10+ Contoh Biografi Singkat, Tokoh, Siswa, Guru, Teman, Orang Tua dll

Contoh Biografi, Jenis, Ciri dan Unsurnya yang Perlu Diketahui. Ketika kita membaca suatu biografi, kita akan terkesan dan terinspirasi dengan cerita yang dituliskan. Biografi atau biasa disebut riwayat hidup merupakan suatu karya tulis yang berisikan rangkaian kisah nyata yang dituangkan dalam tulisan. Biografi juga biasa disebut sebagai perjalanan hidup atau sejarah hidup seseorang yang dituliskan oleh orang lain. Membaca suatu biografi belum lengkap rasanya jika Anda belum mengetahui seluk beluk tentang biografi.

Sebagai seorang yang ingin menuliskan biografi seseorang perlu mempelajari tentang hal-hal yang harus terkandung dan diperhatikan dalam penulisannya. Berikut dijelaskan apa saja yang harus diperhatikan seorang penulis ketika ingin menuliskan biografi atau riwayat hidup seseorang:

Pengertian Biografi Secara Umum

contoh biografi dan pengertiannya
contoh biografi

Biografi/riwayat hidup/sejarah hidup merupakan cerita atau informasi tentang kehidupan seseorang. Biografi lebih lengkap dari sekedar tempat, tanggal lahir atau tanggal meninggal, akan tetapi biografi juga menceritakan tentang kejadia-kejadian yang ada dalam perjalanan hidup seseorang.

Biografi merupakan suatu bentuk cerita riwayat hidup yang kompleks. Mengapa demikian? Karena, biografi menuliskan gambaran tentang perjalanan hidup yang pernah dilewati hingga meraih prestasi seseorang yang kita tuliskan biografinya. Seorang pembaca akan mendapatkan informasi yang lengkap ketika membaca biografi. Berbeda dengan autobiografi yang hanya menuliskan riwayat hidup diri kita sendiri yang cukup ringkas dan simpel.

Secara etimologis, Kata Biografi berasala dari bahasa Yunani yaitu “Bios” dan “graphien”. Bios artinya hidup dan graphien artinya tulisan. Sehingga serta harfiah, biografi dapat diartikan juga sebagai tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang.

Pada umumnya pembuatan biografi hanya untuk tokoh-tokoh yang dianggap berjasa dan memiliki pengaruh dikehidupan. Biografi berisi kisah nyata dari seorang tokoh baik itu pahlawan, orang yang berjasa, penting dan terkenal. Kisah nyata yang dituliskan merupakan kejadian yang dialamai oleh seseorang yang akan ditulis biografinya. Mulai dari dilahirkan, pendidikannya, karyanya, jasanya hingga seseorang tersebut meninggal.

Biografi umumnya dituliskan dalam 2 bentuk yaitu bentuk artikel dan bentuk buku. Dalam bentuk artikel, biografi menjelaskan tentang fakta kehidupan seseorang secara singkat. Sedangkan dalam bentuk buku, biografi memberikan berbagai informasi yang lebih lengkap tentang fakta hidup seseorang yang dikisahkan secara mendalam dan ditulis dalam gaya bahasa yang menarik untuk pembaca.

Ciri-Ciri Biografi

contoh biografi beserta ciri-cirinya
contoh biografi

Kita dapat mengenali suatu tulisan digolongkan kedalam bografi atau lainnya dnegan melihat ciri-ciri atau karekteristik tulisan tersebut. Adapun ciri-ciri dari biografi antara lain:

  1. Biografi memiliki struktur yang baku dalam penulisannya, meliputi orientasi, reorientasi dam peristiwa.
  2. Isi biografi berdasarkan fakta yang benar-benar terjadi dan sesuai dnegan kisah hidup seseorang yang diiceritakan.
  3. Gaya penulisan biografi ditulis dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk pembaca membacanya.
  4. Terdapat kisah yang menarik dan menginspirasi dalam kehidupan seseorang yang dituliskan, sehingga dapat mempengaruhi pembaca.
  5. Biografi juga mengandung hal-hal yang memotivasi, sehingga pembaca akan terdorong untuk mencontoh dan menaladi kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.

Struktur Biografi

Struktur biografi secara umum terdiri atas tiga bagian, adapun ketiganya bagian tersebut yaitu:

  1. Orientasi merupakan bagian dalam biografi yang berisi tentang perkenalan dari tokoh atau seseorang yang dituliskan. Orientasi juga berisi gambaran awal mengenai tokoh atau sesorang yang sedang diceritakan. Umumnya dalam orientasi meliputi nama, tempat tanggal lahir, perjalanan pendidikan, keluarga, kesenangan, jabatan dan lainnya.
  2. Peristiwa dan Masalah yaitu bagian dalam biografi yang berisi mengenai peristiwa atau masalah yang pernah dialami oleh seseorang atau tokoh yang dituliskan biografinya. Peristiwa atau masalah yang dialami dapat berupa peristiwa yang menggembirakan maupun kesedihan. Akan tetapi, ketika penulis menuliskan biografi seseorang akan mengkombinasikan peristiwa tersebut untuk menarik pembaca. Peristiwa-peristiwa dalam biografi berkaitan dengan upaya mencapai tujuan serta pengalaman yang menginspirasi dari tokoh tesebut. Bagian ini biasanya merupakan bagian yang sangat sering dibaca oleh pembaca karena berisikan motivasi, pengalaman, suka duka dari tokoh dalam biografi. Pembaca akan terinspirasi dan terdorong meneladai tokoh tersebut setelah membaca pada bagian ini.
  3. Reorientasi merupakan bagian dari biografi yang berisi penutup dari sebuah tulisan biografi seseorang ataupun tokoh tersebut. Bagian ini bersifat opsional saja dan dapat tidak disertakan dalam cerita biografi. Ketika penulis menuliskan bagian penutup, umumnya akan menjelaskan pandangan terhadap tokoh yang diceritakan di dalam biografi tersebut.

Jenis-Jenis Biografi

biografi beserta contoh dan jenisnya
contoh biografi singkat

Biografi dapat dibedakan kedalam beberapa jenis, berikut jenis-jenis biografi yang sering dijumpai yaitu:

1. Biografi berdasarkan Izin Penulisan

Berdasarkan izin penulisan Biografi dibedakan menjadi 2 yaitu

  1. Authorized Biography adalah suatu biografi yang penulisannya telah mendapatkan izin dari tokoh atau seseorang yang akan dituliskan biografinya, atau dengan kata lain dengan sepengetahuan dari tokoh tersebut.
  2. Un-Authorized Biography adalah suatu biografi yang penulisannya tidak atas izin dan sepengatuan tokoh atau seseorang yang akan dituliskan biografinya. Umumnya tokoh atau seseorang yang akan diceritakan kisah hidupnya sudah wafat atau meninggal.

2. Biografi berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya biografi dibedakan kedalam dua jenis yaitu:

  1. Biografi perjalanan hidup yaitu biografi yang isinya berkisah perjalanan hidup seseorang tokoh secara lengkap atau hanya perjalanan yang berkesan dalam hidupnya. Kisah hidup yang digambarkan adalah kondisi yang secara factual atau fakta.
  2. Biografi perjalanan karir yaitu biografi yang hanya menceritakan perjalanan karir atau pekerjaan dari tokoh yang akan dibuatkan biografi. Perjalan karir akan dibuat dari mulai menitih karir hingga sukses, agar pembaca dapat meneladani sifat-sifat dari tokoh tersebut.

3. Biografi berdasarkan Masalah yang dibahas

Berdasarkan masalah yang dibahas, biografi dibedakan kedalam tiga jenis antara lain:

  1. Biografi politik yaitu biografi yang isinya tentang kisah hidup tokoh atau seseorang negarawan yang dilihat dari sudut pandang politik. Meskipun melalui bebrapa riset dan pendalaman, biografi ini mengandung sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang diceritakan.
  2. Biografi intelektual yaitu biografi yang menceritakan seseorang atau tokoh intelektual atau pendidikan yang dilihat dari sudut pandang ilmiah atau keilmua. Biografi ini akan menggunakan tata tulis ilmiah dengan riset yang mendalam untuk menggambarkan tokoh yang digambarkan.
  3. Biografi jurnalistik yaitu biografi yang teknik penulisannya merupakan hasil wawancara secara langsung dengan tokoh yang akan diceritakan dalam bentu biografi. Jenis biografi ini pastinya menggambarkan tokoh atau seseorang yang masih hidup.

4. Biografi berdasarkan Penerbit

Berdasarkan penerbit, biografi dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Buku sendiri adalah suatu biografi tokoh yang dituliskan dalam bentuk buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan sampai dengan pemasarannya ditanggung oleh tokoh dalam biografi. Tujuan dari penulisan biografi yaitu untuk dipasarkan ke masyarakat umum dan mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi adalah biografi tokoh yang biaya penulisan sampai dengan pemasaran ditanggung oleh sponsor. Beberapa orang menyebutkan bahwa dilihat dari sisi komersil, jenis biografi ini tidak akan laku dengan harga jual yang terlalu tinggi. Sehingga, dengan adanya sponsor, membuat buku tersebut dapat dijangkau oleh mayarakat.

Tips Menulis Biografi Yang Baik

contoh biografi dan cara penulisannya
contoh biografi

Hal-Hal yang perlu diperhatikan dalam menuliskan biografi yaitu sebagai berikut:

  1. Biografi yang dituliskan harus mengandung keaslian atau autentik. Keaslian yang dimaksudkan di sini yaitu sesuai dengan peristiwa yang terjadi secara sebenarnya. Bukan hanya itu saja, penulis perlu memberikan dan melengkapi peristiwa tersebut dengan suatu bukti, sehingga dapat dipertanggungjawabkan tulisannya.
  2. Biografi harus memberikan gambaran yang utuh dari kepribadian seorang tokoh yang dituliskan. Hal tersebut dapat tercapai dengan cara menguraikan secara seimbang tentang kelebihan dan kelemahan atau kekurangan.
    Kelebihan atau kekurangan tersebut ditinjau dari prestasi yang pernah diraih semasa menempuh pendidikan atau bekerja, pengorbanan yang pernah dilakukan untuk diri sendiri maupun orang lain, bahkan lebih luas untuk negara, kemudian jasa yang pernah disumbangkan untuk bangsa dan negara, dan kebiasaan – kebiasaan kurang baik yang dimiliki oleh tokoh.
  3. Biografi disajikan dalam bentuk wacana yang indah. Wacana tersebut merupakan gabungan antara narasi dan deskripsi.
  4. Pola penulisannya biografi yang berkesinambungan atau utuh walaupun di dalamnya terdiri dari beberapa bagian cerita yang tersusun dalam bagian tertentu.

Beberapa alasan yeng menyebabkan seseorang dibuatkan biografinya, antara lain:

Seseorang akan ditulis biografinya karena memiliki suatu yang dibanggakan, tidak semua orang dapat dituliskan biografi karena pembaca akan lebih tertarik kepada orang-orang yang memiliki keisitimewaan sebagai berikut:

  1. Seseorang tersebut merupakan tokoh yang disegani atau seorang pemimpin bangsa, pahlawan, orang sukses dan berpengaruh dikehidupan kita.
  2. Seseorang tersebut memiliki keistimewaan, misalkan seorang yang tidak memiliki dua tangan, namun mampu bekrja keras dan beprestasi
  3. Seseorang tersebut merupakan pelopor atau orang yang sebagai penemu dalam bidang tertentu, misalkan penemu mesin, penemu lisrik dan lain sebagainya.
  4. Seseorang tersebut memiliki prestasi atau keberhasilan.
  5. Seseorang tersebut berjasa pada bangsa dan negara seperi pahlawan perang dan lainnya.

Alasan – alasan di atas menjadi pertimbangan ketika Anda akan menuliskan biografi seseorang. Tujuannya agar ada nilai – nilai yang bisa kita ambil untuk dipelajari dan diteladani oleh pembaca dan dalam kehidupannya. Sehingga, dengan biografi tersebut setidaknya pembaca bisa meraih suatu prestasi atau karir atau sifat, seperti yang dituliskan dalam biografi.

Tujuan Membaca Biografi

contoh biografi dan tujuan mempelajarinya
contoh biografi tokoh

Seorang pembaca akan tertarik mempelajari biografi seorang tokoh karena ada beberapa hal yang ingin didapatkan dan dicari. Hal-Hal tersebt diantaranya:

  • Dengan biografi akan menumbuhkan kesadaran pembaca bahwa prestasi besar harus dapat diraih melalui usaha keras oleh tokoh yang ada dalam biografi. Selain prestasi besar dan usaha dapat juga diraih dengan cara menumbuhkan keterampilan dari latihan yang dilakukan. Ketenaran nama agar dapat dikenal oleh orang lain, harus dimulai dari bawah dan secara bertahap.
  • Karena segala sesuatu tidak diperoleh secara instan. Dengan menyadari beberapa hal tersebut, pembaca dapat memperoleh manfaat, bahwa tidak sepenuhnya, kita harus menggantungkan diri pada faktor keturunan maupun pada nasib yang baik.
  • Pembaca dapat mencontoh semua kebaikan, kerja keras dan sifat-sifat teladan dari tokoh yang dituliskan dalam biografi. Kebaikan tersebut dapat berwujud prestasi, jasa, karya besarnya, dan pengorbanan yang dilakukan.
  • Pembaca dapat mempelajari unsur – unsur dari manusiawi tokoh dalam biografi. Unsur tersebut yaitu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tokoh serta menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. sehingga, pembaca akan melihat tokoh tersebut dan tidak mengidolakan seorang tokoh secara berlebihan.
  • Pembaca dapat menjauhi atau meninggalkan kebiasan – kebiasaan yang tidak baik pada diri tokoh dalam biografi. Kebiasaan – kebiasaan tidak baik tersebut dapat menghambat dalam meraih keberhasilan.
  • Sebenarnya apa saja yang menjadi manfaat dari sebuah biografi, Biografi memiliki fungsi dan manfaat untuk mengenalkan seorang tokoh. Bahkan, kita juga bisa mengetahui latar belakang secara luas tentang tokoh tersebut untuk memberikan wawasan pada kita mengenai tokoh yang diuraikan.

Ketika mengungkap fakta suatu tokoh, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Bagi seorang penulis, susah-suah gampang dalam menuliskan suatu biografi. Penulis akan kesulitan jika seorang yang akan dituliskan cukup sulit mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kehidupannya, seperti pahlawan masa dahulu. Dalam mengungkap fakta-fakta yang terjadi dalam kehidupan sesorang atau tokoh ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

  1. Mengetahui nama lengkap dari tokoh yang dituliskan.
  2. Mencari tempat, tanggal lahir, umur, dan alamat dari tokoh yang dituliskan.
  3. Pengalaman kerja semasa hidup tokoh yang dituliskan.
  4. Pendidikan yang pernah ditempuh oleh tokoh yang dituliskan, mulai dari TK sampai pada perguruan tinggi, yaitu tentang jurusan yang pernah diambil.
  5. Menuliskan tempat, tanggal meninggal dan teempat pemakaman, apabila tokoh tersebut telah meninggal.
  6. Dan keterangan yang mendukung tokoh yang dituliskan.

Contoh Biografi Singkat

Untuk memudahkan pembaca dalam memahami jenis-jenis biografi, berikut dipaparkan beberapa contoh biografi singkat agar pembaca dengan mudah menganalisa dan belajar membuat biografi secara mandiri:

1. Contoh Biografi berdasarkan izin penulisan (Authorized dan Anauthorized Biography)

contoh biografi tokoh emansipasi wanita indonesia
contoh biografi

Biografi Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini atau biasa disebut dengan panggilan R.A Kartini atau Ibu Kartini lahir di Jepara tanggal 21 April 1879, Beliau Wafat di Remabang, 17 September 1904 dan dimakamkan di Rembang.

Raden Ajeng Kartini merupakan putri kelima dari sebelas bersaudara dari ayah yang bernamai R.M. Ario Sosroningrat, seorang adipati di Jepara. Pada usia 12-16 tahun Kartini hidup dalam pingitan (adat orang jawa). Pada masa inilah, Kartini menghabiskan waktunya dengan membaca dan menulis berbagai surat kepada sahabat-sahabatnya di Negeri Belanda.

Kartini dengan teguh memperjuangkan cita-citanya demi mewujudkan persamaan hak anta pri dan wanita. Beliau kemudian membangun sekolah untuk anak gadis di Kota Jepara, setelah menikah dengan Bupati Rembang, R. Adipati Joyodiningrat pada 8 November 1903. Selanjutnya, Beliau juga mendirikan sekolah untuk wanita di Rembang seizin suaminya.

Kartini meninggal pada usia ± 25 tahun, 4 hari setelah melahirkan putri pertamanya R.M. Susalit pada tanggal 17 September 1904.

pucuk surat Kartini diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul “Door Duistenis Tot Licht” dan diterjemahkan oleh Armijn Pane dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang” sebagai penghargaan atas jasanya. Berdasarkan Surat Keterangan Presiden RI No. 108/1964 Kartini dianugerahi gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

baca: Contoh Teks Prosedur

2. Contoh Biografi berdasarkan isinya (Perjalanan hidup dan karir)

contoh biografi pemain sepakbola indonesia
contoh biografi

Biografi Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas dilahirkan di Semarang, 10 Juni 1980, dia juga dikenal dengan panggilan Bepe ialah pemain sepak bola Indonesia yang sekarang bermain di Persija Jakarta dan sempat beberapa kali di Tim Nasional Indonesia. Posisinya utamanya sebagai striker, Bambang menjadi terkenal di sepak bola Asia Tenggara ketika ia mencetak gol penentu untuk Indonesia di Piala Tiger 2002 melawan Malaysia dan menjadi pencetak gol terbanyak turnamen.

Bambang dianggap memiliki sundulan bola yang luar biasa, dan memiliki reputasi untuk kelihaian di kotak penalti. Bepe adalah pemain Indonesia yang paling banyak mengoleksi penampilan (caps) dan pencetak gol, dengan 85 caps dan 37 gol. Bepe adalah pemain yang paling populer di tim nasional Indonesia pada masanya.

Karir disepakbolanya dimulai saat masih bermain dalam tim remaja Jawa Tengah dan dia dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Haornas, sebuah kejuaraan tingkat remaja. Bambang juga pernah menjadi pencetak gol terbanyak untuk skuat Indonesia di Piala Asia U-19 Grup V, dengan 7 gol.

Karier profesional

Karir profesionalnya dimulaiketika Bambang mencetak 24 gol pada musim pertamanya di Liga Indonesia mskipun persija terhenti dibabak akhir. Kemudian, Bambang bergabung dengan sebuah tim divisi 3 Belanda, EHC Norad. Akan tetapi klub EHC Norad meminjamkan Bambang kepada Persija karena masalah keluraga dan kurang cepat beradaptasi dengan cuaca sebelum keduanya resmi mengakhiri kontrak

Karirinya kemudian berlanjut pada tahun 2005 dengan menandatangani kontrak bersama klub Selangor FC. Tak lama untuk membuktikan dirinya sebagai striker berbahaya, pada tahun itu dia menjadi top skor Liga Malaysia dengan 22 gol. Dua musim di Malaysia pada tahun 2007, Bambang kembali memperkuat Persija Jakarta di Liga Indonesia.

Kesempatan trial di Selandia Baru harus gagal pada tahun 2010 bersama klub kenamaan Wellington Phoenix FC. Secara mengejutkan pada 9 Desember 2013, ia menandatangani kontrak bersama Pelita Bandung Raya dengan durasi 1 musim saja. Pada debutnya bersama Pelita Bandung Raya ia mencetak 2 gol kegawang mantan klubnya persija dan berakhir imbang.

Karier Internasional
Karir internasional pertama Bepe bersama timnas senior adalah pada 2 Juli 1999 dalam pertandingan persahabatan melawan Lituania. Usia Bambang pada saat itu baru 18 tahun dan mecetak sebuah gol untuk kedudukan akhir 2-2.

Karirnya di Timnas Indonesia cukup cemerlang dimana pada tahun 2002, Bepe merupakan pencetak gol terbanyak dengan 8 gol dari 6 penampilan dan membawa Indonesia menjadi runner-up Piala Tiger 2002. Pertandingan yang paling berkesan pada saat itu ialah ketika mengalahkan Bahrain dengan Skor 2-1 dan ia berhasil menjebloskan gol kegawang.

Saat ini Bambang menjadi pemegang rekor penampilan terbanyak (caps) dan Top Skorer untuk Indonesia dengan 77 penampilan dan 36 gol sesuai dengan pertandingan katagori A FIFA. Akan tetapi jika secara keseluruhan dengan menggabungkan pertandingan Non-FIFA dan Tim Nasional U-23, mak Bambang telah bermain sebanyak 88 dengan 42 gol.

Bambang resmi pension pada tanggal 1 April 2013 dari Timnas Indonesia. Banyak sekali prestasi yang ditorehkan oleh Bambang pamungkas di karir sepakbolanya, sehingga dia dapat dikatakan sebagai legenda sepakbola Indonesia nantinya.

3. Contoh Biografi berdasarkan Masalah yang dibahas (Politik, Intelektual dan Jurnalistik)

contoh biografi presiden ketiga ri
contoh biografi

Biografi Intelektual Gus Dur

  • Judul : Gus Dur dan Ilmu Sosial Transformatif: Sebuah Biografi Intelektual
  • Penulis : Syaiful Arif
  • Penerbit : Koekoesan, Jakarta
  • Cetakan : I, 2009
  • Tebal : 330 Halaman
  • Peresensi : Muhammad Yunus*

KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mungkin telah mengalami defisit politik. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari berbagai kekalahan strukturalnya, sejak kegagalan pencalonan presiden pada Pemilu 2004, hingga terlepasnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari otoritasnya, pada Pemilu 2009 ini. Gus Dur seakan hilang dari peta politik nasional, dan kiprahnya tinggal sejarah yang diperingati.

Namun, membincang sosok yang sering terdaulat sebagai guru bangsa ini, tak sesempit politik praktis. Senyatanya, kebesaran cucu Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari ini tetap terasakan, dengan bukti seabrek kritis dan harapan yang tetap tertumpu padanya, dalam konteks pencarian Indonesia alternatif. Hal ini beralasan sebab perjuangan Gus Dur di negeri ini tidak sebatas PKB.

Buku karya Syaiful Arif, santri Pesantren Ciganjur asuhan bertajuk Gus Dur dan Ilmu Sosial Transformatif: Sebuah Biografi Intelektual, yang membuktikan hal ini. Buku tersebut bahkan menggambarkan Gus Dur tidak sebagai politisi, melainkan pemikir sosial yang mampu menggerakkan diskursus ilmu sosial transformatif.

Jadi tesis utamanya adalah, jika pada era Orde Baru, Koentowijoyo memiliki ilmu sosial profetik, Cak Nur memiliki pembaharuan pemikiran Islam, Moeslim Abdurrahman memiliki Islam transformatif, dan Amien Rais dengan tauhid sosial, maka Gus Dur sebagai pemikir muslim telah menggerakkan ilmu sosial transformatif.

Gagasan Arif adalah satu tesa bahwa Gus Dur merupakan pioneer bagi diskursus teologi pembebasan yang pada dekade 1970 sedang menggeliat di Dunia Ketiga, guna mengimbangi hegemoni pembangunanisme. Tak ayal Gus Durpun terposisi berseberangan dengan ideologi negara tersebut, dan dengan cantik mampu mengolah keilmuan klasik Islam, sehingga membentuk suatu teori Islam transformatif yang bertujuan untuk perubahan sosial-politik.

Penulisan pemikiran dan praksis Gus Dur, sejak 1970 hingga 1990 ini terasa mampu menyajikan ulasan komprehensif atas intelektualisme Gus Dur. Kenapa? Karena yang dikaji bukan cabang pemikiran seperti Islam dan demokrasi misalnya, melainkan struktur politik (baik negara maupun kuasa pengetahuan) yang melatari pemikiran Gus Dur, dan bagaimana Gus Dur menanggapi latar politik tersebut.

Bagi publik politik, buku ini bermanfaat karena memberikan peta ulang ideologi di Indonesia, yakni developmentalisme Orde Baru, dan bagaimana Gus Dur menghadapi ideologi tersebut, berbasis kekayaan pemikiran Islam tradisional. Peta ulang ini penting, karena saat ini kita tengah mengalami pembuyaran ideologi, sehingga arah politik kita tiada jelas.

Bagi kalangan intelektual, buku ini menyajikan ulasan ilmu sosial versi NU. Satu hal yang masih langka, karena di negeri ini, kalangan nahdliyin terlihat minim pergulatan dalam hal tersebut. Ilmu sosial NU mampu mengisi “celah lubang” bagi kekeringan ilmu sosial kita yang tak mampu berangkat dari tradisionalitas Islam Indonesia. Dalam buku ini, Arif berusaha menemukan mekanisme epistemic.

4. Contoh Biografi berdasarkan Penerbit (Sendiri dan Subsidi)

contoh biografi yang ditulis untuk diri sendiri
contoh biografi

Biografi Singkat Diri Sendiri

Royandi Abdur Rachman lahir di Surabaya, 11 Juni 2004. Buah dari pasangan Agus Harianto dan Sri Subekti. Sejak kecil dia dan kedua adiknya terbiasa hidup sederhana walaupun Ibunya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil dan Ayahnya bekerja sebagai pengusaha di Kota Surabaya. “Hidup sederhana adalah kunci kebahagiaan.” begitulah moto hidupnya.

Pemuda bertubuh tinggi kurus ini menyukai Sepakbola ketika berusia 7 tahun, selepas menonton salah satu pertandingan Piala Dunia di televisi, ketika itu juga Ayahnya membelikannya sepasang sepatu dan perlengkapan bola. Keseharian Royan setelah itu tak lepas dari raket dan badminton selain juga belajar tentunya.

Menginjak kelas 4 sekolah dasar, Royan mewakili sekolahnya dalam sebuah turnamen sepakbola antar sekolah dasar se kota-Surabaya, ketika itu dia dan timnya hanya mampu mencapai babak 8 besar dan tak mampu menembus semifinal, hal ini sempat membuatnya kecewa, Namun tak membuatnya patah semangat untuk menjadi pemain sepakbola terkenal di dunia.

Beberapa minggu setelah itu, Ayahnya mendaftarkan Royan ke sekolah sepakbola “King”. Di tempat inilah karir Royan melesat, beberapa kejuaraan sepakbola tingkat junior berhasil dia menangkan, diantaranya Hardiknas Junior Cup 2011, Walikota Cup 2011, Kejuaraan Jatim 2016 dll.

Saat ini Royan merupakan salah satu siswa di SMP Negeri 1 Surabaya, dia memiliki cita-cita suatu hari nanti dapat masuk program pelatnas sepakbola timnas Indonesia dan dapat mengikuti dan memenangi berbagai kejuaraan sepakbola dunia.

baca: Contoh Ceramah

5. Contoh Biografi Diri Sendiri

contoh biografi yang ditulis diri sendiri
contoh biografi

Biografi Affan Efendi

Namanya Arfan Effendi, kebanyakan orang memanggil dan mengenalnya dengan nama arfan. Ia lahir tepat pada tanggal 8 juli 1998 di kotabaru, kecamatan keritang, kabupaten indragiri hilir, provinsi riau yang mana keadaan kehidupannya nya sangat jauh berbanding dengan perkotaan yang apabila panas maka jalannya akan berdebu dan apabila hujan jalanannya akan licin dan becek. Ayahnya Bujang Efendi merupakan sosok ayah yang sangat bertanggung jawab atas anak-anaknya yang tanpa rasa putus asa sedikitpun untuk membuat sang anak sukses dan berguna bagi banyak orang kedepannya. seperti kata pepatah ” Dibalik pria sukses, ada wanita hebat dibelakangnya “, benar ibunya Siti Hajar merupakan wanita hebat yang selalu memperhatikan setiap gerak-gerik yang dilakukan oleh Anaknya tercinta.

Arfan adalah anak kedua dari tiga bersaudara , arman suganda adalah kakak pertamanya yang mana sekarang ia sudah berkerja di salah satu perusahaan yang ada di kota tanjung balai karimun, meskipun kakaknya hanya menyelesaikan pendidikan dijenjang sekolah menengah atas tetapi membuat ia tetap mampu bersaing dengan orang yang mendapatkan gelar sarjana dalam hal mendapatkan perkerjaan. selain kedua orang tua, kakaknya juga sangat mendukung atas apa yang dilakukan oleh adiknya arfan effendi. arini, adalah adiknya yang sekarang tepat berusia sepuluh tahun dan menginjakan dikelas 4 sekolah dasar.

Arfan dilahirkan dari keluarga yang sederhana. sejak kecil arfan selalu diajarkan untuk selalu kerja keras untuk mengerjakan dan mendapatkan sesuatu. tetapi walupun sibuk dengan hal itu tidak membuat orang tuanya lupa untuk mengajarkan tentang agama, sholat 5 waktu misalnya sudah diperintahkan oleh orang tuanya semenjak kecil. walaupun hidup sederhana apa adanya tidak pernah membuat mereka putus asa atas kehidupan yang serba instan seperti saat ini.

Hobinya bermain sepak bola, memang sewaktu dari kecil ia sangat sudah kelihatan bakat alami nya dalam mengolah sikulit bundar. dan dari kecil juga ia telah banyak mendapatkan penghargaan dalam pertandingan sepakbola seperti pemain terbaik dan top scorer. bahkan sampai sekarang ia merupakan salah satu pemain kunci dari kecamatan bahkan kabupatennya. walaupun sedang menjalani jenjang perkuliahan tetapi tidak menghalanginya untuk latihan demi meraih cita-citanya.

Selain senang bermain sepakbola, ia juga terkenal handal dalam memainkan alat musik yakni gitar. bukan hanya bermain gitar ia juga memiliki suara diatas rata-rata. hal ini selalu ditampilkan nya didalam acara semisal perpisahan, pesta pernikahan ataupun acara perjusami ( perkemahan jumat sabtu minggu ).

Arfan juga dikenal anak yang rajin dan hormat terhadap masyarakat setempat. dan yang paling membanggakan lagi bukan hanya kemampuan non akademik yang ia pegang, tetapi dibidang akademik sekalipun arfan sangat membanggakan, semenjak kecil sampai sekolah menengah atas ia selalu menduduki peringat 1 – 3. tentu bukan hal yang mudah dan sangat jarang sekali seseorang bisa memegang banyak kepandaian seperti mereka. tetapi ia tak pernah sombong akan hal itu.

Dari kecil higga saat ini mungkin dikatakan bahwa arfan belum pernah merasakan hal-hal yang mewah seperti apa yang dirasakan oleh banyak orang semestinya, semenjak kecil ia selalu membantu akan orang tuanya untuk berkerja, pergi kekebun, keladang, adalah hal rutin yang biasa dilakukannya ketika selesai pulang melakukan pelajaran disekolah. bahkan sampaat saat sekarang pun ia sudah mulai mandiri melakukan semuanya dengan sendiri.

Ketika selesai menempuh pendidikan sekolah menengah atas, dan ia dinyatakan lulus dengan nilai yang memuaskan, dan orang tuanya sangat ingin melanjutkan anaknya untuk masuk ke perguruan tinggi yang banyak diinginkan oleh banyak orang lainnya, dan pada saat itu juga ayahnya bermula kebingungan dan pada saat itulah keluarganya sedang banyak ditimpa masalah. tetapi tetap saja ayahnya dengan berhati tenang mampu membuat mereka keluar dari masalah yang rumit itu.

Ketika mau tes masuk perguruan tinggi, lagi-lagi masalah lain menimpa arfan, ia mengalami patah bahu ketika perjalanan menuju pekanbaru, walaupun di bahu tentu itu sangat berpengaruh dengan apa yang akan dijalaninya ketika tes nanti. tepat hari H nya pun datang, dan arfan oun tetap semangat menjalani walau dengan kondisi yang tidak memungkinkan seperti itu.

Setelah selesai melakukan tes untuk masuk ke perguruan tinggi, dan waktu yang ditunggu-tunggu telah datang yakni pengumuman hasil tes nya. pada saat itu juga ia sangat gugup untuk meihat hasilnya, alhasil ketika dibuka ternyata ia dinyatakan di salah satu universitas negeri ternama yang ada di provinsi riau, sungguh perjuangan yang luar biasa. banyak orang lain yang menginkan hal itu tapi malah sebaliknya pula banyak juga yang tidak lulus dalam tes itu. tetapi walaupun demikian ia tetap bersyukur dan rendah hati. dan pada saat itulah kehidupan yang sebenarnya akan dimulai.

6. Contoh Biografi Pahlawan

baca: Contoh Kalimat Definisi

biografi pahlawan nasional dan contohnya
contoh biografi

Biografi Sutan Syahrir

Sutan syahrir tentu saja sebuah nama yang tak asing di telinga rakyat Indonesia. Sutan Syahrir ini sempat mencapai karier tertingginya pada saat mencapai perdana menteri pertama Indonesia. Untuk lebih lengkapnya mengenai sang perdana Menteri pertama ini, anda bisa menyimak mengenai biografi Sutan Syahrir yang telah membantu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari kekuatan penjajahan jepang pada waktu itu.

Salah satu penulis biografi Sutan Syahrir adalah Rosihan Anwar dengan judul biografi tokoh Nasional Kemerdekaan ini yaitu Sutan Sjahrir: Negarawan Humanis, Demokrat Sejati yang Mendahului Zamannya. Sutan Syahrir ini dilahirkan di Padang Panjang Sumatera Barat, 5 Maret 1909. Kedua orang tuanya bernama Mohammad rasad Gelar Maharaja Soetan bin Soetan leman gelar Soetan palindih dan ibunya bernama Putri Siti Rabiah. Riwayat pendidikannya di mulai di sekolah dasar ELS dan SMP di MULO Medan yang merupakan sekolah terbaik di Medan. Selanjutnya Sutan Syahrir melanjutkan pendidikannya pada sekolah menengah atas di AMS di Bandung. Sekolahan tersebut merupakan sekolahan termahal yang ada di Hindia Belanda saat itu. Setelah menamatkan sekolah menengah atasnya Sutan Syahrir melanjutkan pendidikannya di Belanda, di Universitas Amsterdam di fakultas Hukum.

Berdasarkan biografi Sutan Syahrir yang ditulis Rosihan Anwar, saat masih mengenyam pendidikan, Syutan syahrir sudah mulai tertarik dengan dunia politik. Cerita hidup Sutan syahrir ini juga mengisahkan dirinya yang sudah mulai menjadi penggagas terbentuknya organisasi Jong Indonesie. Tidak hanya itu Sutan Syahrir juga menjadi penggerak tercetusnya Sumpah Pemuda. Pada tahun 1930 Sutan syahrir juga bergabung dengan organisasi Perhimpunan Indonesia (PI). Selanjutnya Sutan Syahrir juga bergabung dengan PNI baru yang sebelumnya sempat dibubarkan oleh pemerintah Hindia Belanda. Selanjutnya PNI dianggap semakin Radikal sehingga Sutan Syahrir dan Moh Hatta di asingkan di Boven Digoel selama setahun dan selanjutnya dipindahkan ke banda Neira untuk masa pembuangan 6 tahun.

Semangat perjuangan menentang penjajah tidak hanya saat pemerintahan belanda, dalamBiografi Sutan Syahrir, ia masih tetap berjuang pada saat penjajahan Jepang. PNI yang semakin berkembang ia jadikan roda pergerakan kekuatan bawah tanah. Hingga akhirnya Sutan Syahrir beserta pemuda-pemuda Indonesia mendesak Soekarno Hatta untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Biografi Sutan Syahrir masih berlanjut. Pada masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Sutan Syahrir juga berperan dalam mempertahankan kemerdekaan. Yaitu dengan membentuk cabinet Syahrir I hingga Kabinet Syahrir ke III, dan mempertahankan Indonesia melalui jalur diplomasi.

Setelah tidak memimpin kabinet, Sutan Syahrir menjadi Duta besar keliling dan penasihat Presiden Soekarno. Bersamaan itu pula biografi Sutan Syahrir menambah cerita mengenai Partai Sosialis Indonesia PSI yang merupakan partai bentukan Sutan Syahrir. Karena bergerak dalam arah komunis dan Sutan Syahrir terkait dengan kasus PRRI, Presiden membubarkan PSI pada Tahun 1960. Selama 3 tahun Sutan Syahrir dipenjara kemudian tanpa diadili sehingga menderita sakit. Atas izin yang didapat, ia boleh berobat di Swiss dan akhirnya meninggal di Swiss. Sutan Syahrir meninggal pada tanggal 9 April 1966 dan dikebumikan di TMP Kalibata dan mengakhiri kisah hidup Sutan Syahrir.

7. Contoh Biografi Tokoh Dunia

contoh biografi dari tokoh penemu mesin hitung
contoh biografi singkat

Biografi Blaise Pascal

Blaise Pascal adalah seorang ahli matematika, fisikawan, penemu, penulis dan filsuf Kristen berkebangsaan Perancis. Ia lahir di Clermont-Ferrand, Perancis pada 19 Juni 1623 dan meninggal di Paris, Perancis pada 19 Agustus 1662 pada umur 39 tahun.

Minat utamanya ialah filsafat dan agama, sedangkan hobinya yang lain adalah matematika dan geometri proyektif. Bersama dengan Pierre de Fermat menemukan teori tentang probabilitas. Pada awalnya minat riset dari Pascal lebih banyak pada bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan, di mana dia telah berhasil menciptakan mesin penghitung yang dikenal pertama kali. Mesin itu hanya dapat menghitung (mesin komputasi sederhana yang merupakan cikal bakal kalkulator).

Blaise Pascal lahir pada tanggal 19 Juni 1623 di Clermont-Ferrand, Perancis. sejak kecil Blaise dikenal sebagai seorang anak yang cerdas walaupun ia tidak menempuh pendidikan di sekolah secara resmi. Di usia 12 tahun, ia sudah bisa menciptakan sebuah mesin penghitung untuk membantu pekerjaan ayahnya. Nama ayahnya adalah Étienne Pascal. Ayahnya adalah seorang petugas penarik pajak yang bekerja di wilayah Auvergne, Perancis. Sejak usia empat tahun Blaise telah kehilangan ibunya. Karya-karyanya terus bertambah mulai dari merancang bangunan segienam (hexagram), menemukan prinsip kerja barometer, sistem kerja arloji, hingga ikut terlibat dalam pembuatan sistem transportasi bawah tanah kota Paris.

Pada tahun 1642, saat masih remaja ia mulai membuat percobaan pada mesin hitung. Setelah selama tiga tahun berusaha dan menghasilkan lima puluh prototipe, ia menemukan kalkulator mekanik. Kemudian dalam sepuluh tahun berikutnya Ia membangun 20 mesin ini (disebut kalkulator Pascal dan kemudian Pascalines). Pascal menulis sebuah risalah yang signifikan pada subyek geometri proyektif pada usia 16, dan kemudian berhubungan dengan Pierre de Fermat pada teori probabilitas, sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi modern dan ilmu sosial. Setelah Galileo dan Torricelli, pada 1646 ia membantah para pengikut Aristoteles yang bersikeras bahwa alam membenci kekosongan. Sebelum diterim, hasil penelitian Pascal menyebabkan banyak terjadi perselisihan.

Pascal memiliki kesehatan yang buruk, terutama setelah tahun ke-18, kematiannya terjadi hanya dua bulan setelah ulang tahunnya yang ke-39.

Dalam temuannya, Blaise Pascal menciptakan kalkulator mekanis untuk membantu ayahnya yang bekerja sebagai pengawas pajak di Rouen. kalkulator tersebut dinamakan Kalkulator Pascal atau Pascaline dan merupakan kalkulator mekanik hanya bekerja di abad ke-17.

Setelah tiga tahun berusaha menghasilkan 50 prototipe ia memperkenalkan kalkulator kepada publik. Ia membangun dua puluh mesin ini dalam sepuluh tahun berikutnya. Mesin ini bisa menambah dan mengurangi dua nomor secara langsung dan berkembang biak dan membagi dengan pengulangan. Pascal mengutamakan metode re-zeroing untuk mesinnya. Dengan demikian ia membuktikan sebelum dioperasikan kalkulatornya berfungsi penuh. Ini merupakan bukti kualitas Pascaline.

8. Contoh Biografi Orang Tua

contoh biografi dari orang tua atau bapak
contoh biografi

Biografi Bapak: Made Suparma Hedi

Nama bapak saya adalah Made Suparma Hedi, lahir di patas pada tanggal 18 juli 1966. Bapak adalah anak kedua dari empat bersaudara dan anak dari pasangan alm. Ketut Matias dengan alm. Ketut Parmi.

Pendidikan pertamanya diawali di SD N 2 Patas, yang diselesaikannya pada tahun 1979. Kemudian bapak melanjutkan sekolahnya ke SMP N Gerokgak. Dari sana bapak tamat pada tahun 1982, selanjutnya bapak masuk ke SMA N Seririt dan tamat pada tahun 1985. Setelah tamat SMA, bapak melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi di D2 FKIP UNUD Singaraja pada tahun 1985-1987. Kemudian melanjutkannya lagi ke S1 STKIP Singaraja pada tahun 1997-1999.

Pada bulan oktober tahun 1989 bapak diangkat menjadi PNS dan langsung mengajar di SMP PGRI Patas sampai tahun 1996. Dan pada tahun 1994 bapak menikah dengan ibu saya yang bernama Ni Putu Lisawati. Selanjutnya pada tanggal 4 juli 1995 lahirlah anak pertamanya, yaitu kakak saya yang bernama Herlina Jayanti.

Setelah itu, pada tahun 1996 bapak pindah ngajar ke SMP N 3 Gerokgak sampai tahun 2002. Di tanggal 23 agustus 2001 pun lahir anak keduanya, yaitu saya yang bernama Yeni Dwijayanti. Kemudian pada tahun 2002, bapak pindah ngajar lagi ke SMP N 4 Gerokgak. Setelah itu, di tanggal 19 februari 2005 lahirlah anak ketiga mereka, yaitu adik saya yang bernama Lira Trijayanti. Sampai saat ini, mereka hanya mempunyai tiga orang anak perempuan.

Di sela-sela kesibukannya, bapak memilih untuk belajar alat musik dengan temannya. Diantaranya belajar alat musik keyboard dan alat musik gitar. Seiring berjalannya waktu karena bapak sering berlatih dan menekuninya, bapak menjadi mahir memainkan alat musik keyboard dan gitar sehingga bapak mengajarkan kami anak-anaknya untuk belajar alat musik untuk kelak bisa berguna. Biasanya bapak menggunakan bakatnya ini di gereja dalam mengiringi jemaat bernyanyi dengan alat musik keyboard.

Bapak dari dulu sudah mempunyai penyakit diabetes dan penyakit jantung koroner. Selama bapak mejalankan hidupnya, bapak tidak pernah mengeluh akan sakit yang dideritanya. Bapak rutin menjalani pengobatan setiap waktunya.

Pada tanggal 18 juli 2016, bapak berangkat ke Lombok untuk mengikuti pelatihan dan tes. Sebelumnya, bapak mengikuti tes tertentu dan telah lulus dalam tes tersebut sehingga bapak mewakili ke Lombok untuk menyelesaikan tes berikutnya. Saat di Lombok, bapak melewati hari-hari dengan semangat. Meskipun pada malam harinya bapak tidak kuat dengan kamar berisi AC. Dia memilih untuk mengalah dengan teman-temannya yang ingin tidur dengan kamar berAC. Kemudian setelah bapak mengikuti pelatihan dan tes di Lombok, pada tanggal 28 Juli 2016 bapak pulang ke Bali.

Di tanggal 30 Juli 2016, bapak meninggal dunia karena serangan jantung yang dialaminya. Bapak meninggal di umur yang bisa dibilang masih muda, yaitu di umur 50 tahun. Tentunya kami semua berduka dan merasa kehilangan sosok bapak.

9. Contoh Biografi Teman Kelas

biografi teman sekolah
contoh biografi

Biografi Puput Widia Ningsih

Puput widia ningsih, dia lahir di majalengka pada tanggal 27 Januari 2001. Hobinya adalah mendengarkan musik dan membaca. Ayahnya bernama winda pekerjaanya sebagai wiraswasta . Sedangkan ibunya bernama yayah, pekerjaanya ialah sebagai ibu rumah tangga. Alamat rumah puput di desa Panyingkiran gang pancasila RT 02 RW 01. Dia adalah anak ke empat dari empat bersaudara. Kakak pertamanya bernama wiwin, kakak keduanya bernama padi, dan kakak yang ketiga bernama eka abrianto, yang sekarang ketiga kakaknya itu sudah menikah.

KELEMAHAN yang dimiliki puput adalah dia orangnya sulit mengambil keputusan dengan cepat, terkadang terburu-buru dalam mengerjakan tugas, suka memendam masalah, suka mengalah pada orang lai, suka memaksakan kehendak.

KELEBIHAN yang dimiliki puput adalah puput orangnya periang, baik hati, pekerja keras, dan tidak mudah putus asa, apabila puput mempunyai ambisi, puput akan bekerja keras untuk mendapatkan apa yang dia cita-citakan, lalu dia juga orangnya pandai dalam bergaul, humoris, dan dia orangnya sabar dalam menunggu sesuatu.

VISI : Dia ingin menjadi orang sukses, berguna bagi nusa dan bangsa, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orangtuanya.
MISI : Dia ingin berkepribadian baik dan taat kepada Allah swt, dan patuh kepada kedua orangtuanya, selalu menjaga kejujuran, dan ingin belajar rajin agar bisa mencapai tujuan yang dia cita-citakan.

10. Contoh Biografi Guru

contoh biografi guru dan dosen
contoh biografi

Biografi Drs.Samsuari

Drs.Samsuari atau akrab disapa pak Sam, adalah salah satu guru penjas di SMA PLUS N 7 bengkulu, beliau lahir pada 28 maret 1959 di sumatra utara. Lahir dari pasangan Temu Surbakti dan Sarmi. Beliau adalah seorang kakak tertua dari sepuluh bersaudara. Terlahir sebagai kakak membuat beliau harus menjadi teladan bagi adik-adiknya.

Pak sam menjalani pendidikannya di bangku SDN 2 Aek Nabara dan SMPN 2 Aek Nabara, kemudian melanjutkan di SMAN Pancur Batu. Beliau memiliki hobi olahraga dan seni, karena hobi itu beliau mengambil kuliah bagian olahraga di kampus Ikip Medan. Di bangku kuliah beliau pernah mengikuti perlombaan lari sprint tingkat mahasiswa se-sumatra utara, dan menjadi juara ke 2. Tak sampai disitu, beliau juga pernah menjadi juara lomba vokal tingkat mahasiswa se-sumatra utara. Beliau juga merupakan anggota PSM Senior, yaitu sebuah klub sepak bola medan.

Saat beliau belum lulus kuliah, beliau sudah mengajar di SMA Swasta Hamir Hamjah selama 2 tahun. Setelah lulus kuliah, beliau hijrah ke bengkulu kemudian mengabdikan diri pada sejumlah sekolah diantaranya, SMA AASB Bengkulu selama 2 setengah tahun. Meski sudah terbilang mapan, beliau belum memutuskan untuk menikah. Pada tahun 1986, beliau bertugas di SMAN 5 bengkulu. Saat beliau bertugas di sekolah itu pula, ia menemukan tambatan hatinya yang juga seorang guru bernama Wit Elistrial, S.pd.

Saat beliau berusia 30 tahun, ia mempersunting wanita cantik yang telah membuatnya yakin untuk melepas masa lajangnya itu pada tahun 1989. Setelah menikah, pada pertengahan tahun 1992, beliau berpindah tugas di SMAN 1 bengkulu hingga 2011. Setelah dari SMAN 1, Perjalanan mengajar beliau berlanjut di SMA PLUS N 7 hingga sekarang.

Pak Sam banyak sekali mengalami masa- masa sulit dalam karirnya sebagai guru , akan tetapi beliau tetap menjalani pekerjaan yang telah dia cita-citakan sejak kecil dengan hati yang ikhlas. Ditahun-tahun terakhir ia mengajar, mengingat usianya yang kini memasuki 58 tahun, itu berarti sudah tak lama lagi ia menjadi seorang guru. Ia berusaha menjadi lebih baik dan memberi kesan yang akan diingat oleh siswa-siswi yang ia didik.

Guru yang ramah ini selain bekerja sebagai PNS, ia juga mendapat penghasilan dari perkebunan yang dimilikinya. Kini ia tinggal di Jl. Kaes Tubun blok H 8, dekat SMP N 18, bersama anak-anak dan istri tercintanya. Sang istri kini mengajar di SMAN 2 Bengkulu sebagai guru ekonomi akutansi.

Ayah dari 3 anak ini telah berhasil menyekolahkan dua anaknya hingga lulus dan sekarang sudah bekerja. Sekarang pak sam masih menyekolahkan anak bungsunya yang duduk di bangku kuliah semester ke-7.

Di usia yang tak muda lagi, beliau mengharapkan anak-anaknya sukses dan berhasil kedepannya, rumah tangganya semakin harmonis, mempersiapkan bekal di akhirat dengan terus beribahadah kepada Allah SWT dan menjadi imam yang baik untuk keluarga.

***

Demikianlah beberapa contoh biografi singkat dengan penjelasan cara membuat biografi yang bisa dibagikan kali ini. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber referensi dan inspirasi untuk pembelajaran bagi kita semua.

Bagikan:

Leave a Comment