16+ Contoh Surat Penawaran Barang, Jasa Dan Kerjasama Dalam Aktifitas Bisnis

Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Dan Tips Pembuatannya. Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai surat penawaran barang dan jasa? Jika ya, mari kita simak isi artikel ini agar lebih memahami semua informasi lengkap dari surat penawaran barang dan jasa.

Kini, kita hidup di zaman ketika para pengusaha telah menjadi salah satu profesi yang banyak digandrungi oleh banyak kalangan. Tidak memandang usia karena kebanyakan dari mereka ada yang masih berusia remaja bahkan yang sudah tua juga masih menggeluti profesi tersebut.

Bagi mereka tentunya sudah tidak asing dengan salah satu jenis surat resmi ini. Karena surat penawaran ini memiliki pengaruh yang besar terhadap pemasaran mereka.

Dengan surat penawaran ini, memudahkan mereka untuk mempromosikan produk mereka. Biasanya surat penawaran ini digunakan oleh para distributor, supplier, atau bahkan perorangan.

Pengertian Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran dan pengertiannya
Contoh Surat Penawaran

Apakah Anda tahu yang dimaksud dengan surat penawaran? Definisi atau pengertian dari surat penawaran barang dan jasa ialah surat yang dibuat untuk menunjukkan maksud dari suatu pihak yang ingin menjalin kerjasama bisnis atau usaha dengan pihak lain. Bentuk kerjasama ini biasanya ialah untuk suatu kegiatan jual beli barang dan jasa, atau suatu penawaran kerja sama bisnis dan usaha.

Sebuah surat penawaran barang dibuat dalam bentuk surat formal yang di dalamnya tertera dengan jelas penjelasan mengenai barang atau jasa yang sedang ditawarkan beserta rincian harganya. Surat penawaran ini dibuat karena ada suatu permintaan penawaran dari calon konsumen tau calon pembeli. Tetapi juga tidak jarang produsen atau distributor memberikan surat penawaran umum kepada konsumen atau sub distributor.

Setelah dibahas mengenai definisi atau pengertian dari surat penawaran barang dan jasa beserta contohnya, kini mari disimak mengenai fungsi dari surat penawaran barang dan jasa.

1. Fungsi Surat Penawaran

 

Contoh Surat Penawaran dan fungsinya
Contoh Surat Penawaran

Sesuai dengan definisi atau pengertian dari surat penawaran barang dan jasa di atas, fungsi utama dari surat ini ialah untuk menawarkan sebuah kerjasama jual beli dengan pihak lain. Di bawah ini ialah beberapa fungsi dari surat penawaran barang dan jasa tersebut, yaitu :

  • Sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan suatu produk kepada pihak lain.
  • Sebagai salah satu cara untuk melakukan kegiatan promosi dari suatu produk.
  • Untuk meningkatkan pemasaran produk, baik itu barang maupun jasa, yang ingin dijual.
  • Sebagai sarana untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain.
  • Untuk membantu memperluas jaringan bisnis atau usaha.

Setelah melihat beberapa fungsi dari surat penawaran tersebut, tentunya kita telah mengetahui bahwa surat penawaran ini sangat penting bagi suatu bisnis atau usaha. Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga cara membuat surat penawaran yang baik dan benar. Tidak ada salahnya kita melihat beberapa contoh surat penawaran yang pernah dikeluarkan oleh perusahaan lain sebagai referensi.

Selanjutnya akan dibahas mengenai tujuan surat penawaran barang dan jasa. Untuk apakah surat ini dibuat, mari disimak informasinya berikut ini.

2. Tujuan Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran dan tujuannya
Contoh Surat Penawaran

Pada umumnya tujuan surat penawaran ialah untuk menawarkan atau memberikan penjelasan tentang suatu produk kepada pihak lain, baik itu barang ataupun jasa, dan di dalam surat tersebut menjelaskan tentang spesifikasi dari suatu produk berikut rincian harganya.

Dapat dikatakan juga bahwa surat penawaran merupakan surat yang berisi informasi tentang barang atau jasa yang diperjual-belikan beserta rincian harganya agar dapat dengan mudah dimengerti oleh konsumen atau pembeli sehingga mereka tertaik untuk membeli atau bekerja sama.

Selain itu, surat penawaran ini juga berperan sebagai dasar kesepakatan dalam hal jual beli atau dalam hal lainnya yang dilakukan kedua belah pihak.
Berikutnya ialah pembahasan mengenai apa saja yang terkandung dalam sebuah surat penawaran barang atau jasa.

3. Isi Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran dan strukturnya
Contoh Surat Penawaran

Beberapa hal pokok atau utama yang menjadi isi dari suatu surat penawaran ialah sebagai berikut :

  • Nama perusahaan yang memberikan penawaran tersebut.
  • Nama, jenis, mutu, merk, dan jumlah dari suatu produk yang ditawarkan.
  • Jumlah stok barang atau jasa yang dapat disediakan kepada konsumen.
  • Harga dari barang atau jasa yang ditawarkan, jika dibeli secara satuan dan jika dibeli dalam partai besar
  • Menawarkan berbagai kemudahan, seperti gratis ongkos kirim, service gratis, garansi, dan bentuk kemudahan lainnya
  • Metode pembayaran yang dapat dilakukan oleh konsumen atau pembeli. Contohnya pembayaran lunas di awal, sistem DP, bayar di tempat, dan lainnya.
  • Menawarkan mengenai potongan harga (apabila ada) jika membeli dalam jumlah tertentu.
  • Cara pengiriman barang atau jasa kepada konsumen atau pembeli.
  • Menyertakan dokumen administrasi pendukung. Contohnya katalog produk, daftar rekam jejak, SIUP, dan NPWP.
  • Coba diperhatikan dengan teliti mengenai isi dari surat penawaran di atas. Selain untuk membuat bahasa penawaran dengan cara yang menarik, sangat penting agar penjelasan mengenai informasi produk, rincian harga, dan informasi lainnya dibuat secara akurat.

Berikutnya adalah pembahasan mengenai ciri – ciri dari sebuah surat penawaran barang dan jasa yang harus kita ketahui sebagai pembeda dari jenis surat lainnya.

4. Ciri – Ciri Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran dan cirinya
Contoh Surat Penawaran

Sebuah surat penawaran dapat dikenali dari karakteristiknya. Di bawah ini adalah beberapa ciri – ciri surat penawaran, yaitu :

  • Bentuk dari surat penawaran ialah surat formal atau surat resmi yang di dalamnya terdapat kop surat dan alamat surat
  • Surat penawaran berisi mengenai informasi produk (barang, jasa, atau bisnis) beserta rincian harganya.
  • Surat penawaran dibuat dengan struktur surat yang baik dan rapih agar dapat memudahkan pihak lain mengerti isinya.
  • Membuat surat penawaran barang dan jasa bukan hanya mengenai tulisan yang berisi tentang penawaran saja. Tetapi ada tata cara penulisannya karena jenis surat ini ialah surat resmi yang mempunyai aturan baku. Jika Anda tidak ingin melakukan kesalahan ketika membuatnya, maka anda wajib untuk memperhatikan beberapa contoh surat penawaran yang sudah ada.
  • Setelah dibahas mengenai pengertian, fungsi, tujuan, isi dan ciri – ciri dari surat penawaran barang atau jasa, mari dilihat beberapa contoh surat penawaran agar kita dapat mengetahuinya secara jelas.

5. Cara Membuat Surat Penawaran Barang atau Jasa

Contoh Surat Penawaran dan cara pembuatannya
Contoh Surat Penawaran

Ketika membuat surat penawaran barang atau jasa, ada beberapa hal yang penting harus kita perhatikan dengan baik. Hal – hal penting tersebut ialah :

1. Kop Surat

Pada bagian kop surat ini harus dilengkapi dengan informasi mengenai perusahaan yang memberi sebuah penawaran, contohnya :

  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Kontak (Telepon, email)

2. Kepala Surat

Biasanya, pada bagian kepala surat dicantumkan keterangan mengenai hal – hal berikut ini :

  • Tanggal pembuatan surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Alamat tujuan surat

3. Kata Pembuka

Biasanya, kata pembuka surat pada paragraf pertama berisi kata “Dengan hormat” dan penjelasan singkat mengenai alasan pengiriman surat penawaran.

4. Isi Surat

Pada bagian isi surat penawaran dijelaskan secara detail mengenai produk dan harga yang sedang ditawarkan kepada calon konsumen atau pembeli. Isi surat penawaran akan lebih jelas jika disertakan dengan keterangan tambahan pada bagian lampiran.

5. Penutup Surat

Pada bagian penutup surat, berisi himbauan dan harapan kepada calon konsumen atau pembeli agar menjalin kerja sama dengan pihak pemberi penawaran.

Contoh Surat Penawaran Terlengkap

Contoh Surat Penawaran paling lengkap
Contoh Surat Penawaran

Di bawah ini ialah salah satu contoh surat penawaran barang yang dibuat dengan format yang sederhana.

PT Sisters Office
Berbagai Peralatan dan Mesin Kantor
Jl. Merdeka No. 25, Bandung – Indonesia
Telp. (022) 72727363, Fax (022) 72727364
Email : marketing@sister.com
—————————–

Nomor : 304/SPB/IV/2019
Lampiran : 2 lembar
Perihal : Surat Penawaran Barang

Kepada
Yth. Direktur PT Schoon Interior
Bp. Rudy Molandy
Jl. Kopo Permai No. 145 Bandung
Di tempat

Dengan hormat,
Dengan adanya surat ini, Kami dari perusahaan PT Sisters Office yang bergerak dalam bidang peralatan dan mesin kantor, hendak menawarkan produk kami kepada perusahaan Bapak. Kami menawarkan produk yang berkualitas dan modern tetapi dengan harga yang lebih murah, serta bergaransi.

Produk – produk yang kami tawarkan kepada Bapak ialah sebagai berikut :

  • Merek dan warna : Fuji Xerox DC SC2121, warna Putih
  • Jenis barang : Mesin Foto kopi
  • Tahun pembuatan : Thn. 2019
  • Harga : Rp 52.000.000,- (harga sudah termasuk PPN 10%)
  • Biaya Ongkos Kirim : Gratis
  • Pilihan Cara Pembayaran : Tunai, Kredit

Besar harapan Kami agar perusahaan Bapak tertarik dengan produk yang kami tawarkan. Kami juga akan memberikan diskon sebesar 10% kepada Bapak untuk pembelian pertama produk kami.

Untuk informasi lebih lanjut, Bapak dapat menghubungi kami di Jl. Merdeka No. 25 Bandung, Telp. (022) 72727363, Fax (022) 72727364.

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Jakarta, 04 April 2019

Hormat Kami,

Rio Ariyanto

Manajer Pemasaran

baca juga: Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Penawaran Barang

Biasanya, surat penawaran barang dibuat oleh suatu perusahaan yang hendak menawarkan suatu barang dalam bentuk fisik kepada konsumen. Baik itu kepada retailer atau penjual eceran maupun end user atau pengguna akhir.

Berikut ini ialah contoh – contoh dari surat penawaran barang.

1. Contoh Surat Penawaran Barang yang Benar

contoh surat penawaran barang properti
contoh surat penawaran

PT SENTOSA JAYA
Ruko Boulevard, Jl. Mendrisio No. 8
Kota Baru Parahyangan, Padalarang
—————————————-

17 Juni 2019

Nomor : 101/06/VI/2019
Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 lembar brosur

Kepada
Manager PT Andrian Corp
Jl. Cut Nyak Dien No. 13
Banda Aceh

Dengan hormat,

Dengan adanya surat ini, kami ingin memperkenalkan diri. Kami dari Perusahaan PT. Sentosa Jaya yang bergerak dalam bidang distributor peralatan dan perlengkapan komputer.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, PT. Andrian Corp. merupakan perusahaan properti yang sedang berkembang pesat di Bandar Aceh dan akan membuka beberapa unit kantor pemasaran di Aceh.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami ingin menawarkan beberapa produk alat dan perlengkapan komputer terbaik untuk mendukung operasional PT. Andrian Corp. Kami melampirkan daftar produk komputer beserta daftar harganya pada lampiran dari surat penawaran ini.

Jika perusahaan Bapak membutuhkan produk dan layanan kami, mohon untuk menghubungi kami di nomor 022-72773362. Dengan senang hati, kami akan membantu mengantarkan produk – produk yang dibutuhkan serta melakukan instalasi. Dan selain itu, kami juga menawarkan harga khusus jika perusahaan Bapak melakukan pembelian lebih dari 5 produk.

Besar harapan kami agar dapat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan Bapak. Jika memang dibutuhkan, kami siap mendatangi kantor Bapak untuk memberikan presentasi lebih lanjut.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama Bapak.

Hormat kami,

PT Sentosa Jaya

Frans Tumbuan

Manager Pemasaran

2. Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

contoh surat penawaran barang elektronik
contoh surat penawaran

PT ELEXINDO MANDIRI
International Trade Contractor and Supplier
Ruko Tangcit, Jl. MT Haryono No. 263
Tangerang
——————————————-

3 Juni 2019

Nomor : 131/06/VI/2019
Perihal : Penawaran Mesin Kontraktor
Lampiran : 1 lembar brosur

Kepada
Yth. Manager PT Megah Buana
Jl. Diponegoro No. 187
Bandung

Dengan hormat,
Surat permintaan penawaran Bapak Destra No. 113/PP/VI/2019 tertanggal 25 Mei 2019 telah kami terima. Sehubungan dengan surat tersebut, maka kami akan menawarkan barang – barang berikut ini:

  1. Mesin Tulis Merek Olivetti Rp 1.500.000 per unit
  2. Mesin Tulis Tipe TRS 739 Rp 2.500.000 per unit
  3. Mesin Foto Kopi merek SHARP Rp 5.500.000 per unit
  4. Mesin Foto Kopi merek XEROX Rp 7.500.000 per unit
  5. Mesin Hitung merek CASIO Rp 2.500.000 per unit
  6. Mesin Hitung merek SHARP Rp 2.000.000 per unit

Jika Bapak setuju dengan penawaran kami, dimohon untuk menghubungi kami di nomor 022.7277227 up. Bapak Santo Budi.

Kami sangat berharap untuk dapat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan Bapak. Jika memang dibutuhkan, kami siap datang untuk memberikan presentasi lebih lanjut.

Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya,

Hormat Kami,
PT Elexindo Mandiri

Santo Budi

Manager Pemasaran

3. Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

contoh surat penawaran barang furniture
contoh surat penawaran

PT MELINDA FURNITURE
Jalan Gatot Subroto No. 343
Telp. 022-72773662, Fax. 022-72773663
——————————————

19 Juni 2019

Nomor : 027/SPBF/VI/2019
Lampiran : 2 Lembar
Perihal : Penawaran Furniture

Kepada
Yth. Direktur PT PROPERTI PRO
JL. Malabar No. 21 Bandung

Dengan hormat,
Melalui surat ini, kami ingin memperkenalkan diri. Kami dari Perusahaan PT. Melinda Furniture yang bergerak di bidang furniture.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, PT. Properti Pro merupakan perusahaan properti yang sedang berkembang pesat di Bandung dan akan membuka kantor cabang di Bali. Sehubungan dengan hal tersebut, kami ingin menawarkan kerja sama dalam hal pengadaan furniture.

Adapun beberapa produk furniture yang akan kami tawarkan antara lain :

  1. Meja komputer
  2. Kursi dan meja kerja
  3. Lemari
  4. Meja dan sofa ruang tamu
  5. Papan pembatas antara karyawan

Bersamaan dengan surat ini, kami juga melampirkan brosur peralatan dan petunjuk manualnya. Jika Bapak / Ibu tertarik dengan penawaran ini, kami akan mengirim staff kami untuk memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai produk – produk yang dibutuhkan.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Bapak / Ibu.

Hormat kami,

Maya Arinda

Direktur Pemasaran

baca: Contoh Surat Kuasa

4. Contoh Surat Penawaran Barang Peralatan Kantor

contoh surat penawaran alat kantor
contoh surat penawaran

PT. BERKARYA
Jalan TB. Simatupang No. 134 Jakarta
Telp. 021-34562765 Email: berkaryaofficial@gmail.com

Jakarta, 5 Mei 2019
Nomor : 34/Kar/V/2019
Perihal : Penting
Lampiran : 2 lembar

Kepada
Yth. PT Mitra Utama
Jl. Babakan Jati No. 32
Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan surat yang kami terima dengan nomor 022/mtr-u/IV/2019 yang berisi mengenai permintaan data barang berupa peralatan kerja kantor kepada perusahaan yang kami kelola, maka dengan surat ini kami menawarkan beberapa produk yang menjadi unggulan di perusahaan kami.

Bersamaan surat ini juga, kami melampirkan brosur yang berisi tentang produk – produk yang kami produksi. Selain itu, kami juga ingin menawarkan potongan harga khusus untuk pembelian pada bulan ini sebesar 16% untuk pembelian sebelum tanggal 16 Mei 2019. Garansi yang kami berikan ialah selama 1 tahun pemakaian untuk setiap produk. Pembayaran dapat dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 35% dari jumlah produk yang dibeli dengan angsuran yang akan dijelaskan pada brosur yang dilampirkan.

Demikian surat penawaran barang dari perusahaan kami. Besar harapan kami untuk dapat menerima pesanan dari mitra yang Bapk / Ibu kelola. Semoga ini dapat menjadi awal kerja sama yang baik untuk kedua belah pihak. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,
Berkarya

Bambang Widjarnako

Manager Pemasaran

Contoh Surat Penawaran Jasa

Contoh Surat Penawaran jasa
Contoh Surat Penawaran

Surat penawaran jasa dibuat dan dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang akan menawarkan suatu jasa atau layanan kepada pihak lain. Berikut ini ialah contoh surat penawaran jasa.

1. Contoh Surat Penawaran Jasa Konsultan

GR CONSULTING GROUP
Konsultan Akuntansi dan Bisnis Usaha Kecil Menengah
Ruko Tangcit, Jl. MT Haryono No. 106
Tangerang
—————————————

5 Juni 2019

Nomor : 21/05/VI/2019
Perihal : Penawaran Jasa Akuntansi
Lampiran : 1 (satu) berkas

Kepada
Yth. Manager PT Eka Putra Perkasa
Jl. Jend. Sudirman No. 387
Bandung

Dengan hormat,
Bersamaan dengan surat ini, perkenankan kami untuk dapat memberikan penawaran jasa akuntansi kepada perusahaan PT Eka Putra Perkasa. Adapun beberapa jasa GR Consulting Group meliputi :

  1. Kursus / Privat / Pelatihan (Dasar Akuntansi / Dasar Perpajakan / MYOB Accounting)
  2. Pengisian SPT Masa (PPh21 & PPN) dan SPT Tahunan
  3. Penyusunan & Pembenahan Sistem Akuntansi
  4. Audit Operasional / Stock Opname cabang
  5. Komputerisasi Akuntansi Usaha Kecil Menengah
  6. Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah

Untuk informasi lebih lanjut, dimohon untuk menghubungi kami di:

  • Situs : www.grconsulting.com
  • Email : kontak@grconsulting.com
  • Telp : 022.72777227

Besar harapan kami agar dapat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan Bapak / Ibu. Jika dibutuhkan, kami siap datang untuk memberikan presentasi lebih lanjut. Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya,.

Hormat Kami,
GR Consulting Group

Susi Meranti

Manager Pemasaran

2. Contoh Surat Penawaran Jasa Katering

contoh surat penawaran katering
contoh surat penawaran

CV. ARLINA CATERING
Jl. Pelindung Hewan No. 120, Bandung
Telp. 022-5424899
arlina.catering@gmail.com
——————————————–

Perihal : Penawaran Jasa Katering

Lampiran : List Katering

Kepada
Yth. Bapak/ Ibu Ratna Siahaan
Manajer Operasional
Pure Wedding Organizer
Jakarta Pusat

Dengan hormat,
Arlina Catering merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa katering yang telah berdiri selama 12 tahun. Bersama dengan surat ini, ijinkan kami untuk menawarkan jasa katering kami agar dapat bekerja sama dengan perusahaan Wedding Organizer.

Kami berkomitmen untuk memberikan penawaran harga dengan kualitas layanan terbaik jika Bapak / Ibu bersedia bekerja sama dengan kami.
Terkait dengan menu yang kami sediakan beserta daftar pilihan harganya, Bapak / Ibu dapat melihatnya di berkas yang kami lampirkan beserta dengan surat penawaran ini.

Demikianlah surat penawaran jasa katering ini kami sampaikan. Besar harapan kami untuk dapat bekerja sama dengan perusahaan wedding organizer yang Bapak / Ibu pimpin.

Kami mengucapkan terimakasih atas waktu dan kerjasamanya.

Hormat Kami,
Arlina Catering

Santi Fitria

Manager Pemasaran

3. Contoh Surat Penawaran Jasa Servis AC

contoh surat penawaran jasa service ac
contoh surat penawaran

CV. EXCELLENT SERVICE
PERBAIKAN, PEMASANGAN, DAN PERAWATAN AC
Jalan Pelajar Pejuang No. 93 Lingkar Selatan – Bandung
HP: 0819123654123 email: excellentservice.maintenance@yahoo.co.id
——————————————————

Bandung, 23 Januari 2019
Nomor : 08/air-main/I/2019
Perihal : Penawaran Jasa Servis
Lampiran : –

Kepada
Yth. Bapak Nuryanto
Manager Wisma Ahadiat
Di tempat

Dengan hormat,
Bersamaan dengan surat ini, perkenankan kami untuk mengenalkan mitra kami kepada bapak pimpinan Wisma Ahadiat. Mitra kami adalah merupakan mitra yang bekerja di bidang servis dan maintenance AC. Kami melayani berbagai servis, baik untuk perbaikan AC, pemasangan AC baru atau lama, steam atau pencucian AC, dan hal – hal yang berhubungan dengan perbaikan dan perawatan AC.

Wisma yang bapak kelola akan menjadi semakin terasa lebih nyaman karena kondisi AC yang baik dan terawat dengan adanya kerjasama servis dan maintenance ini yang dikerjakan oleh tim yang profesional. Salah satu keinginan setiap pengelola penginapan ialah memiliki mesin AC yang tahan lama dan baik pasti menjadi. Berikut di bawah ini kami sertakan rincian biaya pemasangan dan perawatan AC secara berkala, yaitu :

No Jenis Pekerjaan PK Harga (Rp)

1. Cleaning AC split 0,5 – 1 100.000
2. Cleaning AC split 1,5 – 2,5 115.000
3. Tambah preon AC Per PK 130.000
4. Isi Preon AC dari 0 Per PK 185.000
5. Biaya Perbaikan – Menyesuaikan kerusakan
6. Biaya Pasang AC Split 0,5 – 1 185.000
7. Biaya Pasang AC split 1,5 – 2,5 230.000

Demikian surat penawaran perbaikan dan penawaran AC ini. Kami mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,

Excellent Service

4. Contoh Surat Penawaran Bimbingan Belajar (Bimbel)

contoh surat penawaran bimbingan belajar
contoh surat penawaran

CV. GANESHA PUTRA PERKASA
BIMBINGAN BELAJAR SD, SMP, SMA, UN, SBMPTN, DAN UMPTKIN
Jalan Sisingamaraja KM 11 Nomor 232 Rancaekek Bandung
email: ganeshaputraperkasa@gmail.com web: ganeshaputraperkasa.blogspot

Bandung, 12 Januari 2019
Nomor : 12/34/SK-nmb/I/2019
Perihal : Penawaran Bimbingan Belajar
Lampiran : –

Kepada
Yth. Kepala SMA Bhakti Kencana
Di tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan mulai masuknya pendidikan pada semester genap, yang mana para siswa – siswi kelas akhir akan menghadapi Ujian Nasional (UN), kami selaku pimpinan lembaga Ganesha Putra Perkasa bermaksud untuk menawarkan kerja sama dengan adanya bimbingan belajar yang diperuntukkan bagi siswa siswi kelas akhir.

Diadakannya bimbingan belajar bagi siswa siswi kelas akhir merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mematangkan kesiapan mereka dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan diadakan pada bulan April mendatang. Kami memiliki metode belajar dengan cara baru yang dapat membantu siswa siswi dengan mudah dalam mengerjakan soal – soal Ujian Nasional (UN). Tim pengajar yang berada dalam naungan bimbingan belajar (bimbel) kami, merupakan para pengajar yang telah bersertifikat dan menguasai materi – materi terkait soal – soal Ujian Nasional (UN). Sehingga tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitas para pengajar kami.

Apabila bapak / ibu berkenan memberikan kepercayaannya kepada lembaga kami, silahkan menghubungi nomor telpon 022-83245422 atau email ke ganeshaputraperkasa@gmail.com. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama Bapak / Ibu.

Hormat kami,
Ganesha Putra Perkasa

Herlan Anggara, M. Pd

Manager Ganesha Putra Perkasa

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

contoh surat penawaran kerjasama
surat penawaran

PROPOSAL PENAWARAN

LATAR BELAKANG
Berkaitan dengan akan diselenggarakannya proses Penerimaan dan PengenalanMahasiswa Baru (OSPEK) di Kampus FMIPA UNPAD tahun 2007, kami atasnama MG Clothing menawarkan jasa dan produk pembuatab garment sebagai perlengkapan dalam kegiatan tersebut. Sebagai informasi, perusahaan kami telah berdiri sejak tahun 1998 dan telah memproduksi garment stuff untuk promosi ataukeperluan instansi, sekolah, perusahaan swasta hingga produk-produk untuk branddan department store terkemuka. Kami tidak banyak mengungkapkan jani-janjiataupun membagakan diri disini, tetapi biarlah produk kami yangmembuktikannya.

MAKSUD DAN TUJUAN
Besar harapan kami agar tercipta sebuah jalinan kerjasama yang dapatmenguntungkan kedua belah pihak, yang mana Insya Allah kami siap membantudalam hal pengadaan Atribut untuk kepentingan Proses Penerimaan danPengenalan Mahasiswa Baru (OSPEK) di Kampus FMIPA UNPAD.

DATA PERUSAHAAN
– Nama : MG Clothing
– Alamat : Jalan Kopo No 32, Bandung
– telp. : 02291230640MG

Clothing didirikan pada tahun 1993, Konveksi, Supplier, Percetakan sertaConsultan adalah bisnis utama MG, yang dikembangkan dengan menjunjungtinggi tanggung jawab kerja. Kekecewaan klien adalah hal nomor satu yangdihindari, sehingga untuk setiap langkah yang diambil, kepuasan klien menjadi satu-satunya acuan. MG dibangun di atas dasar pengalaman matang para pendirinya serta didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya.

PERSETUJUAN KERJA
Pemesanan akan dituangkan dalam PO dan MOU pembayaran, yaitu:

– Pembayaran I, DP 50% pd saat PO dikeluarkan.
– Pembayaran II, pelunasan max 14 hari dari tanggal Faktur. ( atausesuai dengan agreement/perjanjian tertulis ).
– Harga dapat disesuaikan dengan jumlah order sebenarnya(negotiable).

PENUTUP
Akhirnya tanpa mengurangi rasa hormat, kami akan sangat berterima kasihapabila pihak bapak dapat memberikan balasan berupa jawaban atas penawaranyang kami ajukan. Atas perhatiannya kami ucapakan banyak terima kasih.
Hormat kami

Asisten

MarketingManager

Kesimpulan

Dalam sebuah surat penawaran, yang ditawarkan bukan hanya berupa barang, dapat juga untuk menawarkan jasa. Walaupun pada umumnya, surat ini keluar setelah adanya surat permohonan dari pihak yang membutuhkan barang atau jasa yang dimaksud. Surat ini juga berfungsi sebagai surat penawaran kerja sama antar satu pihak dengan pihak lainnya.

Demikian penjelasan lengkap mengenai contoh surat penawaran barang, jasa, serta cara untuk membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Bagikan:

Leave a Comment