12+ Contoh Surat Permohonan Dana, Kerjasama, Izin, Maaf, Sponsorship, Dll

Contoh Surat Permohonan Berbagai Keperluan yang Benar. Sebagai seseorang yang hidup bersama di dalam sebuah masyarakat tentu akan dihadapkan pada berbagai masalah yang melibatkan individu dengan orang lain. Hal tersebut menyebabkan adanya rasa saling ketergantungan atau membutuhkan antara satu dengan yang lainnya, dan pastinya kehidupan manusia selalu memiliki hubungan timbal balik.

Jika sifat saling membutuhkan tersebut diterapkan pada kondisi kehidupan manusia dalam keseharian, tentu bisa dilakukan dengan cara menunjukkan perilaku atau tindakan memohon secara tidak formal, seperti misalnya saat Anda membutuhkan bantuan teman dengan cara mengajukan permintaan dengan ucapan. Namun, berbeda halnya ketika rasa atau situasi ketika Anda membutuhkan bantuan orang lain terjadi di dalam lingkungan formal, seperti lembaga pendidikan, perusahaan, dan sebagainya.

Jika kebutuhan tersebut sifatnya kelembagaan atau formal, maka Anda harus memberikan permintaan bantuan yang juga dilakukan secara resmi, yakni dengan mengajukan surat permohonan. Di situ nantinya akan sangat berguna jika pihak formal yang dimintai bantuan berada di posisi atau kedudukan dan jabatan pekerjaan lebih tinggi dari Anda. Oleh karena itu dalam penulisan surat permohonan harus disesuaikan dengan karakteristik dan syarat yang telah ditentukan.

Dari sedikit uraian di atas, bisa membuat Anda memahami bahwa surat permohonan tergolong sebagai surat resmi, yang dalam penulisannya memiliki aturan lebih rinci, sistematis dan ketat, artinya harus diikuti dan dilaksanakan. Karena jika tidak, maka isi surat kemungkinan sulit dibaca oleh si penerima sehingga permohonan tidak bisa disampaikan dengan baik, dan ada kemungkinan surat tersebut tidak akan mendapatkan respon dari seseorang yang dituju.

Agar surat permohonan tersampaikan dengan sasaran yang tepat, Anda harus mengetahui cara atau langkah untuk menulisnya, dengan mencari informasi tentang kriteria beserta contoh surat permohonan tentu menjadi langkah efektif untuk mengawaliny. Seperti pada poin yang telah dituliskan di bawah ini untuk memberikan Anda wawasan langkah yang tepat dalam menulis surat permohonan.

Pengertian Surat Permohonan

contoh surat permohonan dan pengertiannya
contoh surat permohonan

Sebelum Anda melihat contoh surat permohonan agar bisa dijadikan referensi untuk menulis, hal utama yang perlu Anda pahami terlebih dahulu adalah definisinya. Dan sebenarnya hal tersebut bisa ditemukan dengan mudah ketika memahami tujuan utama dibuatnya surat tersebut.

Melihat dari beberapa uraian di atas, definisi atau pengertian surat permohonan yang bisa Anda ketahui adalah suatu dokumen berupa lembaran yang di dalamnya tertulis permintaan seseorang (dalam hal ini memiliki keterkaitan dengan pihak resmi) kepada pihak yang bersangkutan dan juga memiliki keterikatan dengan lembaga resmi juga.

Surat permohonan memiliki ciri dan karakteristik yang khusus agar susunan tuisan dalam teksnya bisa digolongkan sebagai surat resmi. Biasanya disusun sesuai dengan format yang telah ditetapkan oleh suatu perusahaan secara formal sehingga Anda bisa menemui contoh surat yang memiliki format penulisan yang berbeda antar lembaga resmi, namun secara umum yang bisa dilihat sebagai ciri khususnya yakni isi yang bertujuan untuk meminta bantuan, serta urutan bagian teks surat.

1. Tujuan Penulisan Surat Permohonan

Seperti yang sedikit disinggung sebelumnya, bahwa tujuan utama ditulisnya surat permohonan adalah untuk mengajukan permintaan terhadap suatu hal kepada pihak yang memiliki keterikatan dengan lembaga formal. Selain itu, surat ini juga memiliki kegunaan untuk dijadikan bukti secara tertulis tentang perihal yang akan kita jalankan agar mendapatkan bantuan atau dukungan dari pihak penerima surat.

Surat permohonan memiliki banyak fungsi penting, terutama ketika si pengirim atau si pemohon yang bersangkutan memiliki kepentingan untuk mencapai masa depan yang diharapkan. Dan berdasarkan tujuannya pula, ada banyak jenis surat permohonan yang bisa Anda tulis berdasarkan kebutuhan.

2. Syarat Penulisan Surat Permohonan

contoh surat permohonan dan syarat penulisannya
contoh surat permohonan

Saat membuat berbagai teks yang tergolong sebagai surat resmi tentu memiliki aturan yang harus ditaati oleh si penulis surat, karena hal tersebut bertujuan untuk memberikan keterangan yang jelas kepada si penerima. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat menulis surat permohonan sesuai dengan kepentingan Anda.

1. Penulisan Identitas

Setiap menulis sebuah surat tentu semua orang harus mencantumkan identitasnya, agar si penerima bisa memahami maksud dan tujuan dibuatnya surat sekaligus bisa tepat sasaran jika berkehendak untuk mengirim balasannya. Identitas si penulis atau si pemohon di sini harus dituliskan secara jelas dan lengkap sesuai berdasarkan data pengenal identitas asli seperti KTP, passport, dan sebagainya.

Namun, tidak hanya identitas penulis atau si pemohon yang harus dicantumkan, tetapi identitas si penerima juga harus ditulis dengan jelas agar pengiriman dan penerimaan surat bisa tepat sasaran. Pastikan bahwa identitas tersebut terdiri dari nama si penulis, alamat, tempat tanggal lahir, atau hal lainnya yang sifatnya penting dan berkaitan dengan urusan yang dituju. Kemudian pastikan juga bahwa penulisan identitas si penerima sesuai dengan sumber terpercaya yang bersangkutan dengan lembaga atau organisasi resminya.

2. Penulisan Pengaturan Tata Letak

Selanjutnya ada pada bagian penulisan tata letak, misalnya seperti bagian kepala surat, salam pembuka, identitas, dan sebagainya harus dituliskan secara berurutan dan sesuai dengan aturan peletakan penulisannya. Jika tidak, maka bisa saja hal tersebut membuat surat Anda menjadi tidak resmi, dan rawan untuk mengalami penolakan berkas permohonan.

Misalnya pada penulisan perihal surat, harusnya diletakkan pada posisi atas tepat di bawah kop surat, dan berada di bagian kiri teks surat, begitupun dengan bagian lainnya yang juga harus dituliskan sesuai urutan yang telah ditetapkan secara resmi. Anda bisa melihat peletakan tersebut ketika memahami contoh surat permohonan yang akan dibahas selanjutnya.

3. Tulisan yang Rapi

Selain format penulisan yang berurutan, Anda juga harus menggunakan font atau model tulisan yang bagus dan rapi. Pastikan bahwa tulisan antar kalimat dan paragraf bisa terbaca dengan jelas, tidak buram atau terlalu rumit. Kerapian tulisan juga bisa dipengaruhi oleh susunan kalimat yang harus disesuaikan dengan tata EYD, serta dengan bahasa yang baku cocok untuk digunakan di surat-surat resmi pada umumnya.

Kini dengan menggunakan media atau perangkat digital seperti PC atau laptop tentunya lebih mempermudah Anda untuk merapikan tulisan dalam surat permohonan yang baik. Namun, jika surat ditulis secara manual menggunakan tangan, maka Anda harus memiliki tulisan tangan yang bagus agar isinya bisa terbaca dengan jelas.

Kerapian tulisan tidak diukur dari hal teknis saja, melainkan hal lain seperti kalimat yang disesuaikan dengan EYD, menggunakan ejaan baku dan formal, serta disesuaikan dengan tata letak yang telah ditentukan secara umum seperti yang telah disebutkan di atas.

4. Tujuan Diterangkan dengan Jelas Pada Isi Surat

Syarat paling penting yang perlu Anda perhatikan ketika menulis surat permohonan adalah tujuannya. Unsur tersebut juga menjadi ciri utama bahwa suatu teks tulisan disebut sebagai surat permohonan resmi. Tujuan penulisan surat sangat bergantung pada kepentingan penulis meminta bantuan kepada si penerima surat yang dituju.

Bagian yang menjelaskan tujuan ditulisnya surat ini bisa disebutkan pertama kali pada perihal surat. Sementara penjelasan tujuan secara lebih rinci bisa dijelaskan di bagian isi surat permohonan. Anda bisa menjelaskan berbagai hal yang sedang Anda butuhkan sekaligus pernyataan bahwa kepentingan tersebut bisa dicapai dengan tepat dan lancar jika dengan bantuan yang diberikan oleh si penerima surat. Sertakan juga hal apa yang bisa memberikan keuntungan bagi si penerima surat ketika memberikan bantuan kepada Anda.

5. Penulisan Waktu Untuk Menjawab atau Membalas Surat

Syarat penting yang harus Anda tuliskan pada surat permohonan selanjutnya adalah waktu, menyangkut dua hal yakni waktu penulisan surat, serta penentuan batas waktu yang jelas untuk memberikan respon pada surat tersebut. Kedua waktu ini perlu Anda tuliskan secara jelas, bila perlu dengan format susunan hari, tanggal, tahun dan tempat.

Pastikan bahwa Anda menulis format waktu sesuai dengan syarat yang telah ditentukan secara resmi dan umum pada surat permohonan. Kemudian, pastikan juga untuk tidak melupakan penulisan batas waktu yang diberikan kepada si penerima agar pemberian respon atau balasan surat tersebut bisa dilakukan dengan cepat.

3. Susunan Bagian Surat Permohonan

contoh surat permohonan dan susunannya
contoh surat permohonan

Setiap surat resmi tenu memiliki susunan teks tulisan yang diterapkan secara umum, dan sifatnya baku. Berikut bagian yang harus ada dalam surat permohonan dengan jenis apapun.

1. Kop / Kepala Surat Bisa Juga Judul Surat

Bagian pertama yang sifatnya sangat penting untuk dicantumkan pada surat permohonan adalah kepala surat, biasanya dituliskan di bagian paling atas dengan tata letak di tengah. Namun, kop surat juga bisa tidak dicantumkan jika si pengirim tidak berasal dari lembaga resmi, dan bisa diganti menggunakan judul surat.

Kepala surat terdiri dari nama instansi atau lembaga perusahaan yang berkaitan dengan si pengirim surat, kemudian bisa disertakan logo sekaligus alamat lengkapnya.

2. Waktu Surat

Bagian selanjutnya adalah waktu surat, yakni tentang waktu penulisan sekaligus penentuan batas waktu respon surat. Bagian tersebut biasanya dicantumkan di posisi awal setelah kop surat, tepatnya di bagian kanan. Namun, bisa juga dituliskan pada bagian akhir surat setelah salam penutup dan sebelum penulisan tada tangan beserta nama terang.

3. Nomor Surat

Surat resmi juga memiliki bagian nomor surat, yang berfungsi memberikan urutan ditulisnya sebuah surat permohonan. Biasanya terletak pada bagian awal setelah kop surat, tepat di bagian kiri bawah, serta sebelum atau tepat di atas lampiran.

4. Perihal dan Lampiran

Anda bisa menuliskan lampiran jika terdapat berkas-berkan penting selain surat yang bisa mendukung pernyataan isi di dalamnya. Lampiran juga bisa tidak dituliskan jika tidak ada berkas lain yang perlu dinyatakan sebagai pendukung surat.

5. Salam Pembuka dan Penutup

Setiap jenis surat, baik itu surat dinas atau resmi, serta surat pribadi tentunya harus memiliki salam pembuka dan penutup. Seperti yang Anda ketahui secara umum, bahwa letak salam pembuka berada di awal pembukaan sebelum isi surat, dan setelah perihal. Sementara bagian salam penutup berada di akhir surat, tepatnya setelah isi surat serta sebelum penulisan nama terang dan tanda tangan si pengirim surat.

6. Identitas Pengirim dan Penerima

Identitas penerima dan pengirim merupakan kedua hal yang tidak boleh Anda lupakan saat menulis surat permohonan, karena hal tersebut dapat memberikan kejelasan tentang tujuan ditulisnya surat permohonan yang bersangkutan.

Tata letak penulisan identitas pengirim atau penerima bisa di awal atau di akhir isi surat, karena disesuaikan dengan penulisan perihal atau tujuan surat. Serta tergantung dari kepentingan dan kriteria pengirim surat atau lembaga yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan dengan cermat penulisan identitas tersebut pada contoh surat permohonan.

7. Isi Surat

Bagian tubuh atau isi surat permohonan dituliskan di posisi tengah, di sinilah Anda bisa mengungkapkan tujuan penulisan surat tersebut, antara lain perihal permohonan yang dituju, kepentingan, serta rincian dengan jelas dan lengkap tentang permohonan terhadap sesuatu. Anda juga bisa menuliskan keterangan pihak-pihak yang menjadi pemohon dan yang dimohon di sini dengan menjelaskan tujuan masing-masing pihak tersebut.

Isi surat terdiri dari satu atau dua paragraf yang ditulis dengan beberapa kalimat cukup singkat. Yang terpenting bahwa Anda menuliskan identitas beserta tujuan penulisan surat dari kedua belah pihak, yakni si pemohon dan penerima permohonan. Di dalamnya juga bisa dicantumkan beberapa kriteria yang jelas, misalnya seperti jumlah dana yang dimohon untuk menyelenggarakan sebuah acara, dan sebagainya.

8. Tanda Tangan dan Nama Terang

Bagian terakhir yang paling penting adalah tanda tangan sekaligus nama terang. Identitas dari pemilik nama sekaligus tanda tangan tersebut adalah si pengirim surat atau si pemohon. Tulis tanda tangan menggunakan pena dengan tinta berwarna hitam, dan Anda tidak perlu mencantumkan materai meskipun surat ini termasuk ke dalam kategori resmi.

4. Jenis Surat Permohonan

contoh surat permohonan dan jenisnya
contoh surat permohonan

Seperti yang telah disinggung sedikit pada beberapa paragraf awal, bahwa surat permohonan memiliki beragam jenis yang harus dibuat berdasarkan tujuannya. Anda bisa memilihnya salah satu, dan harus benar-benar disesuaikan dengan kepentingan, karena format penulisannya juga mengikuti tata aturan per tujuan.

Ada berbagai jenis surat permohonan yang bisa Anda ketahui dan pilih berikut ini,

1. Surat Permohonan Izin Cuti

Sesuai dengan nama atau judul untuk menyebut surat permohonan ini, biasanya ditulis dengan tujuan untuk meminta izin cuti kepada pihak yang memiliki posisi atau jabatan lebih tinggi di suatu instansi atau perusahaan. Biasanya dituliskan oleh karyawan atas kondisi yang benar-benar mendesak dan mengharuskannya untuk meminta izin cuti, bisa dalam waktu sementara atau berkepanjangan.

Selain karyawan, surat permohonan izin cuti juga bisa dituliskan oleh berbagai pihak yang memiliki keterlibatan kerja atau masa di sebuah instansi resmi, misalnya saja seorang mahasiswa yang memiliki kepentingan tertentu untuk cuti selama beberapa waktu masa perkuliahan.

2. Surat Permohonan Beasiswa

Jenis surat permohonan selanjutnya ditulis berdasarkan tujuan untuk meminta bantuan beasiswa program pendidikan. Sesuai namanya, tentu saja surat ini ditulis oleh para pelajar atau akademisi yang ingin melanjutkan pendidikan tanpa biaya sehingga mengajukan bantuan dana pendidikan, bisa kepada pemerintah atau perusahaan.

Namun, biasanya surat permohonan beasiswa ini memiliki format yang diberikan secara langsung oleh perusahaan atau instansi pemberi beasiswa kepada para pemohon, dan para kandidat yang membutuhkan beasiswa tersebut hanya mengisi sesuai dengan susunan format yang diberikan.

3. Surat Permohonan Izin Acara

Surat ini memiliki tujuan untuk digunakan sebagai barang bukti resmi terkait perizinan berlangsungnya kegiatan atau acara. Sifatnya sangat penting agar acara yang telah direncanakan bisa berjalan dengan lancar serta tidak terkendala hal lain.

Surat ini dibuat oleh penyelenggara acara, yang biasanya menyangkut berbagai kepentingan misalnya seminar, pentas seni, dan sebagainya. Selain itu, surat permohonan izin acara juga sangat berguna bagi Anda yang nantinya ingin menyebarkan undangan acara kepada massa yang ditunjuk sebagai audiens di acara yang hendak dilaksanakan.

4. Surat Permohonan Sponsor

Sesuai namanya, surat permohonan ini dibuat dengan tujuan untuk meminta bantuan donasi yang berasal dari sponsor. Dibuat atas permintaan seseorang yang akan melangsungkan sebuah acara, baik resmi maupun tidak resmi. Semakin besar dan banyak pihak yang memberikan sponsor, maka acara bisa menjadi semakin meriah dan lancar, sangat strategis untuk digunakan sebagai penarik minat audiens yang akan diundang dalam sebuah acara.

Di dalam surat permohonan sponsor harus tertulis dengan jelas, yakni pihak yang dimohon untuk memberikan donasi atau sponsor, kemudian tujuan dicarinya sponsor di dalam sebuah acara. Serta pernyataan yang optimis tentang kelancaran sebuah acara jika didorong oleh berbagai pihak yang memberikan sponsor. Pastikan acara tersebut memiliki skala cakupan yang luas agar bisa menguntungkan pihak pemberi sponsor. Jangan menggunakan sponsor jika acara berskala kecil.

5. Surat Permohonan Kerjasama

Terakhir adalah surat permohonan kerjasama, biasanya ditulis oleh kedua belah pihak yang sedang melakukan perjanjian bisnis untuk memperkuat hubungan perusahaan agar memberikan keuntungan yang seimbang. Surat ini juga diajukan ketika si pemohon sedang mengalami kendala atau kekurangan yang tidak bisa dihadapi dan diatasi secara pribadi sehingga memerlukan bantuan pihak lain untuk mendorong dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

Tetapi Anda perlu memperhatikan dengan baik, bahwa surat permohonan kerjasama ini ditulis dengan menyebutkan hasil yang perlu dicapai oleh si pemohon agar keuntungan juga bisa didapatkan oleh si pemberi bantuan. Jadi, pastikan bahwa Anda bisa menuliskannya tujuan dengan baik.

contoh surat permohonan berbagai keperluan
contoh surat permohonan

Di antara 5 jenis surat permohonan di atas sebenarnya masih terdapat jenis yang lainnya dan masih banyak lagi. Namun, Anda sudah bisa memahami bentuk dan susunan secara detail hanya dengan mempelajari 5 contoh jenis surat yang disebutkan di atas.

Contoh Surat Permohonan Berbagai Keperluan

1. Contoh Surat Permohonan Dana Iuran

contoh surat permohonan bantuan dana
contoh surat permohonan

KOP Surat
(Alamat Lembaga yang Bersangkutan)

Surabaya, 15 Januari 2018
Perihal : Permohonan Dana Iuran
Lampiran : 1 (satu) Berkas

Kepada Yth,
Pimpinan CSR
PT. Samudera Anugerah
Surabaya

Dengan hormat,
Sehubungan dengan diadakannya program bersih lingkungan di wilayah Waru, Kota Surabaya yang akan diselenggarakan pada 17 Juli 2018. Saya yang bertanda tangan di bawah ini

  • Nama : Muhamad Ridho Syaban
  • NIK : 35125559880001
  • Alamat : Jl. Gatot Subroto No. 59, Waru, Kota Surabaya

Selaku Ketua Karang Taruna Pemuda Waru, Surabaya sebagai penggalang dana kebersihan lingkungan di area Waru, Surabaya.
Dengan ini memberikan pengajuan permohonan dana iuran kepada perusahaan-perusahaan yang berdomisili di Waru, Surabaya khususnya pada PT. Samudera Anugerah Surabaya, dengan biaya sebesar Rp. 300.000, 00 (Tiga ratus ribu rupiah). Besaran dana tersebut hendak digunakan untuk pelaksanaan pada awal kegiatan dengan berbagai rincian yang sudah terlampir. Dana tersebut sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada lingkungan warga sekitar.

Demikian surat permohonan ini dibuat, atas perhatiannya Saya ucapkan banyak terima kasih serta maaf bila ada yang kurang berkenan.

Salam Hormat,
Ketua Karang Taruna Pemuda Waru

Muhamad Ridho Syaban
35125559880001

2. Contoh Surat Permohonan Sponsorship

contoh surat permohonan sponsorship
contoh surat permohonan

Surat Permohonan

Sidoarjo, 14 Februari 2018

Nomor : 176/10/RSUMMI/XII/2018
Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Permohonan Sponsorship

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Kalbe Farma Tbk
Di tempat,

Dengan hormat,

Sehubungan dengan diadakannya perubahan pada RSIA Ummi yang berstatus sebagai RSU atau Rumah Sakit Umum pada awal bulan ini, maka RS. Ummi berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan dan medis kepada masyarakat umum dengan jangkauan lebih luas lagi, khususnya dengan adanya pendirian klinik kecantikan serta poliklinik spesialis kulit.

Tujuan dari pendirian tersebut didasarkan atas pengamatan tren yang sedang berkembang saat ini di masyarakat, khususnya bagi kalangan wanita yang membutuhkan perawatan untuk kulitnya. Selanutnya, RS. Ummi hendak menyelenggarakan sebuah acara seminar umum tentang kecantikan dan kesehatan kulit, yang akan dihadiri oleh narasumber, yakni Dr. Aidelia Putri Cahya, Sp.KK yang berstatus sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin di RS. Ummi. Tema untuk acara seminar tersebut adalah tentang “Perawatan Kulit Sehat dan Cantik”.

Dengan adanya acara tersebut, Kami sebagai tim penyelenggara acara mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu untuk memberikan partisipasi dengan hadir sebagai donator atau sponsor. Kami memohon atas ketersediaan Bapak/Ibu untuk mengirimkan donasi ke rekening berikut ini.

  • No. Rekening : 35 – 01 – 31197866
  • Nama Bank : BRI
  • Atas Nama : RS. Ummi

Selanjutnya dimohon untuk segera mengkonfirmasi atas pemberian partisipasi tersebut, dengan menguhubungi nomor (0343) 8999765, kirim email melalui : rsummi@yahoo.com, serta mengirimkan SMS ke nomor 083855671122 ( Indri ).

Dengan dibuatnya surat permohonan ini, atas perhatiannya Kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur Utama

Dr. Supriyadi Sp.KK

3. Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja

contoh surat permohonan pindah kerja
contoh surat permohonan

Permohonan Mutasi Kerja

Jakarta, 20 Oktober 2018

Nomor : –
Lampiran : –
Perihal : Permohonan Mutasi/ Pindah Kerja

Kepada Yth.
Bapak Kepala
Dinas Kelautan dan Perikanan
Provinsi Banten.

Di Tempat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

  • Nama : Nur Hamid Cholis. S.Pi
  • Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 12 Agustus 1993
  • NIP : 198223378000001010
  • Pangkat / Golongan Ruang : Penata / V E
  • Jabatan : Guru Dewasa

Dengan adanya surat permohonan ini, Saya mengajukan perpindahan lokasi kerja atau Mutasi ke Dinas Kelautan dan Perikanan di Provinsi Banten dengan posisi sebagai penyuluh perikanan tingkat provinsi, dengan alasan yakni :

  1. Pengembangan karir di beda wilayah
  2. Masa kerja pada penempatan di lokasi sebelumnya telah berakhir

Berikut saya lampirkan beberapa berkas sebagai bahan pertimbangan :

  1. Fotokopi Surat Keterangan CPNS
  2. Fotokopi Surat Keterangan PNS
  3. Fotokopi Surat Keterangan Terakhir
  4. Fotokopi Surat Keterangan DP3
  5. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai

Dengan demikian surat ini Saya buat, atas perhatian dan persetujuan Bapak, Saya ucapkan terima kasih.

Dengan hormat,
Pemohon

Nur Hamid Cholis. S.Pi
NIP. 198223378000001010

4. Contoh Surat Permohonan Beasiswa

contoh surat permohonan beasiswa
contoh surat permohonan

SURAT PERMOHONAN BEASISWA

Hal : Permohonan bantuan Beasiswa
Lamp. :

Kepada Yth. Ibu Rektor Universitas Muslim Indonesia
di –
Makassar

Assalamu’alaikum Wr, Wb.
Dengan hormat, bersama ini saya mahasiswa Universitas Muslim Indonesia :

  • Nama : A. Ghifary Akhmad
  • NIM : 034290006
  • Fakultas : Teknik Jurusan Arsitektur
  • Semester : 3

Bermaksud mengajukan permohonan bantuan Beasiswa tidak mampu UMI 2014 dengan persyaratan sebagai berikut.

  1. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa yang dilegalisir
  2. Surat keterangan tidak mampu dari desa/lurah setempat.
  3. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun, yang diketahui oleh Pembantu Dekan III
  4. Surat keterangan kelakukan baik yang masih berlaku dari Pembantau Dekan III.
  5. Foto kopi slip gaji orang tua.

Demikian permohonan ini, atas perhatian dan perkenan Ibu Rektor saya ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Makassar, 23 Juni 2014

Hormat saya
Pemohon,

(A. Ghifary Akhmad)
NIM. 034290006

5. Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

contoh surat permohonan izin kegiatan
contoh surat permohonan

Permohonan Izin Kegiatan

Semarang, 28 Juli 2013
No : 17/V/2012
Hal : Permohonan Ijin Penyelenggaraan Kegiatan

Kepada Yth.
Kepala Desa Sukasari
Di tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-67, maka kami sebagai pengurus karang taruna Desa Sukasari bermaksud untuk mengadakan kegiatan pertandingan Pentas Seni Musik pada :

  • Hari : Minggu
  • Tanggal : 14 Agustus 2013
  • Waktu : Pkl 19.00 WIB – selesai
  • Tempat : Lapangan sepak bola Desa Sukasari

Demi suksesnya acara tersebut, kami selaku panitia meminta ijin dan persetujuan untuk menggunakan lapangan sepak bola Desa Sukasari, sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti.

Demikian surat ini kami buat, atas ijin yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Ketua Karang Taruna Desa Sukasari

Rahmad Haryadi

6. Contoh Surat Permohonan Izin Karyawan

contoh surat permohonan izin kerja
contoh surat permohonan

Surat Permohonan Izin cuti

Jakarta, 25 Agustus 2014
Hal : Izin tidak masuk kerja

Kepada Yth.,
Bapak / Ibu Personalia
Di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : Abu Djalil
  • Alamat : Jl. Sumbawa No. 33
  • Jabatan : Gudang

Dengan surat ini saya bermaksud untuk memohon izin cuti selama 2 ( dua ) hari dikarenakan sedang sakit. Sebagai bukti bahwa saya dalam keadaan sakit, berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izini ini saya buat dengan sebenarnya, Atas perhatian dan pengertiannya saya sampaikan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Tanda tangan

( Abu Djalil )

7. Contoh Surat Permohonan Maaf

contoh surat permohonan maaf
contoh surat permohonan

Surat Permohonan Maaf

Kepada Yth,
Pimpinan PT.TASPEN

Hal : Surat Permohonan Maaf

Saya sebagai pemohon maaf dibawah ini:

  • Nama : Digi Abiarsa
  • Jenis kelamin : Laki-laiki
  • Tanggal lahir : 27 Februari 1990
  • Alamat : Perum Permata Indah blok F/9 Jember – Jawa Timur
  • Pekerjaan : Swasta
  • Agama : Islam

Sehubungan dengan tindak kesalahan yang telah saya lakukan kepada PT.TASPEN, yakni melakukan pencemaran nama baik perusahaan tersebut dengan cara mengirimkan suatu kata-kata yang tidak pantas diucapkan di forum KASKUS.CO.ID, dengan URL Thread : http://www.kaskus.co.id/thread/52a5a…8b4676208b465a , maka dengan ini saya bermaksud untuk menyampaikan surat permohonan maaf berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Tindak pencemaran nama baik yang saya lakukan terhadap PT.TASPEN merupakan tindakan diluar batas, dan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan salah yang telah saya lakukan kepada seluruh jajaran PT.TASPEN. Kejadian tersebut adalah sebuah tindakan yang salah yang terjadi diluar kesadaran saya.

Permohonan maaf saya juga saya tujukan kepada Bapak Dalfi, selaku Klim Pelaksana di kantor PT.TASPEN Cabang Jember, karena saya telah mencemarkan nama baik beliau di forum KASKUS.CO.ID, yakni dengan menyebut nama beliau dengan kata-kata yang tidak pantas. Sehubungan dengan itu maka saya sangat mengharapkan permohonan maaf dari Bapak/Ibu pimpinan PT.TASPEN terkait persistiwa tersebut.

Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya terhadap tindak kekerasan yang telah saya lakukan. Semoga Bapak/Ibu pimpinan berkenan untuk memaafkan saya serta tidak menindak lanjuti masalah ini ke jalur hukum. Atas perhatian dan kelapangannya saya sampaikan terimakasih.

Jember, 13 Desember 2013

Hormat saya,

Digi Abiarsa

Berbagai penjelasan di atas beserta contoh surat permohonan tentunya bisa memberikan wawasan kepada Anda. Agar tulisan bisa sampai kepada tujuan penerima dengan tepat, pastikan Anda mengikuti petunjuk sesuai dengan poin-poin di atas kemudian menerapkannya dengan baik.

Itu dia informasi mengenai penjelasan lengkap dan contoh surat permohonan yang dapat Anda jadikan acuan saat akan membuat surat jenis ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Bagikan:

Leave a Comment