13 Contoh Surat Pengunduran Diri, Resign Dari Perusahaan atau Organisasi

Contoh Surat Pengunduran diri atau resign dari perusahaan, sekolah dan organisasi lainnya. Kali Ini dibagikan Info Lengkap Tentang Surat Pengunduran Diri Yang Baik Beserta Contohnya.

Bekerja di suatu perusahaan atau suatu instansi menuntut Anda agar bekerja secara professional. Dan harapannya adalah bahwa Anda dapat tetap bekerja dalam jangka waktu yang lama bahkan hingga pensiun. Tetapi, tidak menutup kemungkinan dengan suatu alasan tertentu Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan kini tempat Anda bekerja. Ini merupakan suatu hal yang sangat wajar. Banyak faktor yang dapat mendorong Anda memutuskan untuk mengundurkan diri. Baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Faktor internal yang dapat mendorong Anda untuk mengundurkan diri, contohnya:

  1. Suatu penyakit yang membuat Anda tidak lagi mampu bekerja maksimal.
  2. Suatu pilihan pribadi untuk fokus kepada suatu bisnis atau hal tertentu sehingga terpaksa harus keluar dari perusahaan.
  3. Pindah tempat tinggal atau rumah.
  4. Menemukan pekerjaan baru di perusahaan lain sehingga memutuskan untuk melamar kerja yang lebih baik.

Faktor eksternal yang menyebabkan Anfa memutuskan untuk mengundurkan diri, contohnya:

  1. Adanya konflik dengan sesama karyawan.
  2. Adanya ketidakcocokan dengan atasan

Beragam alasan lain yang dapat membuat Anda harus mengundurkan diri dari pekerjaan yang sedang digeluti.

Apapun alasan yang membuat Anda mengundurkan diri, sebaiknya Anda lakukan dengan cara baik-baik karena walau bagaimanapun, Anda diterima di perusahaan yang sekarang ini secara baik-baik. Prosedur wajib yang harus Anda miliki ketika akan mengundurkan diri adalah dengan membuat surat pengunduran diri.

Pastinya, Anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang sopan dan baik.

Oleh karena itu, selanjutnya akan dibahas mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pengunduran diri berikut contoh-contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Agar lebih jelas, mari disimak uraian berikut.

Manfaat dan Tujuan Surat Pengunduran Diri

Anda yang ingin keluar dari perusahaan atau lembaga tempat Anda sedang bekerja saat ini, sebaiknya berusaha untuk memberikan alasan terbaik dan logis kepada atasan. Ini bertujuan agar pemilik perusahaan bersedia untuk memaklumi dan menerima dengan lapang dada atas keputusan Anda.

manfaat dan contoh surat pengunduran diri

Jangan hanya karena merasa bosan bekerja di tempat yang sekarang ini, sehingga Anda membuat alasan apa adanya, terlebih lagi jika Anda mencantumkan alasannya adalah bosan. Sudah tentu hal ini akan mencoreng nama baik Anda di mata perusahaan. Usahakan alasan yang Anda ambil tidak akan membuat atasan Anda atau pemilik perusahaan tersebut merasa tersinggung.

Berikut adalah manfaat yang akan didapat bila Anda membuat surat pengunduran diri, yaitu:

1. Terlihat lebih profesional

Setiap perusahaan atau lembaga apapun pasti memiliki aturan dan kebijakan masing-masing. Setiap kebijakan yang dibuat oleh perusahaan wajib dipatuhi oleh semua karyawannya. Contohnya, menjadi karyawan di suatu perusahaan tidak boleh seenaknya langsung keluar bekerja.

Anda harus membuat surat pengunduran diri bila akan keluar dari pekerjaan tersebut. Bila Anda melakukan hal tersebut, maka Anda akan menjadi orang yang taat pada aturan dan norma perusahaan, sehingga Anda akan dipandang sebagai seseorang yang terhormat dan lebih bertanggung jawab. Selain itu, Anda juga akan terlihat memiliki tata krama yang baik di mata perusahaan bahkan semua orang. Hal ini akan membersihkan nama Anda dari prasangka buruk orang lain dan kekecewaan dari pihak perusahaan.

2. Anda memberikan waktu pada perusahaan untuk mencari pengganti posisi Anda

Setiap jabatan atau posisi di suatu perusahaan memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Dan sekarang ini bukan suatu hal yang mudah untuk mencari posisi-posisi tertentu, terlebih jika posisi Anda di perusahaan cukup strategis. Oleh karena itu, manfaat ini adalah untuk memberikan waktu kepada pihak perusahaan dalam mencari pengganti Anda.

Ketika Anda keluar dari pekerjaan di perusahaan, pada saat itu posisi Anda dalam keadaan kosong tidak ada orang yang mengurus. Maka dari itu, surat pengunduran diri yang Anda ajukan menjadi hal yang penting agar perusahaan dapat segera menemukan orang yang akan menggantikan posisi Anda.

Selain itu, Anda akan lebih dihargai karena dengan begitu perusahaan akan selamat dari terbengkalainya tugas akibat kekosongan posisi tertentu.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari surat pengunduran diri, kini akan dibahas mengenai cara untuk membuat surat pengunduran diri yang resmi dan benar.

13 Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap

Untuk mempermudah Anda dalam membuat surat pengunduran diri, berikut akan diulas mengenai beberapa contoh surat pengunduran diri yang dapat dijadikan sebagai acuan atau rujukan.

contoh surat pengunduran diri terlengkap

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

 

Surat ini adalah surat yang umum digunakan untuk semua pekerjaan di perusahaan, kantor, instansi, lembaga dan lainnya.

Surat Pengunduran Diri

Serang, 10 Februari 2019

Kepada
Yth. Pimpinan PT Jadi Sejahtera
Serang

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Irfan Hakim
Alamat: Jl. Pahlawan, No. 3, Serang, Jawa Barat
Jabatan: Bendahara Umum

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan serta jabatan yang sedang saya pegang, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2019.

Ucapan terima kasih saya haturkan kepada perusahaan yang sudah memberikan kesempatan baik kepada saya untuk belajar serta bekerja secara profesional. Ucapan terima kasih saya sampaikan juga karena telah membimbing dan memberikan saya pekerjaan yang terbaik.

Mohon maaf atas keputusan pengunduran diri saya ini, sehingga mulai tiga hari ke depan tidak lagi terhitung sebagai bagian dari perusahaan dan membantu pekerjaan Bapak. Saya hanya mampu berharap serta berdoa agar perusahaan yang Bapak pimpin menjadi semakin berkembang dan maju.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Tebusan: Bagian Informasi serta Kabag Kesekretariatan

Hormat Saya

Irfan Hakim

2. Contoh Surat Pengunduran dari Hotel

contoh surat pengunduran diri karyawan di hotel

Berikut adalah surat pengunduran diri yang ditujukan untuk Anda sebagai pegawai hotel yang ingin berhenti dari pekerjaan Anda. Sebaiknya surat pengunduran diri ini dibuat dengan baik dan menggunakan bahasa yang sopan dan baku.

Surat Pengunduran Diri

Magelang, 02 Maret 2019

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Sinar Indah
Jl. Sukamaju, Magelang, Jawa Tengah

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Muhammad Asiq
Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 23 Maret 1988
Alamat: Magelang
Jabatan: Resepsionis

Melalui surat ini, saya hendak menyampaikan permohonan pengunduran diri pada tanggal 9 Maret 2019 dengan alasan ingin melanjutkan pendidikan S2. Sampai dengan tanggal pengunduran diri saya maka keseluruhan tugas yang selama ini telah menjadi tanggung jawab saya sebagai resepsionis hotel akan tetap saya laksanakan dengan profesional sampai.

Kepada segenap pimpinan hotel, saya ucapkan banyak terima kasih karena telah bersedia menerima saya dengan segenap kemampuan dimiliki. Dan kepada segenap karyawan hotel, saya ucapkan juga banyak terima kasih. Serta kepada para pihak yang selama ini telah membantu dan membimbing saya, saya ucapkan mohon maaf yang karena sudah tidak bisa menjadi bagian dari hotel ini.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

Muhammad Asiq

3. Contoh Surat Pengunduran Diri yang Bersifat Resmi

contoh surat pengunduran diri resmi dan formal

Surat pengunduran diri yang bersifat resmi ini untuk Anda yang kebetulan bekerja di suatu instansi resmi, baik milik pemerintah ataupun non pemerintah. Surat ini harus dibuat dengan menggunakan bahasa baku dan resmi. Tidak boleh mencantumkan kata-kata yang kurang sopan dan tidak enak dibaca karena yang akan membacanya juga adalah orang penting.

Permohonan Pengunduran Diri

Bogor, 15 Agustus 2018

Kepada
Yth. Kepala PT Sampurna
Jl. Pramuka No. 11, Bogor
Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya sebagai salah seorang karyawan PT Sampurna, berdasarkan ketentuan dari Surat Kesepakatan Bersama tentang karyawan serta berdasarkan pada Undang-undang Tenaga Kerja, maka dengan segala hormat saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama: Ahmad Noor
Departemen: Keuangan
Jabatan: Manager Keuangan
No. Karyawan: 1731144088

Bermaksud hendak mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Sampurna dengan alasan harus melanjutkan bisnis orang tua. Surat ini dibuat berdasarkan pada prosedur hubungan industrial tanpa ada suatu tendensi untuk maksud buruk apapun. Selanjutnya, saya berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memahami permohonan ini dan memberikan hak-hak saya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Demikianlah surat permohonan diri dibuat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Ahmad Noor

4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Kampus

Jenis surat pengunduran diri ini dibuat untuk Anda yang menjadi pengurus suatu organisasi di kampus tetapi tidak bisa melanjutkan menjadi pengurus organisasi tersebut dengan berbagai alasan. Surat pengunduran diri dari organisasi ini berbeda dengan jenis surat pengunduran diri yang lain. Anda harus benar-benar memahami isi surat agar surat pengunduran diri Anda ini layak dan dapat diterima oleh pengurus lain di organisasi tersebut.

Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Sebagai anggota dari Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Islam Syarif Hidayatullah Tangerang, saya yang bertanda tangan berikut ini,

Nama: Muhammad Akbar
Jabatan di BEM: Wakil Ketua
Fakultas: Ekonomi dan Bisnis
NIM: 184577369
Alamat: Jl. Melati X No.12, Gaplek, Tangerang

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Syarif Hidayatullah Tangerang dikarenakan kondisi kesehatan tubuh yang kurang baik sehingga mengharuskan saya untuk melakukan berbagai alternatif pengobatan dan menuntut saya untuk beristirahat secara total.

Oleh karena itu, dengan tujuan demi menjaga jalannya roda organisasi BEM agar tetap maju dan lancar, saudara ketua mencari pengganti untuk posisi yang saya tinggalkan. Saya menyerahkan semua keputusan sepenuhnya kepada pihak BEM.

Saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama ini, ketika saya menjalankan tugas di organisasi terasa kurang maksimal dan terdapat suatu kesalahan ataupun kekeliruan, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja beserta juga dengan hal-hal yang mungkin tidak berkenan di hati para anggota, saya memohon maaf dari lubuk hati yang paling dalam.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat secara sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Saya berharap, kedepannya nanti, pengurus BEM dapat menjadi lebih maju dan bertanggung jawab atas semua amanah yang diemban. Dan saya juga berharap agar semua pihak bersedia memaklumi kondisi saya saat ini yang terpaksa harus mengundurkan diri dari jabatan organisasi. Atas dukungan dan doanya, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Yang menyatakan,

Muhammad Akbar

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan di Suatu Bank

contoh surat pengunduran diri dari bank

Selanjutnya adalah contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan di suatu Bank. Jenis surat ini diperuntukkan bagi Anda bekerja di suatu Bank dan ingin mengundurkan diri dari pekerjaan Anda. Sebaiknya surat pengunduran diri dari Bank ini dibuat dengan pilihan kata yang baik dan bahasa yang sopan. Hal inj bertujuan agar pihak perusahaan dapat menerima pengunduran diri Anda dengan baik. Dan juga Anda dapat menjaga kehormatan diri Anda meskipun keluar dari Bank karena misalnya alasan sebenarnya Anda mengundurkan diri adalah karena faktor bosan. Tetapi Anda harus tetap mengusahakan untuk memberikan alasan yang logis, masuk akal, dan dapat diterima oleh pihak perusahaan.

Surat Pengunduran Diri

Jakarta, 10 April 2019

Kepada
Yth. Direktur Bank Mandiri
Jl. Ciliwung No. 41 Bandung

Dengan Hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan surat pengunduran diri sebagai salah seorang karyawan PT Bank Mandiri,

Nama: Mahfud Junaedi
Alamat: Jl. Soekarno Hatta No. 11, Bandung

dengan ini saya bermaksud mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang selama ini telah diberikan oleh pihak Bank Mandiri kepada saya untuk bekerja sebagai Teller di Bank Mandiri yang merupakan bank nasional dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun.

Ucapan maaf yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada semua pihak dan jajaran manajemen Bank Mandiri. Serta tidak lupa jika terdapat hal yang kurang berkenan yang telah saya perbuat selama bekerja di Bank Mandiri sebagai Teller.

Saya senantiasa berharap agar Bank Mandiri semakin maju dan terorganisir dengan baik di masa kini dan masa mendatang.

Hormat Saya,

Mahfud Junaedi

6. Contoh Surat Pengunduran Diri sebagai Karyawan Perusahaan

Jenis surat pengunduran diri dari suatu perusahaan tentunya akan berbeda dengan surat pengunduran diri dari suatu instansi atau lembaga. Di dalam surat pengunduran diri dari sebuah perusahaan, Anda harus kontekstual dalam membuat isi suratnya. Harus dipastikan bahwa alamat surat dan semua hal yang wajib dicantumkan dalam surat, ada di dalamnya. Hal ini akan membuat surat pengunduran diri Anda menjadi lebih berkualitas dan dapat diterima oleh pihak perusahaan.

Surat Pengunduran Diri

Bandung, 11 Januari 2019

Yth. Dimas Andika
Direktur PT. Sinar Terang
Bandung

Dengan Hormat,

Melalui kedatangan surat ini, saya Sophia Laurent bermaksud mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PT. Sinar Terang sebagai Customer Service terhitung sejak 20 Januari 2019.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya tidak lupa saya haturkan kepada semua pihak PT. Sinar Terang yang telah memberikan kesempatan serta kepercayaan kepada saya. Dan tidak lupa juga saya memohon maaf tak terhingga kepada seluruh keluarga besar PT. Sinar Terang apabila selama bekerja di perusahaan ini saya melakukan suatu kesalahan dan kekhilafan, baik yang disengaja ataupun yang tidak senjaga.

Saya sangat berharap, ke depannya, PT Sinar Terang akan lebih berkembang dan senantiasa mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

Sophia Laurent

7. Contoh Surat Pengunduran Diri sebagai Karyawan Kontrak

contoh surat pengunduran diri pegawai kontrak

Anda sebagai seorang karyawan kontrak sebaiknya juga membuat surat pengunduran diri yang sesuai bila akan berhenti atau keluar dari pekerjaan. Pengajuan surat pengunduran diri yang baik dan benar akan membuat nama Anda baik di mata perusahaan sehingga Anda tidak akan tercoreng apabila hendak melamar ke perusahaan lain. Mari disimak contoh surat pengunduran diri sebagai karyawan kontrak yang bisa dijadikan sebagai rujukan di bawah ini.

Surat Pengunduran Diri

Tasikmalaya, 11 Maret 2019

Yth. Reza Pratama
Direktur PT. Jaya Sejahtera
Tasikmalaya

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya atas nama Silviana Herman bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Jaya Sejahtera sebagai Sales Marketing terhitung sejak 20 April 2019.

Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak PT. Jaya Sejahtera yang telah memberikan kesempatan serta kepercayaan kepada saya untuk bekerja di PT. Jaya Sejahtera. Tidak lupa juga, saya mengucapkan mohon maaf apabila selama bekerja di perusahaan, terdapat sikap atau tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati semua pihak.

Semoga PT. Jaya Sejahtera akan semakin maju dan terus berkembang di masa mendatang.

Hormat Saya,

Silviana Herman

8. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan Yang Disertai Alasan

Jenis surat ini dibuat untuk Anda yang akan mengundurkan diri dari tempat kerja yang di isinya menyertakan suatu alasan tertentu. Alasan mengundurkan diri memang sebaiknya disampaikan secara jelas agar tidak terjadi salah faham antara satu pihak dengan pihak yang lain. Dan ketika Anda menyebutkan alasannya, buatlah alasan yang masuk akal. Jangan membuat alasan yang tidak bagus sehingga membuat nama Anda tercoreng dari perusahaan. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan yang disertai dengan suatu alasan tertentu.

Surat Pengunduran Diri

 

Solo, 21 April 2019

Kepada
Yth. Direktur PT. Pribadi Mulia
Di Solo

Dengan Hormat,

Bersama dengan adanya surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Setia Budi
Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 20, Solo
Jabatan: Akunting

Bermaksud untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PT Pribadi Mulia dikarenakan harus melanjutkan bisnis yang telah berkembang di beberapa kawasan. Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak PT. Pribadi Mulia yang telah menerima dan memberikan pengalaman kerja terbaik kepada saya sampai hari ini.

Permohonan pengunduran diri ini terhitung sejak tanggal 20 Mei 2019.

Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak PT. Pribadi Mulia apabila selama menjabat sebagai Akunting di perusahaan ini, saya sempat melakukan kesalahan ataupun kekeliruan baik yang disenjaga ataupun yang tidak disenjaga.

Semoga ke depannya, PT. Pribadi Mulia akan semakin sejahtera dan maju seiring perkembangan jaman.

Hormat Saya,

Setia Budi

9. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan Yang Baik Dan Sopan

contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan yang baik dan sopan. Semua surat pengunduran diri harus dibuat dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan. Hal itu menunjukkan rasa penghargaan dan penghormatan Anda kepada perusahaan. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari kerja yang baik dan sopan yang dapat dijadikan acuan.

Surat Resign

Yogyakarta, 17 April 2019

Kepada
Yth. Pimpinan Perusahaan Multisarana Sejahtera
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Ahmad Subagyo
Alamat: Wates, Yogyakarta
Jabatan: Direktur Operasional

Bersama ini, saya memohon untuk mengajukan surat pengunduran diri sebagai karyawan di perusahaan Bapak dikarenakan saya harus menjalani perawatan akibat penyakit yang diderita. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Perusahaan Multisarana Sejahtera yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi bagian dari perusahaan selama kurang lebih 5 tahun. Dan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama bekerja di sini ada banyak kesalahan atau kekeliruan yang telah saya perbuat.

Semoga di masa mendatang, Perusahaan Multisarana Sejahtera semakin maju dan dikenal di wilayah nusantara maupun dunia internasional.

Hormat Saya,

Ahmad Subagyo

10. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan sebagai Guru

contoh surat pengunduran diri sebagai guru

Selanjutnya adalah contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan sebagai guru. Jenis surat ini adalah surat pengunduran diri untuk Anda yang menjadi guru di suatu lembaga pendidikan tertentu. Surat pengunduran diru untuk guru berbeda dengan jenis surat lainnya. Anda harus cermat dalam memperhatikan isi suratnya. Berikut adalah ulasan mengenai contoh surat pengunduran diri sebagai guru yang dapat dijadikan sebagai rujukan.

Surat Pengunduran Diri

Lamongan, 11 Februari 2018

Kepada
Yth. Kepala Sekolah SMK Kartini
Lamongan

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini atas nama Siti Badriyah. Bermaksud untuk mengajukan surat permohonan diri dari SMK Kartini Lamongan dengan alasan membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak SMK Kartini yang telah memberikan banyak kesempatan kepada saya untuk mengajar dan mencari pengalaman selama kurang lebih 3 tahun di sekolah ini. Serta tidak lupa saya ucapkan permohonan maaf apabila selama bekerja saya melakukan suatu kesalahan, baik yang disengaja atau tidak disengaja.

Harapan saya, semoga ke depannya, SMK Kartini akan semakin maju dan banyak diminati oleh calon siswa-siswi usia pendidikan.

Hormat Saya,

Siti Badriyah

11. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Sekolah

Selanjutnya adalah surat pengunduran diri dari sebuah organisasi di sekolah, OSIS. Jenis surat ini untuk Anda sebagai anggota kepengurusan OSIS yang harus keluar dari jabatan OSIS karena suatu alasan tertentu. Surat ini harus berbentuk formal namun tidak seformal surat pengunduran diri yang resmi yang ditujukan pada perusahaan.

surat pengunduran diri organisasi sekolah

Akan tetapi, pada umumnya rancangan surat tetap sama. Berikut adalah ulasan tentang contoh surat pengunduran diri dari OSIS yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan.

Surat Pengunduran Diri

Bogor, 11 April 2019

Kepada
Yth. Ketua OSIS SMK Pelajar Pejuang
Bogor

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Ahmad Albar
Jabatan: Bendahara
No. Induk Siswa: 007927

bermaksud mengajukan surat permohonan diri dari jabatan bendahara dikarenakan harus pindah ke sekolah lain. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan. Tidak lupa saya haturkan permohonan maaf apabila selama menjadi pengurus, saya melakukan suatu kesalahan.

Harapan saya, semoga OSIS SMK Pelajar Pejuang Bogor akan semakin maju dan berkembang di masa mendatang.

Hormat Saya,

Ahmad Albar

12. Contoh Surat Pengunduran Diri yang Sederhana

Berikut adalah contoh dari surat pengunduran diri yang sederhana. Jenis surat ini biasanya ditujukan ke tempat kerja atau lembaga yang tidak memiliki aturan dan ketentuan resmi. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan kata-kata yang sederhana dan suratnya juga tidak terlalu panjang seperti contoh-contoh sebelumnya. Walaupun demikian, Anda tetap membuat surat tersebut dengan bahasa yang layak dan enak untuk dibaca. Juga jangan Anda lupa untuk memperhatikan pemilihan font yang digunakan. Mari disimak ulasan mengenai contoh suratnya di bawah ini.

Surat Pengunduran Diri

Kepada
Yth. Pimpinan PT. Makmur Jaya

Dengan Hormat,

Dengan adanya surat ini, saya atas nama Hardiman bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Makmur Jaya sebagai pengemudi distributor dengan alasan pindah tempat tinggal. Saya  berterima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan selama ini. Dan saya mrmohon maaf apabila selama bekerja, saya melakukan suatu kesalahan yang merugikan semua pihak.

Demikian surat ini dibuat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Semoga PT. Makmur Jaya semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Hardiman

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

contoh surat pengunduran diri bahasa inggris

Resign Letter

Bandar Lampung, January 3rd, 2015

Mr. Bagus Alghani
Managing Director
PT. Tunas Mulia
Jl. Bondowoso no.3
Bandar Lampung

Dear Sir,

Through this letter, I inform you that I want to resign from your company starting from January 4th, 2015.

I feel that now is the right time for me to develop my career in other field. I would be grateful if you confirm the acceptance of my resignation and the date. If there is something I have to finish before I go, please let me know.

I also express my gratitude to the company PT. Tunas Mulia for the support and the opportunity that I have gained while I work here. I wish you and the entire team of PT. Tunas Mulia success and continue to provide the best for consumers.

Thank you for your attention and wisdom.

Best Regards

Aria Nugraha Bakasdo

Demikian ulasan mengenai contoh surat pengunduran diri yang dapat dijadikan sebagai acuan atau rujukan bagi Anda yang ingin mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja. Usahakan agar Anda membuat surat pengunduran diri yang tepat dan dengan menggunakan bahasa yang sopan agar nama baik Anda tetap terjaga dan Anda tetap dihargai oleh perusahaan.

Bagikan:

Leave a Comment