12+ Contoh Dialog Interaktif Dan Kesimpulannya: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Dll

Contoh Dialog Interaktif dan kesimpulannya. Saat Anda menonton televisi pada program acara tertentu yang menayangkan sesi wawancara, pastinya Anda berpikir bahwa yang hadir di dalam tayangan tersebut sangat lihai saat mengemukakan pertanyaan tanpa melihat dialog. Untuk meminimalisir kesalahan saat sedang direkam, misalnya pada acara langsung tentu pewawancara atau MC yang bertugas memberikan banyak pertanyaan memiliki teks dialog interaktif yang dipersiapkannya sebelum sesi perekaman dimulai.

Tentu keahlian dalam berbicara lebih diutamakan bagi para MC atau pewawancara yang harus mensukseskan acara pada sesi diskusi. Namun, jangan khawatir bagi yang tidak terlalu pandai menulis, karena pada beberapa kesempatan terdapat pihak atau anggota yang bertugas menulis naskah teks dialog interaktif. Tetapi yang lebih efektif memang ditulis oleh pewawancara yang bersangkutan agar bisa menguasai topik diskusi dengan sedikit kesalaha, apalagi jika acara tayang secara langsung.

dialog interaktif di metro tv
contoh dialog interaktif

Di manakah Anda pernah melihat acara dialog interaktif? Sebenarnya sesi semacam ini sering Anda temui di manapun, apalagi di acara televisi. Bahkan saat ini acara dialog interaktif lebih banyak disediakan di kalangan mahasiswa dan umum, seperti seminar, talk show, diskusi terbuka, diskusi umum, dan sebagainya. Tidak jarang berbagai macam acara dialog tersebut ditayangkan melalui media massa, televisi, atau internet, terutama jika topik pembahasannya menarik dan diminati banyak orang.

Biasanya acara yang disertai dengan dialog interaktif menghadirkan salah satu topik yang sedang hangat diperbincangkan, atau yang sesuai dengan tema utama program acara, dan jam tayangnya rutin ditayangkan di media massa seperti televisi. Misalnya topik hangat saat ini tentang pemilu dan seputar kejahatan politik, maka beberapa media akan menayangkan dialog interaktif dengan mengundang beberapa narasumber yang ada kaitannya dengan topik tersebut.

Pembawaan acara dialog interaktif dengan tema-tema hangat tentu lebih disukai massa, tidak hanya itu pembawaan teks menarik, dengan pemantik acara serta narasumber terpopuler dan terhangat juga menjadi daya tarik utama dari teks dialog interaktif. Jika Anda sedang mempelajari sebuah komunikasi masyarakat atau massa, maka sebaiknya pahami dan pelajarilah berbagai kriteria dalam teks dialog interaktif yang baik dan benar.

Definisi Dan Tujuan Teks Dialog Interaktif

Arti dari kata dialog tentu telah dipahami banyak orang sebagai suatu perbincangan atau wawancara, dengan kategori dua pihak secara umum yakni pewawancara dan narasumber. Namun, kini dalam berdialog tidak hanya terjadi di antara dua pihak, tetapi banyak pihak, yaitu audiens atau penonton, editor teks, atau pembuat naskah teks dialog. Tetapi tidak menghilangkan kedua actor utama dalam berdialog, meskipun beberapa pihak banyak yang terlibat dalam proses pembuatan teksnya.

pengertian dialog interaktif
contoh dialog interaktif

Perlu Anda ketahui, bahwa dialog interaktif berbeda dengan dialog atau perbincangan biasa, yang terpenting adalah tidak menghilangkan fungsi utama topik untuk melakukan wawancara dalam suatu keadaan atau acara. Dialog interaktif adalah sebuah perbincangan hangat yang isinya bisa dijadikan sebagai penambah wawasan masyarakat, serta dilakukan secara interaktif, artinya pewawancara dan narasumber berbincang secara santai, tidak kaku, serta terdapat “guyonan” di sela-sela wawancara.

Anda sebenarnya bisa dengan mudah melihat suatu acara yang benar-benar menampilkan dialog interaktif atau tidak. Karena hal itu bisa dilihat melalui isi yang dibawa dalam diskusi, serta cara penyampaian yang diucapkan oleh pewawancara dengan narasumber. Mereka biasanya tidak sekedar bertanya dan menjawab, tetapi sekaligus berinteraksi, terutama dengan audiens. Bahkan lebih baik lagi jika dialog interaktif disertai dengan pemberian kesempatan bagi audiens untuk ikut hadir dalam diskusi.

Banyak contoh dialog interaktif yang bisa Anda lihat di program tayang di televisi, misalnya pada acara Mata Najwa Trans 7, Hitam Putih Trans 7, Selamat Pagi Indonesia di TV One, dan masih banyak lagi. Jika Anda pernah melihat salah satu dari tayangan tersebut tentu Anda bisa melihat kecenderungan tema yang dibawa dari masing-masing acara. Ada yang secara khusus membawa tema utama sesuai program acara, ada juga yang membawa tema diskusi yang terbuka pada kasus tertentu.

Tujuan utama adanya teks dialog interaktif adalah untuk menyampaikan wawasan atau pesan penting kepada audiens yang ikut serta menyimak isi diskusi. Sedangkan sebuah teks naratif yang sifatnya tertulis untuk dialog interaktif ini berfungsi agar pertanyaan terarah dan tidak melebar ke topik pembahasan lain yang tidak sesuai. Pertanyaan atau pembahasan pun perlu dibatasi, meski sifat dialognya interaktif.

Pemberian sedikit “guyonan”, atau basa-basi perlu dimasukkan di sela-sela dialog saat sedang berlangsung. Hal ini untuk menghindari kejenuhan selama diskusi, serta memberikan sedikit hiburan kepada para audiens agar teks sedikit lebih menarik. Dialog interiktif juga termasuk ke dalam jenis dialog formal karena seringkali ditampilkan dalam acara resmi, perkuliahan, atau acara pemberitaan nasional.

Ciri atau Karakteristik Teks Dialog Interaktif

karakteristik dialog interaktif
contoh dialog interaktif

Setiap teks tentu memiliki ciri dan kriteria tertentu yang lebih spesifik agar bisa dikategorikan sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Begitupun dengan teks dialog interaktif, yang memiliki ciri spesifik agar para pendengar atau audiensnya bisa menangkap inti dari topik yang sedang diperbincangkan.Apabila Anda hendak menyusun teks tersebut tentunya harus memahami tentang tema yang akan dibahas serta membatasinya dengan struktur atau kriteria tertentu.
Berikut beberapa karakteristik teks dialog interaktif yang perlu Anda ketahui,

1. Selalu Ada Sesi Tanya Jawab

Teks dialog interaktif memang kurang lebih sama dengan acara diskusi, namun dibuat lebih menarik. Oleh karena itu di dalamnya selalu terdapat sesi tanya jawab antara narasumber dan MC. Namun, narasumber tentu lebih banyak berbicara untuk membagikan wawasan atau pengalaman kepada audiens secara luas.

Sesi tanya jawab ini dijalankan sepenuhnya oleh pemantik diskusi atau pewawancara, Ia bertugas mengatur alur serta waktu untuk berdiskusi. Biasanya jika ada sesi untuk istirahat maka untuk sementara dialog interaktif dijeda. Apabila minat audiens sangat tinggi pada suatu acara dialog interaktif tertentu maka biasanya akan dihadirkan acara yang ekslusif atau special, bisa diberikan pada penambahan waktu diskusi.

2. Ada Pemantik Diskusi / MC dan Narasumber

Bukan acara dialog interaktif namanya kalua tidak ada MC dan narasumber, karena kedua pihak tersebut merupakan actor primer dalam kegiatan dialog interaktif. Perlu Anda ketahui, bahwa narasumber bisa lebih dari satu, namun yang terpenting semuanya memiliki pengalaman atau opini wawasan terkait dengan tema yang dibawa dalam acara diskusi.

Sedangkan MC perlu menguasai tema dengan pembawaan yang santai saat sedang memberikan pertanyaan kepada narasumber sehingga seperti berada dalam sebuah perbincangan biasa, namun inti pembahasannya sangat penting dan berbobot.

Jika Anda dipilih untuk menjadi sebagai narasumber di suatu acara dialog interaktif, jangan terlalu khawatir mempersiapkan teks naratifnya, karena yang perlu Anda lakukan hanya menjawab pertanyaan MC. Namun, berikan jawaban yang tidak terlalu singkat dan kaku, tetapi lakukan seperti sedang mengobrol santai tidak lepas dari topik bahasan. Sedangkan, MC harus mempersiapkan pertanyaan dengan baik dan benar, serta mengatur naskah naratif sesuai tema.

3. Kalimat Pertanyaan Harus Mengandung Unsur 5 W + 1 H

Tugas penting yang harus dilakukan oleh pewawancara selanjutnya yakni menyusun naskah pertanyaan dengan struktur yang telah ditentukan secara umum, yakni berdasarkan kata tanya 5W + 1H. Angka dan huruf tersebut merupakan singkatan kata tanya dari Bahasa Inggris, 5W yakni What yang berarti Apa, Where yang berarti Di mana, When berarti Kapan, Who berarti Siapa, Why yang artinya Mengapa dan How yang berarti Bagaimana.

teknik bertanya dalam dialog interaktif
contoh dialog interaktif

Jika Anda ingin memperinci dan mengembangkan pertanyaan dari berbagai macam kata tanya tersebut maka lebih bagus. Anda bisa membaca informasi seperti yang tercantum di bawah ini.

  • Kata Tanya “Apa”

Dengan kata “Apa”, Anda bisa mengembangkan banyak sekali pertanyaan yang menarik sesuai dengan tema pembahasan utama. Kalimat tanya yang menggunakan kata dasar apa tidak hanya berkutat pada pertanyaan yang jawabannya berupa “Ya” atau “Tidak” saja, tetapi bisa berupa opini jika Anda bisa mengembangkannya dengan baik.

baca juga: Contoh Autobiografi

Contohnya seperti kalimat pertanyaan, “Kegiatan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi musim kemarau agar tidak mengalami gagal panen?”

  • Kata Tanya “Siapa”

Kata “siapa” sangat penting untuk digunakan saat sedang berdiskusi, karena bisa menyangkut keterlibatan berbagai pihak dalam sebuah kejadian tertentu. Buatlah kalimat tanya yang sangat menarik dengan kata “siapa”.

Contohnya pada kalimat, “…lalu siapa yang bertanggungjawab atas semua masalah pada system black campaign partai.. (ini – itu), pak/bu?”

  • Kata Tanya “Di mana”

Tentu semua orang sangat mengenal daengan kata tanya satu ini, “di mana” selalu digunakan untuk menanyakan tempat. Jawaban dari susunan kalimat tanya yang didasari dengan kata “di mana” tentu sangat singkat. Karena sifatnya lebih focus, to the point pada suatu tempat yang dimaksud atau dituju.

  • Kata Tanya “Kapan”

Sama halnya dengan kata tanya “di mana”, kata “kapan” jika diberikan kepada narasumber, maka akan menghasilan jawaban yang singkat. Karena kata ini hanya digunakan untuk menerangkan waktu yang berkaitan dengan topik utama yang dibahas atau ditanyakan oleh moderator atau MC.

Contohnya pada kalimat, “Kapankah waktu yang baik untuk memasukkan telur burung mur ai ini ke kotak pengeraman?”

  • Kata Tanya “Mengapa”

Salah satu kata tanya yang menarik yakni “Mengapa”, hal itu karena kata tersebut dapat mberikan sebuah jawaban panjang lebar, yang bahkan bisa dijadikan banyak sesi tanya jawab. Sisi yang lebih menarik lainnya adalah, kata ini bisa memberikan sebuah alasan yang berkaitan dengan tema atau topik bahasan yang biasanya sangat diperlukan dalam sebuah diskusi.

Dengan kata “Mengapa”, berbagai permasalahan yang ingin dimunculkan di dalam topik diskusi bisa terkuak hingga tuntas. Banyak sekai topik menarik yang diminati masyarakat saat pewawancara memberikan pertanyaan “mengapa” agar narasumber menyatakan alasan dirinya, pihak tertentu, atau hal lain yang bersangkutan.

Contohnya pada kalimat, “Menurut bapak/ibu, mengapa pihak B ini tidak bisa menyetujui kebijakan baru pemerintah yang akan dilaksanakan?

  • Kata Tanya “Bagaimana”

Kata tanya yang paling bisa menjelaskan segala hal dengan lengkap dan rinci, serta sejelas-jelasnya adalah “Bagaimana”. Banyak orang yang mengira kata ini lebih tepat digunakan untuk menanyakan suatu proses, tetapi tidak hanya itu, dengan kata “bagaimana”, Anda bisa mengungkapkan setiap masalah atau pembahasan penting pada topik diskusi agar jawaban narasumber tidak monoton , bisa beragam dan beralur cerita.

Jika Anda kehabisan bahan pertanyaan, maka susunlah kalimat menggunakan kata dasar “bagaimana”. Dengan kata tersebut, Anda bisa mendapatkan jawaban yang sangat banyak dan lengkap, tergantung isi kalimat yang sedang Anda gunakan. Kata “bagaimana” ini contohnya bisa dilihat di berbagai pertanyaan dalam penelitian atau berbagai hal yang bersifat ilmiah, kritis, namun juga praktis, cukup buat kalimat tanya singkat dan jelas.

4. Topik Dialog Bisa Memberikan Manfaat

Karakteristik dialog interaktif yakni memiliki isi pembahasan yang bermanfaat, khususnya bagi audiens, bila perlu teks tersebut membawa informasi baru yang bisa menjadi sebuah pemantik topik popular. Anda harus jeli dalam memilih topik, jika topik tersebut sedang hangat namun kurang berbobot sebaiknya jangan mengambilnya. Namun, jika terdapat hal baru yang sangat informative, berguna bagi massa maka pilihlah topik tersebut.

Banyak sekali media atau program acara baik di televisi maupun tayangan online yang menampilkan dialog interaktif dengan tema membangun dan bermanfaat, seperti acara Kick Andy, Hitam Putih, Mata Najwa, dan sebagainya. Beberapa dari acara tersebut concern atau fokus membawa tema tertentu seperti motivasi untuk sukses, bakat, dan perjuangan hidup. Ada juga yang secara rutin dan khusus membawa tema tentang berbagai masalah yang ada di negeri ini.

Susunan yang Harus Ada Di Dalam Teks Dialog Interaktif

tips membuat teks dialog interaktif
contoh dialog interaktif

Setiap teks yang baik tentu memiliki susunan atau struktur penulisan dan diskusi teks, seperti pada dialog interaktif. Berikut susunan yang baik dari teks dialog interaktif yang perlu Anda perhatikan secara detail.

1. Topik atau Tema Utama

Dialog interaktif memang seperti sebuah diskusi yang disertai dengan interaksi para pihak yang terkait, yakni narasumber, moderator, dan audiens. Biasanya sebuah teks dalam diskusi tentu memiliki tema agar pembahasan memiliki batasan yang jelas dan lebih terarah. Carilah topik yang sedang hangat diperbicangkan massa agar diskusi lebih menarik.

Banyak sekali tema yang bisa Anda pilih, sesuaikan dengan musim yang sedang popular, misalnya tentang politik, agama, pemerkosaan, kekerasan, bisnis, dan sebagainya. Anda bisa membuat temayang sesuai dengan bidang yang Anda tekuni atau sukai, tetapi tetap pilihlah yang paling disukai massa agar Anda sebagai moderator bisa menguasai tema, serta bisa mendapatkan banyak audiens pada acara Anda.

2. Judul

Setiap teks tentu harus memiliki judul, ini termasuk salah satu unsur yang peling penting sebagai pondasi teks yang baik. Tema dan judul menjadi bagian utama yang saling berkaitan dalam penyusunan sebuah teks, termasuk pada dialog interaktif ini.

Anda bisa menambahkan judul tertentu yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan pertama kali. Buatlah judul dengan Bahasa yang sangat menarik agar audiens ingin melihat atau mengikuti acara Anda. Jangan menyusun judul dengan kalimat terlalu panjang karena pembaca akan jenuh. Aturan untuk membuat judul dialog yakni tidak boleh lebih dari 10 kata, yang terpenting singkat padat dan jelas, serta dapat memberikan sedikit gambaran tentang isi teks.

3. Pertanyaan

Unsur terpenting ketiga yang menyusun teks dialog interaktif adalah pertanyaan, karena di suatu acara dialog tentu aka nada pihak penanya dan penjawab maka pastinya terdapat teks yang berisi pertanyaan yang harus dijawab oleh narasumber. Buatlah poin pertanyaan sesuai unsur 5W + 1H seperti yang dijelaskan di atas. Selain itu, jangan membuatknya rumit, buatlah sesederhana mungkin, namun narasumber bisa dengan baik memahami dan menjawabnya.

Pertanyaan yang diajukan harus berdasarkan atas tema dan judul yang telah ditentukan. Jangan memberikan pertanyaan terlalu banyak dan berulang, karena jawabannya pun akan turut diulang, hal itu sangat menjenuhkan audiens yang menontonnya.

4. Opini

Jika ada pertanyaan, tentu ada jawaban. Jawaban di sini, biasanya berkaitan dengan opini narasumber, bila perlu Anda harus mendapatkan opini yang berdasarkan fakta, bukan sekedar cerit. Hal itu karena tujuan utama dialog interaktif adalah untuk memberikan wawasan bagi audiens.

5. Kesimpulan

Bagian paling akhir yang harus dilengkapi dari teks dialog interaktif adalah kesimpulan. Biasanya diambil dari inti atau poin utama hasil pembahasan selama diskusi berlangsung, dan dibacakan oleh moderator pada bagian paling akhir setelah sesi tanya jawab dengan audiens berlangsung.

Contoh Teks Dialog Interaktif yang Biasa Digunakan di Media Massa Televisi

contoh teks dialog interaktif
contoh dialog interaktif

Setelah mengetahui unsur dan serba-serba dari kegiatan dialog interaktif, simak dengan baik struktur teks dari contoh dialog interaktif di Bawah Ini.

baca: Contoh Paper

1. Contoh Dialog Interaktif dan kesimpulannya di Channel Semarang TV

Tema : Agama Islam

Judul : Wajib Haji Cukup Sekali

Narasumber 1 : Pak Ahmadi

Narasumber 2 : Kyai H. Ahmad Daroji

MC : Lutfi

Lutfi : (membuka acara, memperkenalkan diri kemudian memperkenalkan narasumber, kemudian mempersilahkan narasumber untuk memberikan opininya) … kembali dengan saya lutfi di Semarang TV, di acara Dialog Interaktif yang membahas tentang Wajib Haji Cukup Sekali di Indonesia. Dengan narasumber kita yang sangat special sekali, yang pertama kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Haji Ahmadi selaku kepala kanwil kementrian agama provinsi Jawa tengah. Selamat siang, bapak!

Pak Ahmadi : Selamat siang, Assalamualaikum Wr. Wb!

Lutfi : Bagaimana kabarnya nih, pak, mungkin?

Pak Ahmadi : Alhamdulillaah

Lutfi : Baik-baik saja ya, Pak?

Pak Ahmadi : Baik-baik saja!

Lutfi : Nah, kita beralih ke narasumber ke 2 yakni Bapak Kyai H. Ahmad Daroji selaku ketua MUI Provinsi Jawa Tengah. Selamat siang, bapak!

Pak Ahmad : Siang, Assalamualaikum, Wr. Wb!

Lutfi : Bagaimana ini kabarnya, untuk Pak Ahmad?

Pak Ahmad : Alhamdulillaah,

Lutfi : Salah sehat selalu ya, pak, alhamdulillah…

(Perbincangan pada dialog interaktif harus diawali dengan perkenalan dan salam seperti di atas, sebelum membahas topik utama, menyampaikan ucapan yang terkesan berbasa-basi juga tidak menjadi masalah asalkan tidak terlalu berlebihan, dan masih pada tataran normal. Setelah ini, pewawancara bisa meneruskan pembicaraan ke topik utama dengan beberapa pertanyaan yang telah disiapkan dengan matang).

Lutfi : … nah, ini kita sedang berbicara mengenai tema pada siang hari ini yaitu Haji Cukup Sekali Saja, mungkin kepada bapak Ahmadi dulu selaku kepala kemenag Provinsi Jawa Tengah. Ini kenapa haji kok dibilang cukup sekali saja, padahal kalua dilakukan berkali-kali justru bisa lebih baik.

Pak Ahmadi : (menjelaskan panjang lebar pelayanan kementrian agama terkait dengan pelaksanaan ibadah haji) … Nah, karena sesuai dengan peraturan baru kementrian agama terkait dengan pengelolaan ibadah haji, maka harus disesuaikan dengan jumlah kapasitas peserta haji yang terus bertambah atau mengalami kenaikan. Jadi itu yang membuat pendaftaran peserta haji harus dibatasi perorang cukup sekali saja dalam waktu tertentu.

Lutfi : (MC juga sangat diperkenankan untuk menanggapi jawaban narasumber agar sifat dialognya bisa menjadi interaktif) …. Jadi, ibaratnya, itu dilakukan untuk memberi kesempatan masyarakat lain yang ingin menunaikan haji.

Pak Ahmadi : Ya, kita memberi kesempatan kepada yang lain untuk beribadah haji, dan untuk menggugurkan kewajibannya.

Lutfi : (menanggapi kembali pernyataan narasumber pertama, kemudian memberikan kesempatan bagi narasumber kedua untuk menyampaikan opininya) Nah ini dari sisi Pak Ahmad, bagaimana pendapat para ulama tentang wajib haji cukup satu kali?

Pak Ahmad : Sama seperti yang disampaikan bapak kanwil, bahwa haji yang wajib hanya satu kali ..

Lutfi : Yang diperlukan sebenarnya Cuma satu kali ya, pak berdasarkan kebijakan pemerintah juga?

Pak Ahmad : Iya, berdasarkan undang-undang menyebutkan bahwa peserta yang mendaftarkan diri untuk pergi haji yang kedua kalinya, maka harus menunggu pendaftaran kembali minimal sepuluh tahun ke depan sehingga haji itu bisa dinikmati oleh semua umat Islam. Jadi jika semua rukun Islam ada lima dipenuhi itu sudah cukup.

Nah, sesuai atas kebijakan pemerintah ini, maksudnya bagi yang telah menunaikan ibadah haji sebaiknya mengalah laah, cukup satu kali saja, biarkan orang yang lain bisa menunaikan haji juga. Agar mereka juga bisa memenuhi rukun Islam yang jumlahnya ada 5 ini.
Lutfi : Nah ini pendaftaran haji kembali bagi yang sudah pernah melakukan ibadah haji harus menunggu selama 10 tahun ke depan, ya? Lalu waktu tunggu antrian untuk pergi haji setelah mendaftar gimana dong?

Pak Ahmadi : Ya, harus menunggu lagi sesuai antriannya seperti semula.

Lutfi : Waduh, lama juga ya!

Pak Ahmadi : Nah, memang cukup satu kali, dan sebaiknya bagi selain ibadah haji, para peserta bisa menggunakan kesempatan untuk melakukan ibadah yang lain.

Lutfi : Dan ini untuk Kyai Haji Ahmad Daroji, apakah ketentuan atau kebijakan pemerintah, serta Kemenag ini selama masa pembuatannya MUI turut berkoordinasi atau tidak? Atau ini memang menjadi kebijakan pemerintah sendiri tanpa campur tangan MUI?

Pak Ahmad : Oh ya, jadi penetapan kebijakan pemerintah ini selalu dikoordinasikan dengan MUI, selalu itu. Misalnya, penetapan bulan Ramadhan kemarin, misalnya kita menetapkan hari awalnya hari Kamis, itu juga kita memberikan kewenangan kepada kementrian agama untuk mengadakan siding isbat penentuan 1 ramadhan.

#Diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan menggunakan media telepon sebagai penghubung dengan audiens.

(Diskusi atau pembahasan opini yang disampaikan oleh narasumber bisa saja panjang lebar, dengan menyertakan contoh-contoh tertentu, asalkan hal tersebut dapat memberikan penjelasan yang berkaitan dengan topik utama. Seperti yang dinyatakan oleh narasumber kedua di atas).

Kesimpulan

(Biasanya kesimpulan ditulis oleh notulen dan dibacakan oleh moderator, atau bisa juga keduanya sekaligus dilakukan oleh MC atau moderator yang biasanya ada di sebuah acara dialog interaktif media televisi).

Kebijakan pelayanan jamaah haji yang disebut “Wajib Haji Cukup Sekali” diberlakukan untuk semua orang yang ingin menunaikan haji lebih dari satu kali. Hal itu bertujuan agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan kuota dan kesempatan yang sama untuk menunaikan ibadah haji selama hidupnya. Kebijakan tersebut berupa pelayanan pendaftaran minimal sepuluh tahun setelah orang yang bersangkutan menunaikan ibadah haji pertama.

baca juga: Contoh Daftar Pustaka

2. Contoh Dialog Interaktif Tentang Kenakalan Remaja Di Stasiun Radio

contoh dialog interaktif kenakalan remaja
contoh dialog interaktif

Tema : Sosial Budaya

Judul : Kenakalan Remaja Di Indonesia

Penyiar : Bahiroh Suryani, Rio Arifansa

Narasumber : Adik junaidatul islamiyah, Siti Zumrotus Sa’diyah, Mirna Aprilia

Penelepon interaktif : Siti Julaikah

Pertanyaan kalangan pelajar SMP di Studio : Putra Dwi Hartanto, M. Syaiful Rizal

***

Dialog :

Bahiroh : Selamat pagi pemirsa, jumpa lagi dengan saya Bahiroh Suryani

Rio : Dan saya Rio Arifansa

Bahirioh & Rio : Dalam acara DIALOG INTERAKTIF

Rio : Pagi kali ini dialog interaktif akan membahas tentang KENAKALAN REMAJA.

Bahiroh : Untuk membahas tema kita kali ini saya tidak sendiri, tentunya bersama para Narasumber Ibu Dr. Adik Junaidatul selaku ketua KNPA Indonesia. Apa kabar ibu?

Adik : “Baik.

Rio : Dan di sampingnya juga ada Ibu Dr. Zumrotus Psikolog dari Surabaya dan juga Ibu Mirna Aprilia guru BK dari SMPN 4 Sidoarjo. Selamt pagi ibu!

Zumrotus dan Mirna : Selamat pagi!

Bahiroh : Terimakasih bu atas kedatanganya di studio kami. Sehubung dengan tema dialog kali ini yakni tentang kenakalan remaja. Apa sih pendapat ibu tentang kenakalan remaja Indonesia yang saat ini semakin ekstrim atau bisa dikatakan semakin memburuk?

Rio : Mungkin saya ingin pendapat dari Ibu Zumrotus terlebih dahulu.

Zumrotus : Iya, pendapat saya tentang kenakalan remaja Indonesia saat ini memang sangat-sangat mengecewakan, terlebih lagi posisi mereka sekarang saat ini di indonesia sangatlah penting yakni sebagai generasi muda bangsa.

Rio : Ok ibu, selanjutnya saya ingin tahu pendapat dari ibu Adik Junaida, bagaimana pendapat ibu tentang masalah kenakalan remaja ini?

Adik : Ya masalah kenakalan remaja di Indonesia saat ini, memang semakin tidak kondusif / Tidak terkendali. Sikap mereka yang apatis, dan banyak melakukan tindakan penyimpangan- penyimpangan sosial sangatlah mengecewakan bangsa kita, apalagi mereka adalah generasi penerus bangsa yang seharusnya berperilaku baik agar nantinya bisa mengelola negara Indonesia menjadi negara yang maju dan terpandang di kaca Internasional. Tetapi saya selaku ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia akan selalu berusaha menjadikan remja di Indonesia menjadi lebih baik, saya yakin Indonesia bisa.

Rio : Oke, mungkin sekarang saya akan bertanya kepada Ibu Mirna, yang sehari-hari mengontrol perilaku para remaja di sekolah. Sebenarnya apa saja ya bu, jenis-jenis perilaku para remaja Indonesia yang umumnya dilakukan dan harus di benahi?

Mirna : Sebenarnya banyak sekali jenis-jenis kenakalan remaja saat ini, contoh kecil, membolos sekolah karena tidak suka dengan guru mapel,banyaknya remaja yang berpacaran kurang sehat, seperti pegangan tangan, atau banyak juga para remaja yang bertengar hanya karena rebutan pacar. Selain itu semakin banyak remaja yang merokok. Contoh yang palinng mengecewakan adalah hamil diluar pernikahan.

Bahiroh : Setelah kita mengetahui jenis-jenis kenakalan remaja Indonesia. Menurut ibu apa faktor yang menyebabkan kenakalan remaja semakin marak dilakukan?. Apa pendapat ibu Adik Junaida sebagai ketua Komnas Perlindungan anak Indonesia?

Adik : Sebenarnya banyak sekali pemicu dari semakin maraknya kenakalan remaja di Indonesia ini. Mungkin secara garis besar ada 2 faktor yakni internal dan eksternal. Dari faktor internal bisa jadi karena kepribadian diri sendiri yang buruk, mungkin karena orang tua kurang memberikan pendidikan karakter, bahkan memang ada orang tua yang kepribadianya kurang baik, dan akhirnya di contoh ole para anak-anak. Oleh karena itu untuk para orang tua yang menononton acara ini saya menganjurkan untuk bersikap dan memberikan teladan yang baik untuk anak-anaknya. Faktor intrnal yang kedua, yakni dari kontrol pada diri anak sendiri yang kurang baik, misalnya diajak temanya membolos sekolah, padahal siswa ini tahu konsekuensinya jika membolos sekolah nanti akan di panggil orang tuanya, namun karena kontrol diri yang kurang akhirnya diapun terhasutlah oleh ajakan temanya. Faktor eksternal yakni faktor lingkungan pergaulan anak yang tidak baik akan membuat dampak yang sangat drastis, bilingkungan bisa mengubah kepribadian yang baik menjadi tidak baik. Oleh karena itu pilihlah linkungan pergaulan yang orangnya berkarakter baik.

Bahiroh : Untuk adik-adik di studio dan dirumah jangan lupa untuk memilih teman yang memang berkarakter baik. Setelah mengetahui infomasi seputar kenakalan remaja dari para narasumber kita, mungkin adik-adik di studio ada yang mau bertanya? Silahkan perkenalkan diri terlebih dahulu!

Putra : Perkenalkan saya Putra Dwi Hartanto dari SMPN 25 Surabaya , saya ingin menanyakan seputar kenakalan remaja ini. Tadi telah di jelaskan bahwa kita harus pintar-pintar memilih lingkungan serta teman yang baik dalam pergaulan. Mohon dijelaskan bagaimana cara memilih lingkungan teman yang baik dalam bergaul?

Rio : Iya. Bagaimana ibu Zumrotus, tolong di tanggapi pertanyaan dari ananda Putra

Zumrotus : Pertanyaan yang sangat bagus, memilih teman sangatlah penting dalam pergaulan, karena jika memilih teman yang salah akan berdampak malapetaka bagi kita semua. Cara memilih lingkungan teman yang baik adalah: pertama , kenali karakter setiap orang dari lingkungan tersebut, nah cara mengenalinya adalah dengan melakukan komunikasi yang baik, dari komunikasi ini bisa dilihat bagaimana cara bertutur katanya apakah sopan atau tidak, lalu kenali identitas keluarganya apakah teman kalian ini berasal dari keluarga yang baik atau tidak. Yang kedua perkenalkan teman-teman kalian kepada orang tua, biarkan orang tua yang menilai. Lalu tanyakan apakah anak ini termasuk anak yang baik atau tidak, jika orang tua menyatakan tidak baik maka tinggalkan mereka dan cari lingkungan pergaulan yang baru, tetapi jika orang tua memperbolehkan kalian bergaul dengan teman kalian maka jalinlah komunikasi yang baik dengan mereka.

Bahiroh : Iya terimakasih ibu Zumrotus yang telah memberikan solusinya yang sangat penting dalam begaul. Selanjutnya untuk pemirsa di rumah yang ingin bertanya seputar tema kita yakni kenakalan remaja . silahkan menghubungi nomor kami di 088-880-111, sebelum itu mari kita persilahkan jeda iklan yang mau lewat berikut ini!

(IKLAN)

Rio : Iya pemirsa kembali lagi dengan kami dalam DIALOG INTERAKTIF
(Krrrrrrrrrriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnggggggggggggggggggggg)

Rio : Untuk pemirsa dirumah yang ingin bertanya telepon di nomor 088-880-111. Rupanya sudah ada telepon yang masuk, hallo! Dengan siapa dimana?

Julaikah : Halo, dengan ibu Siti Julaikah di tanggerang.

Rio : Iya ibu langsung saja pertanyaannya!

Julaikah : Iya ibu, saya ingin bertanya kepada Ibu Mirna. Begini ibu, posisi saya sekarang adalah seorang wanita karier, saya mempunyai anak yang umurnya 15 tahun,yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara saya sebagai orang tua untuk mengontrol perilaku anak agar tidak bertindak menyimpang atau tidak terpengaruh oleh lingkungan pergaulan yang negatif , sedangkan saya tidak bisa 24 jam berada disampingnya? . Mohon solusinya, sebelumnya terimakasih untuk solusinya.

Bahiroh : Sekarang giliran ibu Mirna mendapatkan pertanyaan, bagaimana ini ibu Mirna, mohon solusinya!

Mirna : Iya. Untuk ibu Julaikah di Tanggerang, ibu wanita karier begitu juga dengan saya. Seharusnya kita sesama wanita karier memang harus bisa mengontrol perilaku anak, dan masalahnya adalah bagaimana caranya sedangkan kita tidak 24 jam berada disampingnya? Caranya adalah dengan meluangkan waktu yang tersisa untuk keluarga, demi terciptanya keharmonisan keluarga yang sangat berpengaruh terhadap mental, dan kontrol diri pda anak. Dalam waktu yang tersisa di rumah itu ibu harus memberikan berkomunikasi yang dengan memberikan pendidikan karakter anak yang displin, sopan santun, dan jujur, serta memberikan siraman rohani agar anak menjadi anak yang baik dan berprinsip. Itu saja saran saya untuk ibu Julaikah di Tanggerang.

Rio : Iya setelah kita mengetahui berbagai problematika yang di hadapai kebanyakan orang, ada sedikit cuplikan tayangan kenakalan remaja di Indonesia, mari kita lihat! (CUPLIKAN TAYANGAN “kenakalan remaja”)

Bahiroh : Setelah melihat cuplikan tayangan kenakalan remaja itu tadi . Saaya ingin bertanya kepada ibu Adik Junaida . Bagaimana pandangan ibu dari sisi orang yang bersalah. Sebenarnya siapa yang patut dipersalahkan atas kejadian-kejadian kenakalan remaja seperti itu?

Adik : Sebenarnya banyak perorangan-perorangan yang patut unuk dipersalahkan. Jika kita meneropong dari segi orang yang mendidik maka kita bisa menyalahkan kepada 2 kelompok perorangan yakni orangtuanya sendiri sebagai pendidik pemula, dan yang kedua adalah guru selaku orangtua di sekolah. Mengapa harus orang yang mendidik ? karena tugas pendidik adalah mengubah karakter-karakter pribadi yang jelek menjadi lebih baik. Tetapi jika kita meneropong dari sisi keamanan maka yang kita salahkan adalah aparat kepolisian yang kurang menjamin adanya keamanan. Dan yang terakhir yang patut kita salahkan adalah anak-anak itu sendiri, karena mereka tidak dapat mengontrol perilaku dirinya.

Rio : Iya, sebelum kami memasuki sekmen yang terakhir, mari kita saksikan jeda iklan yang mau lewat berikut ini! .

(IKLAAAAN)

Rio : Iya pemirsa kembali lagi dengan kami dalam “DIALOG INTERAKTIF” . sekmen kami berikutnya yakni tanya-jawab pemirsa studio dengan para Narasumber. Bagi yang ingin bertanya dimohon untuk berdiri !silahkan! .

Rizal : Perkenalkan nama saya M. Syaiful Rizal dari SMP BAKTI KUSUMA Gresik, yang saya ingin tanyakan adalah. Kami adalah remaja yang pastinya tidak lepas dengan dunia maya seperti Facebook, Twitter, e-mail, dan lain sebagainya. Remaja dini telah banyak yang kecanduan dengan dunia maya tersebut. Yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana caranya agar kita tidak kecanduan dan fokus dalam belajar?

Bahiroh : Pertanyaan yang sangat menarik, rasanya yang cocok menjawab pertanyaan dari Rizal ini adalah Ibu Mirna, silahkan Ibu!

Mirna : Pertanyaan yang sangat bagus, cara mengurangi kesanduan dalam dunia maya adala dengan mengurangi waktu kita dalam dunia maya, dengan menggantinya untuk lebih fokus dalam belajar. Mengurangi bukan berarti meniadakan, jadi masih ada waktu untuk berada dalam dunia maya. Cara efektifnya adala degan mencatat semua aktivitas sehari-hari , lalu buatlah jadwal yang efisien . dan langkah selanjutnya adalah taati dengan disiplin jadawal yang telah kamu buat.

Bahiroh : Untuk menutup sekmen sekaligus dialog interaktif kita kali ini . saya ingin bertanya kepada ibu Zumrotus sebagai seorang Psikolog, sebenarnya dampak negatif apa yang akan diterima bagi para remaja akibat kenakalan yang dibuat?

Zumrotus : Sebenarnya ada 2 dampak yakni untuk diri sendiri dan oraang lain, dampak untuk diri sendiri : dia akan merasa malu karena perilakunya, dan dia akan di cemooh serta tidak disukai Allah dan orang lingkungannya. Dan dampak bagi orang lain adalah kehidupanya akan terganggu. Ada satu kerugian bai suatu negara jika mempunyai remaja yang nakal yakni mkemajuan negaranya dimasa depan

Rio : Baiklah demikian DIALOG INTERAKTIF episode kali ini

Bahiroh : Dalam dialog kali ini ada pesan untuk para remaja Indonesia yakni berperilakulah sesuai agama dan norma yang kamu anggap benar dan janganlah melakukan tindakan yang menyimpang

Rio : Bagi pemirsa di rumah, selamat menjalankan aktivitas anda.

Bahirioh & Rio : Dan sampai jumpa

Kesimpulan:

Menurut Dr. Adik junaidàtul dan Dr. nasiroh, Masalah kenakalan remaja yang ada di indonesia saat ini berada pada level yang mengkhawatirkan, mengigat peranan generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa indonesia kedepannya. Diperlukan berbagai usaha yang melibat banyak pihak agar perilaku remaja dan anak di negeri ini dapat terkendali dan berjalan sesuai nilai dan norma dalam masyarakat.

3. Contoh Dialog Interaktif Singkat Tentang Kesehatan

contoh teks dialog interaktif kesehatan
contoh dialog interaktif

Acara Dialog kesehatan halo dokter

Tema : cara menangani penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi

Acara : 16 September 2015

Nara sumber dari : Rs angkatan laut Mitoharjo

Narasumber : Dr Stevani, sub divisi jantung (N)

Televisi : TVRI

Pewawancara : Dr. Boy (P)
P : Apa sih itu hiptertensi?
N : Hipertensi itu ada tekanan darah tinggi di pembuluh darah,

P : Hipeternsi itu Ketauannya dari apa
N : Iya dari pemeriksaan, biasanya orang mikir kalau sakit kepala, tapi sebenarnya hipertensi tidak selalu dari apa yang dirasakan.

P : berarti harus diperiksa

N : Iya pemeriksaan darah tinggi bisa dari rumah, bisa ada alatnya, tinggal di pakai dan ada mainsetnya, biasanya butuh 3 kali pengukuran, kalau cuma sekali maka belum akurat

P : kapan tuh paling baik untuk pengukuran?
N : tidak ada masalah, tapi yang penting 30 menit sebelumnya tidak beraktifitas berat dan tidak minum kopi

P : apa indikasi darah tinggi
N : bila tekanan di atas 140 / 190

P : kemudian kapan itu normal?
N : Yang normal itu 120 / 80

P : jadi bagaimana itu membacanya
N : ada sistolik dan diastolik, kalau terlalu tinggi berbahaya terutama sistolik

P : Kalau ibu ibu marah itu darah tinggi apa nda?
N : bukan itu, tapi marah marah bisa lebih ke arah resiko apabila ibu itu memiliki darah tinggi.

P : bagaimana itu?
N : Resiko itu jadi cenderung ke keluarga atau keturunan, kalau keluarga memiliki riwayat, maka anak2nya biasanya juga. Kalau usia meningkat, makin tambah usia makin kaku pembuluh darahnya.

P : Bisa nda anak anak mengalami darah tinggi?
N : Bisa aja, ada primer dan sekunder, seperti penyakit ginjal, dan kelainan.

Kesimpulan

Penyakit darah tinggi dapat terjadi pada siapa saja. Kadang penyebab nya pun tidak diketahui. Kita harus waspada dan berhati hati. Terutama bila memiliki keluarga dengan riwayat darah tinggi.

***

Demikianlah contoh dialog interaktif yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Semoga kumpulan contoh dialog interaktif yang diberikan pada halaman ini bisa menambah wawasan anda, terutama bagi yang bergelut dalam dunia jurnalistik. Terimakasih!

Bagikan:

Leave a Comment