jangan menulisnya terlalu panjang, karena paragraph penutup pada surat pribadi biasanya hanya terdiri dari satu buah paragraph, yang di dalamnya terdapat satu atau dua kalimat saja. Anda bisa sedikit berbasa-basi untuk mengucapkan beberapa kalimat perpisahan sebelum menutupnya dengan salam.

Tuliskan beberapa kalimat secara singkat, Anda bisa menyertakan kalimat permohonan maaf, terima kasih, serta keinginan atau harapan Anda kepada si penerima saat membaca surat tersebut. Bisa berupa harapan balasan surat yang Anda kirim, bisa juga harapan untuk bertemu dengan si penerima.

8. Salam Penutup

Setiap surat, teks dan sebagainya tentu memiliki salam pembuka dan penutup, termasuk pada surat pribadi. Salam penutup ditulis tepat di bawah paragraph penutup. Anda bisa menggunakan berbagai jenis kalimat atau kata-kata salam penutup dengan bebas. Tidak perlu formal, yang terpenting salam tersebut sangat sesuai untuk Anda gunakan kepada si penerima surat. Gunakan salam penutup seperti yang telah biasa Anda sebutkan untuk mengakhiri obrolan dengan penerima secara langsung.
Penggunaan salam penutup juga bisa tidak ditulis pada surat pribadi, sesuai dengan gaya penulisan Anda. Setelah paragraph penutup, penulis juga bisa secara langsung menulis tentang keterangan pengirim, nama, sekaligus tanda tangannya. Salam penutup sebaiknya juga digunakan ketika ada salam pembuka di awal kalimat, hal itu untuk melengkapi kerapian struktur penulisan surat pribadi.

9. Keterangan Pengirim

Di bawah salam penutup Anda bisa menggunakan kata keterangan nama penulis atau pengirim surat, yakni diri Anda sendiri. Gunakan gaya Bahasa penulisan yang bebas, jangan terlalu formal, karena surat ini Anda tujukan kepada orang-orang terdekat Anda saja. Anda bisa menggunakan kata julukan untuk diri Anda sendiri sesuai dengan hubungan yang terjalin antara Anda dan penerima surat, seperti “Kekasihmu,” “Teman baikmu,” “Sahabat Terbaikmu,” “Kawan lamamu,” “Anakmu Tersayang,” dan sebagainya.

10. Nama Pengirim Beserta Tanda Tangan

Bagian paling akhir surat pribadi yakni keterangan nama pengirim beserta tanda tangannya. Posisi tulisan bisa di bawah salam penutup di bagian kiri, bisa juga di bagian bawah kanan setelah penutup. Keterangan nama harus Anda tulis bersama keterangan pengirim, tepat di bagian bawahnya. Jika Anda menulis keterangan pengirim di sebelah kiri, maka nama beserta tanda tangan Anda juga harus di sebelah kiri, begitupun sebaliknya.

Jangan lupa untuk menyertakan tanda tangan Anda sebagai pengirim surat di atas nama terang.

Karakteristik Surat Pribadi yang Perlu Anda Perhatikan

contoh surat pribadi untuk guru
contoh surat pribadi

Setiap teks tentu memiliki ciri atau karakteristik yang menonjol sebagai gambaran khas suatu bentuk teks. Beragam teks yang tergolong sebagai surat, baik itu surat resmi / formal, maupun surat pribadi juga memiliki karakteristik yang jelas untuk membedakan kekhasan masing-masing jenis. Anda harus mengetahuinya, karena sifatnya sangat penting jika Anda ingin menjalin hubungan dari jarak jauh yang sifatnya privat.

Berikut ini karakteristik atau ciri surat pribadi yang membedakannya dengan jenis surat lainnya.

  1. Gaya bahasa cenderung bebas, terkadang merupakan bahasa umum yang biasa digunakan dalam aktivitas harian, tidak terlalu baku atau formal.
  2. Di dalamnya terdapat kata sapaan untuk penerima surat, karena sifatnya sebagai alat komunikasi hubungan privat, pemilihan kata yang digunakan bersifat emotif.
  3. Bahasa yang digunakan tidak menentu, bisa Bahasa Indonesia, Bahasa nasional, Bahasa Internasional, atau Bahasa local daerah, menyeseuaikan dengan gaya komunikasi yang terjalin antara si pengirim surat dan si penerima.
  4. Kata sapaan cenderung lebih akrab dan seolah seperti sedang mengajak untuk melakukan obrolan seperti biasa.
  5. Untuk pengirim atau penulis surat, biasanya menggunakan kata ganti orang pertama, sedangkan untuk menyebutkan si penerima biasanya menggunakan kata ganti orang kedua. Jika Anda sedang bercerita tentang orang lain di luar diri Anda ataupun si penerima, maka menggunakan kata ganti orang ketiga.
  6. Gaya Bahasa penulisan kalimat pembuka atau salam, isi dan penutup tidak menggunakan Bahasa yang terlalu formal, tetapi bebas seperti saat Anda sedang menyapa teman, kerabst, atau keluarga dekat Anda.
  7. Pada bagian awal surat tidak memiliki nomor surat dan kop surat, bisa ditulis secara langsung, yakni salam, kata sapaan, kemudian kalimat pembuka.
  8. Keperluan penulisan tidak bersifat resmi sehingga bisa menggunakan kertas jenis apapun, dan warna apapun, begitupun dengan tinta dan amplopnya, sifatnya bebas.

Kumpulan Contoh Surat Pribadi Yang Baik Dan Benar

contoh surat pribadi yang baik
contoh surat pribadi

Ada berbagai macam contoh surat pribadi yang bisa Anda tulis ke berbagai penerima yang dituju. Anda hanya perlu menyesuaikan atau merubah sedikit gaya Bahasa, serta isi atau badan surat sesuai dengan tujuan kepada penerima, jika hendak menuliskan surat pribadi ke banyak orang. Berikut beberapa contoh surat pribadi yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Kawan yang Dirindukan

Untuk Kawan Terbaikku, Batu, 12 April 2019

Merry Lilian B. T.
Di Medan, Sumatera Utara

Salam Hangat,

Hallo Merry, bagaimana keadaanmu saat ini? Aku di sini tetap yakin semoga Kamu sehat dan masih ceria seperti dulu. Sudah tiga tahun lamanya kita tidak berjumpa, hampir saja aku lupa dengan wajahmu itu, Mer. Beruntung Aku masih sering memandangi foto kita di masa SMA, dan kuharap beberapa waktu lagi kita bisa bertemu dan bermain bersama.

Kawanku Merry, ada sedikit cerita yang ingin kubagikan denganmu. Cerita ini tentang tempat kenangan yang sering kita kunjungi di masa lalu, serta tentang beberapa orang yang dulu pernah berkesan untuk kita, kuharap Kamu mau dengan antusias menyimaknya.

Kamu ingat dengan taman di sebelah bangunan sekolah kita dulu? Yang sering kita gunakan untuk nongkrong saat jam istirahat dan pulang sekolah, bahkan saat kita terlambat dan terpaksa bolos sekolah? Tempat itu sudah tidak ada lagi Mer.

Hampir semua tempat indah yang biasa kita jadikan sebagai area nongkrong semuanya berubah menjadi bangunan gedung. Kini ada sedikit area yang sudah dibangun menjadi taman kota, tetapi lokasinya cukup jauh dari sekolah kita dulu. Padahal setiap kali Aku merasa ingin bercerita dan mengobrol seru denganmu.

Aku selalu mengunjungi tempat-tempat itu, terutama taman Bungan yang berada di sebelah SMA kita dulu. Meskipun Aku sudah memiliki banyak teman saat ini, tentu tidak senyaman seperti saat berkawan denganmu dulu, Mer. Sekarang, kalua Aku merasa rindu, dan ingin bercerita denganmu, Aku hanya berdiam diri di kamar, memandangi foto kita, serta menulis surat-surat ini padamu.

Lalu Kamu tahu tentang kabar kawan-kawan kita yang lainnya? Hampir semuanya kini telah menikah dan meempunyai anak lho, seperti Dewi, Tiwi, Rika, Mimi. Aku masih ingin bercerita lebih banyak lagi tentang hal lainnya lho, Mer, termasuk tentang Aku.

Oh ya, saat nomor ponselmu masih bisa dihubungi dua hari yang lalu aku sudah membaca pesanmu kalau ingin berkunjung ke Kota Batu saat libur semester ini, sementara saat itu juga aku hendak membalasmu tetapi nomormu sudah tidak aktif. Semoga surat ini bisa sampai padamu ya, Mer, jika Kamu membutuhkanku hubungi saja nomor ponselku ini 081223114322.

Demikian cerita singkat dariku, Mer, jika berkenan dan tidak bisa menghubungiku lewat ponsel, kirim balasan suratku ini ya, Mer. Jangan lupa! Kedatanganmu di sini juga kutunggu, orang tuaku pun akan menyambutmu dengan baik, jadi jangan lupa menghubungiku sebelum ke sini, ya! Sekian dulu!

Kawan Terbaikmu,

Keysha Wiranata Pradipta

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Kekasih

Untuk Calon Istri Tercinta, Tangerang 20 April 2019
Maya Anggun Lestari
Di Malang

Assalamualaikum, Wr.Wb

Hai Maya, bagaimana keadaanmu di sana sekarang? Semoga tuhan memberikan berkat kesehatan kepada engkau selalu. Aku menulis surat ini agar engkau tidak mengkhawatirkanku di sana. Tenang saja, aku baik-baik saja di sini. Maafkan aku karena hanya bisa berkomunikasi melalui surat ini.

Maya kekasihku, sejauh ini pekerjaanku di sini baik-baik saja, tidak ada masalah maupun konflik yang serius. Aku juga menjaga kesehatanku dengan baik, seperti perhatianmu biasanya, aku makan tiga kali sehari, mandi pun rutin. Semoga engkau bisa menjaga kesehatan dengan baik, jangan sakit lagi. Jangan bersedih jika tak bertemu denganku dalam waktu yang lama, karena yang sebenarnya terpisah hanya jarak kita, tetapi hati dan pikiranku masih bisa merasakanmu dalam kedekatan.

Aku di sini selalu mendoakan dan mendukungmu, Maya. Tunggulah aku beberapa bulan lagi, seperti janjiku waktu itu. Ingatlah bahwa aku selalu ada di pikiranmu, dan jangan lupa! Jaga baik-baik cincin pertunangan kita sebagai symbol lingkar janji kita. Jika engkau rindu padaku, maka kukirimkan beberapa foto bersama surat ini di dalam amplop, lihat dan simpanlah dengan baik. Atau kau juga bisa bepergian ke tempat-tempat di sekitar rumahmu yang bisa kita kunjungi bersama waktu itu.

Pesan yang selalu kukatakan padamu tetap sama, jaga kesehatan, hati dan pikiran, ya! Insyaa Allah usaha kita tidak akan sia-sia. Suatu saat kita akan memperoleh keindahan dari benih yang kita tanam dan perjuangkan. Semangat selalu calon istriku! Jangan pernah menyerah hanya karena kita memiliki hubungan yang dijalin dari jarak jauh. Kau masih bisa melakukan dan mencapai impianmu yang kau nyatakan padaku dulu, kejarlah impianmu walaupun hari pernikahan kita nanti tiba.

Aku harap pesanku ini sampai padamu, dan kau baca dengan penuh rasa kasih dan sayang. Jika engkau bisa meluangkan waktu sedikit saja, tulislah beberapa kalimat surat untuk dikirimkan padaku. Berilah kabar tentang keadaanmu di sana, aku akan menunggunya. Semoga hubungan kita terjaga dan bahagia.

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb

Calon Suamimu,

Rio Ananda Dewantoro

baca: Contoh Surat Undangan

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Untuk Bundaku Tercinta Malang, 15 April 2019

Di Serang, Banten

Assalamualaikum, Wr. Wb

Hai Bunda, ini Vella. Bunda bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu, ya! Vella di sini juga baik-baik saja. Oh ya, sebelum itu terima kasih atas kiriman uang sakunya, akan Vella gunakan sebaik mungkin, kok! Jangan khawatir ya!

Sejauh ini, kuliah Vella baik-baik saja, Vella juga tergolong sebagai mahasiswa yang rajin dan aktif, lho. Semester ini Vella mendapatkan IPK yang sangat memuaskan, ini sekaligus Vella kirimkan di dalam amplop. Jangan lupa dibuka ya, bunda? Oh ya, bagaimana kabar si abang, bun? Pekerjaannya sudah beres, kah? Lalu bunda di rumah tidak kesepian, kan? Semoga si Komeng bisa nemenin dan jaga bunda tiap saat, ya.

Vella rindu sekali sama bunda, sayangnya minggu ini Vella belum bisa pulang ke Banten, masih banyak tugas yang harus diselesaikan, doakan Vella ya, bun? Lain kali Vella bakal pulang saat libur lebaran nanti. Tenang saja, pasti akan Vella bawaim banyak oleh oleh kok, buat bunda? Tentunya yang bermanfaat sesuai kesukaan bunda.

Kebetulan Vella saat ini sedang sangat sibuk, serta mencuri peluang dan kesempatan untuk menulis surat ini kepada Bunda. jangan lupa membalasnya ya! Maafkan Vella jika ada salah dan kurang disengaja maupun tidak disengaja ya, bun.

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb

Putrimu Tercinta,

Vella Tri Hastari

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Saudara

Blitar, 14 Juni 2019

Untuk Mahesa, adikku tercinta

Di Surabaya

Asslamu’alaikum

Halo Mahesa, apa kabar? Semoga kamu di sana baik-baik saja dan kebetulan aku di sini juga senantiasa sehat dan baik. Sudah lama ya kita tidak bertemu. Tentunya kamu sudah semakin pintar dan cantik sekarang. Aku benar-benar sudah nggak sabar ingin bertemu denganmu. Di sini aku sangat betah karena nuansanya yang sangat sejuk dan indah. Teman-teman baruku juga sangat ramah dan baik. Namun aku sangat rindu kebersamaan kita bersama dengan teman-teman. Karena saking rindunya, aku sering memimpikan kalian. Doakan aku selalu betah di sini dan bisa meraih cita-citaku.

Ada kabar baik untukmu, aku baru saja menjadi juara umum di ujian akhir sekolah. Akhirnya cita-cita dan keinginanku untuk mengukir prestasi menjadi terkabul.

Usahaku selama ini untuk membahagiakan orang tuaku juga tidak sia-sia. Sebenarnya, ada banyak cerita dan pengalaman yang ingin aku ceritakan. Tapi nanti saja saat kita ada kesempatan bertemu. Semoga kamu disana bisa sukses dan berhasil mengukir prestasi dan keberhasilanmu. Jangan lupa sampaikan salamku kepada teman-teman yang lain. Salam hangat dari Blitar untuk mereka.

Aku kira cukup sekian dulu kabar dan sapaan dariku. Semoga kita semua senantiasa dalam lindunganNya.

Wassalamu’alaikum

Kakakmu Tercinta

Jandri

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Lama

Jakarta, 4 Januari 2018

Untuk sahabatku Santi Lolie tersayang

di Jogja

Assalamualaikum…

Hay Santi yang manis, Alhamdulillah aku dan keluargaku baik-baik saja di sini. Akupun bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kamu benar sudah lama kita tidak bertemu. Aku bukan saja sudah besar. Kini aku tumbuh menjadi gadis remaja dan semakin cantik tentunya hehe. Sama seperti dirimu, aku sekarang sudah kelas VI. Aku yakin kalau kamu juga semakin manis. Memang benar San, sekarang aku jadi artis cilik. Jadi artis itu ada enak dan tidaknya. Sebelumnya aku tidak pernah berpikir menjadi artis. Itu terjadi karena kebetulan. Kini hari-hariku disibukkan dengan jadwal syuting yang padat. Benar-benar sangat melelahkan. Aku hampir tidak memiliki waktu bermain sekarang.

Santi, mungkin kamu tidak tahu, disini aku juga merindukanmu. Aku selalu merindukan masa-masa kebersamaan denganmu seperti dulu. Aku kangen suasana di desa dan teman-teman semua. Trima kasih ya ternyata kado dariku masih kau simpan. Ketika membacanya, aku tertawa geli. Segitunya kau menyayangi si Jodi. Teganya kau samakan diriku dengan si Jodi hihihi.

Santi, kapan ke Jakarta ? Sekali-kali main dong kesini. Aku pasti mengajakmu jalan-jalan keliling Jakarta. Oh ya, aku punya kabar baik untukmu. Liburan semester tahun ini, InsyaAllah aku ke Kediri. Kamu tahu kan, Tante Hana, yang dulu sering mengantarkan aku les. Tante Hana ini akan menikah dengan orang Jogja. Aku bahagia banget. Karena kini aku punya keluarga di Jogja.

Aku rasa cukup sampai disini dulu ya San. Jangan khawatir, aku masih Gemala yang dulu. Sahabat karibmu. Jarak dan waktulah yang memisahkan kita. Belajar yang rajin ya. Aku selalu mendoakanmu disini. Mama dan papa titip salam kepadamu. Jaga diri kamu baik-baik ya. Tunggu kedatanganku ! Sampai jumpa.

Wassalamualaikum…

Sahabatmu,

ttd

Gemala Suriah

6. Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

Marina
Jln. Melati, 20
Makassar

Hi my companion, how are you there? I trust you are great. I miss you on the grounds that we have not met in quite a while. Do you miss me as well? On the off chance that you are out of town, I trust you can visit Lampung. I’m certain you will love it in light of the fact that it is an excellent city.

I will take you to numerous spots like Kiluan inlet and to the most delightful places in Indonesia. I realize that you cherish surfing and I have such a variety of mystery spots for you to surf, so I prescribe you to visit here a few weeks.

Ideally we can meet soon, my closest companion.

Your companion,

Meriska

7. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Makassar, 6 Mei 2019

Teruntuk Guruku Tercinta, Ibu Jumreini

Di Manado

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabar Ibu Jum? Saya berharap Ibu selalu diberikan kesehatan dan berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Bu Jumreini, surat ini saya sampaikan untuk memberikan kabar gembira kepada Ibu. Alhamdulillah Bu, kemarin saya lolos dalam Olimpiade Matematika Nasional dan sekarang saya menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Metematika di Amerika. Akhirnya ya Bu, impian kita berdua bisa terwujud juga.

Bu, saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada Ibu. Ibu telah bekerja keras selama ini untuk membimbing saya, sehingga saya bisa sampai di tahap ini. Saya minta maaf Bu jika selama perjalanan bimbingan, saya banyak nakalnya dan susah untuk di kasih tahu.

Saat ini, saya masih belum bisa membalas kebaikan Ibu. Sebagai gantinya, saya akan selalu mendoakan kebaikan untuk Ibu. Semoga Bu Ani sehat selalu, lancar rezekinya, dan dihindarkan dari segala marah bahaya.

Oh iya Bu, saya punya sedikit hadiah untuk Ibu. Mungkin tidak terlalu mahal. Tetapi, saya rasa Ibu akan sangat menyukainya. Saya membelikan Bu Ani mukena dan sajadah yang dikirim bersamaan dengan datangnya surat ini. Semoga Bu Ani suka dengan hadiah yang saya beri.

Hadiah ini adalah wujud kecil dari terimakasih saya kepada Ibu. Saya juga ingin meminta doa dan restu dari Ibu supaya saya bisa diberikan kelancaran dan kemudahan untuk mengikuti Olimpiade Matematika di Amerika.

Mungkin cukup sekian surat saya kepada Ibu. Apabila saya memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Salam Dari Murid Bimbingan Matematika,

Suri

8. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Kelas

Untuk temanku,

Agung

Di Bandung

Assalamu’alaikum

Hai gung, bagaimana kabarmur? Aku berharap kamu selalu dalam keadaan baik dan dalam lindungan Tuhan.

Aku di sini juga baik-baik saja. Ngomong-ngomong, bagaimana kabar teman-teman sekelas semua? Semoga mereka semua tetap semangat dan kompak seperti dulu. Jujur saja, aku sangat merindukan kalian semua. Merindukan suasana kebersamaan kita karena rasanya berat untuk ku meninggalkan kalian. Terutama kamu, aku sangat merindukan kamu gung. Kita berdua selalu menghabiskan waktu bersama sejak kecil. Semoga di kesempatan mendatang kita bisa bertemu lagi.

Rencananya, liburan aku akan main ke Bandung dan berharap kita bisa bermain bersama dengan teman-teman sekelas. Sekian dulu surat dariku. Aku sangat berharap balasan darimu. Terima kasih dan sampai jumpa.

Salam teman baikmu,

Dono

9. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Masa Kecil

Semarang, 17 Maret 2019

Sahabatku,
Septiono
Di Solo

Assalamu’alaikum.

Hai no, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja Jang? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir tiga tahun yang lalu no, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke semarang. Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini aku sama keluarga berencana pulang ke Solo untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus. Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.

Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya no.

Oh iya, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.

Sahabatmu,

Nuralim

10. Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Yang Sedang Berulang Tahun

Untuk ibu tersayang

dari putramu, Deny

Ibu, selamat ulang tahun dan semoga dengan bertambahnya usia mu kau selalu bahagiadan di lindungi dari segala bahaya.

Aku takkan bisa mengngukapkan rasa terima kasih ku dengan kata-kata. Ibu kau adalah sosok penyemangatku. Kau bagaikan matahari yang selalu menerangi ku dengan kehangatanmu. Kau bagaikan beribu-ribu bintang yg selalu menerangi ku di malam-malam gelap.

Kau rela berjuang demi Aku. Kau rela berkorban demi Aku. Kau rela banting tulang demi Aku. Kau adalah pahlawanku. Kau adalah pelita di hidupku.

Terimakasih Ibu

11. Contoh Surat Pribadi Yang Berisi Permohonan Maaf

Medan, 20 Januari 2020

Kepada Intan Sahabatku
di Tempat

Hai Intan,
Apa Kabar?, Aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat dan tidak kekurangan satu apapun juga yah.

Oh ya Intan, melalui surat ini aku bermaksud untuk meminta maaf samamu, atas kejadian tadi siang di sekolah. Sama sekali aku tidak bermaksud merusak persahabatan kita hanya karena masalah seperti ini, dan aku tidak ingin masalah kita berlarut – larut dan mengancam persahabatan kita berdua.

Jika boleh jujur, sebenarnya aku hanya bermaksud untuk menjahili kamu saja dan tidak bermaksud menghina kamu. Semua itu kulakukan hanya sebatas bercanda sebagai seorang teman, namun aku sadar jika candaanku sudah kelewatan dan membuat kamu marah.

Kita sudah bersahabat sejak kecil dan kamu sudah kuanggap seperti saudara dan keluargaku sendiri. Aku sama sekali tidak mau jika persahabatan kita harus berakhir disini saja, makanya aku ingin meminta maaf samamu. Kamu mau maafin aku kan Intan?.

Sekian dulu suratku ini ya Intan, aku harap kamu sudah kembali tertawa besok di sekolah dan kita berdua melupakan masalah ini. Biarlah masalah ini menjadi pelajaran bagi saya dan menjadi pelajaran demi kelanggengan persahabatan kita.

Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

12. Contoh Surat Pribadi Untuk Kakek Dan Nenek

Samarinda, 6 april 2019

Nenek / Kakek Tercinta
di Kampung

Assalamualaikum Wr.Wb

Nek atau kakek, apa kabar? sehat-sehat saja kan? Anto selalu berdoa semoga kakek dan nenek dikampung dalam keadaan sehat selalu, begitu juga dengan keadaan cucumu Faris disini.

Nenek dan kakek tercinta, Faris kangen banget sama nenek dan kakek, apalagi kalau Faris ingat masakan nenek yang enak, jadi pengen cepet-cepet Anto ke sana. Oh ya, Faris juga pengen mancing ama kakek. Entar kalau Anto udah disana temenin Faris mancing ya kek. Minggu depan Anto libur sekolah, jadi Anto bisa berlibur sekaligus melepas kangen disana.

Udah dulu ya Nek / Kakek,

Salam Kangen,

13. Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Jawa

Salam Kanggo Joko Sampurno
Kelas VI MI Nurul Huda Semarum
Trenggalek

Kanthi lumantaran layang iki, aku aweh kabar kanggo awakmu yen kahananku alhamdulillah apik lan sehat, semono ugo mugo-mugo kahananmu tansah sehat lan rahayu wilujeng.Oh iyo, apa dik acaramu pas dino libur 1 Muharom wingi?

Acaraku wingi mlaku-mlaku menyang alun-alun karo ayah lam ibu. Neng kono akeh papan mainan anak-anak sing iso atiku seneng. Enek bandulan, enek jungkitan, enek air mancur, enek dolanan pasir puteh lan sak panunggalane. Kabeh iku biso mau gratis lho dik.

Dak kiro cukup semono wae surat soko aku, liyo wektu disambung maneh. Tak enteni balesan suratmu yo dik.

Semarum, 4 Juni 2019

Mitramu

Prabowo

14. Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Sunda

Bogor, 24 Maret 2017

Salam deudeuh, Assalamualaikum wr. wb.

Naon wartos ibu? Ayu ajeng ibu sae-sae wae ditu. Kumaha kalawan pagawean ibu ayeuna? Ayu ajeng ibu henteu palay teuing waktos didamel nya. Ayu sering kalintang rempan kalawan kasehatan ibu.

Teuing parantos sabaraha lami Ayu henteu ngadatangan ibu di kampung halaman, Ayu leres-leres kangen sami ibu. Ibu, hapunten nya Ayu teu acan iasa mulih liburan minggu ieu, margi pancen sarta tanggel waler Ayu teu acan parantos. Ayu jangji waktos sadaya parantos parantos Ayu bade geura-giru mulih sagancangna. Janten, ibu teu kenging rempan nya. Doakan Ayu nya bu, mugi-mugi iasa ngabereskeun pancen Ayu kalawan sae. Ayu parantos henteu sabar palay memeluk ibu sarta ngarasakeun masakan ibu di bumi.

Geus tiheula nya bu serat ti Ayu. Menggah ibu sempet bales serat Ayu ieu nya Bu. hatur nuhun ibu. Kuring deudeuh ibu.

Wassalamualaikum wr. wb.

Salam ti putra anjeun tersayang,

15. Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Medan, 11 Maret 2019

Teruntuk Kak Dian

Di Jakarta

Asslamu’alaikum

Hai kak, bagaimana kabarnya? Semoga kakak tidak ada kekurangan suatu apapun dan di sini kabarku juga baik-baik saja seperti yang kakak harapkan. Oh ya kak, sudah hampir 3 tahun kita tidak perlu ketemu dan di sini aku sangat merindukanmu. Aku tahu kakak sedang sangat sibuk bekerja dan aku juga disibukkan oleh kegiatan kuliah beserta tugas-tugasnya. Kak, semester ini aku sedang ngerjain skripsi. Doain cepat selesai dan cepat lulus ya. Supaya nanti segera bisa mengunjungi kakak di Jakarta.

Ayah ibu titip salam buat kakak. Salam rindu dan semoga selalu sehat di sana. Jangan lupa memberi kabar apapun jika ada masalah. Ayah ibu juga bilang sangat kangen dengan cucunya di Jakarta. Oh ya, nanti kalau aku main ke Jakarta ajak aku main-main ya, ke Bromo. Sudah dulu ya kak. Sampai ketemu di masa liburan nanti.

Wassalamu’alaikum

Salam kangen

Adikmu

Risna

16. Contoh Surat Pribadi Untuk Pacar

Dears Apong

Aku sengaja nulis surat ini untukmu cinta, agar kamu bisa menyimpannya dan membacanya sewaktu-waktu, walopun setiap menit kita BMan dan sangat jarang telponan, itu karna kamu terlalu sibuk dengan pekerjaanmu. Aku akan berusaha untuk selalu bisa ngertiin kesibukanmu.

***

Cintaku, apa kabar kamu disana? Semoga kabar baik selalu menyertaimu. Walopun jarak memisahkan kita, tapi itu bukan suatu penghalang bagi hubungan kita, yang penting bisa menjaga hati masing-masing dan tahu hatinya milik siapa ahahaha…

***

Aku ingat saat pertama kali kita bertemu, kamu terlihat malu-malu dan gak percaya diri, sedangkan aku dengan gaya asal-asalan yang sok cuek walopun hatiku sangat deg-degan, karena pertama jumpa uda langsung jalan ahahaaa. Dan aku gak tau apa yang kamu pikirkan saat pertama kali melihatku hahahahaa..

***

Kini kita berjauhan dipisahkan oleh jarak, sehingga sulit untuk bisa melihatmu sayangku, aku rindu, rindu akan senyumanmu yang tersipu malu, rindu memelukmu. Aku ingin selalu dekat kamu, ingin selalu bersamamu disepanjang hariku. Tapi aku hanya bisa berdoa semoga yang maha esa bisa mempersatukan kita untuk selalu bersama hingga akhir hayatku.

***

Sayang, betapa aku sangat merindukanmu, seakan aku ingin terbang ketempatmu, memelukmu dan tak ingin meninggalkanmu cintaku.

***

Aku benar-benar mencintaimu sayang, aku benar-benar menginginkanmu untuk selalu ada untukku, aku membutuhkanmu cintaku, yang kurasakan saat ini hanyalah rindu yang tak teramat dalam yang tak bisa kujelaskan dengan kata-kata, surat cinta ini kutulis dengan air mata yang terus mengalir, aku menangis, tapi aku bahagia bisa memilikimu, walopun kita berjauhan tapi hati ini selalu dekat, iya kan sayang?

***

Cintaku, baik-baik disana ya, jaga matamu, jaga hatimu untuk ku hehehe, jaga pola makanmu, jaga kesehatanmu sayangku, aku disini selalu mendoakan yang terbaik untuk mu, I love u sayang. Salam rindu.

Bawelmu

Itu dia penjelasan dan juga contoh surat pribadi yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga dapat menambah wawasan Anda semua. Terimakasih.

Bagikan:

Leave a Comment