22 Contoh CV, Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik

Contoh CV – Simak Cara Membuat CV (curriculum vitae), daftar riwayat hidup atau resume berikut ini beserta contoh cv lengkap sebagai referensi untuk anda yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan dan berniat melamar kerja di sebuah perusahaan atau instansi.

Curriculum Vitae atau CV merupakan suatu hal yang wajib Anda buat dan diserahkan ke perusahaan ketika Anda melamar pekerjaan. CV itu seperti umpan ketika Anda memancing dan umpan tersebut harus baik dan lezat agar dimakan ikan. Begitu juga dengan CV, agar perusahaan mau melihat, menelaah dan mengingat CV milik Anda, maka Anda harus membuat CV sebaik, serapih dan semenarik mungkin.

Pengertian CV

pengertian dan contoh cv yang baik

Curriculum vitae atau yang sering disingkat dengan CV dalam Bahasa Indonesia adalah daftar riwayat hidup. CV adalah suuatu dokumen yang memberikan gambaran singkat mengenai pengalaman seseorang beserta kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, CV biasanya merupakan suatu hal utama yang diminta oleh sebuah perusahaan kepada pencari kerja dan CV sering digunakan untuk menyaring pelamar kerja, baik secara on line atau off line, dalam proses perekrutan, dan biasanya kemudian dilanjutkan dengan tahap wawancara atau tahap seleksi lainnya.

Kini, mencari pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah. Tidak selamanya orang yang berpendidikan tinggi bisa mendapatkan posisi yang layak di sebuah perusahaan. Maka dari itu Anda harus bisa membuat CV yang berkualitas dan professional agar bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang diidamkan. Dengan CV lamaran kerja yang baik, rapih, lengkap dan menarik tentu saja akan sangat mudah untuk dilirik oleh pihak HRD perusahaan dan akan memberikan Anda kesempatan yang semakin besar untuk lolos ke tahap berikutnya yaitu wawancara, test psikologi atau tahapan lainnya.

Sebelum Anda membuat CV, sebaiknya diketahui jenis CV berdasarkan formatnya agar Anda memiliki gambaran tentang format yang sesuai yang harus dibuat dalam proses melamar pekerjaan

Jenis CV Berdasarkan Formatnya

jenis dan contoh cv berdasarkan format pembuatannya

Terdapat 2 Jenis CV. Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan jenis formatnya,

1. Format formal

Jenis CV ini biasanya dibuat untuk melamar ke bidang pekerjaan seperti manajemen, keuangan dan administrasi. Karena pada umumnya pihak HRD akan menyeleksi format CV yang rapi, plain dan terkesan kaku.

2. Format semi-formal atau format kreatif

Jenis CV ini biasanya dibuat untuk melamar ke bidang kreatif seperti desain grafis, editor majalah, ilustrator dan fotografer. Karena pada umumnya pihak HRD akan menyeleksi yang dilihat dari kreatifitas dengan format CV yang beragam disertai banyak warna dan gambar.

Wajib dingat, CV harus dibuat dengan jujur dan selengkap mungkin, karena setiap poin memiliki penilaian khusus tersendiri yang dapat menambah atau bahkan mengurangi kesempatan Anda untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang dilamar.

Selain itu, kebenaran informasi akan dipertanggungjawabkan ketika Anda masuk ke tahap wawancara atau tahap tes lainnya. Buatlah CV Anda sesuai kebutuhan dan bidang pekerjaan. Jadi pastikan Anda membuat CV yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri dan kebutuhan perusahaan yang dilamar agar semakin diingat oleh pihak HRD perusahaan tersebut.

Selanjutnya, akan dibahas prinsip utama mengenai cara membuat CV profesional yang baik dan menarik secara sederhana tetapi tepat sasaran.

Namun, sebelum ke pokok pembahasan tersebut, sebaiknya Anda memahami dulu kesalahan utama yang perlu dihindari dalam membuat CV. Jika Anda hanya mengetahui cara membuat CV yang baik maka tidak heran jika nantinya Anda terjebak dengan hanya membuat CV yang baik dan salah, dibandingkan dengan membuat CV yang baik dan benar.

Kesalahan Utama Dalam Membuat CV Profesional

contoh cv dan beberapa kesalahan dalam pembuatannya

Berikut akan dibahas tentang kesalahan yang paling sering ditemukan dalam CV profesional. Kesalahan ini dapat berakibat sangat fatal yang tidak hanya menurunkan CV Anda menjadi tidak profesionaltetapi dapat memperbesar kemungkinan CV tersebut berakhir di kotak sampah begitu baru mulai dibaca oleh pihak perusahaan.

1. Tidak menyertakan surat lamaran (cover letter)

Meskipun perusahaan yang dituju menyebutkan hanya meminta CV, bukan berarti Anda tidak perlu menyertakan surat lamaran. Tanpa surat lamaran, Anda seperti bertamu ke rumah orang tanpa permisi. Surat lamaran adalah bagaikan “salam pembuka / ucapan permisi” yang menyampaikan maksud dan tujuan Anda ketika mengirim CV. Surat lamaran harus dibuat singkat, padat, jelas, menarik, dan berkesan di mata penerima surat, dalam hal ini pihak perusahaan, agar mereka tertarik untuk menyimak CV Anda.

2. Tidak sesuai dengan kualifikasi

Sebagai contoh, Anda seorang wanita, sudah menikah, dan lulusan D3. Lalu Anda melamar untuk suatu posisi pekerjaan dengan kualifikasi “pria, lajang, lulusan S1”. Maka tidak perlu waktu lama bagi penerima CV untuk meletakkan atau bahkan membuang CV Anda di tumpukan dokumen tak terpakai atau ke tempat sampah.

3. Salah ketik atau salah eja

Jangankan Anda membuat kesalahan dalam pengetikan di banyak kata, salah mengeja satu kata atau salah penempatan tanda baca lebih dari satu kali saja sudah membuat penerima CV menganggap bahwa Anda adalah orang yang tidak teliti. Harus diingat, tidak ada perusahaan yang mau mencari karyawan yang tidak teliti.

4. Template CV

Template CV mudah Anda temukan di internet. Kini memang sudah banyak sekali dapat Anda temukan contoh template CV yang baik dan benar. Tetapi bukan berarti Anda dapat menggunakannya untuk semua perusahaan yang dituju. CV seperti ini tidak akan membuat Anda lebih menonjol dari kompetitor jika Anda tidak meng-update isi CV Anda tersebut.

5. Hanya berfokus pada tanggung jawab, bukan peran

Ketika anda menjelaskan tentang pengalaman kerja, Anda terjebak hanya dengan menjabarkan tanggung jawab yang wajib dilakukan pada posisi tersebut. Umumnya tim HRD pihak perusahan telah memahami tanggung jawab setiap posisi profesi pekerjaan, hal terpenting yang ingin diketahui sebenarnya lebih kepada detail peran apa yang sudah Anda lakukan secara spesifik. Terlebih lagi jika Anda mencantumkan pencapaian suatu penghargaan atau prestasi pada posisi tersebut.

6. Terlalu lengkap atau detil

CV yang menuliskan pendidikan, pengalaman, serta minat yang terlalu banyak hanya akan memperlihatkan bahwa Anda sebagai orang yang tidak fokus dan tidak tahu penempatan. Idealnya, cukup Anda jabarkan hal-hal yang berkaitan dengan posisi yang sedang Anda lamar atau cantumkan hal-hal yang sekiranya memuat tentang prestasi atau capaian terbaik Anda pada kegiatan tersebut

7. Desain CV yang buruk

Desain CV yang buruk antara lain: bahasa yang monoton dan terlalu kaku, font tulisan yang kompleks dan kurang profesional, atau, kreasi yang terlalu berlebihan. Hal tersebut hanya akan membuat penerima CV terkejut dan mungkin langsung membuang CV Anda tersebut.

Setelah Anda mengetahui kesalahan fatal yang harus dihindari dalam penulisan CV, sekarang mulailah Anda mengasah keterampilan dalam membuat CV profesional yang baik dan menarik.

Ketrampilan Utama Yang Wajib Dimiliki Dalam Resume

Dalam membuat sebuah CV yang berkualitas dan profesional, ada beberapa keterampilan utama yang harus anda miliki seseorang agar bisa mendapatkan pekerjaan yang baik, diantaranya:

  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Mampu bekerja dalam tim
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan
  • Mampu bernegosiasi dengan baik
  • Dapat melakukan kalkulasi secara akurat

Dan masih banyak lagi ketrampilan yang sangat diperlukan dalam membuat sebuah CV yang berkualitas dan professional, tidak hanya menggunakan soft skill, tetapi technical skill juga sangat diperlukan.

Prinsip Membuat CV Profesional yang Baik dan Menarik

prinsip pembuatan dan contoh cv yang baik dan benar

Dalam membuat CV profesional, ada beberapa hal prinsip utama yang perlu Anda ketahui agar menarik perhatian, yaitu:

1. Keep It Simple Shiny disingkat KISS

Tampilan CV profesional yang rapi dan elegan untuk semua kalangan. Pastikan CV dibuat dengan tampilan yang sederhana namun menarik perhatian. Terlebih lagi jika Anda seorang desainer grafis, buatlah CV Anda secara kreatif tetapi elegan. Kreasikan tampilan CV Anda sesuai karakter Anda tanpa mengurangi kesan profesional. Buatlah CV Anda pada kertas A4 sebanyak maksimal 2 halaman. Tidak perlu menerangkan terlalu detil. Berilah ruang informasi secukupnya agar penerima CV menjadi penasaran dan memiliki banyak bahan pertanyaan saat wawancara. Mengenai desain, tetaplah menyediakan clean area pada layout di halaman kertas CV Anda agar tidak terlihat sesak dan melelahkan ketika dibaca.

2. Stay Classy

Ketika membuat CV, sertakan surat pengantar (cover letter) sebagai rangkuman dari profil Anda sebanyak setengah halaman A4. Ini berguna untuk memberikan kesan pertama yang lebih professional dan elegan. Gunakan bahasa yang aktif untuk meningkatkan kesan yang positif.

3. Aturan angka 3

Contoh penggunaan font yang baik

Anda harus membiasakan untuk berpegang pada aturan angka 3. Terdiri dari maksimal 3 jenis font, 3 kombinasi warna, dan 3 kolom (abila CV dibuat dalam bentuk kolom, bukan baris). Terlebih lagi jika Anda ingin bermain typography.

4. Pilih font yang sesuai

Font yang ideal dan sesuai untuk CV profesional. Pemilihan jenis dan ukuran font sangat mempengaruhi kenyamanan saat membaca. Para ahli profesional menganggap bahwa jenis font Sans Serif sebagai salah satu font terbaik untuk dokumen bisnis termasuk CV. Pada umumnya, Font yang digunakan untuk CV standar adalah Times News Roman ukuran 12, warna hitam. Untuk CV kreatif agar tetap profesional, maka dibuat dengan menggunakan font Sans Serif atau berpola serupa dengan ukuran 9 sampai dengan 20 poin karena ukuran di atas 12 poin biasanya untuk headline yang dipertegas dengan efek bold, italic, underline, kapital, atau dengan penggunaan warna yang berbeda.

Beberapa font Sans Serif yang baik untuk penulisan CV Anda, yaitu: Tahoma, Century Gothic, Arial, Georgia.

5. Konten utama

Sebuah CV professional, minimal harus memuat konten seperti:

Data pribadi; Pernyataan singkat posisi pekerjaan yang dilamar serta poin singkat alasan Anda patut diterima; Keterampilan utama; Pengalaman kerja; Pendidikan; Penghargaan.

Terkait dengan konten utama yang harus dituliskan dalam CV Anda, selanjutnya akan dibahas mengenai tips memoles isi konten agar bernilai lebih di mata perusahaan.

Tips memoles konten CV agar terlihat bagus di mata perusahaan

tips cara dan contoh cv terbaru

Di bawah ini adalah poin-poin penting yang dapat menjadi nilai tambah Anda agar perusahaan mempertimbangkan CV Anda ke tahap selanjutnya, yaitu:

1. Aktif Berorganisasi

Aktif Mengikuti Organisasi di Kampus atau Sekolah. Kegiatan berorganisasi Anda ketika masih duduk di kampus atau sekolah akan menambah nilai plus ketika menulis CV. Anda wajib mencantumkan organisasi apa saja yang pernah diikuti. Semakin banyak yang Anda ikuti maka akan semakin baik pula nilai Anda di mata perusahaan. Terlebih lagi jika Anda berhasil menduduki jabatan penting dalam organisasi tersebut.

2. Kumpulkan Sertifikat

Mengumpulkan Sertifikat Pelatihan atau Seminar. Terdapat banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh setiap organisasi di kampus, di sekolah ataupun umum. Baik seminar, pelatihan, ataupun workshop. Apapun jenis kegiatan yang pernah Anda ikuti, Anda sertakan pula sertifikatnya ke dalam lampiran CV. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi CV Anda.

3. Tuliskan Keahlian Anda

Keahlian apa saja yang Anda miliki. Saat menulis CV, jangan lupa menambahkan keahlian atau kreativitas yang Anda miliki karena dapat menjadi nilai tambah Anda sebagai bagian penilaian dari perusahaan.

4. Tuliskan pengalaman kerja Anda

Jangan lupa untuk menulis pengalaman kerja sebelumnya. Ketika menulis CV, catat dan jelaskan rincian pekerjaan yang pernah Anda lakukan. Jangan lupa untuk mencantumkan posisi atau jabatan yang pernah diduduki. Pengalaman kerja Anda adalah hal yang penting bagi penilaian perusahaan.

5. Kursus yang pernah Anda ikuti

Mengikuti kursus dapat juga menjadi nilai tambah. Jika Anda pernah mengikuti kursus atau latihan keterampilan apapun, baik formal di suatu lembaga pendidikan atau non formal di suatu komunitas, maka sebaiknya dituliskan juga dalam CV agar dapat lebih mempercantik CV Anda dan menunjukkan keahlian serta nilai tambah pada perusahaan yang sedang dilamar.

6. Kegiatan Sosial

Sertakan berbagai kegiatan sosial yang pernah Anda ikuti. Jangan lupa untuk menyertakan daftar kegiatan sosial yang pernah diikuti pada CV Anda. Dengan demikian, pihak perusahaan akan melihat bahwa Anda adalah termasuk orang yang peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar Anda. Hal ini sudah tentu menjadi nilai tambah lainnya.

7. Blog Pribadi

Memiliki blog pribadi juga dapat menjadi nilai tambah. Teknologi berkembang dengan pesat. Perkembangan ke arah positif salah satunya adalah dengan memiliki dan mengelola blog pribadi. Blog pribadi merupakan tempat untuk menumpahkan isi pikiran dan kreatifitas Anda. Kredibilitas Anda dalam membuat dan mengembangkan blog pribadi dapat dilihat oleh pihak perusahaan sebagai nilai tambah yang baik.

Sekarang ini telah banyak situs yang dapat membantu Anda dalam memberikan referensi format CV baik kreatif maupun formal secara professional. Mari disimak info berikut.

Bagaimana cara membuat CV Anda lebih menarik dan dilirik Perusahaan?

Membuat CV formal atau kreatif agar terlihat menarik tentunya harus dibuat dengan sebaik mungkin. Terutama ketika membuat CV kreatif, seringkali membutuhkan waktu yang lama dan dapat menemui kendala dalam desain, wording, urutan dan susunannya. Dan untuk mempermudah para pencari kerja dalam membuat CV yang menarik, rapih, serta enak dilihat, ada beberapa situs yang cocok untuk Anda kunjungi. Situs-situs ini menyediakan beberapa template CV yang menarik, baik gratis ataupun berbayar.

Berikut adalah 7 situs yang dapat membantu menyediakan template menarik dalam membuat CV kreatif:

  • VisualCV
  • Resume.io
  • ConnectCV
  • Kinzaa
  • CV Maker
  • KickResume
  • ResumUP

Keterampilan dalam membuat CV profesional sudah seharusnya menjadi prioritas utama dalam karir. Semakin mahir Anda dalam membuat CV, maka semakin besar peluang Anda untuk dilirik dan berhasil mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan untuk berkarya. Kemahiran tersebut dapat Anda kuasai dengan memahami kesalahan yang harus dihindari, serta berpegang pada prinsip membuat CV profesional yang baik dan menarik.

Baca Kembali CV Anda, Sebelum Dikirimkan

Sebelum Anda mengirimkan CV pada sebuah perusahaan, pastikan Anda telah meneliti kembali isi CV yang ditulis. Jangan sampai terdapat kesalahan ejaan. Pastikan bahwa Anda telah menggunakan EYD dengan baik dan benar.

Analisis CV Anda

Cobalah untuk memosisikan diri Anda sebagai seorang HRD yang sedang membaca lamaran kerja dan berlaku secara objektif. Dengan begitu, Anda akan mengetahui kelemahan apa yang masih ada di CV Anda. Jika langkah ini masih dirasa belum cukup, Anda bisa meminta tolong kepada teman atau saudara untuk meneliti kekurangan CV Anda dan kemudian dapat dijadikan masukan untuk perbaikan.

Kumpulan Contoh CV

kumpulan contoh cv

Berikut ulasan tentang contoh CV lamaran kerja yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi atau acuan.

Contoh CV 1

Curriculum Vitae

DATA PRIBADI

1. Nama Lengkap Fachri Hasan
2. Tempat & tanggal lahir Pontianak, 13 Mei 1990
3. Alamat Ds. Sumber utama. Kec. Banjar lama, Kab. Pontianak
4. Jenis Kelamin Laki-laki
5. Status Perkawinan Menikah
6. Agama Islam
7. No Telp 082724627463
8. Email : fachri.hasan11@gmail.com

Pendidikan Formal:

1. 1996 – 2002 : SDN Banjarbaru 3
2. 2005 – 2005 : SMPN Banjarbaru 1
  1. 2005 – 2008
: SMAN Banjarbaru 2
  1. 2008 – 2013
: UIN Banjarmasin

Pendidikan Informal:

2015 : Kursus Membatik
2015 : Kursus Menulis

: Kursus Kebangsaan

Pengalaman Kerja:

  • 2015-2016 : Bekerja sebagai Sales marketing di PT Tetap Maju

Demikian curriculum vitae ini saya buat sesuai dengan daftar riwayat hidup saya. Adapun tujuan dari penulisan CV ini adalah sebagai data tambahan untuk mempertimbangkan lamaran kerja yang saya ajukan. Terima kasih saya ucapkan atas perhatian dan kerjasama dari Bapak atau Ibu.

Pontianak, 25 Juni 2018

Fachri Hasan

 

Contoh CV 2

Curriculum Vitae

Personal Data

  1. Name : Almahendra
  2. Nick name : Hendra
  3. Address : Ahmad Yani Street No. 23, Yogyakarta
  4. Marital Status : Married
  5. Email : mahendra.90@gmail.com
  6. Age : 24 years old
  7. Origin : East Java
  8. Height : 175 cm
  9. Weight : 60 kg
  10. Place and date of birth : Kebumen, 11th of January, 1994
  11. Nationality : Indonesia
  12. Phone : 085678346522
  13. Hobby : reading, traveling, listening

Education

  1. University of Indonesia
  2. SMA Negeri 01 Yogyakarta

Languages

  1. Javanese
  2. Bahasa Indonesia
  3. English

Skills

  1. Ability in operating Computer and internet
  2. Ability in speaking English well

English Proficiency Test

  1. Listening: 250
  2. Reading: 195
  3. Relevant certificate: 450

Contoh CV 3

Curriculum Vitae

1. Nama Lengkap : Nur Afni
2. Tempat & tanggal lahir : Surabaya, 21 Oktober 1990
3. Alamat : Jl. Mawar Baru No. 80, Surabaya
4. Jenis Kelamin : Perempuan
5. Status Perkawinan : Belum Menikah
6. Agama : Islam
7. No. Telp : 0873627317378
8. Email : afni.nur11@gmail.com

Pendidikan Formal

1998 – 2004 : Sekolah Dasar Negeri 02 Surabaya
2004 – 2007 : SMP Negeri 1 Surabaya
2007 – 2010 : SMA Negeri 1 Surabaya
2011 – 2015 : Institut Teknologi Sepuluh November

Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat sebagaimana adanya. Data diri saya ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu atas lamaran kerja yang saya ajukan.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Surabaya, 20 Juni 2018

Nur Afni

Contoh CV 4

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

1. Nama Lengkap : Fahri Hans
2. Tempat dan tanggal lahir : Tegal, 18 Maret 1992
3. Alamat : Jl. Melati No. 12, Tegal – Jawa Tengah
4. Jenis Kelamin : Laki-laki
5. Status Perkawinan : Belum Menikah
6. Agama : Islam
7. No. Telp : 0857-5262-7778
8. Email : Fahri.18@gmail.com

Pendidikan Formal

  • 1999 – 2005 : SD Negeri 1 Candisari
  • 2005 – 2008 : SMP Negeri 2 Candisari
  • 2008 – 2011 : SMA Negeri 3 Candisari
  • 2011 – 2015 : UNNES Semarang

Pendidikan Informal

  • 2015 : Kursus Bahasa Inggris
  • 2015 : Kursus Bahasa Belanda

Pengalaman Kerja

  • 2015-2016 : Bekerja sebagai Customer Service di PT Jaya Selalu

Demikian daftar riwayat hidup dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan waktunya saya sampaikan terima kasih.

Tegal, 20 Juni 2018

Fahri Hans

Contoh CV 5

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

1. Nama Lengkap : Muhammad Akbar
2. Tempat dan tanggal lahir : Malang, 11 Agustus 1993
3. Alamat : Jl. Merdeka No. 90, Malang
4. Jenis Kelamin : Laki-laki
5. Status Perkawinan : Belum menikah
6. Agama : Islam
7. No. Telp : 08674284724
8. Email : akbar.m20@gmai.com

Pendidikan Formal

  1. 1998 – 2004 : MI Miftahul Falah Malang
  2. 2004 – 2007 : MTs Miftahul Falah Malang
  3. 2007 – 2010 : MA Miftahul Falah Malang
  4. 2011 – 20015 : UNISMA malang

Pendidikan Informal

  1. 2015 : Kursus computer Surabaya
  2. 2015 : Kursus bahasa Arab Inggris Pare

Pengalaman Kerja

  1. 2015 – 2016 : Staff Usaha Foto Copy

Demikianlah daftar riwayat hidup ini dibuat sebagaimana semestinya dengan singkat dan jelas. Daftar riwayat hidup ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu atas lamaran yang saya ajukan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Malang, 11 April 2019

Muhammad Akbar

Contoh CV 6

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI
– Nama : Andika Pratama
– Jenis Kelamin : Laki-laki
– Tempat dan Tanggal Lahir : Medan Deli, 12 November 1992
– Kesehatan : Sangat Baik
– Kewarganegaraan : Indonesia
– Status Perkawinan : Belum Menikah
– Agama : Islam
– Alamat Lengkap : Jl. Merdeka No. 99, Medan Labuhan, Medan
– Nomor Telepon : 08106813123

PENDIDIKAN FORMAL
– 1999 – 2005 : SDN 14022 Medan
– 2005 – 2008 : SMPN 5 Medan
– 2008 – 2011 : SMA PAB 2 Deli Serdang
– 2011 – 2015 : S1-Universitas Potensi Utama, Jurusan Sistem Informasi

PENGALAMAN KERJA
– PT. Mitra Pasifik Medan sebagai Head of Digital Marketing Januari 2015 – Desember 2016
– PT. Musimas Indonesia – Medan sebagai Marketing Mei 2016 – Februari 2017
– PT. Indo Stell sebagai Teknisi Komputer Agustus 2017 – Sekarang

PRESTASI
– PSMS u-17 (2007)
– Juara Liga Sepakbola Antar Kota di Sumatera Utara (2008 – 2009)
– Seleksi Nasional pada PON Sumatera Utara (2009 – 2011)
– Juara SSB se-Indonesia (2005 – 2006)
– Juara Olimpiade Sains se-Sumatera Utara (2004)

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan benar sesungguhnya.

Medan, 17 Agustus 2018

Hormat saya,

Andika Pratama

Contoh CV 7

Daftar Riwayat Hidup

Biodata
– Nama : Indra Suseno
– Tempat, tanggal lahir : Air batu, 7 Februari 1991
– Jenis Kelamin : Laki-laki
– Agama : Islam
– Tinggi Badan : 169 cm
– Berat Badan : 78 kg
– Alamat : Jl. Rawangan Timur, VI/14B, Kelurahan Rawang Mangun,
– Kecamatan Padang Selatan, Jakarta Selatan.
– Nomor Telepon : 089904756897
– Status Perkawinan : Kawin
– Alamat email : indrasuseno1919@yahoo.com
– Alamat website : www.indrasuseno.worldpress.com

Riwayat Pendidikan
– Tahun 1997 – 2003 SD Negeri 4 Pasar Sungai Tunu
– Tahun 2003 – 2006 SMP Islam Balai Selasa
– Tahun 2006 – 2009 SMA Negeri 1 Balai Selasa
– Tahun 2009 – 2013 Jurusan D3 Teknik Informasi dan Komunikasi,
– Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

Kemampuan
– Microsoft Office
– SPSS
– Delphi
– Myob
– Visual Basic

Penghargaan
– Penerima beasiswa Insan Islam Cendekia periode tahun 2010-2011.
– Lulusan terbaik ke-2 tingkat jurusan D3 Teknik Informasi dan Komunikasi, Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang tahun 2013.

Daftar riwayat hidup ini dibuat dengan sejujur-jujurnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Indra Suseno

Contoh CV Bahasa Inggris

Curriculum Vitae

Simon Yen
(64)12345678
simon_yen@mail.com

EDUCATION

  • Sep 2008—Present, Shanghai University, BE

Candidate for Bachelor in Mechanical Engineering degree (ME).
Major academic courses highlights: Company Property Management; Marketing; Economics; English
Technology Communication; Information Management System; Modern Fabrication System.

  • May 2011, Certified Public Accounting Training (CPA)

OCCUPATION

  • Dec 2011—-present, ITT Flygt investment. China
    Application Engineer, Sales & Marketing

Application support and industry projects tracing to sales office to achieve the sales budget and new industry market application research.
Pay suitable visits to end users and DI for seminars and technical presentations with salesperson or distributors while collecting marketing information and competitor information analysis.

  • July 2011—-Sep 2011, Intel Products Co., Shanghai, China
    CPU Assembly Engineer (Internship)

Analyzed the yield ratio trend, documented and solved the current problems.
Participated in the training of marketing, business process modeling and analysis at Intel University.
Visualized a project review with impressive presentation and multi-media animation, which was highly appreciated by department manager.

  • June 2011—-July 2011, GF Fund Management Co., LTD.
    Campus Intern

Analyzed investment principles and related financial derived products
Formulated the scheme of market popularization and network marketing.

AWARDS

  • 2009-2010, Second-Class Scholarship for Excellent Students of Shanghai University.
  • 2010-2011, the Imagine Ambassador of Shanghai Tennis Popularization.

COMPETENCIES & INTERESTS

  • English Ability : Band 6 and the intermediate test of interpretation.
  • Germany Ability : 600 hours of Germany lessons in TongJi University.

Computer Skills:

  • National Computer Lever 3rd Certificate. ( Network Communication )
  • Professional Certificate of Assistant Information Officer (AIO).
  • C++, VBA, Provision, JMP, AutoCAD, 3Dsmax, Photoshop, Solidworks, Aftereffect

Personal Interests:

  • Basketball (Skills); skating (Speed); English (elegant); Snooker (Stable)

Gambar Contoh CV Yang Unik Dan Menarik

Dibawah ini adalah beberapa contoh format dan model cv dalam bentuk gambar yang bisa menjadi acuan untuk membuat cv yang unik dan menarik, yang tentunya akan menarik perhatian penyeleksi kerja saat melihat dokumen Anda.

contoh cv daftar riwayat yang bergaya

contoh cv stylis dan unik

contoh cv online untuk fresh graduate

contoh cv atau curriculum vitae

contoh resume dan contoh cv dalam melamar pekerjaan

kompilasi contoh cv yang kreatif dan modern

contoh cv yang paling elegan yang bisa kamu lihat

kumpulan contoh cv terbaru dan terbaik

****

Demikianlah beberapa contoh cv yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Jangan lupa datang kembali untuk melihat berbagai contoh surat lainnya yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih!

 

Bagikan:

Leave a Comment