8+ Contoh Ceramah Singkat Tentang Kejujuran, Sabar, Syukur, Menuntut Ilmu, Dll

Contoh Ceramah Singkat dan Penjelasan Lengkapnya. Anda sering menjumpai orang-orang yang berceramah baik itu dimasjid, televisi, perkumpulan dan acara-cara lainnya. Tetapi, Anda masih sulit membedakan apa itu ceramah, khotbah dan sambutan. Secara keseluruhan ceramah, khotbah dan sambutan merupakan salah satu bentuk dari pidato didepan umum. Jadi, ketiganya masuk kedalam jenis pidato, yang membedakan yaitu topik dan isi pidato yang akan disampaikan.

Terkadang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dalam beberapa persoalan sulit menemukan pemecahan masalah dalam teks tulisan. Begitu juga sebaliknya dimana ada beberapa persoalan yang hanya ditemukan dalam beberapa tulisan. Adanya ceramah melalui dakwah dan pemaparan secara lisan membantu masyarakat dalam menjawab persoalan-persoalan yang ada disekelilingnya. Memadukan pengalaman serta keilmuan para penceramah, persoalan tersebut akan terjawab nantinya.

Seorang penceramah memiliki pengetahuan serta keilmuan yang tinggi dengan wawasan yang luas. Tidak sembarang orang dapat menjadi seorang penceramah. Pada kesempatan ini, pokok bahasan yang akan diterangkan terkait keseluruhan dalam ceramah, meliputi pengertian ceramah, unsur-unsur, kelebihan dan keurangan serta beberapa contoh ceramah singkat, berikut penjelasnnya.

Pengertian Ceramah

contoh ceramah dan pengertiannya
contoh ceramah singkat

Ceramah merupakan salah satu jenis pidato yang t0pik pembicaraanya terkait ajara-ajaran keagamaan. Isi dari ceramah umumnya menyampaikan atau menyiarkan informasi baik ilmu pengetahuan, pengalaman dan lainnya yang berkaitan dengan ajaran keagamaan. Ceramah bertujuan untuk memberikan petunjuk-petunjuk tentang ajaran keagamaan dan termasuk kedalam salah satu teknik berdakwah.

Pada kegiatan ceramah pasti adanya audiens atau pendengar sebagai orang yang menerima informasi. Audiens disini umumnya hanya sebagai pendengar diaman iinfromasi berjalan satu arah tanpa adanya timbal balik atau biasa disebut feedback. Dalam pelaksanaannya, ceramah tidak terikat oleh aturan apapun, ceramah dapat dilakukan kapan saja, dimanapun dan tidak ada rukun serta syarat yang harus dipatuhi. Ceramah pada dasarnya terbagi kedalam 2 jenis yaitu:

  • a. Ceramah Umum

Ceramah umum yaitu jenis ceramah yang tidak dibatasi jumlah pendengarnya, dapat untuk khalayak luas, ramai dan siapa saja. Pada ceramah umum ini juga tidak dibatasi golongan-golangan baik muda, tua, kaya dan miskin, sedangkan materi ceramah akan ditentukan sesuai dengan tema acara. Contohnya seminar nasional, pelatihan dan lainnya.

  • b. Ceramah Khusus

Ceramah khusus merupakan kebalikan dari ceramah umum dimana pendengar atau audiens sudah ditentukan yang bersifat khusus. Materi yang akan disampaikan umumnya juga bersifat khusus yang tekah ditentukan sebelumnya. Contonya: peringatan Maulid Nabi, Isra’Miraj dan lain sebagainya

Unsur-Unsur dalam ceramah

contoh ceramah dan unsurnya
contoh ceramah

Dalam kegiatan ceramah, unsur menjadi bagian penting yang harus ada dalam kegiatan ceramah atau pidato, berikut diantaranya:

1. Penceramah

Penceramah merupakan orang yang memberikan materi, informasi dan nasehat kepada pendengar. Penceramah dapat juga dikatakan orang-orang yang melakukan kegiatan ceramah. Seorang penceramah merupakan orang yang memiliki keilmuan yang luas, dihormati, disegani atau memiliki pengalaman yang tinggi.

Tidak semua orang bisa atau mampu menjadi seorang penceramah, butuh keahlian dalam berbicara dan memberikan informasi kepada pendengar. Ketika ingin menjadi seorang penceramah, dibutuhkan latihan yang aktif serta materi-materi yang akan disampaikan. Seorang penceramah yang ahlipun mempunyai kekurangan-kekurangan jika tidak terus dilatih dan diasah dalam berbicara didepan umum.

2. Pendengar

Pendengar atau biasa disebut audiens merupakan orang yang menerima informasi, nasehat dan materi dari penceramah. Pendengar dalam kegiatan ceramah ada yang bersifat umum atau tidak terbatas dan ada yang khusus atau terbatas, tergantung jenis ceramahnya. Audiens umum tidak dibatasi oleh usia, umur, golongan, status dan lainnya sedangkan yang khusus ada batasannya.

Umumnya ketika proses ceramah pendengar hanya mendengarkan materi, nasehat atau informasi yang diberikan oleh pendengar atau bersifat satu arah. Akan tetapi, dibeberapa kegiatan ceramah, audiens diperkenankan untuk menyampaikan tanggapan, pertanyaan dan lainnya tergantung jenis ceramahnya. Salah satu jenis ceramah yang melakukan interaksi dengan audiens yaitu ceramah seminar dan pengajian.

3. Materi

Materi dalam kegiatan ceramah merupakan pokok bahasan yang akan disampaikan oleh penceramah. Materi dalam ceramah yaitu ajaran-ajaran keagamaan yang sudah sesuai dengan aturan atau pedoman agama yang mereka anut. Seorang penceramah sebelum berceramah akan menyusun materi yang akan disampaikan agar pendengar dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan.

Materi ceramah yang baik yaitu materi yang dapat membuat pendengar secara langsung terdorong hati dan pikirannya untuk melakukan apa yang disampaikan, serta merespon dari informasi yang diberikan secara cepat. Materi yang baik juga harus mudah dimengerti oleh pendengar, hindari penggunaan kata-kata yang sulit dimengerti dan masukkan candaan agar suasana mencair.

Materi ceramah menjadi salah satu kunci sukses tidaknya suatu kegiatan ceramah tersebut. Pendengar yang merasa terdorong, terenyuh dengan suasana dan respon terhadap informasi merupakan salah satu bukti bahwa materi tersebut sangat bagus. Sehingga, ketika membuat materi ceramah perlu diperhatikan tema, auidens yang akan kita berikan ceramah dan isi yang terkandung didalamnya.

4. Metode ceramah

Metode ceramah yaitu cara atau teknik penceramah dalam menyampaikan materi, informasi dan nasehat yang akan diberikan kepada pendengar. Beberapa metode yang sering digunakan oleh penceramah antara lain:

  • a. Menghafal yaitu teknik ceramah dengan menghafalkan materi yang akan dibawakan. Metode ini membutuhkan daya ingat dan persiapan yang matang agar dalam menyampaikan ceramah berjalan dengan lancar. Metode ini umumnya digunakan oleh penceramah yang sudah cukup sering melakukan ceramah sehingga memiliki bahasan lebih didalam ceramahnya.
  • b. Membaca Naskah yaitu metode ceramah dengan menyiapkan catatan lengkap atau naskah yang telah disiapkan sebelumnya. Metode ini sering kita jumpai secara umum dibeberapa ceramah yang ada. Metode ini sangat mudah diaplikasikan karena adanya catatan dan naskah, sehingga seorang penceramah akan lebih mudah dalam menyampaikan materinya.
  • c. Improvtu yaitu metode ceramah yang tidak ada persiapan sebelumnya. Metode ini umumnya digunakan oleh penceramah yang sudah memiliki keahlian dan jam terbang tinggi, sehingga dalam kegiatan ceramah kalimat-kalimat muncul secara spontan dari penceramah.
  • d. Ekstemporan yaitu metode ceramah yang akan menuliskan catatan-catatan penting saja dalam menyampaikan ceramahnya. Hal ini dilakukan oleh penceramah yang teliti akan keteraturan kalimat dan untuk memudahkan dalam menyampaikan sistematika materi ceramah. Catatan tersebut juga digunakan sebagai pengingat ketika penceramah menyampaikan ceramahnya.

5. Media Ceramah

Media ceramah merupakan alat yang digunakan oleh seorang penceramah dalam menyampaikan materi kepada audiens. Alat yang digunakan akan membantu kelancaran dalam proses ceramah. Diera sekarang dengan kemajuan teknologi dan informasi, kegiatan ceramah tidak hanya dilakukan secara langsung, akan tetepi dapat melalui media sosial dan elektronik.

Kemudahan penyampaikan informasi ceramah harus diikuti oleh para penceramah dalam memberikan materi yang valid, membangun, dan memotivasi. Sedangkan sebagai pendengar, perlu diperhatikan informasi-informasi yang benar guna menghindari kesalahan dalam menangkap informasi yang diberikan oleh penceramah. Banyaknya informasi terkadang akan membuat pendengar semakin binggung.

Seyogyanya, sebagai orang yang mengerti teknologi informasi juga harus didukung dengan kemampuan analisa kebenaran dari informasi tersebut. Usahakan ketika menerima ceramah tidak hanya dari satu penceramah tetapi dari banyak ceramah untuk mendapatkan informasi yang benar dan disepakati bersama. Karena ilmu yang baik yaitu ilmu yang tidak hanya datang dari satu sumber saja.

Kelebihan dan Kekurangan Ceramah

contoh ceramah dan kelebihannya
contoh ceramah singkat

Kelebihan dari metode ceramah diantaranya yaitu jangkauan penyebaran informasi yang luas. Pendengar dalam setiap kesempatannya dapat mendengarkan dan menyimak materi yang sama dengan audiens yang lain. Kemudian, kelebihan metode ceramah yaitu tidak membutuhkan biaya ataupun alat peraga berbeda dengan metode lainnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam ceramah yaitu keahlian seorang penceramah dalam menyampaikan materi ceramahnya.

Kekurangan metode ceramah antara lain yaitu jika digunakan dalam sistem pembelajaran murid sekolah, ceramah akan membuat siswa jenuh dalam menerima materi. Kemudian, tidak adanya timbal balik akan membuat konfirmasi penyerapan materi dari guru akan sulit dipahami oleh siswa. Kecenderungan siswa akan merasa jenuh dan bosan jika terus-menerus mendengarkan tanpa adanya interaksi satu sama lain menjadi kekurangan dari ceramah.

Sehingga, metode ini kurang cocok jika diigunakan untuk kegiatan pendidikan selain faktor siswa yang cepat jenuh, kemampuan menyimak dari siswa yang berbeda-beda serta siswa sulit mendapatkan ruang komunikasi karena sistem ceramah hanya terjadi satu arah. Jadi, pemilihan metode ceramah perlu dipikirkan dengan baik oleh pengajar agar siswa dapat menangkap informasi yang diberikan.

Struktur Teks dalam Ceramah

Dalam penyusunan materi ceramah ada beberapa hal penting yang harus ada dalam isi ceramah Anda, antara lain:

1. Pendahuluan

  • Pembuka dalam ceramah meliputi salam pembuka, ucapan hormat dan rasa syukur
  • Pengantar dalam ceramah meliputi kalimat pengantar yang digunakan untuk masuk kedalam inti dalam materi ceramah atau topik ceramah.

2. Isi Ceramah

  • Inti atau pokok ceramah meliputi paparan, informasi, materi, nasehat yang menjadi fokus dan pokok pembicaraan dalam pembicaraan penceramah.
  • Gagasan dalam ceramah meliputi ide yang akan disampaikan kepada audiens yang kemudian akan dikembangkan kedalam beberapa sub-topik.

3. Penutup

  • Simpulan ceramah yaitu kesimpulan dari materi yang disampaikan kepada pendengar dapat berupa pesan maupun arahan.
  • Ucapan permintaan maaf kepada pendengar terkait cara penyampaian maupun hal-hal lain saat pelaksanaan ceramah.
  • Salam penutup

Contoh Ceramah Singkat Lengkap

kumpulan contoh ceramah terlengkap
contoh ceramah

Untuk mempermudah pemahaman Anda dalam belajar ceramah berikut beberapa contoh ceramah yang dapat menjadi rujukan Anda.

1. Contoh Ceramah Singkat dengan tema Kehidupan Sosial

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Puji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT., karena dengan limpahan rahmat dan karunia-Nya kita bisa berkumpul disini dengan keadaan sehat wal’afiat tanpa ada kekurangan apapun. Shalawat serta salam tetap kita curahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW., karena atas perjuangan beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridhoi oleh Allah SWT. Semoga senantiasa kita sekalian termasuk kedalam umatnya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah SWT.
Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan dilingkungan keluarga, saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling peduli, tolong menolong, gotong royong dan kasih sayang. Sehingga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan kemudahan dan jalan keluar. Maka, mulailah dari sekarang kita tumbuhkan jiwa sosial dari keluarga kita.

Seseorang yang mempunyai jiwa sosial maka akan tertanam rasa senasib dan jiwa yang peduli akan sesama. Bila kita berada dalam keadaan yang berlebih, maka hendaklah menjadi orang yang murah tangan. Sedekah yang kita berikan kepada fakir miskin dan kepada saudara muslim kita yang sangat membutuhkan dengan rasa ikhlas, nsicaya perbuatan seperti ini akan mampu mengurangi dosa-dosa kita.

Suka memberikan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan sama halnya bagaikan air memadamkan api begitu peribahasanya. Dalam hal tersebut, Nabi Muhammad SAW., dalam sabdanya berkata:

“Apakah engkau ingin saya tunjukan pintu-pintu kebajikan kepadamu? Sabahat Nabi menjawab: Baik ya Rasulullah. Nabi berkata: Ketahuilah bahwa puasa itu sebagai perisai dan sedekah itu memadamkan kesalahan, bagaikan air memadamkan api. (HR. Turmudzi)

Tentang pemberian sedekah hendaknya terlebih dahulu diberikan kepada orang-orang yang kita nafkahi, seperti memberikan nafkah kepada keluarga. Sedekat sangat diutamakan meskipun kita hanya memiliki harta yang sedikit, tetapi dahuukan untuk orang-orang yang dinafkahi.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dikarunia oleh Allah SWT.
Sehubungan dengan ini pula, Nabi SAW. bersabda:
“Sedekah yang diberikan kepada orang miskin hanya merupakan shadaqah saja, sedang yang diberikan kepada kerabat karib itu merupakan sedekah dan penghubung silaturahmi”.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, mudah-mudahan kita termasuk orang yang gemar bersedekah dengan semata-mata mencari ridho Allah SWT. Cukup sekian ceramah kali ini yang bisa kami sampaikan, mohon maaf atas kekurangan dalam penyampaian ceramah kali ini.

Ihdinash Shiroothol Mustaqiim, Wabillaahit Taufiq Walhidayat Wassalamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarakaatuhu.

2. Contoh Ceramah singkat Tentang Kesabaran

contoh ceramah tentang sabar
contoh ceramah singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada sore hari ini untuk bertemu di masjid Agung MAdiun. Alhamdulillah kita masih diberi nikmat sehat sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Pada kesempatan yang berbahagia ini sakan akan menjelaskan tentang sifat dan keutamaan dari “sabar”. Kata sabar berasala dari bahasa arab sabaro yasbiru yang artinya menahan. Menahan dapat diartikan secara luas seperti ketika bulan ramadhan kita menunaikan ibadah puasa dimana kita harus menahan rasa nafsu, lapar, haus dan rasa ingin makan sampai waktu magrib datang untuk berbuka.

Tidak semua orang bisa memperoleh kemenangan dan kenikmatan dari rasa sabar tersebut Sangat sulit melatih kesabaan karena kita harus menjaga diri dari lingkungan sekitar kita, hawa nafsu dan kezaliman yang pernah dilakukan. Oleh karena itu saudara-saudaraku sekalian, senantiasalah untuk kita mendekatkan diri dengan sang pencipta Allah SWT. Agar kelak kita mendapatkan syafaat-Nya di akhirat dan perlindungan-Nya.

Sebagai mana firman Allah SWT. Q.S Albaqarah 153 yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, jadikan shalat dan sabar sebagai pelindungmu, sesungguhnya Allah SWT. senantiasa bersama orang-orang yang sabar.”

Berdasarkan penjelasan ayat diatas kita seharusnya menjaga iman, shalat dan sabar kita agar selalu dilindungi dan diberikan pertolongan oleh Allah SWT. Allah SWT. selalu bersama hambanya yang senantiasa beriman kepada Allah SWT.

Sabar merupakan ujian dan memang tidak mudah, akan tetapi dengan ketidakmudahan tersebut Allah SWT. sedang menguji hambanya yang beriman. Allah akan menguji seberapa kuat hambanya menahan godaan dan ujian tersebut sampai lolos dalam ujian kesabaran tersebut. Jika kita lolos dari ujian yang diberikan oleh Allah, dengan selalu beristigfar dan berfikir positif terhadap segala ketentuan Allah niscaya kita akan mendapat kemuliaan.

Itulah gambaran jika kita selalu memelihara sifat sabar dan keuntungannya di sisi Allah SWT. Demikian sepatah dua patah kata dari saya, semoga dapat memberi manfaat bagi kehidupan para hadirin semua. Mohon maaf atas salah kata maupun ucapan.

Wasalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

baca juga : Contoh Teks Prosedur

3. Contoh Ceramah singkat dengan Tema Pergaulan Bebas

contoh ceramah tentang pergaulan bebas
contoh ceramah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT., karena dengan limpahan rahmat dan karunianya kita bisa berkumpul disini dengan keadaan sehat wal’afiat. Shalawat serta salam tetap kita curahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW., karena atas perjuangan beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridhoi oleh Allah SWT. Semoga hadirin sekalian termasuk kedalam umat-Nya yang diberkahi, Amin ya rabbal alamin.

Alhamdulillah dan rasa syukur kita telah diberi kesempatan pada malam hari ini untuk berkumpul di masjid besar ini. Hadirin sekalian yang saya cintai, karena disini mayoritas adalah para anak muda meskipun ada bapak-ibuk hadirin sekalian.

Maka dari itu disini saya akan sedikit menyinggung tentang pergaulan bebas yang sudah menjadi momok bagi masyarakat bagi kalangan remaja, dan semoga bagi yang sudah menjadi orang tua dapat menjaga anaknya dari pengaruh negatif pergaulan bebas.

Keterbatasan orang tua untuk mengawasi kehidupan putra-putri secara seluruhnya pasti ada batasannya, mungkin kedua orang tua kita hanya bisa mengawasi ketika berada dirumah dan ketika kita masih membutuhkan bantuan ayah ibu kita baik ketika belajar membaca, berjalan, bermain, berbicara, menulis dan lain sebagainya.

Akan tetapi semua itu sangatlah berbeda ketika kita sudah menginjak remaja atau baligh dimana jangkauan sosial kita lebih luas, baik itu dari lingkungan sekolah atau lingkungan bermain. Apalagi kita sudah merasakan ketertarikan dengan lawan jenis. Pada dasarnya ketertarikan atau bahasa gaulnya virus merah jambu itu adalah fitrah dari yang Maha Kuasa, itu naluri normal setiap manusia.

Tanpa rahmat itu kita tidak dapat berkembang biak sampai sekarang ini, mungkin kita tidak dapat berada disini. Tidak hanya itu dari sebuah cinta pasti muncul hawa nafsu seksual yang akan menyesatkan keduanya. Ketika hawa nafsu tersebut muncul tidak masalah bagi para pasangan yang sudah menikah, akan tetapi bagi mereka yang belum menikah akan menambah dosa yang begitu besar.

Diamana kita melakukan segala sesuatu yang negatif itu sangan didukung oleh lingkungan kita, yang satu udah punya pacar satnnya ikut-ikutan biar gak dikatakan ketinggalan zaman begini dan begitu teman-teman kita. Ya begitulah remaja sangat rentan sekali dengan ikut-ikutan, ikut-ikutan padahal mereka sendiri sudah tau kalau itu tidak benar.

Oleh karena itu saudaraku sekalian, selalu ikutilah dan hadir kajian-kajian yang seperti ini agar kita mendapatkan ilmu serta teman yang positif. Teman yang selalu mengarahkan akan kebaikan dan mencegah dari hal-hal yang dapat menimbulkan dosa. Untuk orang tua sekalian semoga kita dapat menjaga putra-putri kita dari siksaan neraka jahanan dan dosa di dunia.

Cukup sekian materi yang bisa kami sampaikan, mohon maaf atas kekurangan dalam penyampaian ceramah kali ini,
Ihdinash Shiroothol Mustaqiim, Wabillaahit Taufiq Walhidayat Wassalamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarakaatuh.

4. Contoh Ceramah Tentang Tanggung Jawab Seorang Palajar

contoh ceramah singkat tentang tanggung jawab pelajar
contoh ceramah sederhana

Yang terhormat dan yang kami muliakan Bapak Pengasuh pondok pesantren Raudlatut Tholibikin KH. Thohari Shodiq, mudah-mudahan beliau beserta keluarga selalu mendamatkan kasih sayang Allah. Aamiin..

Yang terhormat para asatidz dewan pengurus ponpes Raudlatut tholibin, para hadirin sekalian yg kami muliakan, para pendengar sekalian yang kami cintai, dan saudara-saudariku yang di muliakan Allah.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di majlis yang berkah ini, pada siang hari ini, untuk meningkatkan iman dan takwa kita.

Kemudian, saya ingin menanyakan satu pertanyaan saat kepada kalian: sudah bersholawatkah kalian hari ini kepada Nabi Muhammad SAW? Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kepadanya dengan benar-benar sholawat. Allahumma sholli wasallim wabarik ‘alaih.

Tidak lupa pula, saya ucapkan terimakasih banyak kepada pembawa acara yang telah memberi saya kesempatan, dan dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang:

“Tanggung jawab seorang pelajar”

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Terdapat dalam kitab “ta’limul muta’allim” bahwa ada enam kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para pelajar yang sedang menuntut ilmu. Tanggungjawab dan kewajiban adalah memiliki arti yang sama, memiliki arti yang satu. insyaAllah atas izin Allah akan saya paparkan secara perinci penjelasannya.

Saudara-saudaraku yang tercinta,
Syarat yang pertama: seorang pelajar harus paham apa itu ilmu, harus tahu esensi dari ilmu.

Rasulullah SAW bersabda: “menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim” tanpa menyebutkan “muslimah”, ini bukan berarti muslimah tidak wajib belajar, akan tetapi muslimah sudah termasuk kedalam lafadz “muslim”, yakni menuntut ilmu adalah wajib bagi muslim dan muslimah.

Ketahuilah wahai para pemuda, tidak wajib atas kalian menimba semua ilmu, akan tetapi wajib bagimu mempelajari ilmul hal, sebagaimana dikatakan bahwa sebaik-baik ilmu adalah ilmul hal, dan sebaik-baik pekerjaan adalah menjaga hal. Apa itu ilmul hal? Yaitu ilmu agama, yang di maksud dari hal disini adalah hal-hal yang terjadi dalam kehidupan manusia berupa inkar, iman, sholat, zakat, puasa, dan lain sebagainya. Akan tetapi mempelajari ilmu formal juga penting, karena itu adalah jalan untuk berhasil dalam mencari ilmu agama. Barangsiapa menginginkan akhirat maka gapailah dengan ilmu, barangsiapa menginginkan akhirat maka gapailah dengan ilmu, dan barang siapa menginginkan kedua-duanya maka gapailah dengan ilmu. Oleh karena itu, mari kita mencari ilmu agama sebanyak mungkin dan mempelajari ilmu formal.

Syarat yang kedua adalah niat yang baik dan benar, di dalam proses belajar kita harus memiliki niat yang baik, karena niat adalah dasar utama dalam segala hal, rasulullah saw bersabda: “sah tidaknya amal adalah tergantung pada niat …” apabila niatnya baik, maka perbutannya pun akan menjadi baik, dan apabila niatnya rusak, maka amalnya pun akan rusak, maka bersihkanlah niat kita semata2 karena Allah. Dan seyogyanya pelajar meniatkan belajarnya untuk mencari ridha Allah, menghilangkan kebodohan, menghidupkan agama islam, dan sebagai rasa syukur atas nikmat aqal dan sehatnya badan. Apabila kita berniat dengan demikian, maka insyaAllah Allah akan memudahkan kita dalam menuntut ilmu, dan mendapatkan ilmu yang manfaat, Aamiin..

Teman-temanku tercinta !

Adapun syarat yang ketiga adalah ikhtiyar yaitu memilih dan memilah. Yang pertama pilihlah ilmu yang manfaat untuk kita, keluarga kita, agama kita, negara kita dan orang-orang disekitar kita, Oleh karena itu, utamakanlah ilmmu tauhid untuk lebih mengenal Allah. Kemudian yang kedua pilihlah guru yang memiliki banyak ilmu, yang menjaga diri serta sepuh, agar bisa ngalap berkah dan ngalap manfaat. Kemudian yang terakhir, pilihlah teman belajar yang sungguh-sungguh dalam belajar, disiplin dan tidak malas, agar kita bisa ikut menjadi pelajar yang cerdas, penyabar, jujur dan hasil ilmu.

Di dalam syair ulama menjelaskan :
Ingatlah, engkau tidak akan hasil ilmu kecuali dengan 6 hal
Perinciannya akan saya terangkan kepadamu dengan jelas
Cerdas, haus akan ilmu, sabar, dan bekal yang cukup
Petunjuk dari guru, dan waktu belajar yang lama

Syarat yang ke-empat adalah menghormati ilmu dan pemiliki ilmu. Kenapa harus demikian? Karena ketahuilah wahai para pemuda! Sejatinya seorang pelajar tidak akan hasil ilmu dan tidak akan manfaat ilmu kecuali dengan menghormati ilmu dan pemilik ilmu. Di katakan: “tidaklah sukses orang yang sukses kecuali dengan hormat, dan tidaklah gagal orang yang gagal kecuali karena meninggalkan hormat” sebagai mana pada ungkapan “penghormatan itu lebih baik dari pada patuh, apakah kamu tidak tahu bahwa manusia itu tidakah kufur karena ma’shiat, akan tetapi ia menjadi kufur karena meninggalkan hormat”.
Saudara-saudarku kaum muslimin yang berbahagia!

Syarat yang kelima adalah memiliki tekad dan bersungguh-sungguh. Karena menuntut ilmu itu memerlukan kesungguhan dari tiga unsur, yaitu kesungguhan dari pelajar, guru dan orang tua. Sebagaimana yang kita ketahui, barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil, dan barang siap yang menanam benih maka akan memanen hasilnya, tekad dan kesungguhan itu membuka setiap pintu yang tertutup.
Dan syarat yang terakhir adalah hendaknya bermusyawarah keudian bertawakkal kepada Allah.
Allah meninggikan derajat orang yang beriman diantara kamu, dan orang-orang yang di beri ilmu.

Hadirin yang di muliakan Allah…

Saya cukupkan sampai disini, terimakasih atas perhatiannya, apabila terdapat kesalahan maka itu merupakan kekurangan dari pribadi saya sendiri, kebenaran hanya milik Allah.

Ihdinash Shiroothol Mustaqiim, Wabillaahit Taufiq Walhidayat Wassalamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarakaatuh.

5. Contoh Ceramah singkat dengan Tema Keutamaan Ilmu Syar’I

baca: Contoh Naskah Drama

ceramah tentang keutamaan ilmu syar'i
contoh ceramah berbagai tema

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada sore hari ini untuk bertemu di masjid Agung MAdiun. Alhamdulillah kita masih diberi nikmat sehat sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim. Pada kali ini saya akan memaparkan tentang keutamaan dan sifat dari “Ilmu Syar’i”

Setelah kita mengetahui bahasan pada ceramah kali ini, hendaklah setiap diri kita lebih memusatkan perhatiannya untuk berilmu terlebih dahulu daripada beramal. Dengan mempelajari faedah atau keutamaan ilmu syar’i semoga akan membuat kita lebih termotivasi dalam menuntut ilmu.

Keutamaan yang Pertama, Allah SWT. akan meninggikan derajat bagi orang yang berilmu di dunia maupun diakhirat. Di akhirat, Allah SWT. akan meninggikan derajat bagi orang-orang yang berilmu beberapa derajat lebih tinggi dan berbanding lurus dengan amal serta dakwah yang mereka lakukan. Sedangkan di dunia, Allah SWT. meninggikan orang yang berilmu lebih tinggi dari hamba-hamba yang lain sesuai dengan ilmu serta amalan yang mereka lakukan. Allah Ta’ala berfirman,

“Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang senantiasa diberikan ilmu pengetahuan.” (QS Al Mujadalah ayat 11)

Keutamaan yang Kedua, seorang yang memiliki ilmu adalah cahaya yang banyak dimanfaatkan manusia untuk urusan agama dan dunia meraka. Dalilnya, satu hadits yang sangat terkenal yaitu, kisah seorang laki-laki dari Bani Israil yang membunuh 99 nyawa. Kemudian dia ingin bertaubat dan bertanya kepada seluruh penduduk untuk menjukkan kepada orang yang paling berilmu dimuka bumi, maka mereka tunjukkan ahli ibadah.

Kemudian dia bertanya kepada orang yang ahli ibadah, “apakah ada taubat untuknya?”. Ahli ibadah menjawab bahwa dosanya sangat besar dan tidak ada pintu taubat bagi orang yang membunuh 99 nyawa. Dengan rasa benci dibunuhlah ahli ibadah tersebut sehingga genap 100 orang yang telah ia bunuh.

Akan tetapi setelah membunuh ahli ibadah, dia ingin bertaubat lagi dan bertanya kepada masyarakat untuk menunjukkan orang yang paling berilmu lainnya. Maka ditunjukkanlah seorang ulama. Kemudian dia bertanya kepada ulama, “Apakah masih ada pintu taubat untukku”. Ulama tersebut menjawab bahwa masih ada pintu taubat untuknya dan tidak ada seorangpun yang menghalangi dirinya untuk bertaubat.

Kemudian ulama tersebut menunjukkan kepadanya agar berpindah ke sebuah negeri yang penduduknya merupakan orang shalih, karena kampungnya merupakan kampung yang dia tinggal sekarang adalah kampung yang penuh kerusakan. Oleh karena itu, dia pun pergi keluar meninggalkan kampung halamannya. Akan tetapi di tengah jalan sebelum sampai negeri yang akan dituju, dia meninggal dunia. (HR. Bukhari dan Muslim).

Kisah ini merupakan kisah yang sangat masyhur. Lihatlah perbedaan ahli ibadah dan ahli ilmu.
Keutamaan yang Ketiga, Ilmu adalah Warisan Para Nabi. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya para Nabi hanya mewariskan ilmu dan bukan mewariskan dirham dan dinar” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Keutamaan yang keempat, orang yang memiliki ilmu akan medapatkan kebaikan dan kemuliaan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap hambanya yang dikehendaki oleh Allah SWT. kebaikan, maka agama hamba-Nya juga akan dipahamkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Setiap orang yang Allah SWT. diberikan kebaikan padanya juga akan diberi kepahaman dalam masalah agama nantinya. Sedangkan, orang yang tidak diberikan kepahaman dalam agama, Allah tidak menginginkan kebaikan agama pada dirinya” kata Syaikh Ibnu Taimiyah, (Majmu’ Al Fatawa, 28/80)

Sekian sepatah kata dari saya, semoga memberi manfaat bagi kebidupan para jamaan semuannya. Mohon maaf atas salah kata maupun ucapan.
Wasalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

6. Contoh Ceramah Tentang Rasa Syukur Atas Nikmat Dari Allah SWT

contoh ceramah tentang rasa syukur
contoh ceramah singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengambil judul ceramah yaitu “Syukur akan Nikmat Allah SWT” .

Hadirin yang berbahagia
Syukur mempunyai makna yaitu berterima kasih dan menerima dengan sepenuh hati akan anugerah atau nikmat yang allah berikan kepada kita.

Kita tidak akan bisa menghitung, mengira berapa banyak nikmat yang Allah berikan, mulai dari nikmat kesehatan, nikmat iman, nikmat masih bisa berfikir dan berbagai nikmat lagi yang tak bisa kita hitung satu persatu. Namun yang menjadi permasalahannya adalah mengapa kita tidak bisa bersyukur akan semua nikmat yang Allah berikan? dan mengapa kita selalu berfikir bahwa nikmat itu berupa materil / uang.

Pemikiran seperti ini sebenarnya sangat lah salah dan fatal, karena apabila kita berfikir seperti ini berarti kita termasuk orang yang kufur. Sebagai mana firman Allah yang artinya adalah ” Jikalau kamu bersyukur akan nikmat Allah maka akan Allah tambah nikmat kepada mu, Namun jika kamu kufur akan nikmat Allah, sungguh adzab Allah sangat pedih.”

Maka dari itu apabila kita tidak ingin masuk kedalam golongan orang orang yang kufur itu maka sehendaknya kita bersyukur.
Dampak Positif dari bersyukur :

  1. Menghilangkan rasa sombong dan angkuh.
  2. Menyadarkan diri bahwa semua yang dimiliki adalah kepunyaan Allah Semata.
  3. Menyadarkan diri bahwa kita lebih beruntung dari pada orang lain.

Apabila kita tidak ingin kufur maka kita jangan pernah sekali-kali memandang keatas kita tapi cobalah kita memandang kebawah karena dari situlah kita akan tersadar bahwa seberuntungnya kita dibanding orang lain.

Hadirin yang di muliakan Allah…

Demikianlah ceramah singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan berbahagia kali ini, terimakasih atas perhatiannya, apabila terdapat kesalahan maka itu merupakan kekurangan dari pribadi saya sendiri, kebenaran hanya milik Allah.

Akhir kata saya ucapkan: Ihdinash Shiroothol Mustaqiim, Wabillaahit Taufiq Walhidayat Wassalamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarakaatuh.

baca: Contoh Kalimat Imperatif

7. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Kejujuran

contoh ceramah tentang kejujuran
contoh naskah ceramah singkat

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan berjuta nikmat kepada kita. Shalawat beserta salam senantiasa dilimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para Nabi dan Rasul dan menjadi teladan yang sangat baik bagi kita selaku ummatnya.

Ada sifat yang begitu bersinar dari sosok Nabi Muhammad SAW yang perlu diteladani, yaitu sifat jujur dan amanah. Sebelum beliau diangkat menjadi Nabi dan Rasul, beliau pernah mengikuti pamannya untuk berdagang ke berbagai daerah di tanah Arab. Karena kejujuran beliau serta amanah yang digengam dari pamannya tersebut, maka beliau menjadi pedagang yang sukses dengan banyak pelanggan yang mengaguminya.

Sifat jujur Nabi SAW terkenal ke berbagai daerah, sehingga kehadirannya pun telah dinanti banyak pembeli. Karena itulah, paman beliau sangat menyayanginya dan mempercayakan semua dagangan untuk dijual dan dipimpin oleh Beliau.

Dalam Alqur’an pun Allah SWT memperlihatkan bagaimana sifat jujur Rasulullah dengan diberi gelar sebagai suri tauladan yang sangat baik. Hatinya tidak pendendam melainkan selalu penyayang baik itu kepada anak kecil maupun orang tua. Sifat jujur mesti diterapkan bukan hanya diucapkan, karena kejujuran adalah modal yang sangat perlu dijaga jika ingin menjadi seorang yang sukses seperti Nabi SAW.

Di era modern seperti sekarang ini sangatlah sulit mencari orang yang jujur, baik itu dalam ucapan, sifat, maupun dalam perbuatannya. Dalam perkataan siapapun bisa jujur, tapi dalam perbuatan sangat sulit untuk menerapkannya.

Jika tidak dimulai dari sejak kecil dengan menerapkan sifat jujur, maka akan sulit untuk dirubah ketika dewasa. Karena itulah pendidikan jujur mesti diterapkan sejak dini kepada anak baik itu di rumah, sekolah, ataupun di lingkungan.

Perilaku jujur ini mesti dimulai dari orang tua, dengan memberikan contoh berbuat jujur kepada anak-anaknya. Jika semua orang sudah menerapkan rasa jujur dalam kehidupan sehari-harinya, maka Negara ini akan maju. Tidak akan ada koruptor, penjahat, dan sifat jelek lainnya, karena masyarakat semuanya menjungjung tinggi nilai kejujuran dalam kehidupannya.

Wasalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

8. Contoh Naskah Ceramah Tentang Keutamaan Ilmu

contoh ceramah tentang pentingnya ilmu pengetahuan
contoh naskah ceramah

Pentingnya Ilmu Dalam kehidupan Manusia

Hadirin dan hadirat yang berbahagia…

Ilmu pengetahuan adalah sebuah jalan yang dapat membimbing kita kearah kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Ilmu pengetahuan adalah sebuah cahaya yang akan menyinari kehidupan manusia sehingga mereka tidak akan kehilangan arah. Manusia tidak akan menjadi kabur pada saat mereka harus membedakan mana yang benar dan mana yang salah.dengan ilmi pengetahuan ini pula manusia akan mengerti tugas-tugas mereka sebagai makhluk Allah yang di ciptakan hanya untuk menyembah kepadanya semata. Atas dasar inilah Allah mengangkat posisi dan derajat manusia yang mempunyai ilmu pengetahuan kedalam posisi dan derajat yang tinggi di dunia ini sekaligus di akhirat kelak.

Yarfaillahuu llasiina amanu minkum wallasina utuu ilma darajat (Q.S Al-mujadilah : 11). Yang artinya : Allah akan mengangkat posisi dan derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang menuntun ilmu dengan beberapa derajat.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Ilmu sesungguhnya mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia kita tidak akan hidup lebih baik tanpa adanya peranan ilmu. Maka dari itu marilah kita gunakan kesempatan hidup di dunia ini dengan mempelajari ilmu. Sebab ilmu, laksana sebuah cahaya yang akan menerangi kita di saat kita dalam kegelapan. Dalam aktifitas sehari-hari berbagai macam tindakan duniawi, akan menjadi lebih sempurna dan berguna bila di dasarkan pada ilmu. Maka tentu kita akan memperoleh keselamatan sekaligus apa yang kita kerjakan akan mendapatkan balasan yang setimpal oleh Allah swt. Begitupun sebaliknya orang yang bekerja tanpa ilmu mereka akan selalu jatuh kedalam suatu yang di larang. Hal seperti ini yang sering kali terjebak manusia jatuh kedalam tindakan yang aneaneh. Itu di sebabkan oleh kebodohan mereka. Oleh karena itu, peranan ilmu ternyata sangat penting di alam kehidupan manusia.

Sebagaiman di riwayatkan dalam hadist: seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah “ ya Rasulullah perbuatan amal apakah yang paling mulia? Rasulullah menjawab “ILMU” kemudian bertanya lagi ya Rasulullah sesungguhnya aku bertanya tentang suatu amal perbuatan (belum sampai pertanyaan itu) Rasulullah menjawab Allah tidak akan mau menerima amal perbuatan manusia kecuali yang di landasi pada ilmu.

Hadirin yang terhormat
Sebagai kesimpulan jadilah manusia yang terpelajar dan sebagai orang yang belajar atau sebagai pendengar ilmu dan orang yang mencintai ilmu dan janganlah kamu menjadi orang yang kelima yang hasilnya adalah kamu dalam rugi dan kerugian.

***

Nah, itulah sedikit pemaparan tentang pengertian ceramah, unsur-unsur ceramah, media ceramah, metode ceramah, kelebihan dan kekurangan ceramah serta tata tulis membuat ceramah. Semoga dengan adanya contoh ceramah berbagai tema ini dapat membantu para penceramah muda yang akan belajar menjadi seorang penceramah. Tidaklah dapat seseorang menjadi lebih maju jika tidak belajar dan terus belajar.

Bagikan:

Leave a Comment