14 Contoh Pidato, Singkat, Persuasif, Perpisahan, Pendidikan, Kesehatan, dll

Contoh pidato, naskah pidato, teks pidato tentang berbagai tema – Contoh Pidato dan Penjelasan Lengkap Tentang Jenis, Ciri hingga Metodenya. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai contoh pidato. Beberapa orang pasti bingung pada saat akan berpidato, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan serta contoh pidato secara lengkap hanya untuk Anda. Langsung saja yuk kita simak ulasannya.

Pengertian Pidato Menurut Para Ahli

pengertian dan contoh pidato
contoh pidato terbaik

Definisi pidato sangat beragam dari beberapa ahli, berikut beberapa ahli yang telah mendefiniskan dan menafsirkan pidato sesuai pandangan mereka:

  1. Arsjad
    Arsjad mendefiniskan pidato sebegai suatu kegiatan oleh seseorang yang bertujuan untuk memberikan gagasan, ide serta konsep dari pembicara kepada khalayak banyak dimuka umum. Tujuan pidato untuk meyakinkan pendengar atas gagasan yang telah disampaikan oleh pembicara.
  2. Emha Abdurrahman
    Emha Abdurrahman mendefinisikan pidato sebagai kegiatan untuk menyampaikan uraian serta pendapat yang dilakukan oleh seseorang melalui lisan terkait sesuatu hal atau masalah dengan mengutarakan uraian persoalan menggunakan kalimat yang jelas dimuka massa.
  3. Syam
    Syam mendefinisikan pidato sebagai sebuah teknik berbicara dimuka umum dengan menggunakan kata-kata serta bahasa yang efektif, menampilkan keterampilan dan kemahiran seseorang dalam melakukan pemilihan kata guna mempengaruhi pendengar.
  4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato didefinisikan sebagai ungkapan pemikiran yang tersampaikan dalam bentuk kata-kata untuk orang banyak, serta wacana yang telah disiapkan untuk disampaikan didepan khalayak umum.
  5. Wikipedia
    Sedangkan menurut Wikipedia pidato diartikan sebagai suatu kegiatan berbicara di depan umum atau orasi yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai suatu hal serta pendapat.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pidato merupakan suatu ucapan yang memperhatikan susunan kata untuk disampaikan kepada khalayak umum atau orang banyak. Beberapa contoh pidato antara lain pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara, pidato kenegaraan dan lainnya.

Jenis-Jenis Pidato

jenis dan contoh pidato
contoh pidato dan naskahnya

Dalam beberapa kesempatan melihat pidato, mungkin Anda masih kesulitan dalam membedakan jenis dari pidato yang disampiakan oleh pembicara. Berikut diterangkan beberapa jenis pidato yang sering digunakan oleh seseorang dalam berpidato:

  • Pidato pembukaan
    Pidato pembukaan merupakan pidato singkat yang dibawakan oleh MC atau pembawa acara sebelum memulai acara. Contohnya: pidato pembukaan Asian Games oleh Presiden Indonesia.
  • Pidato sambutan
    Pisato sambutan yaitu pidato yang disampaikan oleh pihak penyelenggara acara, event atau lainnya dengan batasan waktu tertentu. Contohnya: sambutan sambutan kepala sekolah dalam lomba antar kelas.
  • Pidato Pencerahan
    Pidato pencerahan diartikan sebagai pidato yang bertujuan mengarahkan audiens pada suatu pertemuan atau rapat. Contohnya: pidato pencerahan untuk tidak golput dalam pemilu 2019.
  • Pidato Laporan
    Pidato laporan adalah pidato yang isinya tentang laporan suatu tugas, pekerjaan atau kegiatan lainnya. Contohnya: pidato laporan pendapatan final piala presiden.
  • Pidato pertanggung jawaban
    Pidato pertanggung jawaban biasanya disampaikan oleh seseorang terkait laporan hasil penyelenggaraan suatu acara atau event. Contonya: pidato hasil penyelenggaraan event Asians Para Games.
  • Pidato peresmian
    Pidati peresmian yaitu pidato yang pelaksanaannya dilakukan ketika meresmikan suatu proyek, bangunan atau kegiatan lainnya. Contohnya: Pidato peresmian MRT Jakarta.

Ciri-Ciri Pidato

ciri dan contoh teks pidato
contoh pidato

Pidato memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Isinya mengandung kebenaran
  • Memiliki tujuan yang terarah
  • Penyampaiannya mengikuti pendengar yang kita tuju
  • Jelas dan menarik dalam penyampaiannya
  • Menggunakan intonasi, artikulasi serta volume suara yang jellas
  • Intonasi merupakan naik turunnya kalimat
  • Artikulasi merupakan bagaimana melafalkan bunyi bahasa
  • Volume yaitu kuat lemahnya dalam mengucapkan kata atau kalimat

Metode-Metode dalam Pidato

metode dalam menyampaikan contoh pidato
contoh pidato

Ketika Anda ingin berpidato, tedapat beberapa metode yang dapat Anda gunakan agar pidato yang disampaikan jelas, informative dan menarik. Berikut beberapa metode dalam pidato:

  1. Metode Naskah
    Metode naskan yaitu teknik berpidato dengan menyiapkan naskah yang aka disampaikan kepada khalayak umum sebelumnya. Naskah yang dibuat berupa alur berpidato mulai pembukaan, isi sampai dengan penutup untuk memudahkan pembicara dalam menyampaikan informasinya. Metode ini umumnya digunakan pada acara resmi formal.
  2. Metode Hafalan (Memoriter)
    Metode menghafal membutuhkan daya ingat dari pembicara yang tinggi. Pembicara akan menyampaikan pidatonya sesuai apa yang telah diingat sebelumnya. Ketika menggunakan metode ini, usahakan untuk mengingat poin-poin penting mengenai informasi yang akan disampaikan didepan umum.
  3. Metode Serta Merta (Impromptu)
    Metode serta merta menitikberatkan pada spontanitas dari pembicara. Metode ini dilakukan tanpa adanya persiapan sebelum berpidato, umumnya pembicara pada metode ini merupakan orang yang sudah berpengalaman dan berpengetahuan luas. Sehingga, metode ini akan digunakan untuk keadaan darurat dan spontanitas.
  4. Metode Ekstemporan
    Metode ekstemporan yaitu berpidato dengan cara menyiapkan catatan-catatan penting secara garis besar untuk memudahkan pembicara dalam menyampaikan informasi secara teratur dan sistematis.

Fungsi Pidato

fungsi dan contoh pidato
contoh pidato

Pidato mempunyai beberapa fungsi utama diantaranya:

  1. Mempermudah komunikasi
    Adanya pidato menjadi jembatan komunikasi antara pembicara dan pendengar. Pembicara akan menyampaikan ide, gagasan serta informasi yang kemudian terjadi timbal balik antar audiens, sehingga akan tercipta interaksi dalam acara tersebut.
  2. Media komunikasi organisasi
    Dalam sebuah organisasi komunikasi antar anggota maupun pengurus sangat penting. Salah satu metode komunikasinya yaitu melalui pidato, dimana ketua akan menyampaikan informasi penting dalam pidato tersebut kepada anggotanya.
  3. Menciptakan suasana kondusif
    Pidato dinilai sangat efektif untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai. Sehingga, adanya pidato dapat menggerakkan massa dengan orasi dari pembicara untuk menciptakan suasana yang diharapkan, bukan hanya kondusif tetapi juga suasana-suasana lain.
  4. Menciptakan hubungan yang harmonis
    Pidato dapat juga menciptakan suatu hubungan yang harmonis antar pemipin, karyawan, teman dan lainnya. Penyampaian pidato secara langsung dan salah satu media menyampaikan kritik dan saran menjadi pencipta hubungan yang harmonis.

Tujuan Pidato

tujuan dan berbagai contoh teks pidato
contoh naskah pidato
  • Mempengaruhi pendengar (Persuasi)
    Tujuan dari pidato salah satunya yaitu untuk mempengaruhi pendengar agar mengikuti keinginan yang pembicara harapkan. Pidato yang merayu, bersemangat dan menarik akan membuat pendengar menjadi teratrik dan terpengaruh sesuai harapan pembicara.
  • Memberikan informasi
    Pidato merupakan salah satu media dalam menyampaikan informasi baik secara langsung maupun media elektronik dan sosial. Penyampaian informasi akan lebih jelas karena informasi yang diberikan berasal dari pembicara secara langsung tanpa perantara orang lain. Informasi yang umumnya disampaikan meliputi ide, gagasan, konsep, petunjuk dan lain sebagainya.
  • Menyenangkan orang lain (hiburan atau rekreasi)
    Tujuan lain pidato yaitu memberikan kesenangan, hiburan bagi pendengar, sehingga mereka yang mendengarkan pidato akan merasa puas, semangat dan jelas terhadap informasi yang disampaikan oleh pembicara.

Tatacara dan Etika dalam Berpidato

tata cara dan etika contoh pidato
contoh pidato

Tata cara dalam berpidato merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang pembicara. Sedangkan, etika berpidato lebih merujuk kepada nilai-nilai kepatutan yang harus diperhatikan serta digunakan sebagai pedoman ketika seseorang sedang berpidato.

Tata cara berpidato memiliki urutan atau langkah-langkah meliputi pembukaan, sajian isi pidato dan penutup. Pembukaan dapat berupa salam, rasa hormat, rasa syukur atas adanya acara tersebut. Sajian isi pidato meliputi pokok bahasan, ide, gagasa serta informasi yang akan disampaikan oleh pembicara. Sedangakn penutup dapat berisi kesimpulan, ucapan terima kasih dan pesan yang membangun.

Etika berpidato menjadi nilai atau kaidah yang patut diperhatikan oleh pebiicara, dapat juga digunakan sebagai pedoman. Nilai-nilai kebaikan serta adat yang berlaku perlu diketahui, dikarenakan setiap daerah, tempat, orang memiliki pemahaman yang berbeda. Nilai-nilai tersebut seperti tidak menyinggung perasaan orang lain, berkata sopan, menghargai keberagaman, membangun optimisme dan senantiasa memberikan contoh yang mulai.

Kerangka Susunan Pidato

Skema susunan pidato yang baik dan sering digunakan oleh pembicara yaitu:

1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan
3. Isi pidato
4. Penutup

Sistematika dalam Berpidato

sitematikan dalam membacakan teks contoh pidato
contoh pidato

Dalam berpidato seharusnya memiliki sistematika atau alur penyampainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Pendahuluan atau pembukaan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan kepada para audiens yang disampaikan secara runtut
  4. Ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  5. Pengantar ke topik atau isi
  6. Isi
  7. Penutup
  8. Ucapan terimakasih
  9. Salam

Persiapan dalam berpidato

Sebelum memberikan pidato di depan khalayak banyak, sebaiknya untuk melakukan berbagai persiapan yang matang. Berikut persiapan sebelum berpidato antara lain:
1. Mengetahui Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Menyiapkan berbagai bahan dan perlengkapan pidato seperti power point, media pidato, gambar dan lainnya.
3. Mengetahui durasi atau lama waktu pada saat berpidato
4. Mengetahui tema acara yang akan dihadiri.
5. Menyusun kata-kata dan kalimat atau membuat catatan sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Berpidato

  1. Penulisan dalam Teks Naskah Pidato
    Penulisan suatu naskah pidato harus menuangkan ide gagasan ke dalam bentuk tulisan atau catatan yang siap untuk dibacakan. Pemilihan kosakata, paragraf, serta kalimat dalam menulis naskah pidato pada hakekatnya tidak jauh-jauh berbeda dengan menulis naskah lain. Kosakata dan pemilihan bahasa akan disesuaikan kepada apakah pidato tersebut formal atau nonformal.
  2. Penyuntingan dalam Teks Naskah Pidato
    Naskah pidato perlu disunting seperti halnya artikel maupun naskah. Melalui penyuntingan tersebut, naskah pidato dapat diharapkan menjadi lebih sempurna.bagian-bagian yang seharusnya perlu adanya penyuntingan yaitu dibagian isi, bahasa, dan penalaran. Isi dari naskah pidato perlu diperhatikan kembali apakah sudah sesuai dengan tujuan pidato, tema, calon pendengar, serta sesuai dengan acara kegiatan yang dihadiri.

Kemudian, isi naskah pidato harus representativ, informatif dan menggambarkan tema yang akan dibawakan. Penyuntingan terhadap bahasa lebih difokuskan kepada pilihan jenis kalimat, kosakata dan paragraph. Kata, kalimat, dan satuan gagasan dalam paragraph menjadi pokok penting dalam naskah pidato.

Terakhir, penalaran dalam naskah pidato harus disunting kembali untuk lebih memastikan apakah isi naskah pidato tersebut telah dikembangkan dengan menggunakan penalaran yang sudah tepat, misalnya dengan pola induktif, deduktif, ataupun campuran.

Contoh Pidato yang Baik dan Benar Berdasarkan Jenisnya

kompilasi contoh pidato yang bisa dipelajari
contoh pidato

Untuk memudahkan pembaca memahami jenis-jenis pidato dan belajar berpidato berikut diberikan beberapa contoh pidato singkat:

1. Contoh Pidato peresmian

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh
Yang terhormat Bapak Walikota Madiun
Yang terhormat Direktur Utama PT. INKA
Yang terhormat hadirin sekalian yang berbahagia

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga kita dapat bertemu dipagi hati yang indah ini tanpa suatu halangan apapun. Sholawat serta salam selalu kita haturkan kepada junjungan kita Nabi terakhir Nabi Muhammad SAW.

Saya disini selaku pimpinan PT. INKA Persero Kota Madiun berterima kasih atas para hadirin atau rekan kerja dengan diberinya kesempatan kepada saya untuk sekedar menyampaikan ucapan selamat atas peresmiannya Kantor baru PT. INKA Persero di Kota Madiun.

PT. INKA merupakan salah satu industri kereta api terbesar di Asia dan sebagi produsen yang sudah banyak mengekspor kereta api ke berbagai negara. Produk yang telah kami produksi baik lokomotif, gerbong kereta, kereta barang, kereta logistik, kereta penumpang yang memiliki kualitas tidak kalah dengan produksi luar negeri. Kedepan, kita semua harapkan industri ini menjadi salah satu industri terbesar didunia dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi putra-putri terbaik bangsa.

Semoga dengan kantor yang baru menjadikan perusahaan semakin meningkat, karyawan bekerja nyaman dan maju. Sebab mengingat kebutuhan akan alat transportasi khususunya kereta api sangat tinggi permintaannya, baik didalam negeri maupun diluar negeri.

Dengan diresmikannya kantor ini dapat memacu kinerja karyawan dan produksi kereta api yang semakin maju dan disegani oleh masyarakat seluruh dunia. adanya kantor baru PT. INKA diharapkan juga dapat menyerap putra-putri lulusan terbaik dari seluruh sekolah di Maidun untuk bergabung bersama kami memajukan industri kereta api.

Maka dari itu saya berterimakasih sebanyak-banyaknya atas berdirinya kantor baru perusahaan ini. Akhir kata marilah kita bersama-sama memohon kehadirat Allah SWT semoga PT. INKA ini akan berkembang luas dan selalu dapat memperhatikan kualitas yang dikehendaki konsumen.
Sebagai penutup pada kesempatan ini saya nyatakan kantor baru PT. INKA Kota Madiun resmi beroperasi.
Demikian yang dapat saya sampaikan, bila ada yang salah saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

2. Contoh Pidato Sambutan

contoh pidato sambutan
pidato

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

Yang saya hormati Direktur PT. Pangan Sejahtera, Bapak Budi Winarko atau yang mewakili, yang kami hormati Bapak Muhammada Rifai bin Syamsudin Noor selaku pembicara, yang kami hormati Bapak Andi Rahman Wijaya selaku moderator, dan hadirin peserta seminar sekalian yang berbahagia.

Kami selaku panitia mengucapkan selamat datang kepada hadirin yang telah meluangkan waktu hadir disini. Seminar kita pada hari ini ini akan membahas topik “Belajar wirausaha untuk pemula dan umum” dan seminar ini akan diperuntukkan bagi semua masyarakat tanpa terkecuali baik yang telah mempunyai jiwa kwwirausahaan ataupun yang belum memiliki jiwa kewirausahaan.

Pendidikan kewirausahaan ini sangat penting dan menarik untuk dibahas. Acara seminar pada kali ini bertujuan untuk memberikan pandangan dan bekal kepada hadirin sekalian yang ingin belajar kewirausahaan.

Oleh karena itu, pada hari ini kita bersama akan mendengarkan presentasi mengenai “Belajar wirausaha untuk pemula dan umum” yang akan disampaikan oleh Bapak Muhammada Rifai bin Syamsudin Noor. Selanjutnya, acara akan disambung dengan sesi tanya jawab.

Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan selaku panitia acara, semoga acara pada kesempatan kali ini dapat terlaksana dengan lancar dan memberikan ilmu pengetahuan bagi para hadirin sekali. Kurang lebihnya saya mohon maa, dan saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang membantu terselenggarannya acara ini

Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

3. Contoh Pidato Pertanggung Jawaban

pidato pertanggungjawaban
contoh pidato

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji dan syukur hanya kepada Allah SWT semata. Pencipta semesta alam yang tidak pernah lupa untuk mengawasi segenap hambanya baik di langit maupun di bumi. Semoga Allah SWT. senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita, sehingga kita dilindungi dan diridhoi. Shalawat dan salam selalu kita limpahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Beliaulah yang menjadi penuntun kita menuju jaman yang mulia ini dan kelak di Akhirat.

Penghormatan kami haturkan kepada pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah, Bapak Achmad Budi S.Pd, serta hadiri lainnya yang berkenan hadir di tempat ini. Tak ada sesuatu yang datang menemui kita niscaya sesuatu tersebut akan berakhir. Begitupula kehidupan kita nantinya pasti adanya perpisahan. Maka dari itu, sebuah hal yang wajar apabila sebuah perjalanan singkat ini menemui akhirnya. Pada kesempatan ini saya sebagai Ketua OSIS akan memberikan laporan pertanggung jawaban selama saya menjabat.

Hadirin yang saya hormati,
Dalam periode yang telah kami lewati, tentulah ada yang datang dan yang pergi. Pergi berarti beralih hilang, pergi bukan berarti pula sirna. Pergi merupakan sebuah proses fitrah yang akan kita lalui bersama kelak. Sesungguhnya pencipta kita nantinya juga akan meminta pertanggung jawaban selama di bumi. Sehingga, laporan pertanggungjawaban ini merupakan awal pertanggungjawaban saya didunia dan semoga menjadi jalan dipermudahkan nanti di akhirat.

Rekan-rekan yang saya hormati.
Secara umum, kegiatan yang telah kami lakukan pada periode jabatan kami terbagi kedalam 2 program. Pertama adalah agenda yang terprogram yang sudah tersusun ketika rapat kerja awal. Kedua adalah program insidentil yang kami sesuaikan dengan kondisi yang ada. Oleh karena itu, setiap menjalankan program yang terpenting yaitu tujuan dan membangun kebersamaan dalam berorganisasi.

Setiap periode tentulah memiliki keberhasilan dan kekurangan tersendiri yang tidak dapat disamakan satu dengan lainnya. Ketersediaan SDM, serta moril individu yang ada, semangat bersama, turut menunjang keberhasilan suatu program. Kami menyadari, diantara sejumlah program yang merupakan bagian dari rekomendasi dari pengurus sebelum kami ada yang tidak sepenuhnya kami selesaikan secara sempurna.

Hadirin yang saya hormati.
Dalam pelaksanaan program, ada beberapa inovasi yang telah kami capai dengan beberapa perbaikan dan pengembangan konsep. Ada pula beberapa konsep dan ide inovatif yang belum terpikir dan dilaksanakan para periode sebelumnya. Hal ini tentunya sebuah kemajuan yang patut diapresiasi, ini juga patut kami banggakan dari segenap unsur pengurus yang telah menyumbangkan setidak-tidaknya ide tersebut guna dijadikan program kerja yang telah dilaksanakan.

Sebagai akhir pidato saya kali ini, saya berpesan agar penerus kita selanjutnya bekerja dengan sepenuh hati, membanggakan sekolah almamater ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih sekali lagi kepada Pembina, pengurus dan teman sekalain atas dedikasinya dan pengorbanan waktu serta tenaganya untuk menjalankan OSIS pada periode ini. Sebuah perpisahan bukan sebuah kesirnaan tetapi sebuah keluarga yang sedang berjuang, jangan putus tali kekeluargaan kita sampai kapanpun.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

4. Contoh Pidato Pencerahan (pengarahan)

contoh pidato pengarahan
contoh pidato

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru SMP Negeri Bina Nusa, serta hadirin yang berbahagia. Marilah kita ucap puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayahnya, sehingga kita semua dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat tanpa ada kekurangan apapun.

Hadirin yang berbahagia.
Seperti yang kita ketahui, kesehatan sangatlah berharga. Oleh karenanya, selalu perhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Seringkali kita dapati minuman dengan aneka warna, rasa dan berbagai macam bentuk. Ada yang berupa minuman kemasan bernenergi, bersoda, isotonic, minuman penyegar, dan minuman yang menawarkan pemanis buatan dengan aneka rasa yang menggoda yang dikategorkan minuman instan.

Dengan kemasan yang menggoda dan merek yang berbeda-beda. Minuman instan mudah sekali didapat melalui gerai-gerai atau toko-toko yang ada disekitar kita. Namun, taukah anda jika minuman yang begitu menarik ini hampir tidak memiliki sisi positif bagi kesehatan kita? Tetapi kita dengan segarnya meminum air tersebut untuk mengilangkan dahaga.

Tubuh manusia terdiri atas 55 % hingga 78 % merupakan air, bergantung dari besarnya ukuran tubuh. Tubuh dapat bermetabolisme dengan baik apabila mengkonsumsi air putih sebanyak 1 – 7 liter setiap harinya untuk menghindari risiko dehidrasi. Tentunya, jumlah tersebut bergantung pula dengan kondisi seseorang.

Misalnya, seseorang yang hidup di wilayah tropis dengan suhu sedang hingga panas berbeda kebutuhan airnya dengan mereka yang ada di Korea yang sedang mengalami musim dingin atau salju. Contoh lain, seseorang yang bekerja di sawahgdengan panas matahari menyengat berbeda kebutuhan airnya dengan yang bekerja di kantor.

Hadirin yang berbahagia.
Kita telah membahas tentang kebutuhan air tubuh manusia. Akan tetapi timbu satu pertanyaan, apakah minuman instan tersebut dapat memenuhi kebutuhan air kita? tentu tidak. Kandungan yang terkandung pada minuman instan sangatlah berbahaya jika kita sering dalam mengkonsumsinya. Banyak sekali unsur kimiawi yang berbahaya dalam minuman kemasan. Berbagai macam penyakit hingga kangker dapat menyerang tubuh orang yang menggemari minuman instan ini.

Hadirin yang berbahagia.
Perlu kita ketahui kandungan apa saja yang terdapat pada minuman instan dan bahayanya bagi tubuh kita. Banyak iklan di pasaran yang menjajakan produk minuman tanpa pemanis buatan. Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyebabkan penyakit obesitas atau kegemukan, kerusakan gigi dan bahkan diabetes. Diabetes dulunya hanya diidap oleh lansia, tapi sekarang anak kecil sudah terjangkit diabetes akibat konsumsi minuman instan berlebih.

Sebotol minuman instan juga mengandung asam fosfor yang banyak ditemui dalam minuman bersoda. Asam fosfor ini akan membentuk gelembung udara yang kita tahu dapat memberikan kesegaran jika diminum. Akan tetapi, asam ini dapat menyebabkan keroposnya gigi dan dapat menyebabkan terjadinya radang sendi sehingga menimbulan penyakit osteoporosis pada tahap kecanduan tinggi

Hadirin yang berbahagia.
Banyak sekali kandungan dalam minuman instan selain gula dan asam fosfor yang berbahaya bagi kesehatan. Seperti kafein yang menyebabkan kegelisahan dan susah tidur, pewarna yang dapat menyebabkan batu ginjal, pengawet yang tidak baik untuk hati dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara menghilangkan kebiasaan itu? Kita bisa memulainya dengan membiasakan untuk mengurangi konsumsi minuman instan secara berkelanjutan.

Sesuai anjuran praktisi kesehatan, kita hanya boleh meminum minuman instan 1 botol perminggunya. Seterusnya tingkat konsumsi terus dikurangi sampai tingkat konsumsi 1 botol perbulan atau pertahun. Tetapi alangkah baiknya jika kita tidak akan pernah minum minuman kemasan tersebut.

Hadirin yang berbahagia.
Satu-satunya air yang dibutuhkan oleh tubuh adalah air putih. Sebanyak apapun air berwarna dan berasa yang dikonsumsi tidak akan dihitung sebagai jumlah minimal air yang dikonsumsi setiap hari. Pasalnya air berwarna dan berasa memiliki zat yang tidak dapat larut di alam tubuh sehingga tidak dapat tercerna dengan baik. selain itu, rutin mengonsumsi air putih mampu melancarkan metabolisme tubuh.

Di Indonesia sendiri disarankan untuk mengonsumsi air putih sejumlah 8 gelas. Ingat kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Jumlah tersebut haruslah disesuaikan dengan kebutuhan cairan tubuh. Kekurangan asupan cairan dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, sedangkan terlalu berlebihan pun juga tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak minum air putih akan menyebabkan hiponatremia.

Demikian sepenggal pidato yang dapat saya sampaikan. Kita berharap dengan infromasi yang telah saya berikan, hadirin semua dapat menjalankan dikehidupan sehari-harinya. Apabila ada salah kata, saya mohon maaf. Terima kasih. Ingat! Tetap jaga kesehatanmu untuk hidup lebih produktif. Akhir kata, wabillahi taufik walhidayah

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

5. Contoh Pidato Persuasif Tentang Kenakalan Remaja

contoh pidato persuasif
contoh pidato persuasif

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang terhormat Bapak Anas Akhmadi M.pd selaku dosen pembimbing Bahasa Indonesia yang saya hormati.

Serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan tentang kenakalan remaja.

Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi ambang batas yang tidak wajar. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kita dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang melalui media elektronik atau kita melihatnya secara langsung di lingkungan sekitar kita. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya faktor-faktor menunjang akan perubahan prilaku dikalangan remaja, sebagai contoh misalnya :

– kurangnya kasih sayang orang tua.

– kurangnya pengawasan dari orang tua.

– pergaulan dengan teman yang tidak sebaya dan pengaruh lingkungan, serta rasa ingin coba-coba yang begitu besar.

Peran kedua orangtua sangatlah penting karena tanpa pengawasan dari orangtua anak akan semakin merasa bebas dalam bergaul dan memilih sembarang teman. Serta peran lingkunganpun berpengaruh, karena tempat kedua dari rumah adalah lingkungan, anak menghabiskan waktu diluar rumah lebih banyak daripada didalam rumah. Mereka tidak tahu dampak apa yang dapat mereka timbulkan. Mereka akan kehilangan masa depan nya dan kehilangan orang-orang yang menyayanginya. Mereka tidak menyadari bahwa mereka lah ramaja penerus bangsa ini.

Saya kurang setuju dengan pendapat banyak orang mengatakan bahwa anak yang terpengaruh dalam pergaulan bebas ini adalah anak yang kurang nya pendidikan . Itu salah, karena orang yang berpendidikan pun bisa terjerumus dalam hal seperti ini. Untuk mencegah hal kenakalan remaja dan Khususnya buat diri kita sendiri agar tidak ikut terjerumus kedalamnya, diantaranya :

Perlunya pendidikan agama sejak dini, mentaati nasehat-nasehat yang telah kita terima khususnya dari orangtua atau guru, jangan berpikiran untuk mencoba-coba hal yang tidak sewajarnya karena hal sekecil apapun akan menjadi dampak yang besar, dan mempunyai konsep hidup yang salah.

Teman-teman yang saya cintai dan dosen yang saya hormati. Tidak ada hal yang terindah dalam hidup ini selain kita mengisi dan menjalani hidup ini dengan ha-hal yang baik. Maka pergunakanlah masa-masa ini sebagai masa yang indah dengan mengisi hal-hal yang positif. Alangkah indah nya apabila hidup ini dihiasi dengan hal-hal yang positif dan berpikiran positif.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan hari ini, mudah-mudahan kita dapat memetik hikmah dari apa yang telah saya sampaikan mengenai kenakalan remaja ini. Wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Contoh Pidato Tentang Kesehatan

contoh pidato tentang kesehatan
contoh pidato

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kitasemua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga kepada kita sebagai pengikutnya.

Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Menjaga Lingkungan Di Sekolah”.

Teman-teman, ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup.Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita.Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya.

Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita.Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.

Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,
contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.

2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll

3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.Tetapi pada akhirnya pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut akhirnya waktu dibuang itu disatukan kembali jadi sia-sia kita memila sampah basah dan sampah kering kalau pada akhirnya juga disatukan kembali. Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampahbasah dan sampah kering untuk mengurangi pencemaran lingkungan.
Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya sayaucapkan terimakasih dan saya akhiri.

WalbilaihiTaufikWalhidayahWassalamu’alaikum W.W.

7. Contoh Pidato Perpisahan Anak Sekolah

contoh pidato perpisahan
contoh pidato perpisahan

Assalamualaikum Wb. Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua!

Yang terhormat Bapak Salahudin Wahid selaku kepala sekolah SMAN Bakti Bangsa
Yang terhormat Bapak Gus Sholeh selaku wakil kepala sekolah
Yang terhormat Bapak dan Ibu guru serta seluruh staff SMAN Bakti Bangsa
Yang terhormat Bapak dan Ibu wali murid
dan seluruh teman-teman yang berbahagia

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya kita semua bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam rangka pelepasan siswa-siswi kelas 12 yang telah berhasil dalam melaksanakan ujian akhir. Dan tak lupa marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita ke dalam suatu agama yang telah dirahmati oleh Allah SWT yaitu islam. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak, Aminn

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya mewakili seluruh teman-teman kelas 12 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata di hari perpisahan kami ini. Terimakasih juga saya ucapkan kepada seluruh panitia yang telah berusaha dengan keras untuk mewujudkan acara ini.

Sebelumnya saya mengucapkan selamat kepada teman-teman kelas 12 atas keberhasilannya dalam mengikuti ujian akhir dan kelulusannya serta selamat juga kepada pihak sekolah atas keberhasilan yang diraih tahun ini karena sekolah kita telah berhasil dalam meluluskan 100% siswa-siswinya.

Hadirin yang berbahagia,

12 tahun sudah kita menempuh pendidikan formal di sekolah. Banyak suka, duka, tawa dan tangis yang telah kita lalui bersama. Hingga akhirnya hari yang ditunggu-tunggu itu pun tiba, hari dimana kita semua lulus dan meninggalkan sekolah ini. Sungguh berat rasanya untuk meninggalkan ini semua karena kenangan-kenangan yang telah terukir selama bersekolah di sini sangatlah indah. Kami pun menyadari bahwa akan tiada lagi kegiatan pergi sekolah setiap pagi, upacara bendera dan omelan Bapak dan Ibu guru, semua hal itulah yang pasti akan sangat kami rindukan. Kami juga akan merindukan suasana, teman dan tugas-tugas yang diberikan oleh Bapak dan Ibu guru semua.

Namun, kami menyadari bahwa masa-masa indah tersebut telah berlalu, kini tiba saatnya bagi kami untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya, dimana kami bisa menerapkan semua ilmu-ilmu yang telah kami dapatkan selama kami belajar di sekolah ini.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini, saya mewakili seluruh teman-teman mengucapakan terimakasih kepada Bapak dan Ibu guru atas pengorbanan dan waktunya dalam mendidik kami semua sehingga kami bisa menjadi manusia yang lebih dewasa, penuh tanggung jawab dan berbakti kepada orang tua. Tanpa kalian kami bukanlah apa-apa, sungguh besar jasa-jasa yang telah kalian berikan kepada kami. Semoga Allah swt membalas semua jasa-jasa kalian dan semoga Bapak dan Ibu guru diberikan kesehatan dan kesabaran dalam menjalankan tugas mulia ini Aminnn.

Kami juga berpesan kepada adik-adik kelas untuk rajin-rajinlah belajar dan gunakanlah waktu kalian yang tinggal sedikit ini untuk melakukan hal-hal yang positif bersama teman-teman karena masa SMA adalah masa yang paling indah yang tidak akan kalian dapatkan kembali.

Untuk teman-teman seperjuangan, teruslah berjuang. Bagi teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikannya di kampus, Semoga kalian dapat belajar di kampus yang kalian impikan dan belajarlah dengan giat serta jadilah mahasiswa yang baik dan aktif. Marilah kita tunjukan bahwa SMAN Bakti Bangsa adalah penghasil mahasiswa-mahasiswi yang berkualitas. Dan bagi teman-teman yang ingin berkerja, semoga kalian menemukan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan dan sukses dengan karir kalian yang akan datang.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan ibu guru, dan juga selamat kepada siswa-siswi kelas 12 atas kelulusannya. Semoga kita bisa bertemu lagi dalam waktu dan keadaan yang berbeda dimana kita semua telah menggapai cita-cita kita semua.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kali ini. Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya dan saya akhiri

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi.

8. Contoh Pidato Bahasa Inggris Hari Sumpah Pemuda

contoh pidato hari sumpah pemuda
contoh pidato bahasa inggris

Assalamualaikum Wr. Wb.

Good morning to all of you who be there in here at this time. include audience, all crew and all judge which i respect and proud.
Praise to The God for this meeting and we can be gather in this place now.

For this time, I would like to speech about Youth Pledge.

To all Indonesian youths,
Right 88 years ago in October 28th 1928, all Indonesian youths be gather in one place and discuss about something, and got agreement that known as Youth Pledge. They discuss it with their highly nationalism spirit to achieve a independence. And today, all Indonesian youths has been united by Youth Pledge for 88 years.

So, we must thankful to them because we can enjoy this freedom. Not only thankful to them but we must to do something good to continue their struggle.

There are a lot of things that we can do, as like give a contribution to our beloved country with our good ability.

There are a lot of positively things that we can do in our age, as like show our ability. We must show it not only in our school, but also we have to show it to international level too. Let all another countries know that we can show our good ability, as our dedication to the country.

Let we remind a moment of Youth Pledge to unites all Indonesian youths and back to bound spirit. Let we become Indonesian youths who have a creativity and be useful for our country. And i hope we also obey to The God.

So for the last, I want to invite all of Indonesian youth together to build a better Indonesia for the future. Let we show the world if Indonesian youth is better than before.

And today, we must remember how brave is Indonesian youth 88 years ago. So, we as new generation of Indonesian youth and as the future of Indonesia must prove that we can continue the struggle to make Indonesia better and better again.

Maybe that’s all for my speech about Youth Pledge. My apologize if I had any mistakes. And thank you for your attention.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

9. Contoh Pidato Tentang Bahaya Merokok

contoh pidato bahaya merokok
contoh pidato

Ass. Wr. Wb

Yang Terhormat…

Juga para hadirin yang saya…

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia acara … dalam rangka menyambut hari tanpa tembakau sedunia yang jatuh pada tanggal 31 mei setiap tahunya, yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok ini menjadi benar-benar bisa menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,
Bukan menjadi rahasia umum lagi dan tidak harus dupungkiri lagi kalau dikalangan para perokok sebetulnya udah mengetahui ataupu merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan, Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit. Artinya, saat berbagai negara — termasuk negara berkembang — memperketat peraturan soal rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,
Meskipun udah banyak perda-perda yang dikeluarkan dan udah banyak peraturan dan larangan yang telah diberlakukan, misalnya “Larangan Merokok Ditempat Umum”, tapi tidak sedikit pula atau banyak para perokok tidak mentaati peraturan yang telah berlaku tersebut, oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang baik dan juga peduli akan kesehatan, marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok diawali dari diri kita sendiri.

Rekan-rekan sekalian yang saya Hormati,
Berbicara soal dampak yang diakibatkan dari asap rokok yang terhirup oleh orang-orang disekitar kita, marilah kita lihat hasil penelitian yang dilakukan oleh EPA… Nasib kaum ibu bersuamikan perokok agaknya tak berbeda jauh dengan anak-anak yang memiliki keluarga perokok. Penelitian yang dilakukan EPA menghasilkan kesimpulan bahwa dari 30 wanita, 24 di antaranya berisiko tinggi terserang kanker paru-paru bila suaminya perokok. Oleh karena itu, bila kita sayang dengan orang-orang yang ada disekitar kita, dengan kesadaran sendiri, marilah kita buat peraturan-peraturan yang kita buat sendiri untuk diri kita sendiri dan untuk orang-orang yang berada disekitar kita agar terbebas dari dampak yang diakibatkan oleh diri kita sendiri.

rekan-rekan sekalian yang saya hormati.
Salah satu proses yang memang belum berdampak pada penampilan fisik perokok adalah gangguan pada sistem sirkulasi darah, yang akhirnya memicu penyakit jantung. hal ini disebabkan karena di dala rokok terdapat beberapa bahan kimia yang ada dalam rokok. Di antaranya, acrolein, merupakan zat cair yang tidak berwarna, seperti aldehyde. Zat ini sedikit banyaknya mengandung kadar alkohol. Artinya, acrolein ini adalah alkohol yang cairannya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati
Karena waktu yang sangat terbatas, saya ucapkan terima kasih kepada panita yang telah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini. Mudah-mudahan dihari bebas tembakau sedunia ini, kita akan lebih menyayangi diri kita sendiri dengan dimulai dari menyehatkan diri sendiri.
Semoga uraian ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu alaikum wr. wb.

10. Contoh Pidato Tentang Kedisiplinan

contoh pidato tentang kedisiplinan
contoh pidato tentang kedisiplinan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Allohumma sholli alaa Muhammad wa ala alihi waashaa bihi ajma’iin, ammaba’du.

Kepada dewan juri yang saya hormati, teman-teman yang saya banggakan.
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga kita dapat bertatap muka dalam keadaan sehat wal afi’at. Tak lupa shalawat serta salam semoga selalu dicurahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW.

Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang saya banggakan.
Sebagai seorang pelajar, kita mempunyai tugas utama yaitu belajar, belajar, dan belajar. Tapi sering kali kita lupa tugas akan belajar, karena kita keasyikan bermain bersama teman-teman kita hingga lupa waktu. Untuk itu kita perlu membagi waktu kita secara tepat dan disiplin melaksanakannya, karena kedisiplinan adalah kunci dari segala kesuksesan. Disiplin bisa dimulai dari diri kita sendiri, dari hal yang paling sederhana, dimulai dari bangun tidur hingga kita tidur lagi. Apa itu disiplin? Mungkin teman-teman ada yang tahu?. Disiplin adalah mentaati peraturan atau tata tertib yang berlaku dimanapun.

Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang saya banggakan.
Dengan disiplin semua pekerjaan yang kita lakukan akan selesai dengan baik dan tepat pada waktunya. Coba bayangkan, apa yang kita lakukan seharian di rumah? Bangun pagi, bersih-bersih, mengerjakan pekerjaan rumah, sholat lima waktu tepat pada waktunya, dan lain-lain. Bila semua itu kita lakukan tepat pada waktunya sama artinya kita melatih diri kita untuk disiplin. Dan bila setiap hari kita menerapkan disiplin dalam diri sendiri, lama kelamaan pekerjaan yang kita lakukan bukan lagi menjadi beban, melainkan kita akan terbiasa untuk melakukan berbagai pekerjaan tepat waktu dan sesuai target yang telah kita rencanakan.

Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang saya banggakan
Disiplin sangat penting untuk semua orang, terutama untuk kita sebagai pelajar. Karena kita pastinya mempunyai cita-cita yang ingin kita capai. Dengan membiasakan displin sejak kecil akan membuat hidup kita lebih teratur. Disiplin membuat kita bisa membagi waktu dengan baik, kapan waktunya belajar dan kapan waktunya bermain. Kita tidak akan terlambat datang ke sekolah, selalu mengerjakan tugas tepat waktu, menjadi diri yang tertib dimanapun kita berada. Dengan begitu, kita tidak kehilangan kesempatan disetiap waktunya.

Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang saya banggakan
Sebaliknya, bila kita tidak disiplin maka pekerjaan yang kita lakukan akan berantakan. Contoh kurangnya disiplin disekolah yaitu kita tidak mengerjakan tugas atau PR dari guru, sering datang terlambat ke sekolah, tidak mendengarkan nasehat guru, sering gaduh di kelas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan jika dirumah contohnya, kita sering melakukan sesuatu sesuka hati kita hingga lupa waktu. Misalnya bermain hingga lupa makan dan lupa sholat, menonton acara televisi hingga lupa belajar dan lupa membantu orang tua, kadang juga lupa mandi.

Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang saya banggakan
Yuk…kita mulai disiplin dari diri sendiri, dimulai dari saat ini dan dimulai dari hal yang paling kecil. Sehingga semua pekerjaan yang kita lakukan selesai tepat waktu dan kita bisa menghargai setiap waktu yang ada.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan teman-teman. Terima kasih atas perhatian dewan juri dan teman-teman semua, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Pergi piknik ke pantai Ayah
Bawa apel jangan sampe jatuh
Wabillahitaufiq walhidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

11. Contoh Pidato Tentang Pendidikan

contoh pidato pendidikan
contoh pidato pendidikan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya hormati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Yang Saya hormati, seluruh Dewan Kepala Sekolah Wilayah 3 Cirebon.

Yang Saya hormati, Persatuan Guru Wilayah 3 Cirebon.

Serta seluruh siswa/siswi sekolah Wilayah 3 Cirebon yang Saya banggakan.

Pertama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah.Swt, karena atas kenikmatan dan keberkahan-Nya kita semua dapat dipertemukan dan berjumpa di tempat yang InshaAllah dimuliakan-Nya ini dalam keadaan sehat sejahtera.

Pendidikan memiliki peran penting guna memajukan bangsa. Jika sarana pendidikan dimanfaatkan dengan baik, kemungkinan bangsa ini untuk maju sangat besar. Namun sebaliknya, jika kita tidak bisa memanfaatkan sarana pendidikan dengan baik, maka bangsa ini akan stagnan dalam kondisi berkembang.

Dalam ajaran Islam, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Karena dengan bekal ilmu, kita dapat menjalankan kehidupan dengan sangat mudah. Kewajiban menuntut ilmu sudah ada sejak zaman Nabi dan Allah pun berjanji, bagi hambanya yang menuntut ilmu dijalan-Nya, maka Allah.Swt akan meningkatkan derajatnya.

Allah.Swt sangat mencintai hambanya yang pintar dan Allah akan lebih mencintai lagi jika hambanya dapat mengamalkan ilmu kepada orang lain. Dan di situlah letak keutamannya, kita akan memiliki satu dari tiga amalan yang tidak terputus walaupun sudah meninggal, yaitu ilmu yang bermanfaat.

Maka dari itu marilah kita menjunjung tinggi Fastabiqul Khairat, berlomba-lomba untuk kebaikan dalam rangka menuntut ilmu di jalan Allah.Swt. Karena sudah jelas banyak pula firman-firman Allah di dalam kitab Al-Qur’an yang menjelaskan bagaimana pentingnya menuntut ilmu.

Para hadirin yang Saya hormati,

Menuntut Ilmu bukan hanya tentang dakwah yang bertujuan untuk mendapatkan pahala saja. Namun, ilmu memiliki peran penting bagi diri kita, yang mana dijadikan sebagai satu pegangan saat memutuskan suatu permasalahan dalam kehidupan ini.

Jika kita memiliki pegangan ilmu yang cukup, InshaAllah kita pasti bisa menghadapi dan memutuskan berbagai pertimbangan yang pada setiap masalah, sehingga menghasilkan keputusan yang terbaik. Namun jika sebaliknya, kita fakir ilmu, tidak memiliki ilmu yang kuat, lantas bagaimana akan menghadapi suatu permasalahan nanti.

Di Indonesia ini seringkali kita mendengar, melihat, dan bahkan melakukan sendiri. Bahwasanya tempat yang terbaik untuk menuntut ilmu itu di sekolah atau lembaga formal. Sebenarnya, di manapun kita berada adalah tempat yang terbaik untuk menuntut ilmu dan dapat mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang telah dialami.

Bagi para dewan kepala sekolah janganlah lelah untuk membina para guru. Dan bagi para guru janganlah sampai lelah menebarkan ilmu bermanfaat kepada generasi bangsa ini. Dan kalian para siswa/siswi Indonesia, para penerus bangsa, janganlah lelah untuk menuntut ilmu.

Semoga apa yang Saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Demi menjunjung tinggi bangsa ini, marilah kita terus bersemangat menuntut ilmu di jalan Allah.swt. Dengan niat seperti itu, semoga Allah.swt senantiasa memberikan rahmat-Nya.

Terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

12. Contoh Pidato Tentang Lingkungan

kumpulan contoh pidato
contoh pidato

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Ibu wali kelas
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini

Teman-teman yang saya banggakan,

Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang Berbahagia,
Menjaga Kebersihan Lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMPN 49 Jakarta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari jum’at dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk Ades Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman Sekalian,
Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Kedepanya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf!
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Demikian pemaparan informasi tentang contoh pidato kali ini. Semoga kumpulan contoh naskah dan teks pidato ini dapat membantu dan memberikan pemahaman kepada pembaca dalam belajar pidato di kelas.

Bagikan:

Leave a Comment